🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Memahami Apa Itu Aspek Pemasaran dan Komponennya

Aspek pemasaran menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan berhasil tidaknya sebuah bisnis berjalan.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 1 June 2023

Memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah walaupun sebenarnya juga tidak sesulit yang dibayangkan. Sebelum memulai bisnis, ada beberapa faktor penting yang harus dipahami lebih dulu, salah satunya yaitu aspek pemasaran.

Aspek pemasaran adalah suatu bahan pertimbangan yang digunakan untuk melihat sejauh apa suatu produk dibutuhkan oleh pasar atau konsumen. Aspek dalam pemasaran tersebut juga memberikan gambaran untuk merencanakan sebuah iklan yang efektif untuk mengenalkan produk.

Apa Itu Aspek Pemasaran?

Jenis Pemasaran

Ada bebera[a aspek pemasaran yang perlu dilakukan agar mendapatkan hasil yang optimal (Credit: Freepik.com/ @macrovector)

Pemasaran atau dalam bahasa bisnis dikenal dengan istilah marketing menjadi bagian yang sangat penting pada suatu bisnis. Tanpa adanya program marketing yang bagus, akan sulit bagi sebuah bisnis untuk berkembang.

Marketing adalah suatu upaya untuk membuat pasar, dalam hal ini masyarakat sebagai konsumen, bisa mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Marketing yang baik adalah yang bisa menunjukkan apa kelebihan suatu produk dibandingkan yang lainnya.

Menurut beberapa sumber, pengertian pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui apa saja yang menjadi keinginan dan kebutuhan pasar atau konsumen. Pemasaran juga mencakup bagaimana cara untuk menghasilkan produk yang sesuai keinginan dan kebutuhan pasar.

Bukan hanya itu saja, karena di dalam aktivitas pemasaran juga terdapat cara untuk mempromosikan produk, menentukan harga jual dan mendistribusikan produk kepada konsumen. Semua kegiatan dalam pemasaran tersebut terdapat aspek-aspek yang akan menentukan keberhasilan marketing.

Komponen Aspek Pemasaran yang Wajib Ada

Dapat dikatakan bahwa aspek pemasaran menjadi kunci penting berhasil tidaknya sebuah bisnis. oleh sebab itu, perusahaan harus benar-benar memperhatikan apa saja yang dibutuhkan agar bisnisnya dapat berjalan dengan baik dan mendatangkan keuntungan.

Beberapa aspek dalam pemasaran yang harus dijalankan oleh perusahaan, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Segmentasi Pasar

Aspek pasar ini sangat urgen bagi sebuah bisnis karena disanalah produk akan dijual kepada masyarakat sebagai konsumennya. Apakah pengertian segmentasi pasar itu? Segmentasi pasar merupakan kegiatan mengidentifikasi dan mengelompokkan pasar sesuai karakteristik konsumen.

Perusahaan harus bisa membuat pengelompokan pada konsumen yang didasarkan pada karakteristik tertentu, seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat sosial ekonomi, daerah, ciri khas masyarakat atau adat dan sebagainya.

Contohnya, di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim, maka produk yang mengandung babi pasti tidak laku. Manfaat segmentasi pasar ini yaitu untuk memberikan deskripsi yang jelas tentang kebutuhan konsumen sehingga produk yang dijual tepat sasaran.

Baca Juga: Segmentasi Pasar Adalah: Syarat, Jenis, Manfaat dan Contohnya

2. Analisa Kondisi Pasar

Analisa pasar adalah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat daya beli konsumen dalam rangka memenuhi kebutuhannya, sehingga bisa mendapatkan kepuasan. Konsumen biasanya memiliki kecenderungan untuk membeli produk-produk tertentu.

Analisa kondisi pasar dilakukan untuk memahami produk apa saja yang cenderung dibeli oleh masyarakat. Dengan analisa kondisi pasar tersebut, maka perusahaan dapat mengetahui siapa pesaingnya dan membuat estimasi produk yang tepat sebelum dilepas untuk dijual ke pasar.

3. Analisis Terhadap Pesaing

Hal yang juga sangat penting dalam aspek pemasaran adalah melakukan analisis terhadap pesaing. Mengapa? Karena pesaing itulah yang dapat menjadi faktor penghambat bagi kemajuan bisnis Anda di tingkat konsumen.

Yang disebut pesaing adalah mereka, perusahaan maupun individu yang menjual produk sejenis dengan milik Anda, atau produk yang mempunyai daya guna dan manfaat yang sama dengan produk Anda.

Tujuan analisis terhadap pesaing adalah agar perusahaan mengetahui apa saja yang menjadi faktor kekuatan dan kelemahan dari produk, baik barang atau jasa yang mereka tawarkan. Setelah itu, perusahaan dapat menyusun rencana dan strategi yang efektif untuk memenangkan pasar.

4. Spesifikasi dan Diferensiasi Produk

Selanjutnya adalah spesifikasi dan diferensiasi produk yang ditawarkan kepada konsumen. Contoh spesifikasi produk misalnya merek, kemasan, penampilan secara fisik dan sebagainya. Namun faktanya ada beberapa produk yang kemasannya hampir mirip dengan milik pesaing.

Kemiripan tersebut tentunya bisa mengecoh konsumen dan membuat mereka membeli produk pesaing. Untuk itulah diperlukan suatu diferensiasi atau perbedaan dengan produk barang ataupun jasa milik pesaing.

5. Strategi Promosi

Apa yang dimaksud promosi? Pengertian promosi adalah rangkaian aktivitas oleh perusahaan untuk membuat konsumen mengenal produknya. Tujuan promosi adalah untuk membangun kepercayaan konsumen sehingga akan selalu memilih produk Anda.

Jika kepercayaan konsumen meningkat, mereka akan membeli produk Anda berulang-ulang sehingga keuntungan atau laba dapat dimaksimalkan. Banyak cara bisa dilakukan sebagai strategi promosi kepada konsumen.

Contohnya seperti memberikan voucher, diskon untuk pembelian tertentu, bonus pembelian misalnya buy 2 get 1 free, pemasangan iklan di berbagai media dan sebagainya. Strategi promosi yang berjalan baik akan membantu meningkatkan jumlah penjualan produk.

Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos untuk memudahkan Anda mengatur promo pada produk, juga mengelola keuangan dan stok barang yang ada di toko atau gudang. Sehingga, promo yang akan digunakan sudah berdasarkan analisa data tidak hanya rekaan saja.

Sebab, promo tidak bisa di pasang asal dan sembarangan, karena jika salah dalam penempatannya saja akan mengakibatkan bisnis Anda mengalami kerugian. Yuk, jadikan bisnis lebih menguntungkan dengan menggunakan Beepos, software kasir integrasi akunting. Cek informasi selengkapnya pada banner di bawah ini:

Beepos Bikin Program Promo Mudah Untuk Semua Cabang Secara Terpusat

6. Pengaruh Positif kepada Konsumen

Aspek pemasaran yang kadang dilupakan oleh perusahaan padahal bisa menjadi faktor yang penting, yaitu memberikan pengaruh positif kepada konsumen. Kadang-kadang, konsumen yang tadinya ingin membeli produk lain jadi berpaling pada produk Anda karena efek positif tersebut.

Sangat manusiawi kalau konsumen cenderung menyukai dan memilih cara promosi yang disampaikan dengan penuh kehangatan, ramah tamah, natural dan ada informasi lengkap tentang produk yang ditawarkan.

Sampaikan informasi yang sejelas-jelasnya tentang produk Anda dengan runtut dan tata bahasa yang baik. Dengan begitu, konsumen akan terkesan dan merasa dihargai sehingga tanpa ragu membeli produk tersebut.

Kuncinya adalah ciptakan kesan yang baik pada kesempatan pertama sehingga pada diri konsumen akan terbentuk persepsi yang positif pada produk yang Anda tawarkan.

Baca Juga: 7 Tujuan Pemasaran Bagi Bisnis beserta Cara Membuatnya

Contoh Penerapan Aspek Pemasaran pada Iklan

Pentingnya fungsi aspek pemasaran bagi perkembangan bisnis memang menjadi faktor penting yang harus diperhatikan oleh setiap pelaku usaha ataupun perusahaan. Iklan adalah salah satu cara pemasaran yang cukup efektif bagi bisnis dan perusahaan.

Dalam iklan yang tujuannya mengenalkan produk kepada konsumen, perusahaan dapat menerapkan beberapa aspek, misalnya yaitu:

1. Segmentasi Pasar

Iklan yang bagus dan efektif selalu memperhatikan segmentasi pasar atas produk yang ditawarkan. Iklan hendaknya dibuat sesuai dengan karakteristik dari target pasar atau kelompok konsumen yang dituju oleh produk tersebut.

Contoh aspek pemasaran berupa segmentasi pasar yang sesuai dengan target konsumen misalnya iklan susu kalsium sebaiknya menggunakan brand ambassador atau bintang iklan tokoh yang sudah dewasa, bukan anak-anak.

Sekalipun yang dijual adalah produk susu, tetapi susu kalsium memang bukan untuk konsumsi anak-anak melainkan sebagai penambah mineral dan mencegah osteoporosis pada orang dewasa dan lansia.

2. Spesifikasi Produk

Produk susu kalsium tidak hanya ada satu merek saja, bahkan jumlahnya semakin banyak saja. Bagaimana agar konsumen memilih merek susu kalsium dari perusahaan Anda? Sebutkan spesifikasi produk secara rinci dalam iklan agar konsumen tahu apa saja kelebihannya.

Misalnya, produk susu kalsium dengan tambahan madu untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Contoh lainnya, produk susu kalsium dengan tambahan minyak zaitun untuk menjaga kesehatan jantung.

Pemasaran yang efektif akan mempengaruhi kemajuan suatu bisnis. Strategi pemasaran yang tepat dapat meningkatkan jumlah penjualan produk Anda. Agar strategi pemasaran berjalan sesuai fungsinya, pelaku bisnis harus memperhatikan aspek pemasaran yang digunakan.

Artikel Terkait

Email Marketing Adalah: Jenis, dan Tips Optimasinya
Apa itu email marketing? Yakni sebuah cara promosi yang dilakukan sebuah bisnis dengan memanfaatkan platform email seperti namanya. Secara garis
Baca Juga
Contoh Iklan Elektronik: Pengertian, Ciri-ciri, Contoh, dan Jenis
Contoh iklan elektronik yang ada saat ini sebenarnya banyak sekali. Bahkan hampir setiap orang sudah memiliki media elektronik terutama untuk
Baca Juga
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Positioning adalah strategi pemasaran yang penting untuk membedakan produk dari pesaingnya di pasar sekaligus memudahkan proses pemasaran. Selain memudahkan melakukan
Baca Juga
Pengertian Positioning Adalah: Jenis, Manfaat dan Strateginya
Brand positioning adalah kunci penting dalam membangun citra dan reputasi perusahaan. Dengan brand positioning yang tepat, sebuah merek atau produk
Baca Juga
Bagaimana Cara Kerja Marketing dalam Bisnis?
Sebagai pebisnis sudah semestinya tahu bagaimana cara kerja marketing, untuk memasarkan produk dan jasa yang ditawarkan, namun untuk yang masih
Baca Juga
Pengertian Komunikasi Bisnis, Jenis, Teknik, hingga Tujuannya
Apakah Anda sudah tahu pengertian komunikasi bisnis secara mendalam? Karena komunikasi bisnis adalah hal penting yang harus ada dalam sebuah
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu