Logo Bee Web

Apa Perbedaan Finance Reporting dengan Financial Statement?

Finance reporting adalah laporan yang berisi informasi tentang kinerja keuangan suatu entitas, seperti perusahaan, organisasi, atau individu.
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 19 April 2023

Menyediakan laporan berisi informasi yang akurat dan terkini, finance reporting memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan pengawasan dan pengendalian internal, pemantauan anggaran, dan memberikan gambaran jelas tentang posisi keuangan perusahaan.

Dalam hal ini, laporan keuangan membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat dan efektif dalam mengelola sumber daya keuangannya dan membantu perusahaan untuk mencapai tujuan keuangan yang ditetapkan.

Oleh karena itu, Anda wajib untuk simak pembahasan di bawah ini hingga akhir karena akan dijelaskan tentang pengertian, manfaat, hingga perbedaannya dengan financial statement.

Apa Itu Finance Reporting?

Laporan keuangan atau finance reporting adalah laporan yang berisi informasi tentang kinerja keuangan suatu entitas, seperti perusahaan, organisasi, atau individu. Pada umumnya laporan berisi informasi tentang pendapatan, pengeluaran, laba/rugi, aset, kewajiban, dan ekuitas.

Mereka disiapkan oleh akuntan atau profesional keuangan dan digunakan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan bisnis.

Apa Itu Finance Reporting

Ilustrasi pembuatan laporan finance (Credit: Freepik/wayhomestudio)

Laporan keuangan harus disiapkan dengan hati-hati dan akurat, serta memenuhi standar akuntansi agar bisa memberikan informasi bermanfaat dan bisa diandalkan bagi pihak yang memerlukannya.

Perbedaan Finance Reporting dan Financial Statement

Mereka adalah dua konsep yang sering digunakan dalam konteks keuangan, terutama dalam bisnis. Meskipun kedua konsep ini berkaitan erat satu sama lain, tetapi sebenarnya ada beberapa perbedaan yang cukup jelas, antara lain:

1. Tujuan

Laporan keuangan bertujuan untuk memberikan informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu mengenai kondisi keuangan suatu perusahaan atau organisasi, serta membantu dalam pengambilan keputusan bisnis.

Sementara itu, tujuan financial statement adalah memberikan informasi yang relevan dan akurat mengenai kinerja keuangan suatu perusahaan atau organisasi untuk digunakan oleh pihak luar, seperti investor, kreditor, dan regulator.

2. Frekuensi

Laporan keuangan dilakukan secara berkala, biasanya setiap periode akuntansi (bulanan, kuartalan, atau tahunan) tergantung pada kebutuhan dan persyaratan hukum. Sementara financial statement hanya disajikan setiap akhir periode akuntansi (biasanya setiap tahun).

3. Kompleksitas

Laporan keuangan lebih kompleks karena melibatkan banyak informasi keuangan yang harus diolah dan disajikan dengan cara yang mudah dipahami.

Sementara financial statement cenderung lebih sederhana dan fokus pada laporan keuangan yang penting dan relevan bagi pihak luar.

4. Publikasi

Finance reporting tidak selalu dipublikasikan untuk umum tergantung pada kebutuhan dan persyaratan hukum. Sementara financial statement harus dipublikasikan untuk umum terutama jika perusahaan adalah perusahaan publik dan terdaftar di bursa efek.

5. Fokus

Laporan keuangan lebih fokus pada proses pengumpulan dan pengolahan informasi keuangan, sedangkan financial statement lebih fokus pada presentasi laporan keuangan yang sudah disusun.

6. Kelengkapan

Isi laporan keuangan lebih lengkap karena mencakup semua informasi keuangan yang relevan, sedangkan financial statement mungkin tidak mencakup semua informasi keuangan yang relevan dan hanya fokus pada laporan tertentu.

7. Penggunaan

Finance reporting biasanya digunakan oleh manajemen perusahaan atau organisasi untuk memonitor kinerja keuangan mereka dan membuat keputusan bisnis.

Laporan Keuangan

finance harus teliti dan memastikan bahwa data keuangan perusahaan secara akaurat (Credit: Unsplash)

Sementara itu, financial statement biasanya digunakan oleh pihak luar, seperti investor, kreditor, dan regulator untuk mengevaluasi kinerja keuangan suatu perusahaan atau organisasi.

8. Standar

Laporan keuangan tidak selalu mengacu pada standar akuntansi tertentu tergantung pada kebutuhan dan persyaratan hukum.

Sementara financial statement harus disusun sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku, seperti International Financial Reporting Standards (IFRS) atau Generally Accepted Accounting Principles (GAAP).

9. Komunikasi

Terakhir, laporan keuangan melibatkan komunikasi yang lebih intens antara tim akuntan dan manajemen perusahaan atau organisasi untuk memastikan bahwa informasi keuangan yang disajikan akurat dan relevan.

Sementara financial statement lebih bersifat formal dan dibuat untuk dikomunikasikan secara publik kepada pihak luar.

Manfaat Finance Reporting untuk Suatu Perusahaan

Terdapat beberapa manfaat yang akan diberikan oleh laporan keuangan bagi suatu perusahaan, mulai dari menyediakan informasi akurat hingga mengidentifikasi masalah. Adapun berikut adalah informasi lebih lengkap terkait manfaat lainnya, antara lain:

1. Menyediakan informasi yang akurat

Laporan ini membantu perusahaan atau organisasi untuk memantau kondisi keuangan mereka secara teratur dan menyediakan informasi keuangan yang akurat dan tepat waktu.

Informasi tersebut bisa membantu manajemen dalam membuat keputusan yang tepat tentang arah bisnis mereka.

2. Memfasilitasi pemantauan kinerja keuangan

Laporan membantu dalam memantau kinerja keuangan suatu perusahaan atau organisasi dari waktu ke waktu. Hanya dengan melacak pendapatan dan pengeluaran, manajemen sudah bisa memonitor kesehatan keuangan perusahaan dan mengambil tindakan korektif jika perlu.

3. Membantu dalam pengambilan keputusan

Finance reporting memberikan informasi yang diperlukan oleh manajemen untuk membuat keputusan yang tepat tentang investasi, pembelian, pengeluaran, dan strategi bisnis lainnya.

Informasi ini membantu manajemen dalam merencanakan kegiatan bisnis dan memastikan bahwa mereka berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan jangka panjang perusahaan.

Tanpa laporan keuangan, perusahaan tidak dapat mengukur kinerja hingga perkembangan perusahaan selama periode yang diketahui untuk membantu mengambil keputusan. Sayangnya hal ini tidak disadari oleh beberapa perusahaan yang baru berkembang.

Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui dan membuat 5 laporan keuangan untuk perusahaan. Jika Anda ingin membuat laporan keuangan secara otomatis dan cepat, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud.

Membuat laporan keuangan bulanan dengan menggunakan Excel memang suatu keharusan bagi setiap instansi, perusahaan, dinas, maupun lembaga organisasi lainnya dengan tujuan untuk menganalisa pengelolaan keuangan di instansi tersebut. Prosesnya yang ribet dan memakan waktu kini sudah ada solusinya. Cobalah gunakan software akuntasi Beecloud untuk merasakan kemudahan dalam mengelola laporan keuangan perusahaan Anda.

Untung Pakai Beecloud Ambil Keputusan Cepat Laporan Keuangan Realtime

Beecloud, Software Akuntansi Online yang Bisa Mengontrol 48 Cabang dari 1 Tempat. Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis

4. Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas

Melaporkan informasi keuangan secara teratur dan tepat waktu, perusahaan atau organisasi menunjukkan bahwa mereka bertanggung jawab dan terbuka dalam aktivitas mereka. Ini bisa meningkatkan kepercayaan dari investor, kreditor, dan pihak lain yang berkepentingan.

5. Mengidentifikasi masalah keuangan

Melakukan analisis informasi keuangan, manajemen bisa mengidentifikasi masalah, seperti pengeluaran yang berlebihan, penurunan pendapatan, atau peningkatan biaya operasional, dan mengambil tindakan korektif yang diperlukan.

6. Memungkinkan perbandingan antar periode

Finance reporting memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk membandingkan kinerja keuangan mereka dari periode ke periode.

Melakukan pelacakan pada kinerja keuangan selama beberapa periode, perusahaan atau organisasi dapat menentukan apakah mereka berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan jangka panjang.

7. Meningkatkan pengawasan internal

Menyediakan informasi keuangan akurat, manajemen bisa memastikan bahwa kebijakan dan prosedur yang diterapkan berfungsi dengan baik dan melindungi perusahaan dari risiko keuangan atau kecurangan.

8. Memberikan gambaran yang jelas tentang posisi keuangan

Melaporkan informasi tentang pendapatan, biaya, laba, dan kerugian, manajemen bisa memperoleh pemahaman tentang kondisi keuangan perusahaan dan membuat keputusan yang lebih baik tentang penggunaan sumber daya.

9. Membantu dalam pemantauan anggaran

Finance reporting melacak pendapatan dan pengeluaran sehingga membantu manajemen untuk memastikan bahwa mereka tetap berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan yang ditetapkan.

Jika ada masalah atau ketidaksesuaian dalam anggaran, manajemen dapat mengambil tindakan korektif yang diperlukan.

10. Meningkatkan efisiensi operasional

Manajemen bisa mengidentifikasi area yang memerlukan peningkatan efisiensi dan mengambil tindakan korektif yang diperlukan karena laporan keuangan menyediakan informasi keuangan yang akurat dan terkini.

Efisiensi operasional

Ilustrasi penerapan finance reporting untuk efisiensi operasional

Hal ini dapat membantu perusahaan untuk mengurangi biaya operasional dan meningkatkan laba.

11. Menilai kinerja bisnis

Memungkinkan manajemen bisa mengevaluasi kinerja bisnis dan mengambil tindakan korektif yang diperlukan jika perusahaan tidak mencapai tujuan keuangan.

12. Meningkatkan kepercayaan dari kreditor dan pihak lain yang berkepentingan

Membantu perusahaan agar bisa menunjukkan bahwa mereka bertanggung jawab dan terpercaya dalam aktivitas keuangannya. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan akses ke sumber dana yang lebih baik dan menarik pelanggan baru.

Kesimpulan

Dalam rangka mengelola keuangan yang baik, laporan keuangan menjadi kunci penting dalam aktivitas keuangan perusahaan atau organisasi.

Dalam hal ini, laporan membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat dan efektif dalam mengelola sumber daya keuangannya serta membantu perusahaan untuk mencapai tujuan keuangan yang ditetapkan.

Oleh karena itu, finance reporting harus dianggap sebagai suatu aktivitas yang penting serta dilakukan secara teratur dan konsisten oleh perusahaan atau organisasi.

Mengenal dan Memahami Saldo Normal Akun dalam Akuntansi
Saldo normal akun merupakan salah satu konsep penting dalam akuntansi yang digunakan untuk memahami dan menganalisis keuangan suatu perusahaan. Dalam
Baca Juga
25 Istilah Dasar Akuntansi yang Wajib Dipahami Pemula
Jika Anda mulai berpikir untuk  mengejar karir di bidang akuntansi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami istilah dasar
Baca Juga
Apa Itu ROI dan Cara Mudah Menghitungnya
Dunia investasi memang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena pada kenyataannya ada potensi keuntungan yang besar dan resiko kerugian. Kedua
Baca Juga
Konsinyasi adalah Sistem Kerja Sama, Ini Penjelasan Detailnya
Sistem konsinyasi adalah salah satu sistem kerja sama yang sering digunakan pebisnis berbagai macam metode atau kerjasama yang ada, guna
Baca Juga
Neraca Saldo Setelah Penyesuaian, Simak Penjelasannya
Dalam dunia akuntansi dan bisnis neraca merupakan komponen penting yang harus ada dalam laporan keuangan setiap akhir periodenya. Untuk mendapatkan
Baca Juga
Pengertian Penyusutan Aset Tetap dan Cara Mencatat Penyusutan
Salah satu elemen yang terpenting dalam sebuah perusahaan yaitu aset. Dalam sebuah perusahaan, aset merupakan wujud yang digunakan untuk menjalankan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu