Logo Bee Web

Laporan Pemasukan dan Pengeluaran untuk Cek Kondisi Bisnis

Laporan pemasukan dan pengeluaran adalah hal yang tidak asing bagi seoarang pebisnis. Pebisnis memeriksa laporan pemasukan dan pengeluaran...
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 6 April 2022

Laporan pemasukan dan pengeluaran adalah hal yang tidak asing bagi seoarang pebisnis. Maklum saja, hampir tiap bulan, pemilik bisnis atau pemegang saham perlu memeriksa laporan keuangan agar memahami kinerja perusahaannya. Setiap bisnis harus memiliki laporan keuangan perusahaan yang disusun dengan baik dan akurat.

Laporan keuangan berfungsi memberikan data tentang arus pemasukan dan pengeluaran dalam bisnis. Namun, dalam hal pembuatan laporan keuangan terkadang seringkali ditemukan ketidakakuratan data. Hal ini secara tidak langsung akan menghambat Anda dalam memonitor cash flow perusahaan, sehingga berisiko mengalami kerugian yang cukup besar.

Apa itu Laporan Pemasukan dan Pengeluaran?

Mengenal Laporan Pemasukan dan Pengeluaran

Mengenal Laporan Pemasukan dan Pengeluaran (Sumber: Freepik.com)

laporan keuangan adalah catatan yang menyajikan data terperinci mengenai kondisi keuangan bisnis. Laporan keuangan diperlukan dengan tujuan untuk memonitoring cash flow bisnis. Dengan demikian, diharapkan perusahaan bisa menghindari berbagai risiko yang tidak diinginkan, seperti kerugian.

Laporan keuangan juga sangat diperlukan untuk memantau kondisi keuangan terkini perusahaan. Dengan adanya laporan keuangan yang akurat, Anda akan mengetahui apakah perusahaan sedang berada dalam kondisi surplus atau defisit. Ke depannya, Anda bisa melakukan analisis strategi agar kondisi keuangan perusahaan tetap stabil, terutama saat sedang mengalami defisit.

Apa Manfaat Laporan Pemasukan dan Pengeluaran?

Pembuatan  laporan pemasukan dan pengeluaran harus dilakukan dengan baik dan akurat. Agar bisa digunakan untuk analisis tindakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

manfaat-laporan-pemasukan-dan-pengeluaran

Ketahui Manfaat Membuat Laporan Pemasukan dan Pengeluaran (Sumber: Pexels.com)

Berikut beberapa manfaat pembuatan laporan pemasukan dan pengeluaran yang akurat.

1. Update Kondisi Keuangan Terkini

Dengan adanya laporan keuangan  yang terstruktur dan akurat, Anda bisa mengetahui update kondisi keuangan terkini perusahaan. Lebih lanjut, Anda bisa menganalisis strategi untuk menjaga keuangan agar tetap stabil dan meningkat, serta alokasi anggaran dana di bulan-bulan selanjutnya.

2. Menyesuaikan Pengeluaran

Bila Anda mengetahui arus pemasukan dan pengeluaran secara terperinci. Maka, akan lebih mudah mengevaluasi perencanaan dana di bulan-bulan selanjutnya. Terutama, dengan cara menjadikan data saat ini sebagai acuan, salah satunya dalam menentukan pengeluaran.

3. Mengetahui Skala Prioritas

Adanya laporan keuangan yang terperinci, maka Anda lebih mudah dalam menekan pengeluaran terhadap hal-hal yang kurang penting dengan mengutamakan skala prioritas kebutuhan.

Baca Juga: Alasan Pentingnya Laporan Keuangan Perusahaan

Beeaccounting, Software Pembuatan Laporan Pemasukan dan Pengeluaran Terpercaya

Beeaccounting adalah software pembuatan laporan keuangan perusahaan yang telah dipercaya oleh lebih dari 33.000 pengguna di Indonesia. Dalam hal ini, Beeaccounting hadir sebagai solusi bagi para pebisnis dalam mengelola keuangan perusahaan.

Laporan Keuangan Akurat Untuk Laporan Pajak Pakai Beeaccounting 1x Klik Langsung Jadi

Berikut kelebihan Beeaccounting dibandingkan software pembuatan laporan keuangan lainnya.

1. Fitur Sesuai Kebutuhan

Setiap usaha memiliki kebutuhan yang berbeda dalam hal pembuatan laporan keuangan. Dalam hal ini, BEE ACCOUNTING menjadi satu-satunya software yang fleksibel dengan memberikan 47 plugin yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

2. Sekali Bayar

Untuk bisa berlangganan BEE ACCOUNTING, Anda hanya perlu melakukan satu kali bayar untuk akses seumur hidup.

3. Data Offline

Beeaccounting memberikan akses data offline karena diinstal di PC/laptop. Dengan demikian Anda tidak perlu takut adanya risiko bocornya privasi dan keamanan data perusahaan.

4. Telah Teruji Stabil

Beeaccounting telah teruji sejak tahun 2010 dan telah dilakukan testing oleh puluhan ribu pengguna di seluruh Indonesia, sehingga kualitasnya sudah terjamin.

5. Pelayanan Prima

BEE ACCOUNTING didukung support tim handal agar bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada konsumen.

6. Meningkatkan Performa Pengambilan Keputusan

BEE ACCOUNTING dilengkapi ratusan variasi laporan yang telah tersaji cepat dan akurat. Di antaranya seperti laporan laba/rugi, neraca, kas/bank, stok, dan piutang yang akan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan bisnis.

Mari tingkatkan pembuatan faktur penjualan atau pembelian yang lebih praktis, cepat, dan modern. Pakai BEE ACCOUNTING sekarang, daftar uji pakai GRATIS disini.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Tips Memilih Software Toko Program Kasir Terbaik
Berkembangnya teknologi telah memiliki dampak ke hampir seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam urusan bisnis. Salah satu inovasi teknologi yang bermanfaat
Baca Juga
Cara Cepat Membuat Laporan Neraca Excel
Seperti diketahui bersama, excel sendiri memang banyak digunakan untuk membuat sebuah laporan, salah satunya adalah laporan keuangan, dalam hal ini
Baca Juga
Alasan Pentingnya Laporan Keuangan Perusahaan
Laporan Keuangan Perusahaan - Hingga saat ini, beberapa orang atau bahkan pengusaha belum mengerti betapa pentingnya laporan keuangan dalam usaha.
Baca Juga
5 Fitur Unggulan Aplikasi Penyewaan Mobil Terbaik
Saat ini, untuk menyewa mobil dengan jenis yang berbeda bisa dilakukan secara lebih mudah. Sebab, sekarang sudah ada banyak aplikasi
Baca Juga
Cara Menghitung Variabel Cost Mudah dan Contohnya
Cara menghitung variabel cost merupakan hal yang perlu diketahui dan dipahami pemilik usaha sebab sangat penting bagi profitabilitas usaha. Meski
Baca Juga
Apa itu Biaya Marginal? Ini Penjelasan Lengkapnya
Dalam istilah ekonomi, biaya marginal (mariginal cost) berhubungan dengan biaya produksi. Kalau Anda belum tahu biaya produksi itu apa, biaya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu