Logo Bee Web

Pahami Jenis Perusahaan Manufaktur dan Contoh Laporannya

Perusahaan manufaktur adalah bisnis yang mengelola bahan baku mentah menjadi bahan jadi. Pahami jenis dan laporan keuangannya di sini.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 13 February 2023

Mengutip dari The Balance manufaktur diartikan sebagai proses pembuatan produk yang berorientasi pada bahan mentah. Sehingga, dapat disimpulkan jika perusahaan manufaktur adalah sebuah bisnis yang mengelola bahan mentah menjadi produk siap pakai.

Perusahaan manufaktur bisa dikelola siapa saja dan dimana saja, asalkan memenuhi standar dari ‘manufaktur’ dari manufaktur itu sendiri, yakni mengacu pada pengolahan bahan mentah menjadi bahan siap digunakan.

Dalam hal ini perusahaan faktur memiliki beragam jenis, juga beberapa laporan keuangan yang sedikit berbeda dengan jenis bisnis lainnya. Simak penjelasan berikut ini untuk informasi lengkapnya:

Jenis-Jenis Perusahaan Manufaktur

Contoh Perusahaan Manufaktur Obat Obatan

Ilustrasi Perusahaan Manufaktur Industri Kimia memproduksi obat-obatan (Sumber: Freepik.com)

Secara pengertian, perusahaan manufaktur adalah memiliki cara kerja yang sama, yakni dengan merubah bahan mentah menjadi barang yang siap digunakan.

Baca Juga: Perusahaan Manufaktur Adalah: Ciri, Produk dan Contohnya

Namun ternyata bisnis ini memiliki beberapa jenis yang dibedakan menjadi beberapa industri berdasarkan jenis bahan bakunya,berikut diantaranya:

1. Industri Bahan Kimia

Berikutnya adalah perusahaan yang mengelola unsur kimia berat menjadi bahan yang bisa digunakan manusia, ada 3 kategori untuk jenis kimia yang digunakan, yakni:

  • Endapan mineral (kimia berat)
  • Bahan Bakar (petrokimia)
  • Obat-obatan (farmasi)

2. Industri Tekstil

Jenis pertama adalah perusahaan industri tekstil, dimana perusahaan ini focus mengelola bahan berupa serat kayu, bulu binatang, kapas dan beberapa jenis bahan lainnya untuk diubah menjadi benang, yang bisa digunakan untuk membuat baju,pakaian dan sejenisnya.

3. Industri Metalurgi

Jenis perusahaan manufaktur berikutnya adalah industri metalurgi, bisnis yang fokus pada penyulingan dan pembuatan bahan baku utama, seperti besi dan baja. Karena permintaan pasar yang cukup tinggi perusahaan ini perlu menghasilkan ton-tonan bahan.

4. Industri Teknik

Selanjutnya adalah industry Teknik, jenis ini bisa dikatakan sebagai industri lanjutan dari metalurgi, dimana bahan berupa besi dan baja ini akan diproduksi kembali oleh industri Teknik menjadi menis, transportasi sampai listrik.

5. Industri Pengolahan Bahan Makanan

Jenis selanjutnya adalah bisnis yang fokus pada bahan baku jenis makanan yang bisa dikelola, seperti gandum, beras, sayuran, rempah-rempah dan masih banyak lagi lainnya.

6.Industri Hi-tech

Terakhir adalah industri hi-tech, dimana industri jenis ini akan mengkolaborasikan seluruh industri yang sudah disebutkan sebelumnya untuk terus dikembangkan.

Tidak ada target keberhasilan pasti setiap tahunnya. Sebab, proses produksinya hanya berlangsung ketika ada pengembangan modal atau penelitian.

Hal ini juga yang mempengaruhi kenapa laporan keuangan perusahaan manufaktur dan perusahaan lainya berbeda.

Fungsi Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Contoh Laporan Keuangan Sederhana

Kontrol dan Monitoring Jadi Salah Satu Fungsi Laporan Keuangan (Sumber: Pixels.com)

1. Mengetahui Pendapatan dan Pengeluaran Perusahaan

Manfaat pertama yang bisa diambil perusahaan pada laporan keuangan adalah mengetahui berapa banyak pendapatan dan pengeluaran perusahaan setiap periode waktu akuntansi. Laporaan ini nantinya akan dijadikan sebagai bahan evaluasi.

Bisa dengan memodifikasi beberapa poin biaya yang dirasa tidak terlalu menguntungkan atau menambahkan biaya tambahan lainnya yang bisa mendukung kegiatan operasional perusahaan agar semakin lancar.

2. Alat Pengecekan Performa Perusahaan

Selanjutnya adalah menjadi indikator performa perusahaan, dimana dari laporan keuangan tersebut menampilkan apakah perusahaan sedang laba atau sedang rugi, sampai bagaimana prospek pertumbuhan perusahaan setiap tahunnya.

Terutama, pada perusahaan manufaktur publik, yang dalam pelaksanaannya aktif menjual sahamnya untuk masyarakat umum.

3. Penentu Strategi Perusahaan

Sebenarnya tidak hanya pada perusahaan manufaktur, karena hampir semua jenis bisnis bisa memanfaatkan laporan keuangannya sebagai penentu strategi apa yang akan digunakan dimasa depan.

Dari evaluasi dan perbaikan dari sistem sebelumnya yang tidak efektif dan indikasi keuangan yang tidak menguntungkan dari periode sebelumnya.

4. Memantau Kondisi Keuangan Perusahaan

Fungsi selanjutnya adalah sebagai pemantau kondisi keuangan perusahaan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, laporan keuangan perusahaan manufaktur menampilkan secara rinci mengenai bagaimana keuangan perusahaan dalam satu periode.

Sehingga, dari situlah perusahaan bisa memantau keuangan bisnis, sekaligus memantau arus keuangan yang terjadi selama operasional. Guna menghindari hak-hak merugikan yang tidak diinginkan.

5. Sebagai Laporan Kepada Pihak Ketiga

Berikutnya adalah sebagai laporan kepada pihak ketiga, pihak ketiga yang ini termasuk pemegang saham perusahaan. Karena mereka juga berhak mengetahui bagaimana prospek perkembangan perusahaan. Sebagai bahan pertimbangan mereka di masa yang akan datang.

Jenis-Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur dan Contohnya

Laporan Keuangan

Ilustrasi Pembuatan Laporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur (Sumber: Freepik.com)

Berikut jenis-jenis laporan keuangan perusahaan lengkap dengan contohnya:

1. Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

Pertama adalah laporan laba rugi, seperti Namanya, laporan ini berisi tentang laba dan rugi yang diperoleh perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Isi dari laporan laba rugi juha harus jelas menyampaikan apakah biaya yang dikeluarkan perusahaan benar-benar menghasilkan atau tidak.

Untuk bisa menyampaikan data laporan dengan jelas ada 4 elemen dasar yang wajib ada dalam laporan laba rugi perusahaan manufaktur, yakni:

  • Revenue, pendapatan keseluruhan perusahaan dan bukan pendapatan bersih yang bisa dilihat melalui laporan penjualan perusahaan.
  • Expenses, Total biaya operasional perusahaan selama masa periode akuntansi dalam usaha memperoleh pendapatan.
  • Keuntungan/Profit, total pendapatan yang diperoleh dari hasil penjualan yang melebihi biaya operasional atau expenses.
  • Kerugian, seperti Namanya laporan laba rugi, kerugian juga harus dicantumkan dalam laporan penjualan. Kebalikan dari profit data kerugian diperoleh dari lebihan biaya dari pendapatan yang diperoleh.

Baca juga: Jenis dan Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

Dalam penyusunan laporan laba rugi ada dua metode penyusunan yang bisa dilakukan. Yakni dengan single step dan multiple step, tergantung dengan kebutuhan dari perusahaan itu sendiri.

Berikut contoh laporan laba rugi perusahaan manufaktur:

a. Single Step

tabel laba rugi

Tabel Laporan Laba Rugi Single Step (Sumber: Bee.id)

b. Multiple Step

tabel laba rugi

Contoh Laporan Laba Rugi Multiple Step (Sumber: Bee.id)

2. Laporan Perubahan Modal

Jenis laporan kedua adalah laporan perubahan modal, dimana dalam laporan ini menjelaskan ekuitas yang terjadi selama perusahaan melakukan kegiatan dalam kurun waktu tertentu.

Kemudian, modal akan ditambahkan ketika laba bersih lebih besar dibandingkan dengan pengambilan prive. Sebaliknya, modal akan dikurangi jika laba bersih bernilai lebih rendah dibandingkan dengan pengambilan prive.

Berikut deretan contoh laporan perubahan modal perusahaan manufaktur:

Laporan Perubahan Modal

Contoh Laporan Perubahan Modal (Sumber: Bee.id)

3. Laporan Neraca

Selanjutnya adalah laporan neraca sebagai ringkasan posisi keuangan perusahaan, yang terdiri dari dua bagian, yakni aktiva dan pasiva.

Aktiva sendiri merupakan seluruh kekayaan yang dimiliki perusahaan, sedangkan pasiva adalah sumber kekayaan dari perusahaan itu sendiri.

Berikut contoh laporan neraca perusahan manufaktur:

4. Laporan Harga Pokok Produksi

Jenis laporan perusahaan manufaktur berikutnya adalah laporan harga pokok produksi yang mencari ciri utama dari bisnis perusahaan itu sendiri yang berkaitan dengan proses kegiatan produksi.

Fungsi dari laporan ini sebagai cara untuk mengetahui berapa jumlah dari nilai biaya yang dibutuhkan selama proses produksi lengkap dengan biaya overhead yang dikeluarkan.

Ada tiga macam biaya yang wajib dicantumkan dalam laporan harga pokok produksi, yakni:

  • Biaya bahan baku, jenis biaya yang dikeluarkan perusahaan guna memperoleh bahan baku/ material yang nantinya akan diubah menjadi barang jadi.
  • Biaya tenaga kerja langsung, biaya yang meliputi tenaga kerja yang berkaitan dengan kerja langsung selama proses pengelolaan barang. Seperti, kemampuan fisik atau bantuan tenaga kerja mesin.
  • Biaya overhead pabrik, jenis biaya ini meliputi biaya yang dibutuhkan perusahaan selama proses pengolahan, seperti mesin produksi, penyusutan Gedung, upah karyawan kerja dan beberapa lainnya.

Berikut contoh laporan harga pokok produksi perusahaan manufaktur:

Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur (Sumber: Bee.id)

5. Laporan Arus Kas Perusahaan

Terakhir ada laporan arus kas, pada laporan arus kas perusahaan manufaktur terdiri dari informasi yang berkaitan dengan pendapatan dan pembayaran kas dari aktivitas utama perusahaan, seperti operasional, investasi, pendanaan dan sejenisnya yang terjadi pada periode waktu tertentu.

Berikut contoh laporan arus kas perusahaan manufaktur:

beeaccounting software akuntansi laporan arus kas

software akuntansi laporan arus kas

Cara Cepat Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Bermasalah dengan manajemen keuangan perusahaan karena kesulitan membuat laporan keuangan? Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Yang perlu Anda lakukan hanya menginputkan data seperti kebutuhan produksi, transaksi, penjualan, kas bank, dan sejenisnya maka laporan keuangan akan otomatis jadi tanpa perlu repot sibuk revisi lagi.

Software Akuntansi Manufaktur Untuk Produksi Pabrik Beeaccounting

Dengan laporan keuangan lengkap, stok akurat dan mudah digunakan software ini cocok digunakan untuk mengelola perusahaan manufaktur seperti milik Anda, segera daftarkan diri dan dapatkan gratis percobaan untuk Anda pengguna pertama.

Artikel Terkait

Perusahaan Manufaktur Adalah: Ciri, Produk dan Contohnya
Perusahaan manufaktur adalah jenis perusahaan yang memulai bisnisnya dari mengolah bahan mentah hingga menjadi produk jadi dan siap digunakan. Keberadaan
Baca Juga
5 Faktor Produksi Beserta Contoh Penerapannya
Pada kegiatan ekonomi, terdapat 3 (tiga) faktor yang saling berkaitan dan tidak lepas dari rutinitas sehari-hari, yakni faktor produksi, distribusi,
Baca Juga
Faktor Produksi Turunan: Pengertian, Jenis dan Contohnya
Setiap produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan sebelumnya akan melalui proses panjang sebelum produk tersebut sampai ke tangan pembeli.
Baca Juga
Perencanaan Produksi: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Tahapannya
Perencanaan produksi merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan sebelum proses produksi dilakukan. Dimana perusahaan atau bisnis Anda perlu melakukan
Baca Juga
Cycle Time Adalah Strategi Efisiensi Produksi, Ini Caranya!
Dalam bahasa Indonesia cycle time adalah waktu siklus, sebuah metrik penting yang mengukur durasi rata-rata untuk menyelesaikan satu siklus dalam
Baca Juga
Cara Menghitung Variabel Costing dan Penjelasan Lainnya
Dalam dunia industri dan produksi, pemilik usaha harus dapat menentukan biaya produksi yang tepat agar tidak terjadi kerugian. Ada setidaknya
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu