Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Anggaran Adalah: Pengertian, Klasifikasi, Jenis dan Manfaat

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 1 March 2022

Anggaran adalah salah satu topik yang perlu dibahas karena perannya sangat penting bagi beberapa orang. Khususnya para pengusaha yang saat ini sedang mempertahankan usahanya ditengah krisis. Anggaran sangat penting karena berkaitan dengan perencanaan keuangan.

Bukan hanya sebuah usaha, tetapi juga bagi suatu organisasi anggaran sangat penting untuk mengelola pemasukan dan pengeluaran keuangan. Bisa dibilang bahwa, strategi mengontrol pemasukan dan pengeluaran ini lah yang dinamakan anggaran.

Itulah mengapa disini akan dibahas lebih lengkap mengenai pengertian, klasifikasi, jenis dan manfaat dari anggaran

Apa itu Anggaran?

anggaran adalah

Mari Belajar Lebih Dalam Mengenai Anggaran (Sumber: Pexels.com)

Anggaran adalah sebuah perencanaan keuangan yang dikelola secara rinci dan terkoordinasi yang berkaitan dengan perkiraan penerimaan dan pengeluaran dalam jangka waktu tertentu.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), anggaran adalah perkiraan tentang penerimaan dan pengeluaran kas yang diharapkan dalam suatu periode yang akan datang.

Anggaran disusun secara terstruktur dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang mencakup seluruh kegiatan dalam sebuah usaha atau organisasi tertentu.

Perencanaan ini dirangkai dalam jangka waktu atau suatu periode yang akan datang. Umumnya anggaran disusun pada awal tahun periode untuk jangka waktu satu tahun.

Fungsi Anggaran dalam Perusahaan atau Organisasi

fungsi-anggaran-dalam-perusahaan-atau-organisasi

Ilustrasi Budget Bulanan Photo by Kindel Media from Pexels

Seperti kita tahu bahwa pengertian anggaran sendiri perannya sangat penting dalam menentukan perkiraan pengeluaran dan pemasukan. Jadi sebenarnya bukan hanya perusahaan atau organisasi saja, bahkan dalam rumah tangga juga perannya penting.

Tujuannya jelas saja agar laju pertumbuhan keuangan bisa dikontrol. Adapun berikut ini beberapa fungsi dari anggaran:

  • Fungsi Pelaksanaan

Dalam kegiatan apapun, harapannya dalah dapat terlaksana dengan baik dan benar. Sama halnya dengan di bisnis, organisasi atau rumah tangga, anggaran punya peran penting untuk mewujudkan hal tersebut.

Menyusun anggaran masih menjadi pedoman penting dalam mengkoordinasi setiap kegiatan. Contohnya adalah merencanakan strategi pemasaran. Agar pemasaran berjalan dengan baik, tentunya harus memperkiraan anggaran untuk pengeluaran dan pemasukan keuangan.

  • Fungsi Perencanaan

Sama halnya dengan pelaksanaan, anggaran berperan dalam memberi gambaran yang jelas bagi unit moneter dalam melakukan kegiatan-kegiatannya dalam suatu perusahaan dan organisasi.

Seuatu kegiatan yang direncanakan akan berjalan lebih matang dan terarah sesuai dengan tujuan yang diinginkan, dan salah satunya karena peran anggaran.

Manfaat Membuat Anggaran untuk Perusahaan atau Organisasi

manfaat-membuat-anggaran-untuk-perusahaan-atau-organisasi

Memahami Manfaat Anggaran untuk Perusahaan atau Organisasi Photo by Dan Dimmock on Unsplash

Selain pengertian dan fungsi dari anggaran, penting untuk Anda mengetahui manfaat membuat anggaran untuk perusahaan maupun organisasi. Adapun berikut ini manfaat membuat anggaran:

1. Sebagai Dasar Perencanaan Kegiatan

Kebanyakan dari kegiatan perusahaan atau organisasi membutuhkan pengeluaran, maka anggaran dibutuhkan supaya kegiatan yang direncanakan atau yang akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan perusahaan maupun organisasi.

2. Acuan Aktivitas

Anggaran adalah gambaran prioritas alokasi sumber daya yang dimiliki perusahaan atau organisasi. Oleh karenanya, anggaran berperan sebagai acuan aktivitas perusahaan atau organisasi.

3. Pengontrol Aktivitas

Anggaran juga memberikan Anda informasi hasil aktivitas yang sesungguhnya, selanjutnya dibandingkan dengan standar yang telah ditetapkan.

4. Pengendali Keuangan

Manajemen anggaran yang baik bisa mengarahkan perusahaan atau organisasi dalam menentukan kekuatan dan kelemahan bagian keuangan. Hal ini dapat membantu perusahaan atau organisasi dalam mengendalikan keuangan (pengeluaran dan pemasukan)

5. Menjadi Motivasi

Untuk mendapatkan pengalaman kerja yang konsisten, efektif, dan efisien, seorang manajer atau karyawan memerlukan motivasi untuk memenuhi tujuan perusahaan. Anggaran menjadi salah satu faktor yang memotivasi manajer atau karyawan.

Kapan Waktu yang Tepat Mulai Menyusun Anggaran?

kapan-waktu-yang-tepat-untuk-menyusun-anggaran

Waktu yang Tepat untuk Menyusun Anggaran Photo by Kindel Media from Pexels

Sesuai dengan yang sudah dijelaskan mengenai pengertian, fungsi beserta manfaat, anggaran dinilai penting di sebuah perusahaan atau organisasi. Namun, saat kondisi tertentu justru anggaran disini selalu diremehkan.

Jika Anda bertanya kapan waktu yang tepat untuk menyusuh anggaran? Jawabannya adalah sebelum merencanakan atau melaksanakan suatu kegiatan.

Baiknya, ketika sebuah perusahaan atau organisasi menyusun anggaran sebelum melakukan kegiatan, maka nantinya kegiatan tersebut bisa berjalan sesuai rencana. Adapun jika tidak berjalan sesuai rencana, makan anggaran tersebut juga bisa dijadikan sebagai alat pembanding.

Di mana Melihat Data untuk Membuat Anggaran?

Sebelum menyusun anggaran, ada baiknya untuk melakukan pengecekkan terhadap beberapa data perusahaan. Data apa saja?

1. Laporan Laba Rugi

Gb 1. Contoh Tampilan Laba-Rugi

Gb 1. Contoh Tampilan Laba-Rugi

Laporan ini memberikan Anda begitu banyak informasi mengenai untung rugi sebuah perusahaan. Data inilah yang nantinya digunakan untuk membuat anggaran.

2. Laporan Neraca

Laporan neraca umumnya menampilkan informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan. Neraca menampilkan data kewajiban perusahaan, nilai aset, modal perusahaan, dan lainnya.

3. Laporan Arus Kas

Yang tak kalah penting dari yang lainnya adalah laporan arus kas. Untuk menentukan anggaran, Anda wajib mengetahui laporan pemasukan dan pengeluaran keuangan pada perusahaan.

Tips Menyusun Anggaran untuk UKM (Usaha Kecil Menengah)

Sering kita jumpai bahwa kebanyakan pengusaha UKM tidak memiliki anggaran keuangan. Pemilik UKM cenderung melakukan pengeluaran atau belanja sesuai dengan kebutuhan atau selera masing-masing.

Padahal, menyusun anggaran akan sangat membantu pelaku bisnis UKM untuk lebih fokus menjalankan bisnisnya. Sebab dengan adanya anggaran, bisnis akan bekerja untuk mencapai satu gol yang diinginkan.

Tanpa anggaran, akan sulit bagi bisnis untuk mengetahui tantangan yang dihadapi dan sulit pula untuk mengatasinya dengan cepat sebelum kehabisan modal bisnis.

Jika Anda termasuk pemilik UKM, penting untuk Anda menyusun anggaran usaha dari sekarang. Tidak perlu menunggu hingga bisnis menjadi besar dahulu. Anggaran bisa menjadi senjata untuk membantu Anda mengembangkan bisnis dalam waktu yang lebih cepat.

Tips berikut bisa membantu Anda dalam menyusun Anggaran untuk UKM Anda

1. Evaluasi Pendapatan Usaha

bahan-evaluasi-dan-strategi

Ketahui Keadaan Usaha Anda dengan Evaluasi

Hal pertama adalah mengevaluasi pendapatan usaha di periode-periode sebelumnya. Bukan hanya melihat angka dari pendapatan, tetapi juga perlu melacak sumber dari pendapatan tersebut. Semakin lengkap data yang dimiliki, akan semakin baik pula perencanaan anggaran nanti.

Usahakan mengevaluasi pendapatan usaha selama 12 bulan lalu supaya data lebih komprehensif. Cek berapa rata-rata pendapatan yang didapat perusahaan setiap bulan dan darimana sumbernya.

Jika Anda melakukan ini, Anda bisa menyesuaikan anggaran dengan lebih baik untuk memastikan tidak terjadi defisit di bulan-bulan tertentu.

2. Hitung Biaya Tetap

Cara menyusun anggaran selanjutnya adalah menghitung biaya tetap, yaitu biaya rutin yang dikeluarkan perusahaan untuk mendukung operasional agar berjalan lancar. Contoh dari biaya tetap adalah:

  • Sewa kantor
  • Pembayaran utang atau cicilan usaha
  • Gaji karyawan
  • Pajak
  • Depresiasi aset
  • Tagihan rutin, seperti listrik, air, Internet, dst.

Setiap bisnis punya kebutuhan yang berbeda-beda, komponen biaya tetap pun akan berbeda-beda antara bisnis satu dengan yang lain. Tentukan yang termasuk biaya tetap bisnis Anda, lalu jumlahkan semuanya.

3. Hitung Biaya Variabel

Biaya variabel merupakan biaya yang jumlahnya tidak menentu, tergantung dari pemakaiannya. Yang termasuk biaya variabel contohnya:

  • Biaya perbaikan perlengkapan kantor
  • Biaya marketing
  • Perawatan mobil operasional
  • Biaya produksi

Biaya variabel ini yang dapat disesuaikan dalam anggaran.

4. Cek Histori Laba-Rugi

software-akuntansi-laporan-laba-rugi

Laporan Laba Rugi dengan Software Akuntansi Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

Pada artikel yang telah kami tulis mengenai laba rugi, ini adalah salah satu laporan penting dalam menyusun anggaran. Anda bisa membacanya disini: Apa itu Laba Rugi? Dan Bagaimana Cara Membuat Laporannya?

Dari laporan laba rugi, perusahaan dapat mengetahui bisnisnya memberikan keuntungan atau kerugian, Tentu tiap pemilik berharap agar bisa selalu cuan, tapi ada situasi dan kondsisi tertentu yang mengakibatkan kerugian. Dan itu wajar.

Sebagai pemilik tentu kita harus mengambil pelajaran dari setiap kerugian yang dialami. Itulah salah satu tujuan dari rencana anggaran. Dengan melakukan evaluasi laba rugi perusahaan tiap bulan, Anda bisa menerapkan strategi keuangan yang lebih baik.

5. Menyusun Anggaran Usaha

Setelah mengetahui komponen apa saja yang harus dihitung dan dimasukkan dalam anggaran, kini saatnya Anda menyusun anggaran tersebut.

Rinci anggaran setiap bulan dengan menghitung semua komponen yang sudah disebutkan di atas. Dimulai dari menentukan proyeksi pendapatan, dan menguranginya dengan biaya tetap. Selanjutnya tentukan biaya variabel dan alokasi dana darurat yang mengacu pada histori laba rugi periode sebelumnya.

Fitur Anggaran vs Realisasi di Beecloud

Salah satu cara mudah dalam menyusun anggaran usaha adalah dengan melakukan pencatatan melalui software. Saat ini sudah banyak sekali software yang dapat memudahkan pekerjaan dan operasional usaha. Salah satu software yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan penyususan anggaran adalah Beecloud.

Beecloud memiliki fitur anggaran, dimana Anda bisa menginput beberapa anggaran pada bisnis Anda. Beecloud akan menghitung secara otomatis pengeluaran yang Anda lakukan selama periode tertentu. Selanjutnya, software ini akan memberikan data laporan otomatis dan realtime mengenai Anggaran vs Realisasi pada bisnis Anda.

anggaran adalah

Laporan Anggaran vs Realisasai pada Software Akuntansi Beecloud (Sumber: Bee.id)

Kesimpulan

Anggaran memiliki banyak manfaat untuk suatu perusahaan dan organisasi. Menyusun anggaran juga sangat penting agar perencanaan yang dilaksanakan dapat berjalan sesuai keinginan. Anda bisa menggunakan Software Beecloud untuk memudahkan penyusunan Anggaran. Coba gratis sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

catat-anggaran-bulanan-otomatis-sinkron-pembukuan

 

Contoh Pembukuan Sederhana Online Shop, Mudah dan Akurat!
Contoh pembukuan sederhana online shop membantu Anda untuk dapat memantau perkembangan bisnis serta kondisi keuangan yang dimiliki. Bisnis online shop […]
Baca Juga
Simak Cara Mudah Menghitung HPP Perusahaan Dagang
Dalam berbisnis Anda dituntut untuk bisa belajar mengenai berbagai bidang, hal ini demi kelangsungan bisnis Anda sendiri. Tidak hanya harus […]
Baca Juga
Penawaran Harga: Pengertian, Jenis, Komponen, dan Contohnya
Surat penawaran harga adalah dokumen yang tak terhindarkan untuk produsen atau pemasok barang dalam berbisnis. Saat membuat surat penawaran harga, […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu