Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Contoh Perusahaan Manufaktur yang Beroperasi di Indonesia

Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 31 October 2022

Perusahaan manufaktur merupakan salah satu jenis perusahaan yang memiliki kontribusi besar dalam mengembangkan perekonomian. Beberapa contoh perusahaan manufaktur telah mampu menyerap banyak tenaga kerja sekitar. Hal ini secara tidak langsung membantu peningkatan taraf hidup masyarakat.

Dengan perkembangan industri yang semakin pesat membuat semakin banyak perusahaan manufaktur dibangun untuk memenuhi kebutuhan pasar. Setiap perusahaan manufaktur pun memiliki produk manufaktur tersendiri yang akan ditawarkan di market nasional maupun global.

Pengertian Perusahaan Manufaktur

Perbedaan paling mendasar dalam perusahaan manufaktur dan jenis perusahaan lainnya terletak pada pengolahan bahan mentah atau bahan setengah jadi menjadi sebuah barang yang memiliki nilai jual. Semakin besar permintaan pasar, maka proses produksi yang dilakukan pun semakin besar.

Biasanya, proses produksi akan melibatkan beberapa faktor seperti SDM, alat atau mesin, hingga SDA. Dalam prosesnya, kegiatan perusahaan akan dilakukan berdasarkan SOP yang telah ditetapkan. Salah satu perusahaan yang termasuk dalam jenis perusahaan ini ialah pabrik.

Baca Juga: Cara Hitung Biaya Produksi untuk Perusahaan Manufaktur

Contoh Perusahaan Manufaktur di Indonesia

Contoh Perusahaan Manufaktur Di Indonesia

Ilustrasi Contoh Perusahaan Manufaktur (Sumber: Pexels.com)

Ada cukup banyak perusahaan yang dikategorikan sebagai perusahaan manufaktur. Mulai dari tekstil hingga otomotif, berikut beberapa contoh perusahaan manufacturing yang beroperasi di Indonesia.

  • Tekstil dan Garmen

Tekstil dan garmen merupakan salah satu perusahaan manufaktur besar. Industri tekstil akan mengolah kapas menjadi kain yang nantinya dapat diolah kembali menjadi pakaian jadi. Dengan banyaknya industri tekstil maupun garmen yang ada, tidak jarang perusahaan banyak membuka lowongan tenaga kerja.

Beberapa kota yang memiliki pabrik tekstil maupun garmen ialah Karawang, Sidoarjo, Tangerang, Semarang, Pekalongan, dan masih banyak kota lainnya. Hasil produksinya pun beragam dan dijual di dalam negeri maupun diekspor ke luar negeri.

PT Sri Rejeki Isman merupakan salah satu contoh perusahaan yang bergerak di bidang ini. Ada juga perusahaan lain seperti Trisula Textile Industry, Argo Pantes Tbk, dan Polychem Indonesia Tbk.

  • Elektronik

Untuk perusahaan manufaktur elektronik, perusahaan akan menggunakan teknologi canggih dalam memproduksi berbagai produk elektronik tersebut. Ada berbagai produk yang tidak asing bagi masyarakat seperti komputer, laptop, televisi, handphone, AC, kulkas, dan lainnya.

Salah satu pabrik elektronik yang terkenal berada di kota Surabaya yaitu Maspion Electronics. Merek dagangnya pun telah memproduksi berbagai barang elektronik termasuk barang elektronik untuk kebutuhan peralatan dapur. Selain itu, pabrik ini juga telah memiliki jangkauan pasar yang cukup luas.

  • Kosmetik

Contoh Perusahaan Manufaktur Kosmetik

Ilustrasi Kosmetik (Sumber: Pexels.com)

Kosmetik masuk dalam daftar contoh perusahaan manufaktur yang produksinya cukup besar. Bahkan beberapa perusahaan telah berkembang cukup besar hingga jangkauan pasarnya tidak hanya di pasar lokal maupun nasional. Produk hasil produksi kosmetik misalnya make up dan peralatan kosmetik.

Beberapa perusahaan manufaktur yang menghasilkan produk kosmetik ialah PT Martina Berto Tbk dan PT Mustika Ratu.

  • Makanan dan Minuman

Ada cukup banyak pabrik manufaktur makanan dan minuman berskala lokal maupun nasional. Industri ini bergerak dengan mengolah bahan mentah menjadi berbagai makanan dan minuman kemasan yang dijual di berbagai toko ataupun supermarket.

Hasil produksinya pun beragam, mulai dari cemilan, minuman kemasan, dan lainnya. Beberapa perusahaan manufaktur besar seperti Grup Mayora bahkan memproduksi lebih dari satu jenis hasil produksi untuk dipasarkan kepada konsumen dengan harga yang bervariasi.

  • Kerajinan

Perusahaan manufaktur kerajinan menjadi contoh lain dari perusahaan ini. Cukup banyak hasil produksinya yang telah menembus pasar mancanegara. Beberapa produk yang biasanya dihasilkan ialah keramik, pahatan kayu atau batu, kain batik, dan kain tenun.

PT Hanung Craft dan PT Santha Buana Bali merupakan contoh perusahaan yang bergerak di bidang kerajinan.

  • Pengolahan Kayu

Selain semua daftar perusahaan di atas, beberapa perusahaan yang bergerak di bidang manufacturing berfokus pada sektor pengolahan kayu. Perusahaan tersebut akan mengolah kayu menjadi berbagai produk seperti triplek dan kertas. Bahkan, industry ini juga telah berhasil melakukan penjualan ekspor.

Beberapa perusahaan yang memiliki bisnis manufaktur pengolahan kayu seperti PT SLJ Global, PT Dharma Satya Nusantara Tbk, dan SULI Sumalindo Lestari Jaya.

  • Obat-obatan

Contoh Perusahaan Manufaktur Obat Obatan

Ilustrasi Obat-obatan (Sumber: Freepik.com)

Perusahaan manufaktur selanjutnya berfokus pada produksi obat-obatan medis. Beberapa perusahaan yang telah beroperasi bahkan didirikan sejak puluhan tahun yang lalu. Selain itu, beberapa diantaranya juga telah diambil alih oleh pemerintah untuk bekerja sama dengan departemen kesehatan.

Perusahaan manufaktur yang menghasilkan produk farmasi seperti PT Merck Indonesia Tbk, PT Kalbe Farma Tbk, dan PT Kimia Farma Tbk.

  • Otomotif

Seperti perusahaan elektronik, industri otomotif pun memanfaatkan berbagai teknologi canggih terbaru untuk memproduksi berbagai hasil otomotif. Beberapa produk hasil manufaktur otomotif ialah mobil dan motor. Namun, ada juga pabrik yang memproduksi spare part untuk mobil dan motor tersebut.

Astra Group menjadi salah satu perusahaan manufaktur terbesar yang telah terdaftar di BEI. Untuk contoh perusahaan lain, ada Indomobil Sukses Internasional, Nissan Motor Indonesia, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Software Akuntansi Manufaktur; Manfaat dan Fungsi Beeaccounting

Kesimpulan

Ternyata, ada cukup banyak contoh perusahaan manufaktur yang beroperasi di negeri ini. Hasil produksinya pun beragam untuk memenuhi kebutuhan pokok hingga tersier masyarakat. Bahkan, banyak dari perusahaan tersebut telah menjadi produsen untuk berbagai produk berskala internasional. 

Software Akuntansi Manufaktur Untuk Produksi Pabrik Beeaccounting

Apa itu Biaya Marginal dan Bagaimana Dampaknya terhadap Bisnis?
Dalam istilah ekonomi, biaya marginal (mariginal cost) berhubungan dengan biaya produksi. Kalau Anda belum tahu biaya produksi itu apa, biaya […]
Baca Juga
Pentingnya Stock Opname Untuk Perusahaan
Stock Opname atau disebut juga dengan Stock of Name sebuah istilah yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua yang […]
Baca Juga
Rincian Biaya Produksi yang Efektif untuk Menghemat Biaya Perusahaan
Tidak peduli seberapa mengesankan permintaan untuk produk Anda, jika rincian biaya produksi tidak efisien, Anda tidak akan mendapat untung maksimal […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu