Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Dhea Forekha

Mengenal Neraca Lajur, Cara Membuat Beserta Contoh

Dipublish Tgl: Friday, 24 June 2022

Neraca lajur merupakan lembaran kertas berkolom yang dipakai dalam kegiatan akuntansi secara manual. Sebuah perusahaan, baik itu jasa maupun dagang membutuhkan ini untuk mengetahui informasi laporan keuangan secara jelas, kemudian data tersebut digunakan untuk mengambil keputusan oleh perusahaan.

Pengertian Neraca Lajur

Laporan Neraca Lajur

Pengertian Neraca Lajur (Sumber: Freepik.com)

Adalah laporan yang berisikan semua data tentang akuntansi yang dijadikan landasan yang digunakan untuk memeriksa rekening buku besar yang sudah disesuaikan, guna memudahkan ketika akan membuat laporan keuangan.

Baca Juga: Template Laporan Keuangan Sederhana Mudah Ditiru!

Neraca ini memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk melakukan rekap data keuangan sebelum dibuat penyesuaian. Dalam laporan ini berisikan semua laporan keuangan seperti saldo perkiraan sebelum jurnal penyesuaian, perkiraan jurnal penyesuaian dan saldo perkiraan setelah jurnal penyesuaian. 

Jenis Neraca Lajur

Berikut ini beberapa bentuk neraca lajur perusahaan dagang maupun jasa:

  1. Neraca lajur umum, dipakai untuk menganalisa saldo akun yang berbeda dan biasanya berisikan empat sampai enam kolom. 
  2. Neraca lajur terperinci, berisikan lebih banyak perincian atau informasi dan pada umumnya menyertakan halaman pendukung untuk menjelaskan item tertentu seperti daftar utang piutang dagang, pengeluaran produksi ataupun premi asuransi.
  3. Neraca lajur audit, dipakai untuk melakukan verifikasi keakuratan informasi dalam menyiapkan laporan keuangan perusahaan. 
  4. Neraca lajur kolom, dipakai untuk perusahaan yang mempunyai pemegang saham untuk meneliti laba rugi di dalam sebuah perusahaan. 

Cara Membuat Neraca Lajur

Adapun prosedur pembuatan neraca ini ialah sebagai berikut:

  1. Menentukan format yang sesuai 
  2. Masukkan akun-akun dan jumlah saldo secara hati-hati dan teliti.
  3. Masukkan jurnal penyesuaian yang diperoleh dari data aset perusahaan yang telah mengalami penyusutan. 
  4. Masukkan data ke neraca saldo setelah melakukan jurnal penyesuaian, pastikan jumlahnya balance. 
  5. Masukkan data di neraca dan laba rugi, lalu jumlahkan saldo jurnal penyesuaian sampai terdapat angka yang balance. 
  6. Jumlah kolom laba-rugi, setelah menjumlahkan seluruh saldo debit maupun kredit maka Anda akan menemukan hasil berupa selisih pendapatan dan beban, setelah itu anda bisa menentukan perusahaan mengalami keuntungan ataupun kerugian.

Baca Juga: Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Tujuan Neraca Lajur

Tujuan umum dari neraca lajur ialah sebagai landasan dalam memeriksa rekening buku besar yang sudah disesuaikan. Adapun tujuan lain dalam pembuatan neraca ini ialah sebagai berikut: 

  • Mempermudah dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan. 
  • Digunakan sebagai perkiraan atau potensi yang akan terjadi ketika ada kegiatan operasional. Dengan begitu pihak manajemen terbantu dalam mengendalikan setiap pengeluaran yang dilakukan perusahaan. 
  • Digunakan untuk meringkas informasi dan penggolongan dari neraca saldo yang telah disesuaikan. Hal ini juga wujud persiapan sebelum menyusun laporan keuangan resmi. 
  • Mempermudah pencarian kekeliruan yang tanpa sadar dilakukan ketika pembuatan jurnal. 

Fungsi Neraca Lajur

Dalam dunia akuntansi, hal ini memainkan peranan penting dalam kegiatan manajemen keuangan sebuah perusahaan. Adapun fungsi yang perlu anda ketahui yaitu sebagai berikut: 

  • Menyingkat Data Dalam Pencatatan Keuangan

Memiliki data keuangan perusahaan yang rapi dan ringkas akan mempermudah dalam mencari informasi yang berhubungan dengan transaksi keuangan ketika dibutuhkan, tentunya tanpa proses panjang. 

  • Memudahkan Dalam pemeriksaan Ulang Data Keuangan

Dengan menggunakan neraca ini, maka proses pemeriksaan data keuangan dapat dilakukan dengan mudah sehingga mengurangi bahkan terhindar dari risiko kesalahan pencatatan keuangan. 

  • Mendukung Proses Penyusunan Laporan

Adanya neraca ini tentunya sangat membantu dalam proses pembuatan laporan keuangan. Jika penggunaannya dilakukan secara tepat maka akan memudahkan sekaligus menghemat waktu dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan. 

  • Alat Prosedur Pencatatan Keuangan

Fungsi terakhir ialah sebagai petunjuk prosedur pencatatan keuangan yang sudah dijalankan oleh perusahaan benar-benar berjalan. 

Thumbnail Youtube Minimarket email

Penutup

Demikianlah informasi mengenai neraca lajur dalam dunia akuntansi. Bagi anda yang kesulitan dalam melakukan penghitungan neraca lajur yuk gunakan bee.id, dan nikmati kemudahan mengerjakan keuangan secara cepat. 

Bee.id merupakan software kasir minimarket terpercaya di Indonesia. Cocok bagi anda pemilik usaha toko ritel, disediakan trial bagi anda yang penasaran, cobain sekarang dan nikmati kemudahan dalam penghitungan keuangan perusahaan anda. 

Software Akuntansi Surabaya untuk Usaha Kecil Menengah (UKM)
Meski sudah tersedia banyak pilihan software akuntansi Surabaya, Anda tidak boleh memilihnya secara sembarang. Ada sejumlah faktor yang harus Anda […]
Baca Juga
Pengertian Akuntansi Pajak, Fungsi, Penerapan dan Contohnya
Akuntansi pajak adalah pengetahuan penting yang harus dipahami oleh Wajib Pajak. Akuntansi perpajakan diperlukan untuk mendapatkan perhitungan pajak tertentu. Pada […]
Baca Juga
Contoh Rekap Orderan Olshop, Rekap Ribuan Order Cuma 7 Menit
Contoh rekap orderan olshop agar tahu bagaimana perputaran keuangan bisnisnya. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui cara merekap orderan online […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu