šŸŽ‰ Promo Year End Sale Disc. upto 30%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee

Mengenal Akuntansi Biaya, Jenis, Unsur, Fungsi, dan Siklus

Akuntansi biaya adalah sistem informasi akuntansi untuk mengukur, menganalisis, dan mengendalikan biaya-biaya dalam operasi bisnis
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 1 March 2023

Akuntansi biayamerupakan sistem informasi akuntansi yang keberadaannya sangat penting bagi suatu perusahaan perusahaan terutama untuk mengukur, menganalisis, dan mengendalikan biaya-biaya dalam operasi bisnis.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, pengelolaan biaya efektif menjadi semakin penting bagi perusahaan untuk tetap bertahan dan sukses di pasar. Adapun di bawah ini kami telah menyajikan informasi tentang apa itu akuntansiĀ  biaya hingga fungsinya.

Mengenal Akuntansi Biaya

Akuntansi Biaya

Sistem Pengukuran, Pengumpulan Analisis dan Pelaporan Termasuk dalam Aktivitas Akuntansi Biaya (Credit: Freepik.com)

AkuntansiĀ  biaya adalah suatu sistem informasi akuntansi pengukuran, pengumpulan, analisis, dan pelaporan biaya yang terkait dengan kegiatan produksi atau layanan suatu perusahaan.

Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi bisnisnya.

Dalam hal ini meliputi biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dikelompokkan menjadi beberapa kategori, seperti biaya produksi, biaya pemasaran, biaya administrasi, biaya pengembangan, dan biaya non-produksi.

Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pengertian akuntansi biaya menurut para ahli yang akan dijelaskan di bawah ini, antara lain:

1. Bastian dan Nurlela

Sebuah bidang ilmu yang fokus untuk mempelajari metode pencatatan, pengukuran, dan pelaporan informasi anggaran yang digunakan selama proses produksi perusahaan.

2. Rayburn

Pengertian biaya akuntansi adalah meliputi kegiatan dengan tujuan untuk mengukur, mengidentifikasi, menganalisis, dan melaporkan semua unsur anggaran bisnis, baik secara langsung berkaitan dengan proses produksi, pemasaran, hingga produksi perusahaan.

3. Kholmi dan Yuningsih

Serangkaian proses yang beranggotakan pelacakan, pencatatan, pelaporan, dan pengalokasian informasi terkait macam-macam anggaran produksi perusahaan setelah dianalisis.

Jenis Akuntansi Biaya

software akuntansi mengurangi biaya sdm

Ada Beberapa Jenis Akuntansi Biaya yang Dikelompokkan Berdasarkan Kategorinya (Credit: Freepik.com)

Ada beberapa jenis akuntansi biaya yang digunakan dalam pengukuran, pengumpulan, analisis, dan pelaporan biaya terkait dengan kegiatan produksi atau layanan suatu perusahaan. Beberapa jenis yang biasanya dipakai, antara lain:

1. Standard Cost Accounting

Akuntansi biaya standar adalah salah satu jenis akuntansiĀ  biaya yang menghitung biaya produksi berdasarkan standar biaya untuk setiap item produk atau layanan.

Ini sering digunakan oleh perusahaan yang memproduksi barang atau jasa dalam jumlah besar dan stabil dengan biaya produksi relatif mudah diprediksi.

2. Activity Based Accounting

Juga dikenal sebagai Activity Based Costing atau ABC untuk mengalokasikan biaya overhead atau biaya tidak langsung ke aktivitas-aktivitas yang terlibat dalam proses produksi atau penyediaan layanan.

Metode ini juga membantu perusahaan dalam memahami proses produksi atau penyediaan layanan dan digunakan untuk meningkatkan efisiensi operasi serta mengurangi biaya.

3. Contribution Margin

Fokus pada analisis break even point sehingga bisa mengetahui produk apa yang bisa mendapatkan keuntungan bagi perusahaan. Contoh akuntansi biaya yang menerapkan jenis ini adalah pencatatan keuntungan perusahaan dari produk tertentu.

4. Cost Volume Profit

Salah satu teknik yang digunakan dalam akuntansiĀ  biaya untuk mengetahui hubungan antara biaya, volume penjualan, dan laba.

Unsur-Unsur dalam Akuntansi Biaya

Urusan Biaya Produksi Termasuk dalam Perhitungan Akuntansi Biaya (Credit: Pixels.com)

AkuntansiĀ  biaya melibatkan beberapa unsur yang dapat mempengaruhi perhitungan biaya produksi dan operasional suatu perusahaan. Berikut adalah beberapa unsur yang dimaksud, yaitu:

1. Biaya Produksi

Unsur yang sangat penting dalam akuntansi biaya yang mencakup biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik dalam proses produksi suatu perusahaan.

Biaya produksi harus dicatat secara akurat dan dihitung dengan benar untuk memastikan bahwa perusahaan dapat mengontrol biaya dan memaksimalkan laba.

2. Biaya Pemasaran

Ini merupakan biaya yang dikeluarkan untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan. Biaya pemasaran mencakup promosi, iklan, dan kegiatan pemasaran lainnya.

Dalam akuntansi biaya, biaya ini dapat digunakan untuk menghitung harga jual produk atau layanan, sehingga mempengaruhi laba yang dihasilkan oleh perusahaan.

3. Biaya Administrasi

Mencakup biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mengelola dan menjalankan operasi administratif perusahaan termasuk biaya kantor, biaya gaji pegawai, dan biaya operasional lainnya.

Dalam akuntansi biaya, biaya administrasi dapat digunakan untuk menghitung laba kotor perusahaan.

4. Biaya Pengembangan

Jenis yang dikeluarkan untuk mengembangkan produk atau layanan baru atau meningkatkan kualitas produk atau layanan saat ini. Biaya pengembangan dapat mencakup biaya penelitian dan pengembangan, biaya desain, dan biaya pengujian produk.

Biaya pengembangan dapat digunakan untuk menghitung harga jual produk atau layanan, sehingga dapat mempengaruhi laba yang dihasilkan oleh perusahaan.

5. Biaya Non Produksi

Mencakup biaya-biaya yang tidak terkait langsung dengan produksi produk atau layanan perusahaan, yaitu biaya sewa, biaya perawatan, dan biaya administrasi. Biaya non-produksi dapat digunakan untuk menghitung laba bersih perusahaan.

Baca Juga:Ā 4 Tahap dan Cara Mudah Menghitung Harga Pokok Produksi

Kenali Tujuan dan Fungsi Akuntansi Biaya

Cara Menghitung Hpp (harga Pokok Penjualan)

Salah Satu Fungsi dari Perhitungan Akuntansi Biaya adalah Menentukan Harga Pokok Penjualan (Credit: Freepik.com)

Baca Juga: Cara Menghitung HPP (Harga Pokok Penjualan) Mudah, Lengkap

AkuntansiĀ  biaya mempunyai peran penting dalam sistem pelaporan suatu perusahaan. Adapun berikut ini adalah beberapa fungsi dan tujuannya, antara lain:

1. Menentukan Harga Pokok Barang

Fungsi akuntansi biaya dalam menentukan harga pokok barang adalah mengidentifikasi dan menghitung biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi satu unit barang atau jasa, termasuk biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik.

Mengetahui harga pokok barang akan memudahkan perusahaan dalam menetapkan harga jual yang tepat dan menghitung keuntungan. Hal ini juga penting untuk menentukan strategi pemasaran, mengontrol biaya, dan meningkatkan efisiensi operasi bisnis.

2. Merinci Harga Pokok Barang

Akuntansi biaya bekerja untuk menguraikan dan memecah biaya produksi barang atau jasa menjadi komponen-komponen yang lebih rinci, seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik.

Merinci harga pokok barang juga memungkinkan perusahaan untuk menghitung biaya produksi yang tepat dan menetapkan harga jual yang sesuai, sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.

3. Alat Bantu Penyusunan Anggaran

Membantu perusahaan dalam menetapkan rencana keuangan yang jelas dan terukur. Dalam hal ini, akuntansi biaya memudahkan perusahaan dalam menghitung dan memperkirakan biaya produksi, biaya operasional, dan biaya lainnya terkait kegiatan bisnis.

Selain itu, perusahaan juga bisa mengidentifikasi area yang mungkin dioptimalkan atau dikurangi biayanya, sehingga akan menghemat anggaran dan meningkatkan efisiensi operasional.

4. Informasi Perencanaan Biaya dan Beban

Memberikan informasi yang diperlukan dalam perencanaan anggaran dan pengendalian biaya. Ini akan memudahkan perusahaan untuk membuat rencana keuangan realistis dan terukur serta mengendalikan biaya agar tidak melampaui anggaran yang telah ditetapkan.

Tidak hanya itu saja, informasi perencanaan biaya dan beban yang diberikan oleh akuntansi biaya juga berguna dalam membuat keputusan strategis dalam pengelolaan bisnis.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengambil tindakan yang tepat dalam meningkatkan kinerja bisnis dan mempertahankan keberlangsungan perusahaan.

5. Pengendalian Biaya

Membantu mengidentifikasi, mengukur, dan mengendalikan biaya yang terkait dengan kegiatan operasional.

Akuntansi biaya menyediakan informasi yang diperlukan dalam merencanakan dan mengendalikan anggaran, menghitung harga pokok produk atau jasa, serta mengidentifikasi area yang membutuhkan perbaikan atau pengoptimalan biaya.

Siklus Akuntansi Biaya

Langkah Awal Tahapan dalam Akuntansi Adalah Pencatatan Transaksi (Sumber: Freepik.com)

Ini merupakan serangkaian langkah atau proses yang harus dilakukan dalam mencatat, mengolah, dan melaporkan informasi keuangan terkait dengan biaya produksi suatu perusahaan. Berikut adalah tahapan siklus akuntansi biaya, yaitu:

1. Pengumpulan Data Biaya

Tahapan pertama adalah mengumpulkan data biaya yang terkait dengan proses produksi. Data ini berupa biaya untuk tenaga kerja, bahan baku, serta overhead.

2. Penyebaran Biaya

Biaya-biaya yang terkumpul kemudian disebarkan ke produk atau layanan. Penyebaran biaya ini bisa dilakukan dengan menggunakan metode alokasi biaya yang sesuai.

3. Pencatatan Biaya

Setelah biaya disebarkan, selanjutnya dicatat dalam jurnal. Pencatatan ini dilakukan untuk mengidentifikasi biaya yang terkait dengan produk atau layanan tertentu.

4. Penghitungan Biaya per Unit

Setelah itu, biaya total yang dihasilkan dibagi dengan jumlah unit yang diproduksi untuk mendapatkan biaya per unit.

5. Penentuan Harga Jual

Jika biaya per unit telah ditentukan, perusahaan bisa menentukan harga jual sesuai dengan strategi bisnis yang dijalankan.

6. Analisis biaya

Setelah semua biaya dihitung dan dicatat, perusahaan kemudian menganalisis biaya-biaya yang terkait dengan produk atau layanan. Analisis ini akan membantu manajemen dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi perusahaan.

7. Pelaporan

Akhirnya, informasi biaya yang telah diolah dan dihitung selanjutnya dilaporkan pada laporan keuangan, seperti laporan laba rugi dan neraca untuk memberikan informasi yang berguna bagi para stakeholder perusahaan.

KESIMPULAN

Secara keseluruhan, akuntansi biaya merupakan hal yang sangat penting dalam operasi dan pengambilan keputusan bisnis suatu perusahaan. Oleh karena itu, seorang akuntan biaya memiliki peran yang penting dalam membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya.

Ini dilakukan dengan memberikan informasi akurat tentang biaya produksi dan operasional perusahaan. Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, akuntansi biaya yang baik dan akurat sangat diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan di masa depan.

Untuk memudahkan melakukan pemantauan dan analisa bisnis secara akurat, Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting, dengan fitur analisa stok yang pasti klop, lapoan keuangan yang pasti lengkap dari laba rugi sampai akuntansi. Sekali daftar akses seumur hidup. Selengkapnya pada banner di bawah ini:

Buat Catatan Biaya Produksi Dan Laporan Keuangan Mudah Dan Akurat Dengan Beeaccounting

Kenali 6 Kriteria Software Akuntansi Terbaik Sebelum Beli!
Semakin hari, pekerjaan manusia semakin mudah sebab kecanggihan teknologi. Satu dari bentuk kecanggihan ini adalah hadirnya beragam pilihan software akuntansi
Baca Juga
Jurnal Umum Perusahaan Dagang dan Contohnya
Jurnal umum perusahaan dagang adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat beberapa transaksi keuangan yang muncul dalam satu periode akuntansi, mulai
Baca Juga
5 Contoh Nota Kontan dan Penjelasannya Lengkap
Nota kontan adalah dokumen yang digunakan untuk mencatat transaksi pembayaran tunai antara penjual dan pembeli. Dalam bisnis, contoh nota kontan
Baca Juga
Pengertian Penyusutan Aset Tetap dan Cara Mencatat Penyusutan
Salah satu elemen yang terpenting dalam sebuah perusahaan yaitu aset. Dalam sebuah perusahaan, aset merupakan wujud yang digunakan untuk menjalankan
Baca Juga
Contoh Neraca Saldo dan Cara Praktis Membuatnya
Apakah Anda sudah mengenali neraca saldo ? Artikel kali ini akan membahas seputar neraca saldo mulai dari pengertian, fungsi dan
Baca Juga
Mengenal Aset Lancar, Pengertian, Jenis, dan Contohnya
Salah satu elemen kunci yang mengukuhkan fondasi keuangan bisnis yang sehat adalah aset lancar. Aset lancar, atau yang lebih dikenal
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright Ā© 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu