Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Cara Membuat Laporan Keuangan Toko Kelontong Excel Sederhana

Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 8 April 2022

Di sini akan disajikan cara membuat laporan keuangan toko kelontong Excel secara sederhana yang bisa diaplikasikan pada usaha Anda.

Laporan keuangan merupakan catatan tertulis yang menyampaikan kegiatan bisnis dan kinerja keuangan suatu usaha atau perusahaan. Biasanya, laporan keuangan akan diaudit oleh seorang akuntan supaya keakuratannya lebih terjamin. Dengan begitu, keuangan usaha Anda lebih terkontrol.

Tapi, bagi Anda pemilik usaha kecil seperti toko kelontong, merekrut seorang akuntan akan cukup menguras pengeluaran. Jadi, Anda bisa melakukannya sendiri menggunakan Excel atau software kasir online supaya lebih efektif dan efisien.

Manfaat Membuat Laporan Keuangan

manfaat-membuat-laporan-keuangan

 Membuat Laporan Keuangan dengan Excel (Sumber: Freepik.com)

Laporan keuangan ternyata cukup penting dalam akuntansi, khususnya bagi keuangan usaha Anda. Laporan ini biasanya digunakan oleh investor, analis pasar, dan kreditur untuk mengevaluasi seberapa sehat keuangan dan potensi pendapatan suatu usaha.

Selain itu, manfaat yang akan Anda peroleh juga cukup besar. Adanya laporan keuangan akan membuat Anda bisa mengevaluasi usaha Anda ke depannya.

Baca Juga: Toko Kelontong: Pengertian dan Asal Mula Bisnis Modal Kecil Indonesia

Cara Membuat Laporan Keuangan Toko Kelontong Excel Sederhana

Laporan keuangan yang utama ada di suatu usaha adalah neraca, laba rugi, dan arus kas. Kalau dilihat dari tingkat usaha Anda, maka jenis laporan keuangan yang cocok untuk digunakan adalah laporan yang sederhana. Hal ini supaya Anda lebih mudah dalam mempelajari dan mengoperasikannya.

Nah, berikut ini merupakan cara membuat laporan keuangan toko kelontong Excel dengan cara sederhana. Dengan begitu, Anda bisa mengaplikasikannya untuk usaha toko kelontong Anda.

1. Buat Dokumen Baru di Excel

Software yang akan kita gunakan kali ini adalah Microsoft Excel. Software ini memungkinkan Anda untuk mengedit dan membuat laporan keuangan secara mudah, terutama bagi pemilik usaha kecil seperti toko kelontong. Sedangkan, untuk tingkat perusahaan dengan transaksi yang sangat banyak, akan sulit jika hanya menggunakan Excel.

2. Buat Kolom pada Lembar Kerja Excel

Setelah Anda membuat dokumen baru di Excel, langkah selanjutnya adalah membuat kolom-kolom sesuai kebutuhan untuk pencatatan laporan keuangan. Beberapa kolom yang Anda butuhkan antara lain untuk laporan laba rugi, stok barang, neraca, dan arus kas.

3. Rapikan Kolom dan Edit Formatnya

Langkah selanjutnya adalah mengedit kolom yang sudah Anda buat dan atur formatnya sesuai kebutuhan. Misalnya, pada bagian saldo, kredit, dan debet akan dibuat format mata uang atau ketika Anda akan mengatur tanggal. Aktifkan format otomatis untuk memudahkan pencatatan Anda ke depannya.

Oh iya, Anda juga perlu membuat fitur filter untuk mengurutkan data sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya Anda ingin melihat laporan keuangan berdasarkan tanggal terbaru.

4. Catat Laporan Laba Rugi

Terakhir, Anda buat laporan laba rugi dari transaksi Anda selama waktu tertentu, bisa tiap bulan atau tiap periode tertentu. Dengan begitu, Anda bisa mengevaluasi transaksi keuangan toko Anda.

Perlu Anda ingat, bahwa catatan ini harus dilakukan setiap hari untuk mempermudah Anda menghitung laba rugi setiap bulannya. Berikut adalah contoh laporan keuangan toko kelontong Excel.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat laporan keuangan toko kelontong Excel? Memang ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam membuat laporan keuangan menggunakan Excel, salah satunya kurang efektif dan efisien. Solusinya, Anda bisa menggunakan software kasir online seperti Bee.id untuk memudahkan Anda dalam melakukan laporan keuangan bagi toko kelontong Anda.

Hindari-Selisih-Stok-dan-Catat-Penjualan-Toko-Kelontong

Pengertian, Fungsi dan Contoh Jurnal Penyesuaian untuk Bisnis
Dalam artikel ini, Anda akan belajar lebih banyak tentang jurnal penyesuaian dan menganalisa studi kasus dari contoh yang telah kami […]
Baca Juga
3 Rekomendasi Software Akuntansi Perusahaan Jasa
Sebuah perusahaan pasti membutuhkan tenaga akuntan dalam mengelola seluruh urusan akuntansi. Nah, inovasi terbaru untuk mengurus masalah akuntansi dalam sebuah […]
Baca Juga
Cara Membuat Pembukuan Keuangan Sederhana Usaha Kecil
Pembukuan keuangan sederhana dibutuhkan oleh pengusaha untuk melihat progres bisnisnya melalui rekapan aktivitas keuangan di dalam perusahaan. Apakah keuntungan meningkat […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu