Logo Bee Web

Pengertian Akuntansi Dasar, Proses, serta Manfaatnya

Pelajari semua hal tentang akuntansi dasar, mulai dari definisi, proses, manfaat, hingga persamaan dasarnya.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 February 2023

Salah satu ilmu berguna yang bisa Anda pelajari untuk kehidupan sehari-hari seperti pengelolaan dana pribadi ialah akuntansi dasar. Akuntansi merupakan suatu disiplin ilmu yang bisa diaplikasikan di berbagai pekerjaan.

Jika Anda berperan sebagai pemilik perusahaan, akuntansi bisa membantu dalam melakukan kontrol situasi perusahaan. Dasarnya, mempelajari akuntansi membuka Anda untuk mempelajari ilmu keuangan yang lain.

Apa Itu Akuntansi Dasar?

Akuntansi Dasar

Ilustrasi Anuntan Sedang Melakukan Analisa Bisnis dengan Ilmu Akuntansi (Sumber: Unsplash)

Untuk dapat mempelajari sebuah ilmu, Anda harus mengenal serta memahami pengertian serta maksud dari ilmu tersebut. Hal ini sebagai pondasi. Jika Anda sudah paham pondasi, untuk mempelajari tingkat lanjut tidak akan kesulitan.

1. Memahami tentang Akuntansi Dasar

Definisi dari akuntansi ialah suatu prosedur pencatatan, pengklasifikasikan, peringkasan, pengolahan, penyajian data, transaksi, serta peristiwa yang memiliki hubungan dengan keuangan. Tujuannya untuk kemudahan dalam pengambilan keputusan.

Akuntansi dasar adalah salah satu faktor penting dalam membantu Anda memahami poin-poin penting. Diantaranya, modal, aset, utang, pendapatan, hingga beban, atau biaya.

Materi yang ada di dalam akuntansi ini seperti penjurnalan, konsep debit kredit, pemostingan jurnal ke buku besar, pembuatan neraca saldo atau neraca percobaan, serta menyajikan laporan-laporan keuangan.

2. Jenis Akun dalam Akuntansi

Akun yang ada dalam akuntansi terdiri atas 2 jenis yaitu akun riil serta akun nominal. Akun riil yaitu akun yang dicatat pada neraca diantaranya modal, kewajiban, harta atau asset. Sedangkan akun nominal dicatat pada laporan laba rugi. Hal ini meliputi beban serta pendapatan, nama akun dan sejenisnya.

Baca Juga: Mengenal Dasar Dasar Akuntansi, Ini Pembahasannya Lebih Lanjut

Proses  dan Prosedur di Akuntansi

Mencatat, Mengelompokkan, Melaporkan dan Menganalisis adalah Prosedur Dasar Akuntansi (sumber: Unsplash)

Ada 4 proses yang ada dalam dasar akuntansi. Mulai dari pencatatan, meringkas serta mengklasifikasi, pelaporan, hingga menganalisis.

1. Proses Pencatatan

Di dalam sebuah perusahaan, ada banyak transaksi keuangan yang terjadi. Hal ini mustahil melakukan penyusunan laporan keuangan yang baik bila tidak melakukan pencatatan. Oleh sebab itu, sangat penting selalu melakukan pencatatan transaksi.

Proses melakukan pencatatan juga bisa disebut sebagai proses pembukuan. Seluruh aktivitas transaksi keuangan dituliskan ke dalam jurnal atau buku khusus.

2. Meringkas serta Mengklasifikasi

Meskipun transaksi keuangan ini dicatat, data yang disajikan masih terdiri data mentah. Oleh sebab itu, transaksi keuangan juga harus diklasifikasi atau dikelompokkan ke dalam kelompok yang masih berhubungan.

Proses penggolongan ini juga sangat penting supaya penyajian terlihat rapi serta ringkas. Hal ini tentang membuat orang yang berkaitan lebih mudah dipelajari.

3. Proses Pelaporan

Pada proses pelaporan, akuntan akan melakukan ikhtisar serta menyajikan informasi yang sudah dikelompokkan ke dalam bentuk laporan yang sesuai keinginan perusahaan. Laporan keuangan merupakan jenis laporan akuntansi utama.

Bentuk dari laporan keuangan ini terdiri dari jurnal penyesuaian, neraca saldo, jurnal pembalik, serta jurnal penutup. Umumnya, laporan keuangan ini diserahkan dalam jangka waktu per bulan, per kuartal, serta per tahun.

4. Proses Menganalisis

Setelah laporan keuangan diselesaikan, akuntan juga wajib melakukan analisis. Aktivitasnya berupa menghubungkan, membandingkan, sampai merekomendasikan untuk bahan pertimbangan manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan yang strategis.

Hal-hal yang menjadi fokus pada analisis laporan keuangan diantaranya laba yang didapat, hasil penjualan, ekuitas yang diperoleh, serta informasi sejenisnya. Jika laba perusahaan Anda mengalami penurunan, akuntan dapat memberi rekomendasi sebagai pencegahan lanjutan.

Manfaat dari Belajar Dasar Akuntansi

Ada beberapa manfaat belajar dasar akuntansi bagi pebisnis, berikut diantaranya:

  • Akuntansi dapat menilai kebutuhan pemangku kepentingan.
  • Pebisnis bisa melakukan identifikasi pemangku kepentingan.
  • Ketiga, melakukan perancangan sisten informasi akuntansi yang tujuannya memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan.
  • Selanjutnyadari mempelajari akuntansi dasar ialah menyiapkan laporan akuntansi untuk pemangku kepentingan. Para pemangku kepentingan memakai laporan akuntansi sebagai informasi yang utama.

Meskipun begitu, hal ini tidak satu-satunya untuk mengambil keputusan karena mereka juga memakai informasi lainnya. Kelima, mencatat data ekonomi tentang aktivitas perusahaan.

Persamaan Dasar Akuntansi

Komponen yang ada di dalam persamaan dasar ini ada 3 yaitu akun aset, kewajiban, serta modal. Lalu, informasi lainnya seperti pengertian, prinsip, serta manfaat persamaan dasar dari akuntansi ada di bawah ini.

Contoh Tabel Persamaan Dasar Akuntansi

Contoh Tabel Persamaan Dasar Akuntansi (Sumber: Bee.id)

Pengertian persamaan dasar dari akuntansi ialah perhitungan yang nanti akan memproyeksikan modal, hutang, beserta kekayaan yang dipunyai oleh perusahaan Anda tersebut.

Prinsip dari persamaan dasar ini secara matematis mengaitkan antara harta yang dimiliki perusahaan dengan hutang beserta modalnya. Bagian harta ini termasuk ke dalam golongan aktiva. Sedangkan modal serta hutang termasuk ke dalam golongan pasiva.

Lalu, kembali ke topik komponen yang ada 3, yakni:

  1. Akun aset yang bisa disebut sebagai harta yang dimiliki oleh perusahaan terkait.
  2. Akun bernama kewajiban yang mencakup tanggung jawab yang dimiliki oleh perusahaan Anda terhadap pihak-pihak tertentu.
  3. Akun bernama modal atau ekuitas. Isi dari akun ini yaitu sisa nilai modal sesudah dikurangi dengan kewajiban sehingga sisi aktiva serta sisi pasiva mendapatkan nilai yang sama.

Baca Juga: Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

Manfaat Akuntansi Dalam Mengelola Operasional Bisnis

Fungsi Dasar dari Akuntansi Adalah Mengetahui Alur Keuangan Bisnis (Sumber: Freepik.com)

Persamaan dasar dari akuntansi dibuat perhitungan tidak tanpa alasan. Ada banyak manfaat yang didapatkan oleh pihak perusahaan maupun akuntan.

1. Bisa Dipakai sebagai Sumber Catatan

Sumber catatan kedepannya dapat mempermudah proses pencatatan pada transaksi keuangan. Ini dikarenakan persamaan dasar dari akuntansi ini ada informasi yang mendasar tentang transaksi keuangan baik yang masuk serta keluar dari rekening perusahaan.

2. Acuan dalam Proses Pemeriksaan Saldo

Manfaat berikutnya ialah sebagai tempat untuk memeriksa besar kecilnya saldo yang masuk serta keluar dari rekening perusahaan Anda. Berbeda dengan laporan keuangan yang terperinci, persamaan dasarnya hanya garis besarnya saja.

4. Sebagai Alat Pengoreksian Ketepatan Saldo

Persamaan dasar ini bisa berperan sebagai tempat koreksi tentang ketepatan antara saldo yang berada pada aktiva maupun pasiva. Nantinya, perhitungan saldo ini menyisakan angka yang seimbang bila semua transaksi keuangan dilaporkan dengan benar.

Kesimpulan

Mempelajari dasar dari ilmu akuntansi membuat bagi seorang pebisnis wajib hukumnya, yang mana dari akuntansi ini pebisnis tahu bagaimana cara mengelola keuangan bisnis agar tidak menghambat operasional perusahaan/ bisnis.

Lantas bagaimana jika pebisnis tidak paham dengan akuntansi? Apakah harus belajar dulu baru boleh berbisnis? Mulainya kapan? Tenang..

Kini hadir, software akuntansi online Beecloud, memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis dimana saja dan kapan saja. Anda bisa mengecek laporan laba rugi sampai akuntansi tanpa perlu jago akunting. Klik di bawah ini untuk informasi lebih lengkapnya.

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Diskonto Adalah: Jenis, Cara Kerja dan Manfaatnya
Anda mungkin sedikit asing mendengar istilah "diskonto," terutama dalam konteks bisnis dan perdagangan. Diskonto adalah salah satu konsep penting yang
Baca Juga
Balance Sheet Adalah: Komponen, Fungsi, dan Cara Membacanya
Nama lain balance sheet adalah laporan neraca, laporan ini menjadi salah satu dokumen kunci yang menjadi sorotan dalam menganalisis kesehatan
Baca Juga
Akuntabilitas: Pengertian, Fungsi, Tingkatan, dan Prinsip
Akuntabilitas merupakan konsep penting dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam bisnis. Pada dasarnya, akunta-bilitas artinya bertanggungjawab atas tindakan dan keputusan
Baca Juga
Laporan Kas Kecil, Karakteristik, Metode dan Contohnya Lengkap!
Laporan kas kecil memegang peranan krusial dalam menggambarkan kesehatan finansial suatu bisnis. Sebagai cerminan dari arus masuk dan keluar uang
Baca Juga
General Ledger, Bukti Akurat Detail Keuangan Perusahaan
Tahukah Anda mengapa banyak tempat usaha kecil bisa berkembang menjadi kelas menengah hingga besar tetapi perusahaan besar berbalik pailit atau
Baca Juga
Cara Menghitung HPP (Harga Pokok Penjualan) Mudah, Lengkap
Cara menghitung HPP atau harga pokok penjualan seharusnya menjadi hal wajib yang diketahui oleh para pebisnis, untuk mendapatkan bisnis yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu