🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

7 Tujuan Pemasaran Bagi Bisnis beserta Cara Membuatnya

Pelajari tujuan pemasaran yang tepat untuk memperkuat hubungan dengan konsumen dan mencapai tujuan marketing pada bisnis Anda.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 19 April 2023

Sebelum Anda membuka suatu bisnis, diperlukan beberapa aspek dan salah satunya ialah tujuan pemasaran. Tujuan marketing dibuat serta dilakukan supaya bisa mengenal dan memahami konsumen dengan baik hingga prroduk yang dijual sesuai dengan keinginan.

Umumnya, tujuan dari pemasaran merupakan tujuan yang khusus dan ditetapkan oleh perusahaan yang membantu mereka untuk memasarkan barang kepada konsumen. Sasarannya bisa mencakup meningkatkan brand awareness hingga kepuasan pelanggan.

7 Tujuan Pemasaran Bagi Usaha atau Bisnis

Ada 7 tujuan dari pemasaran bagi bisnis. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan dibahas mengenai apa saja 7 tujuan tersebut secara lengkap. Mulai dari meningkatkan pendapatan penjualan dari produk perusahaan hingga kepuasan pelanggan terhadap produk.

1. Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan

Tujuan pemasaran yang pertama adalah, Meningkatkan Pendapatan. Ketika usaha Anda menjual layanan atau produk, akan sangat membantu bila Anda fokus tentang bagaimana pemasaran bisa membantu penjualan. Ketika menggunakan cara ini, uang yang masuk ke usaha Anda terus mengalami peningkatan.

2. Menumbuhkan Kesadaran akan Merk

Tujuan pemasaran yang kedua yaitu, Menumbuhkan Kesadaran akan Merk. Kesadaran akan merk merupakan tujuan dari pemasaran yang sangat penting untuk difokuskan. Hal ini jika merk Anda masih dikenal oleh sedikit audiens. Perluas jangkauan Anda supaya bisa membantu mengenalkan merk serta memberi konsumen baru.

Selain gunakan media sosial dengan baik. Anda bisa membuat postingan terasa seperti konten yang dibagikan oleh orang lain secara alami serta bukan seperti iklan.

3. Pemasaran untuk Meningkatkan Prospek

Tujuan marketing ketiga adalah, Meningkatkan Prospek. Di dalam sebuah bisnis, prospek yaitu hal-hal yang memiliki potensi memberikan keuntungan yang cukup besar bagi para pembisnis. Jika Anda tertarik untuk menghasilkan lebih banyak prospek, Anda bisa mempertimbangkan untuk memakai taktik pemasaran.

Anda bisa mencoba membangun hubungan yang personal dengan menanyakan kebutuhan pelanggan, menghafal nama-nama konsumen, hingga mengadakan sebuah meeting online. Selain membangun hubungan personal, Anda bisa membangun kepercayaan.

4. Mempromosikan Produk atau Layanan Terbaru

Tujuan marketing keempat yaitu, Mempromosikan Produk atau Layanan Terbaru. Jika rencana usaha Anda dalam waktu dekat ini termasuk meluncurkan sebuah produk atau layanan baru, Anda bisa menambahkan promosi tersebut ke dalam tujuan dari pemasaran Anda. Hal ini supaya Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan produk terbaru tersebut.

Lalu, Anda bisa memulai buat strategi pemasaran. Tujuan strategi pemasaran ialah supaya perusahaan mampu menjual produk atau layanan dalam jumlah yang lebih besar.

Ada beberapa contoh untuk strategi pemasaran. Di antaranya memasarkan di media sosial, iklan berbayar, pemasaran melalui email marketing, hingga SEO.

5. Menumbuhkan Kehadiran di Platform Digital

Tujuan marketing kelima yaitu, Menumbuhkan Kehadiran di Platform Digital. Jika sebelumnya Anda belum fokus pada pemasaran secara online, sekarang cantumkan fokus pemasaran tersebut ke dalam tujuan dari pemasaran. Anda juga bisa memulai dengan menerapkan prinsip-prinsip dari SEO.

Tujuannya untuk menumbuhkan kehadiran produk atau layanan Anda. Khususnya di seluruh platform media sosial, mesin pencarian, dan lainnya.

6. Menciptakan Produk yang Sesuai Kebutuhan

Tujuan pemasaran keenam agar Menciptakan Produk yang Sesuai Kebutuhan. Produk yang telah tepat dengan kebutuhan konsumen bisa menjamin kelangsungan dari perusahaan produk tersebut. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda sebagai seorang manajer pemasaran untuk mengetahui produk yang sedang berkembang.

Untuk bisa menciptakan produk yang sesuai kebutuhan, tidak lepas dari pengetahuan tentang pasar serta pelanggan. Anda juga bisa dengan melakukan riset pasar. Tujuan riset pasar adalah untuk mengetahui data perilaku konsumen secara objektif serta akurat.

Hasil riset ini didapat dari pengumpulan data kualitatif atau kuantitatif. Data-data ini nantinya dipakai untuk memprediksi apa saja yang diinginkan oleh konsumen. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai acuan dalam membuat beberapa keputusan mendatang.

7. Tujuan Pemasaran untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Tujuan pemasaran terakhir agar menimbulkan Kepuasan Konsumen. Kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan perusahaan merupakan target utama yang wajib dicapai. Seorang pelanggan yang puas akan setia dan tidak mudah berpindah pada produk atau layanan lainnya sehingga jumlah peningkatan penjualan bisa meningkat.

Baca Juga: Jenis Jenis Pemasaran Beserta Komponennya

Metode dan Tips Cara Membuat Tujuan Pemasaran

Aktivitas Marketing Pada Perusahaan

Contoh Ilustrasi Kegiatan Pemasaran (Credit: Freepik.com)

Oleh karena dibuatnya tujuan dari pemasaran itu penting, Anda bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini untuk membuat tujuan tersebut. Mulai dari mencatat tujuan penjualan hingga menggabungkan setiap tujuan.

1. Mencatat Tujuan Penjualan Bisnis Anda

Anda bisa memulai dengan menuliskan beberapa tujuan yang ingin diraih. Misalkan Anda bisa memilih mencapai tambahan sekitar 4 milyar per tahun. Anda juga bisa memilih menargetkan peningkatan penjualan sebebsar 40% yang bisa ditindaklanjuti dengan strategi yang dipakai.

2. Menetapkan Tujuan untuk Pangsa Pasar

Pangsa pasar bisa diraih secara tahap demi tahap. Cara untuk melakukannya dengan memulai dari tempat Anda berada serta menambahkan persentase realistis untuk jangka waktu yang dijangkau.

3. Memutuskan Berapa Pelanggan yang Dibutuhkan

Anda wajib memutuskan tentang berapa banyak konsumen yang diperlukan untuk meraih tujuan bisnis Anda. Mulailah dengan melihat ukuran pembelian rata-rata per bulan atau per tahun.

Jika konsumen biasa menghabiskan 500.000 per transaksi, Anda perlu mempertimbangkan berapa banyak pelanggan lagi kira-kira yang perlu membeli jumlah rata-rata. Hal ini supaya Anda bisa mencapai sasaran penjualan produk.

4. Menetapkan Target Harga di Pasar

Penetapan target harga akan membantu Anda dalam menentukan posisi di pasar daripada kompetitor Anda. Oleh karena itu, tujuan Anda yaitu menjaga harga produk tetap kompetitif. Sasaran harga umumnya memakan waktu, Anda bisa menaikkan harga secara bertahap.

5. Menggabungkan Setiap Tujuan Utama Anda

Langkah kelima membuat tujuan yaitu menggabungkan setiap tujuan utama Anda. Hal ini akan memberi gambar yang akurat untuk Anda tentang seberapa baik tujuan tersebut bekerja sama.

Baca Juga: Manajemen Pemasaran: Definisi, Tahapan, Konsep dan Tujuan

Mengukur Kinerja Tujuan Pemasaran dengan KPI (Key Performance Indicator)

Mengukur Kinerja Pemasaran Menggunakan Kpi

Mengukur Kinerja Pemasaran Menggunakan KPI (Credit: Freepik.com)

KPI memungkinkan Anda melacak serta mengukur keberhasilan atas kinerja dari tujuan pemasaran. Anda bisa memulai dengan melacak beberapa pilihan KPI di bagian bawah ini.

1. Perhatikan Metrik di Situs Web

Pada situs web ini ada beberapa metrik. Perhatikan metrik untuk keberhasilan dalam hal pemasaran.

  • Pengunjung. sesi dan tujuannya untuk memberi tahu Anda tentang berapa banyak pengunjung yang sudah melihat website Anda.
  • Waktu di situs. Metrik ini memberitahukan Anda tentang waktu rata-rata yang telah dihabiskan oleh setiap pengunjung di website Anda.
  • Bounce rate. Ini menunjukkan jumlah pengunjung yang meninggalkan website Anda setelah mengunjungi 1 halaman.
  • Tampilan halaman per kunjungan. Jumlah ini merupakan jumlah rata-rata halaman yang dilihat oleh pengunjung di website Anda. Metrik ini bisa menolong Anda dalam menentukan rasio lalu lintas terhadap prospek serta memberikan Anda sebuah gambaran tentang efektifnya website Anda dengan pemasaran.

2. Keterlibatan dalam Platform Media Sosial

Ada banyak kampanye pemasaran yang memakai media sosial. Beberapa tujuan Anda mungkin juga memakai media sosial sebagai jalan menghasilkan hasil penjualan. Untuk keterlibatan media sosial, Anda bisa memperhatikan metrik-metrik.

Diantaranya, jumlah komentar, jumlah keikutsertaan, jumlah konten yang dibagikan, peningkatan pengikut, serta lalu lintas dari media sosial ke website. Metrik-metrik ini menunjukkan seberapa bagus strategi pemasaran Anda.

Khususnya dalam memakai media sosial sebagai alat promosi. Jika Anda tidak mendapatkan hasil yang diinginkan sebelumnya, Anda bisa mengubah tujuan. Selain itu, Anda juga bisa memikirkan kembali alat pemasaran sosial media Anda.

3. Pertumbuhan dari Penjualan Produk Anda

Apabila Anda memiliki ketertarikan dalan meningkatkan penjualan, perhatikan jumlah unit yang telah terjual. Metrik ini bisa memberi Anda gambaran yang akurat tentang apakah penjualan produk telah tumbuh atau tidak.

Anda bisa meperhatikan beberapa metrik ini. Diantaranya, jumlah panggilan prospek baru, jumlah closing, kontrak dikirim, hingga kontrak baru ditandatangani.

Kesimpulan

Dalam bisnis, mencapai tujuan pemasaran yang tepat dapat menjadi kunci untuk meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan keuntungan.

Dengan memahami tujuan marketing yang jelas, Anda dapat merancang strategi pemasaran yang efektif dan menarik perhatian target audiens yang tepat. Namun, pemasaran juga memerlukan pengelolaan biaya yang baik agar tidak membahayakan keuangan bisnis.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Operasional, Gaji Dan Beban

Oleh karena itu, menggunakan software pembukuan seperti Beecloud dapat membantu Anda mencatat dan mengontrol biaya pemasaran dengan lebih efektif. Dengan menggunakan software ini, Anda dapat mengoptimalkan keuangan bisnis dan meningkatkan keuntungan Anda secara keseluruhan.

SPG Adalah: Perbedaan Sales, Jenis, Fungsi dan Tugasnya
Dalam dunia bisnis, banyak sekali strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan penjualan produk mereka, salah satunya dengan menggunakan jasa SPG.
Baca Juga
Email Marketing Adalah: Jenis, dan Tips Optimasinya
Apa itu email marketing? Yakni sebuah cara promosi yang dilakukan sebuah bisnis dengan memanfaatkan platform email seperti namanya. Secara garis
Baca Juga
Mengenal Customer Journey, Jenis, Contoh dan Tahapannya
Customer journey adalah sebuah tahapan yang dilalui pelanggan ketika berinteraksi dengan bisnis atau produk ketika melakukan transaksi. Istilah customer journey
Baca Juga
Fungsi Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Bisnis
Perkembangan bisnis, khususnya bisnis berskala menengah dan kecil, terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Terjadinya perkembangan tersebut bisa terjadi berkat fungsi
Baca Juga
Cara Membuat Iklan Advertorial, Jenis, dan Konsepnya (Lengkap)
Iklan advertorial atau jurnalistik saat ini dapat digunakan untuk menarik pasar dengan mudah. Oleh karena itu, ada banyak sekali periklanan
Baca Juga
Campaign Adalah: Meningkatkan Kesadaran Merek dan Penjualan
Campaign adalah sebuah kampanye periklanan yang penting dalam strategi pemasaran suatu produk atau layanan. Melalui campaign, perusahaan dapat mempromosikan merek
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu