Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Cara Menentukan HPP Terbaik Biar Nggak Rugi!

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 9 June 2022

Menentukan HPP adalah sebuah hal penting yang harus dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh harga terbaik untuk kegiatan jual beli. HPP yang dimaksud di sini adalah harga pokok penjualan, yang nantinya akan menjadi penentu untuk kesuksesan bisnis.

Karena jika yang ditentukan adalah harga jual yang tinggi maka itu akan berdampak pada penjualan yang jarang. Namun harga jual yang terlalu murah juga akan merugikan bisnis karena itu nantinya tidak seimbang dengan pengeluaran Anda.

Sebagai seorang pengusaha kadang-kadang Anda merasa sulit untuk menentukan HPP. Di mana pertimbangannya adalah harga yang tidak terlalu murah dan bisnis Anda mendapatkan keuntungan yang tepat. Tetapi bagaimana cara menentukan harga produk yang kita jual?

Caranya Anda dapat menggunakan perhitungan harga barang yang dijual, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan pada HPP mulai dari komponen apa saja hingga cara menentukan HPP Anda sendiri.

Apa itu HPP?

Hpp Adalah

Ilsutrasi Harga Jual Kale (Sumber: Pexels.com

Harga pokok penjualan atau disingkat sebagai HPP adalah gambaran dari perkiraan biaya yang dikeluarkan oleh bisnis secara langsung atau tidak langsung dalam proses produksi.

Unsur -unsur yang termasuk dalam harga pokok penjualan seperti biaya yang dikeluarkan secara langsung selama proses produksi, seperti bahan baku, tenaga kerja, dan lainnya.

Oleh karena itu Anda perlu menghitung biaya barang yang dijual karena dari sana Anda dapat menjadikannya sebagai harga dasar dalam menjual produk.

Sebagai seorang pengusaha, untuk menentukan HPP diperlukan akurasi tinggi karena jika salah itu akan membuat bisnis Anda kehilangan uang.

Komponen Harga Pokok Penjualan

Anda harus terlebih dahulu tahu komponen atau elemen penting apa yang ada pada harga pokok penjualan. Tujuannya adalah supaya Anda tidak salah dalam menentukan HPP.

Untuk memahami komponen HPP, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

1. Persediaan Awal Perdagangan

Persediaan awal barang dagangan adalah inventaris yang tersedia pada awal periode bisnis. Anda dapat memeriksa stok awal ini pada neraca saldo yang sedang berlangsung atau periode sebelumnya.

2. Persediaan Akhir Dagang

Berbeda dari persediaan awal perdagangan, dalam persediaan akhir dagang adalah inventaris atau stok yang masih tersedia pada akhir periode atau akhir tahun. Anda dapat mengetahui total inventaris akhir pada akhir periode akuntansi.

3. Pembelian Bersih

Pembelian bersih adalah semua pembelian barang dagangan yang dilakukan oleh bisnis Anda biasanya untuk pembelian cash atau pembelian kredit. Ditambah perbedaan antara beban biaya transportasi dan pengembalian pembelian dan pembelian.

Untuk rumus HPP itu sendiri adalah:

Harga Pokok Penjualan = Pembelian Bersih + Persediaan Awal – Persediaan Akhir

Cara Menentukan HPP

Cara Menentukan Hpp

Ilustrasi Cara Mudah menentukan HPP Usaha Dagang Buah Photo by Rajiv Perera on Unsplash 

Untuk menghitung biaya penjualan sebelumnya, Anda membutuhkan harga barang yang dijual untuk perhitungan HPP lebih mudah.

1. Cara Menghitung Pembelian Bersih

Untuk menghitung pembelian bersih, Anda harus tahu akun apa yang termasuk dalam pembelian bersih, termasuk pengembalian pembelian, pembelian kotor, dan pembelian diskon.

Anda bisa mendapatkan nilai pembersihan bersih dari jumlah pembelian dan biaya pengangkutan pembelian dan kemudian dikurangi dengan total pengembalian pembelian dan diskon pembelian.

Rumus pembelian bersih adalah:

Pembelian Bersih = (Total Pembelian + Ongkos Angkut) – (Retur Pembelian + Potongan Pembelian)

2. Menghitung Penjualan Bersih

Penjualan bersih termasuk dalam pendapatan bisnis. Oleh karena itu, ada beberapa elemen yang terkait dengan perhitungan penjualan bersih, yaitu pengembalian pembelian, pengurangan harga, dan pembelian kotor.

Anda bisa mendapatkan nilai penjualan bersih dengan rumus berikut.

Penjualan Bersih = Penjualan Kotor – (Retur Pembelian + Potongan Penjualan)

3. Persediaan Barang

Untuk menghitung inventaris barang, Anda hanya menambahkan inventaris awal barang dengan pembelian bersih.

Berikut ini adalah rumus untuk persediaan atau inventaris.

Persediaan Barang = Persediaan Awal + Pembelian Bersih

4. Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan

Langkah terakhir adalah menghitung HPP, Anda bisa mendapatkan biaya barang yang dijual dengan perhitungan inventaris dan kemudian mengurangi inventaris akhir.

Berikut ini adalah rumus HPP.

HPP = Persediaan Barang – Persediaan Akhir

Metode Perhitungan Menentukan HPP (Harga Pokok Penjualan)

Metode Menentukan Hpp

Ilustrasi Menentukan HPP pada Usaha Dagang Photo by Thom Milkovic on Unsplash 

Selama periode akuntansi, harga pokok penjualan dapat mengalami perubahan tergantung pada biaya dan metode penentuan inventaris yang digunakan. Ada 3 metode penentuan persediaan, termasuk.

1. Menentukan HPP dengan Metode FIFO

Metode FIFO adalah singkatan dari First In First Out, dapat disimpulkan bahwa metode ini adalah metode menghitung inventaris yang terkait dengan barang yang pertama memasuki bisnis Anda.

Untuk cara mencatat inventaris ada dua yaitu metode FIFO perpetual dan periodik. Sementara cara untuk menghitung metode FIFO perpetual, Anda memerlukan kartu stok yang terdiri dari beberapa kolom untuk mencatat mutasi stok.

2. Menentukan HPP dengan Metode LIFO

Metode Last in First Out atau lebih dikenal sebagai LIFO adalah inventaris produk yang masuk terakhir kali akan dijual terlebih dahulu.

Bisnis yang mengimplementasikan metode ini akan menyimpan produk terlebih dahulu, sehingga barang yang baru dimasukkan tidak akan dijual secara langsung tetapi disimpan di gudang.

Oleh karena itu, metode ini memiliki konsep perhitungan harga inventaris akhir akan dinilai dengan harga akuisisi inventaris ketika pertama kali masuk.

Metode ini memiliki asumsi di mana aliran pengeluaran inventaris berbanding terbalik dengan munculnya biaya dan harga pembelian akan dibebankan ke bisnis terutama selama periode inflasi.

3. Menentukan HPP dengan Metode Persediaan Average

Terakhir ada metode moving average persediaan atau bisa disebut metode penimbangan rata -rata adalah pencatatan inventaris barang di mana konsep bisnis akan membagi harga barang dengan jumlah unit yang tersedia.

Dengan metode ini, bisnis akan menjual barang di gudang dan tidak memperhatikan barang mana yang masuk pertama kali atau yang terakhir masuk.

Mengapa Menentukan HPP (Harga Pokok Penjualan) Penting Bagi Bisnis?

Ilustrasi Menentukan HPP untuk Usaha Ritel Photo by Marjan Blan | @marjanblan on Unsplash 

Setelah penjelasan di atas, lalu seberapa pentingkah harga pokok penjualan untuk bisnis? Jawabannya penting, karena dengan mengatur HPP Anda dapat menjadikannya sebagai patokan untuk menentukan keuntungan yang ingin Anda hasilkan.

Ditambah jika bisnis Anda menghasilkan barang sendiri, harus ada sejumlah hal yang harus dipertimbangkan seperti pengeluaran untuk gaji karyawan operasional dan orang lain yang terkait dengan kegiatan operasional.

Dari sana Anda dapat menyimpulkan bahwa HPP terkait dengan pengaturan produk dan manfaat bisnis yang harus dicapai.

Dengan demikian, Anda tahu bahwa HPP penting untuk bisnis. Kemudian dalam mempersiapkan biaya barang yang dijual, itu perlu dihitung secara tepat dan akurat.

Kesimpulan

Menentukan HPP (Harga Pokok Penjualan) tidak boleh sembarangan lantaran perannya yang penting untuk menjaga kestabilan bisnis Anda. Jika hal ini diabaikan, akan ada kekacauan pada laporan keuangan atau nantinya usaha Anda bisa mengalami kerugian. HPP akan sangat membantu dalam menentukan harga jual suatu barang dan menentukan berapa laba yang Anda inginkan. Metode penghitungan HPP ada 3 macam yaitu; FIFO, LIFO dan Average.

Untuk itu, Anda bisa mulai menentukan HPP dengan cara yang benar seperti yang sudah dijelaskan di atas. Atau, untuk cara mudahnya Anda bisa memanfaatkan bantuan teknologi seperti software akuntansi.

Supaya Anda lebih mudah dan terhindar dari kesalahan pada saat menentukan HPP. Gunakanlah software akuntansi online Beecloud. Dengan Beecloud Anda tidak perlu menghitung HPP satu persatu. Jadi tinggal Anda masukkan harga pembeliannya atau produksinya maka akan otomatis menentukan HPP.

Langsung saja klik disini untuk coba gratis selama 14 hari. Dan jangan takut anggaran biaya akan membengkak karena Beecloud harganya sangat hemat dan bisa bayar perbulan karena sistemnya sewa. Kalau Anda mau intip dulu berapa harganya supaya tahu masuk gak di kantong Anda klik saja disini.

Banner Beecloud Laporan Neraca

Pengertian Prinsip Ekonomi dan Penjelasannya
Apa itu prinsip ekonomi? Tak sedikit orang memahami artian dari  ekonomi yang sebenarnya penting untuk diketahui. Terkait segala kegiatan sehari-hari […]
Baca Juga
Software Akuntansi Koperasi; Telaah Manfaat Software
Perkembangan teknologi memiliki pengaruh ke seluruh sektor kehidupan, termasuk koperasi. Inovasi teknologi terbaru yang bermanfaat untuk kegiatan koperasi yaitu adanya […]
Baca Juga
Pengertian Jurnal Beserta Cara Pembuatannya
Pengertian Jurnal adalah salah satu hal yang tidak asing lagi dalam dunia akuntansi. Apalagi bagi seorang akuntan sendiri, jurnal mungkin […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu