Web Logo Bee
Penulis: Lutfatul Malihah

4 Contoh Laporan Keuangan Sederhana dan Caranya Lengkap

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 17 January 2023

Secara arti laporan keuangan adalah bagian dari laporan keuangan yang menyatakan kondisi keuangan pada sebuah kelompok atau bisnis. Dalam artikel ini akan membahas tentang deretan contoh laporan keuangan sederhana yang akan membantu Anda memahaminya.

Penting dipahami apalagi sebagai seorang pengusaha yang mana laporan keuangan ini berfungsi untuk mengawasi, menambahkan, hingga pedoman untuk memutuskan apa yang harus dilakukan pada bisnis kedepannya.

Jenis Laporan Keuangan

Laporan keuangan sederhana

Laporan Keuangan Bisa Jadi Bahan Evaluasi dan Monitoring (Sumber: Freepik.com)

Ada beberapa jenis laporan keuangan sederhana yang wajib ada pada sebuah bisnis atau perusahaan, diantaranya sebagai berikut:

1. Laporan Keuangan Laba Rugi

Pertama adalah laporan laba rugi, jenis laporan ini dibuat oleh pebisnis untuk mengetahui bagaimana kondisi pengeluaran dan pemasukan bisnis secara terperinci.

Adanya laporan laba rugi ini juga bisa membantu pihak perusahaan/ stakeholder yang bersangkutan tahu bagaimana kondisi keuangan perusahaan apakah sedang defisit atau surplus pada satu periode tertentu.

Dengan ini kemudian dijadikan sebagai bahan evaluasi dan diskusi terkait langkah apa yang harus diambil oleh perusahaan dimasa yang akan datang.

2. Laporan Keuangan Arus Kas

Jenis laporan keuangan berikutnya ada laporan arus kas, laporan ini bisa dijadikan sebagai cara sebuah perusahaan menjaga kondisi keuangan tetap optimal, dengan isi laporan yang terdiri dari pemasukan dan pengeluaran selama satu periode akuntansi.

Ada dua jenis laporan arus kas/ cash flow yakni pertama, laporan arus kas tidak langsung yang berisi tentang berbagai informasi terkait perhitungan transaksi tunai dari sisi operasional.

Sedangkan jenis laporan arus kas kedua adalah laporan arus kas tidak langsung yang berisi dengan perhitungan laba bersih sebagai acuannya.

3. Laporan Perubahan Modal

Ketiga, laporan perubahan modal/ laporan perubahan ekuitas yang berisi tentang serangkaian informasi terkait perubahan modal yang dimiliki perusahaan dari kegiatan operasi pada satu periode akuntansi.

Informasi yang dicantumkan dalam laporan perubahan modal ini diantaranya ada peningkatan modal, laba, dividen, kerugian dan sejenisnya.

Dengan adanya laporan perubahan modal, pengusaha akan tahu informasi terkait penambahan dan pengurangan modal, kemudian faktor penyebabnya, aktiva, investasi dan dana hingga mengetahui bahan analisa dan pengambilan keputusan.

4. Laporan Neraca

Terakhir ada laporan neraca, laporan neraca menyajikan deretan informasi keuangan terkait aktiva, modal dan kewajiban dalam satu periode tertentu.

Aktiva sendiri merupakan aset/ sumber daya yang dimiliki sebuah perusahaan, kemudian kewajiban adalah utang lancar, utang jangka panjang yang dimiliki perusahaan dan terakhir ada modal yang artinya nilai yang bisa ditambah.

Baca juga: Kenali 5 Jenis Laporan Keuangan dan Kegunaannya untuk Bisnis

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana

laporan keuangan sederhana

Ilustrasi Laporan Keuangan Sederhana (Sumber: Freepik.com)

Sebelum membuat laporan keuangan sederhana, ada beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu, berikut diantaranya:

1. Siapkan Buku Catatan Pengeluaran

Hal pertama yang harus disiapkan sebelum membuat laporan keuangan sederhana adalah menyiapkan buku catatan untuk pengeluaran yang nantinya akan dilakukan.

Seperti namanya, fungsi dari catatan pengeluaran ini adalah untuk mencatat semua aktivitas pengeluaran yang dilakukan pada bisnis Anda dengan tujuan untuk memudahkan Anda melakukan penyembangan buku kas di akhir periode nantinya.

2. Siapkan Buku Catatan Pemasukan

Jika ada buku pengeluaran maka harus ada juga buku pemasukan, buku ini digunakan untuk mencatat setiap pemasukan yang terjadi pada sebuah bisnis/ perusahaan.

Selain itu, dengan adanya buku catatan pemasukan Anda bisa memantau bagaimana laju keuangan dan keseimbangan bisnis nantinya, dengan adanya catatan pemasukan juga Anda bisa tahu dan mengidentifikasi apakah bisnis Anda untung atau rugi.

3. Siapkan Buku Inventaris Barang

Selanjutnya yang perlu disiapkan adalah buku inventaris barang, buku ini berguna untuk mencatat sekaligus memantau apa saja barang yang dimiliki perusahaan sebagai bahan acuan stabilitas keuangan.

Buku ini biasanya diisi dengan aktivitas yang sudah selesai diurut dan dibeli oleh perusahaan yang nantinya akan berfungsi langsung pada laporan keuangan.

4. Siapkan Buku Stok Barang

Terakhir yang perlu disiapkan adalah buku catatan untuk stok barang, sebagai tempat untuk mencatat ketersediaan produk yang akan dijual nantinya. Pencatatan yang dilakukan harus dilakukan secara menyeluruh baik stok masuk maupun keluar.

Bagaimana aktivitas keluar masuknya barang pada laporan stok ini juga bisa menjadi indikasi pemasukan keuangan perusahaan nantinya. Semakin tinggi maka semakin besar pemasukan dan sebaliknya.

Baca juga: Pembukuan Sederhana Usaha Kecil Tulis Tangan

Format dan Contoh Laporan Keuangan Sederhana

Laporan Keuangan

Laporan Keuangan Bisa Dibuat Secara Manual atau Otomatis (Sumber: Freepik.com)

1. Laporan Keuangan Laba Rugi

Berikut ini format dan contoh laporan keuangan sederhana laba dan rugi yang bisa Anda gunakan:

- Format Laporan Laba Rugi

a. Single Step

  • Pendapatan dari awal laporan
  • Harga Pokok Produksi
  • Beban dan Biaya Operasional
  • Rugi/ Laba

b. Multi Step

  • Total pendapatan - Modal/ HPP (Laba kotor)
  • Laba kotor - pajak (Laba pasca pajak)
  • Laba pasca pajak - Biaya operasional usaha (Laba/ rugi bersih)

- Contoh

Laporan Laba Rugi

Laporan Laba/Rugi (Sumber: Bee.id)

2. Laporan Keuangan Arus Kas

Berikut ini format dan contoh laporan keuangan sederhana arus kas yang bisa Anda gunakan:

- Format Laporan Arus Kas

a. Laporan Arus Kas Tidak Langsung

  • Laporan laba rugi
  • Laporan neraca keuangan
  • Laporan arus kas perusahaan

b. Laporan Arus Kas Langsung

  • Laporan buku kas bank
  • Laporan buku kas kecil

- Contoh

Contoh Laporan Arus Kas (Sumber: Bee.id)

3. Laporan Keuangan Perubahan Modal

Berikut ini format dan contoh laporan keuangan sederhana arus kas yang bisa Anda gunakan:

- Format Laporan Perubahan Modal

  • Membuat laporan laba dan rugi terlebih dahulu.
  • Pendapatan
  • Beban
  • Laba bersih
  • Prive

- Contoh

Laporan Perubahan Modal

Contoh Laporan Perubahan Modal

4. Laporan Keuangan Neraca

Berikut ini format dan contoh laporan keuangan sederhana arus kas yang bisa Anda gunakan:

- Format Laporan Kauangan Neraca

a. Laporan Staffel (Vertikal)

  • Disusun ke bawah dengan posisi saldo berada di samping kolom debit dan kredit.

b. Laporan Skontro (Horizontal)

  • Disusun dari laporan akun aktiva dan pasiva

- Contoh

Tips Mudah Buat Laporan Keuangan Sederhana

Meskipun namanya sederhana, pembuatan laporan keuangan masih terbilang kompleks apalagi yang tidak paham tentang akuntansi. Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa tips yang bisa dicoba, berikut diantaranya:

1. Menyewa Jasa Akuntan

Tips mudah pertama yang bisa dicoba untuk membuat laporan sederhana dengan mudah tanpa harus belajar akuntansi adalah menyewa jasa seorang akuntan.

Anda bisa menyewa jasa akuntan untuk mengelola keuangan bisnis Anda. Namun, cara ini tidak terlalu cocok untuk pemilik usaha tingkat menengah, karena biaya tambahan untuk menyewa jasa akuntan tidak murah.

2. Menggunakan Software Akuntansi

Tipa kedua adalah dengan menggunakan software Akuntansi, Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaacounting dengan harga murah yang bisa digunakan untuk beragam jenis usaha. Tinggal pilih plugin dan bisnis akan lebih mudah dikontrol.

Jasa Pembuatan Software Akuntansi Sesuai Kebutuhan Usaha Beeaccounting

Beeaccounting bisa digunakan selamanya dalam sekali beli selama Anda masih memiliki Dongle (lisensi) dengan banyak fitur yang bisa didapatkan.

Mulai dari buat laporan laba rugi, neraca, kas/bank, stok, arus kas hingga akuntansi dalam satu 1x klik, training di pandu langsung dengan tim support profesional dan masih banyak lagi.

Mengenal Buku Besar Dalam Pencatatan Akuntansi
Apa itu Buku Besar? Buku besar adalah dokumen akuntansi utama yang berisi semua akun yang dimiliki oleh sebuah bisnis, artinya […]
Baca Juga
Mengenal Akuntansi Pembelian, Cara Pembelian Yang Tepat untuk Bisnis Anda
Dalam akuntansi pembelian kita mengenal istilah  Harga Pokok Penjualan (HPP) yaitu biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan barang tersebut. Namun, […]
Baca Juga
Pengertian Software Akuntansi yang Jarang Diketahui Akuntan
  Digitalisasi  pada zaman sekarang ini memiliki pengaruh ke berbagai aspek kehidupan, termasuk urusan akuntansi dalam sebuah perusahaan. Saat ini […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu