Logo Bee Web

Mengenal Dasar Dasar Akuntansi, Ini Pembahasannya Lebih Lanjut

Dasar dasar akuntansi wajib dipahami agar lebih mudah. Berikut ini sejumlah uraian mengenai dasar akuntansi bagi para pemula.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 21 February 2023

Ada sejumlah dasar dasar akuntansi yang perlu dipahami pemula, terutama bagi pemilik usaha. Ilmu akuntansi dan usaha sangat berkaitan satu sama lain. Bahkan menjadi salah satu pondasi penting sebuah usaha.

Akuntansi dasar merupakan hal yang mesti dipahami oleh pemula, agar pembuatan laporan keuangan lebih baik. Untuk selengkapnya tentang akuntansi dan dasar-dasarnya, ini ulasannya.

Apa Itu Akuntansi Dasar?

Sebelum membahas tentang dasar dasar akuntansi, Anda harus memahami definisi tentang akuntansi dasar terlebih dahulu. Tujuannya agar proses pemahaman untuk selanjutnya menjadi lebih mudah.

Pemilik usaha wajib paham tentang akuntansi agar dapat mengontrol kondisi keuangan perusahaan. Akuntansi dasar wajib dipahami karena berguna sekali bagi perusahaan bahkan untuk skala UKM.

Akuntansi sendiri berarti disiplin ilmu yang bisa diterapkan di berbagai macam pekerjaan. Baik kegiatan perorangan hingga koorporasi memerlukan ilmu akuntansi.

Dikutip dari OCBP NISP adapun dasar akuntansi adalah hal mendasar terkait penerapan ilmu tersebut yang biasanya terdiri atas persamaan, penjurnalan, pembuatan neraca, hingga penyajian laporan keuangan. Tujuan akhirnya adalah membuat pelaporan terkait kondisi finansial sebagai dasar pengambilan keputusan perusahaan.

Dalam akuntansi dasar Anda akan diajak mempelajari tentang pengukuran, penjabaran, hingga pemberian kepastian terkait dengan informasi keuangan. Informasi keuangan ini nantinya diberikan kepada investor, pribadi, hingga pemilik usaha.

Dasar Dasar Akuntansi Untuk Pemula

Akuntansi Untuk Pemula

ilustrasi pembukuan keuangan (sumber: Unsplash)

Bagi pemula, dasar dasar akuntansi wajib dipahami agar dalam prakteknya lebih mudah. Berikut ini sejumlah uraian mengenai dasar akuntansi bagi para pemula.

1. Nama dan Nomor Akun

Nama dan nomor akun berguna untuk memudahkan pengelompokkan akun pada jurnal. Pengolompokkan ini nantinya akan memudahkan dalam memasukkannya ke buku besar.

2. Konsep Debet Serta Kredit

Kolom debet dan kredit pasti ada dalam pembukuan dimana letaknya di sisi yang berlawanan. Keduanya harus selalu seimbang, agar pembukuan tidak terjadi kesalahan.

Debet sendiri berarti posisi akun dengan saldo normal untuk aset serta biayanya di kiri jurnal. Sedangkan kredit bersaldo normal untuk utang, modal, serta pendapatan dengan letaknya di kanan jurnal.

3. Penjurnalan

Akuntansi dasar keuangan berikutnya adalah penjurnalan. Jurnal berarti lembar kerja untuk mencatat transaksi. Penjurnalan berarti prosesnya dalam mencatat transaksi berdasarkan bukti. Baik itu struk, faktur, dan sejenisnya.

4. Unggah Jurnal ke Buku Besar

Buku besar merupakan seluruh kumpulan transaksi di suatu akun dimana penulisannya berasal dari jurnal. Pemindahan jurnal ke buku besar dilakukan pasca seluruh transaksi tercatat.

5. Pembuatan Neraca Percobaan

Pembuatan neraca percobaan sama layaknya neraca biasa, akan tetapi harus dipastikan debit dan kredit benar. Mengetahuinya bisa dengan melihat saldo debet dan kredit yang seimbang.

6. Penyajian Laporan Keuangan

Tahap satu ini termasuk ke fase terakhir, dimana saat neraca sudah balance, berarti laporan keuangan bisa disajikan. Proses ini juga disebut output dari rangkaian proses akuntansi.

Komponen Dasar Akuntansi untuk Pemula

Komponen dasar akuntansi terdiri atas tiga macam jenis. Mulai dari aset, liabilitas, sampai ekuitas akan dibahas di ulasan berikut :

Aset Adalah

Aset Perusahaan

1. Aset

Aset merupakan sumber daya yang dimiliki maupun dikendalikan perusahaan. Aset ini nantinya digunakan untuk diambil manfaatnya di masa depan. Misalnya tanah, kendaraan, uang tunai, sampai cek kontan, dimana ada beberapa contoh aset seperti:

a. Aset Lancar

Aset lancar merupakan kekayaan yang termasuk ke alam harta lancar, dengan likuiditas tinggi. Sifatnya mudah dicairkan seperti surat berharga, transaksi yang telah dibayar, hingga kas.

b. Aset Tetap

Aset tetap merupakan aktiva yang bisa dicairkan kurang dari setahun. Aset tetap ini merujuk pada kekayaan yang dipakai dalam waktu lebih dari setahun. Contohnya tanah, bangunan, mesin produksi, sampai kendaraan operasional.

c. Aset Tidak Berwujud

Sifatnya tidak berwujud, akan tetapi masuk ke dalam kekayaan perusahaan. Contohnya seperti hak cipta, goodwill, hak paten, dan sejenisnya.

2. Liabilitas

Biaya merupakan hal yang harus dikeluarkan perusahaan dalam menjalankan bisnis. Tagihan tersebut dikenal dengan sebutan liabilitas.

Liabilitas secara definisi berarti kewajiban yang menjadi tanggungan wajib perusahaan baik dari eksternal hingga internal. Liabilitas sifatnya wajib, harus segera dibayarkan sebelum jatuh temponya. Ada dua jenis liabilitas yang bisa Anda pahami, yakni:

a. Liabilitas Jangka Panjang

Sesuai namanya, liabilitas ini merupakan kewajiban yang jatuh temponya lama dalam satu siklus laporan keuangan. Nama lainnya disebut utang tidak lancar seperti misalnya utang pemegang saham, utang sewa, dan sejenisnya.

b. Liabilitas Jangka Pendek

Sedangkan untuk liabilitas jangka pendek berarti kewajiban dengan tempo kurang dari setahun. Biasanya periode pembayarannya dilakukan dalam periode bulanan, kuartal, hingga semester. Misalnya tagihan listrik, air, cicilan mesin, dan sebagainya.

3. Ekuitas

Ekuitas berarti hak pemilik terhadap sebuah hingga beberapa aset perusahaan. Hak pemilik ni setelah dikurangi kewajiban dalam neraca. Untuk ekuitas ini terdiri atas beberapa jenis:

a. Modal Disetor

Jenis ekuitas pertama adalah modal disetor. Modal disetor berarti jumlah uang yang ditanam pemilik perusahaan dimana perannya juga sebagai pemegang saham.

a. Keuntungan Tidak Dibagi

Keuntungan ini diperoleh dari kumpulan keuntungan periode sebelumnya yang tidak diambil atau dibagi. Jenis keuntungan ini berbeda dengan deviden.

b. Modal Sumbangan

Modal satu ini diperoleh perusahaan dari pihak lain. Perusahaan tidak mengeluarkan uang sama sekali untuk memperolehnya.

c. Modal Penilaian Kembali

Jenis modal ini terjadi ketika ada selisih perhitungan ulang serta penyesuaian nilai aset. Perusahaan bisa memasukkan selisih tersebut pada pembukuan periode berikutnya.

d. Modal Lain

Modal lain merupakan unsur ekuitas yang diperoleh dari cadangan maupun sumber lain. Misalnya obligasi, modal ekspansi, dan sejenisnya.

Kode Etik Akuntansi Independen

Ilustrasi Seorang Akuntansi (Sumber: Freepiik.com)

Prinsip Dasar Akuntansi

Ada beberapa macam yang termasuk ke dalam prinsip dasar akuntansi. Apa sajakah prinsip dasar tersebut, berikut pemaparannya.

1. Prinsip Entitas Ekonomi

Entitas yang dimaksud dalam prinsip ini berarti badan yang melaksanakan usaha. Perusahaan hingga organisasi disebut entitas dalam hal ini. perusahaan atau badan harus independen, serta laporan keuangan tidak digabung dengan pribadi.

2. Prinsip Biaya Historis

Biaya historis dalam prinsip ini berarti menuliskan semua biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan barang. Prinsip ini berarti menuliskan semua pengeluaran yang dipakai untuk mendapatkan barang.

Prinsip ini tidak hanya berlaku untuk barang, akan tetapi jasa juga bisa masuk ke dalamnya. Misalnya untuk membeli modem, biaya yang tercatat tidak sekadar harga modem. Melainkan jasa teknisi juga masuk ke dalamnya.

3. Prinsip Kesinambungan

Prinsip yang mengedepankan agar perusahaan terus berjalan ini menjelaskan bagaimana cara agar usaha terus berjalan berkesinambungan.

4. Prinsip Pengungkapan Penuh

Laporan keuangan berguna untuk membantu analisis perkembangan keuangan, serta bukti adanya transparansi. Hal ini sangat berkaitan dengan prinip pengungkapan penuh.

Setiap perusahaan atau organisasi wajib membuat laporan keuangan, sebagai wujud transparansi tersebut. Informasi keuangan harus detail, sehingga tidak riskan membuat salah paham.

Menghitung Pendapatan Gaji 13

Ilustrasi Pebisnis Menghitung Pendapatan (Sumber: Pexels.com)

5. Prinsip Pengakuan Pendapatan

Berikutnya adalah prinsip pengakuan pendapatan yang membuat Anda harus ‘mengakui’ uang yang masuk sebagai pendapatan. Dalam prinsip ini, pendapatan berarti hasil penjualan barang atau jasa perusahaan.

Pendapatan ini adalah pos dimana harta diperoleh. Aliran harta ini juga harus dihitung tiap jangka waktu yang telah ditentukan.

6. Prinsip Mempertemukan

Prinsip mempertemukan dalam pencatatan akuntansi artinya harus ada perbandingan antara pendapatan dengan biaya pengeluaran. Prinsip ini harus ada karena berguna untuk mengetahui laba rugi perusahaan.

7. Prinsip Periode Akuntansi

Prinsip dasar akuntansi ini berkaitan erat dengan waktu. Setiap alporan keuangan harus ditulis dengan struktur jangka waktu tertentu. Contohnya laporan keuangan dibuat 1,3, hingga 12 bulan sekali.

Mengapa harus ada prinsip periode? Tujuannya agar lebih mudah dalam pelaporannya. Lebih efektif lagi jika jangka waktunya tidak terlalu lama, sehingga analisisnya bisa berkala.

8. Prinsip Konsistensi

Konsistensi dalam prinsip satu ini berarti ketetapan yang berkelanjutan. Laporan keuangan harus dibuat dengan format seragam, tidak boleh berubah. Tujuannya agar tidak membuat bingung dalam menginterpretasikannya.

Untuk menjalankan prinsip akuntansi, metode yang dipakai harus sama. Nantinya metode yang digunakan ini akan menjadi standar kebijakan perusahaan.

9. Prinsip Satuan Moneter

Prinsip satu ini mewajibka semua keuagan memakai satuan mata uang tertentu. Hal ini berguna agar dalam pencatatan akuntansi, formatnya seragam. Perhitungan juga akan lebih mudah jika memakai rupiah atau dollar semua misalnya.

10. Prinsip Materialitas

Prinsip materialitas maksudnya adalah dalam laporan keuangan, pencatatannya harus bernilai dan diakui. Setiap pencatatan keuangan tidak lepas dari nominal dan material.

Kesimpulannya, setiap informasi di laporan akuntansi harus ada nilai tersendiri. Nilai ini berguna dalam memengaruhi keputusan untuk ke depannya.

4 Standar Akuntansi Keuangan Umum scaled

Akuntan Sedang Audit Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Fungsi Dasar Akuntansi Bagi Bisnis

Bagi sebuah bisnis, akuntansi sangat penting untuk diterapkan. Ada beberapa fungsi dasar akuntansi yang wajib dipahami para pemilik bisnis.

1. Perencanaan dan Pengawasan

Adanya dasar dasar akuntansi membuat perusahaan bisa dengan mudah merencanakan sampai kontrol produksi barang. Rumusan akan diperoleh dari laporan akuntansi, sehingga pengembangan bisnis dan pengawasan lebih terstruktur.

2. Sumber Informasi Keuangan

Laporan keuangan mencakup berbagai informasi tentang transaksi di dalam perusahaan. Anda bisa tahu berapa kas yang terkumpul, jumlah aset, utang, dan sebagainya secara jelas.

3. Dasar Pertimbangan

Akuntansi bagi bisnis bisa menjadi dasar pertimbangan untuk menentukan langkah lanjutan. Contohnya keputusan mengurangi atau menambah produksi barang, bisa berdasarkan laporan permintaan dan keuangan.

4. Alokasi Keuangan

Fungsi akuntansi dapat mengontrol pengeluaran perusahaan baik internal sampai eksternal. Tujuannya agar kerugian karena pengeluaran over bisa terkontrol. Tujuan bisnis juga lebih terarah berkat alokasi keuangan yang tepat.

5. Alat Evaluasi

Dasar dasar akuntansi keuangan pada bisnis bisa dijadikan sarana evaluasi atas kinerja perusahaan per periode. Anda dapat melihat masalah keuangan, sehingga bisa mengambil upaya solusi secepatnya.

Kesimpulan

Dasar dasar akuntansi memang menjadi perkara penting untuk dikuasai siapa saja. Termasuk bagi pemilik usaha, agar laporan keuangan tidak melenceng pembuatannya.

Untuk mempermudah pembuatan laporan keuangan, software khusus akuntansi dapat menjadi pilihan. Produk dari Beeaccounting merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan software akuntansi yang berkualitas.

Pembahasan di atas merupakan awal proses dalam akuntansi yang bisa Anda pelajari untuk bisnis Anda agar lebih maju kedepannya. Pencatatan transaksi keuangan salah satu hal yang wajib di perhatikan dalam bisnis agar tidak terjadinya kerugian.

Oleh sebab itu, Anda harus memeriksa dengan jelas catatan keuangan dalam bisnis Anda secara detail dan lebih terperinci. Agar terhindar dari fraud karyawan dan kesalahan dalam perhitungan.

21 Des Cta Ba

Untuk memudahkan Anda dalam perhitungan transaksi keuangan, gunakanlah software akuntansi yang sudah terpercaya dan yang memiliki fitur yang lengkap.

Software Akuntansi Beeaccounting satu-satunya software akuntansi dengan 47 plugin sesuai bidang usaha Anda. Sistemnya pun sekali bayar, tanpa terkunci langganan.

Coba gratis Software Akuntansi Beeaccounting sekarang!

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Apa Saja Beda Biaya dan Beban?
Beda biaya dan beban sangat penting diketahui dalam dunia akuntansi. Biaya dan beban merupakan istilah yang sangat sering kita dengar.
Baca Juga
7+ Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan
Sekilas, menyusun laporan keuangan usaha memang terdengar mudah. Akan tetapi, nyatanya masih banyak perusahaan yang belum benar-benar paham cara membuat
Baca Juga
Komponen Dasar Laporan Keuangan Perusahaan
Laporan keuangan adalah sumber informasi yang paling penting untuk membantu Anda sebagai pemilik bisnis membuat keputusan dalam menjalankan bisnis. Artinya,
Baca Juga
Neraca Perdagangan: Surplus vs Defisit
Membahas mengenai laporan keuangan tentu sudah tidak asing lagi dengan laporan neraca salah satunya neraca perdagangan Indonesia. Artikel kali ini
Baca Juga
5 Etika Profesi Akuntan Menurut IAI dan Informasi Lainnya
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Akuntan adalah gelar akademis yang diberikan kepada lulusan perguruan tinggi jurusan akuntansi, yang mana
Baca Juga
Manfaat Laporan Keuangan bagi Pengelola Bisnis dan Pihak Eksternal
Beberapa pebisnis mungkin sering mengalami masalah dalam mengelola keuangannya. Salah satu hambatan yang dirasakan adalah kesulitan dalam memahami manfaat laporan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu