🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Sisa 3 Hari
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Neraca Perdagangan: Surplus vs Defisit

Artikel kali ini membahas mengenai neraca perdagangan mulai dari pengertian, cara menghitung, faktor yang mempengaruhi serta surplus defisit.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 20 July 2022

Membahas mengenai laporan keuangan tentu sudah tidak asing lagi dengan laporan neraca salah satunya neraca perdagangan Indonesia. Artikel kali ini membahas lengkap mulai dari pengertian, cara menghitung, faktor yang mempengaruhi, serta pengertian surplus dan defisit.

Pengertian Neraca Perdagangan

Neraca perdagangan sendiri dapat diartikan sebagai perbandingan nilai barang dan jasa yang diimpor maupun yang diekspor dalam periode tertentu. Menjadi point terbesar dan terpenting untuk neraca pembayaran. Dan lebih dikenal dengan balance of trade.

Neraca Perdagangan Dan Neraca Pembayaran

Neraca Perdagangan dan Neraca Pembayaran (Sumber: Guruips.com)

Neraca perdagangan sendiri memiliki sifat positif dan negative. Bernilai positif jika negara tersebut banyak melakukan ekspor daripada impor. Begitu sebaliknya jika bernilai negatif jika negara tersebut banyak melakukan impor daripada ekspor. Sehingga neraca ini sangatlah penting.

Cara Menghitung Neraca Perdagangan

Ada 2 hal penting yang dinilai dalam cara menghitung neraca perdagangan yaitu nilai impor dan ekspor. Untuk menghitungnya bisa dihitung dengan cara nilai ekspor dikurangi nilai impor. Ekspor sendiri merupakan barang atau jasa yang dibuat oleh dalam negeri kemudian dijual ke negara lain. Sedangkan impor merupakan barang atau jasa yang dibeli dari negara lain untuk digunakan di dalam negeri.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa

Ketika hasil perhitungan bernilai positif maka artinya suatu negara tersebut lebih banyak melakukan ekspor daripada impor. Sedangkan jika hasil perhitungan neraca adalah negatif maka artinya suatu negara lebih banyak melakukan impor daripada ekspor.

Faktor Neraca Perdagangan

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya, diantaranya :

  • Pertumbuhan ekonomi dan pendapatan

Faktor pertama adalah pertumbuhan ekonomi dan pendapatan. Jika pertumbuhan ekonomi bagus maka bisa meningkatkan standar pendapatan dalam suatu negara. Sehingga akan banyak usaha yang mampu memproduksi barang atau jasa untuk memenuhi permintaan impor.

  • Nilai tukar

Tukar Uang Untuk Import Export

Tukar Uang Untuk Import Export (Sumber: market.bisnis.com)

Nilai tukar ini juga mempengaruhi neraca. Pasalnya dalam kegiatan ekspor dan impor tentu membutuhkan adanya nilai tukar.

  • Daya saing produk

Faktor selanjutnya adalah daya saing produk. Artinya dalam kegiatan ekspor impor tentu akan melihat adanya sebuah harga jual dan kualitas produk. Oleh sebab itulah agar banyak yang impor tentu Anda harus mampu memproduksi barang atau jasa yang berkualitas.

Baca Juga: Cara Menentukan HPP Terbaik Biar Nggak Rugi!

Ekspor dan Impor Mempengaruhi Neraca Perdagangan

Selain 3 faktor di atas tentu kegiatan ekspor dan impor sendiri dapat mempengaruhi neraca perdagangan. Jika negara lebih banyak ekspor maka negara tersebut mengalami surplus dengan mempertimbangan nilai tukar mata uang juga. Begitu sebaliknya jika negara lebih banyak impor maka negara tersebut mengalami defisit dengan mempertimbangkan juga besarnya nilai tukar mata uang. Mengingat nilai tukar sendiri bisa mempengaruhi neraca serta kegiatan didalamnya.

Beecloud Laporan Akuntansi Jurnal Neraca Buku Besar

Surplus vs Defisit

Di dalam Neraca perdagangan tentu tidak lepas dengan istilah surplus dan defisit. Surplus sendiri merupakan sebuah kondisi dimana sebuah negara lebih banyak melakukan kegiatan ekspor daripada kegiatan impor. Sedangkan defisit merupakan sebuah kondisi sebuah negara yang lebih banyak melakukan kegiatan impor daripada kegiatan ekspor. Tentunya sebuah negara menginginkan lebih banyak surplus daripada defisit.

Baca Juga: Laporan Pemasukan dan Pengeluaran untuk Cek Kondisi Bisnis

Dari penjelasan di atas tentu Anda sudah memahami pengertian, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Anda juga memahami bahwa ekspor impor juga mampu mempengaruhi neraca perdagangan. Anda pun belajar cara menghitung neraca perdagangan dengan mudah dan praktis serta cepat.

Artikel Terkait

Contoh Cash Flow Sederhana yang Mudah Penerapannya
Contoh cash flow sederhana dapat membantu Anda dalam membuat laporan keuangan terutama pada bagian laporan arus kas. Pasalnya laporan arus
Baca Juga
Laporan Keuangan Adalah Dokumen Penting, Apa Saja Jenisnya?
Mengenal laporan keuangan adalah, tujuan beserta fungsinya jadi sangat penting bagi Pengusaha. Karena laporan ini jadi hal yang sangat penting
Baca Juga
Jika Mengabaikan Akuntansi, Inilah Dampaknya pada Bisnis Anda
Sebagai pemilik bisnis kecil, penting bagi Anda untuk memperhatikan dampak mengabaikan akuntansi dan juga mengetahui bahwa kesalahan yang tampaknya kecil
Baca Juga
Pembukuan Online Shop, Penting? Ternyata Ini 3 Manfaatnya
Pembukuan Online Shop – Mungkin ini merupakan bisnis yang kecil namun tetap butuh manajemen keuangan yang baik agar bisa berkembang.
Baca Juga
Apa Fungsi Akuntansi Dalam Bisnis? Ini Penjelasannya
Ilmu akuntansi mempunyai aplikasi yang luas, bukan hanya untuk kepentingan bisnis saja, tetapi organisasi nirlaba, lembaga pemerintahan dan lain sebagainya
Baca Juga
Pengertian Akuntansi Manajemen, Fungsi, Penerapan dan Manfaatnya
Akuntansi Manajemen merupakan hal terpenting bagi bisnis. Segala perencanaan dan pengambilan keputusan manajemen berdasarkan data akuntansi manajemen. Oleh sebab itu,
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Monday, 31 October 2022
7 Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu