Logo Bee Web

9 Strategi Market Penetration, Pengertian & Manfaatnya

Market Penetration adalah proses memperoleh bagian yang lebih besar dari pasar yang sudah ada, cek strategi optimasinya pada artikel berikut
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Thursday, 29 June 2023

Dalam lanskap bisnis yang kompetitif saat ini, Market Penetration adalah strategi yang penting bagi perusahaan yang ingin memperluas pangsa pasar dan meningkatkan pangsa pasarnya.

Penetrasi pasar atau Market Penetration melibatkan menangkap bagian yang lebih besar dari pasar yang ada untuk suatu produk atau layanan tertentu. Berikut penjelasan lengkapnya, mulai dari konsep penetrasi pasar, manfaatnya, dan berbagai strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mencapai penetrasi pasar yang berhasil.

Apa itu Market Penetration?

Jenis Pemasaran

Tujuan dasar market penetration adalah meningkatkan volume penjualan (Credit: Freepik.com/ @macrovector)

Market Penetration juga disebut sebagai penetrasi pasar, merujuk pada proses memperoleh bagian yang lebih besar dari pasar yang sudah ada dengan meningkatkan volume penjualan, baik melalui menarik pelanggan baru maupun mendorong pelanggan yang sudah ada untuk melakukan pembelian lebih banyak.

Hal ini sering menjadi tujuan utama bagi bisnis yang ingin mencapai pertumbuhan dan profitabilitas. Penetrasi pasar dapat dicapai dengan menerapkan strategi pemasaran dan penjualan yang efektif, meningkatkan kualitas produk, menurunkan harga, dan melakukan diferensiasi dari pesaing.

Kesimpulannya, market Penetration adalah sebuah strategi yang digunakan untuk mengukur seberapa besar perbandingan antara produk yang ditawarkan dengan dengan jumlah konsumen yang tertarik dengan produk yang ditawarkan, baik barang maupun jasa.

8 Strategi Market Penetration

Berikut ini deretan strategi market Penetration yang bisa digunakan untuk meningkatkan keuntungan bisnis:

1. Penyesuaian Harga

Salah satu strategi yang paling umum untuk penetrasi pasar adalah menurunkan harga. Dengan menawarkan harga yang kompetitif, bisnis dapat menarik pelanggan yang sensitif terhadap harga dan mendorong mereka untuk memilih produk atau layanan mereka daripada pesaing. Penurunan harga dapat bersifat sementara atau permanen, tergantung pada tujuan perusahaan.

2. Menawarkan Budle Produk

Menawarkan dua atau lebih produk atau layanan bersama sebagai paket dengan harga diskon. Pengelompokan produk dapat menciptakan nilai tambahan bagi pelanggan dan meningkatkan penjualan dengan menggoda mereka untuk membeli lebih dari yang awalnya mereka niatkan.

3. Periklanan Intensif dan Promosi

Berikutnya, meningkatkan upaya pemasaran melalui kampanye periklanan, media sosial, hubungan masyarakat, dan kegiatan promosi lainnya untuk menciptakan kesadaran dan membangkitkan permintaan. Strategi ini bertujuan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan memengaruhi keputusan pembelian pelanggan.

4. Ekspansi Saluran Distribusi

Selanjutnya adalah melakukan ekspansi saluran distribusi, hal ini berkaitan dengan ketersediaan dan aksesibilitas produk dengan memperluas saluran distribusi. Hal ini dapat melibatkan kerjasama dengan pengecer, distributor, atau platform online baru untuk mencapai pasar atau segmen yang belum dimanfaatkan.

5. Perbaiki Kualitas Produk

Selanjutnya adalah memperbaiki produk yang ada atau memperkenalkan fitur baru untuk lebih memenuhi kebutuhan pelanggan. Dengan meningkatkan proposisi nilai, bisnis dapat menarik pelanggan yang sudah ada untuk meng-upgrade dan meyakinkan calon pelanggan untuk memilih produk mereka daripada pesaing.

6. Melakukan Segmentasi Pasar

Berikutnya, mengidentifikasi segmen pasar yang spesifik dan menyesuaikan strategi pemasaran dan penawaran produk untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi mereka. Dengan fokus pada kelompok pelanggan tertentu, bisnis dapat memasuki pasar niche dan menciptakan keunggulan kompetitif.

7. Berikan Program Loyalitas Pelanggan

Mengimplementasikan program untuk memberi penghargaan dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, seperti poin loyalitas, diskon, atau penawaran eksklusif. Dengan membangun hubungan yang kuat dan memberikan insentif, bisnis dapat mendorong pembelian ulang dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Nah, untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, Anda bisa menggunakan strategi promo hingga memberikan diskon pada produk atau layanan Anda. Salah satu solusi yang dapat membantu Anda dalam hal ini adalah menggunakan software kasir online Beepos. Dengan Beepos, Anda dapat dengan mudah mengatur promosi dan diskon secara efisien, serta mengelola transaksi pelanggan dengan cepat dan akurat.

Beepos Buat Program Poin Reward Untuk Customer Loyalty

Selain itu, menggunakan Beepos juga memberikan manfaat tambahan berupa kemudahan dalam mengelola pembukuan keuangan bisnis Anda. Software ini terintegrasi dengan software akuntansi, sehingga Anda dapat dengan mudah menghasilkan laporan keuangan yang diperlukan untuk memantau kinerja bisnis Anda.

Dengan mengadopsi solusi seperti Beepos, Anda dapat meningkatkan efisiensi operasional, memperkuat hubungan dengan pelanggan melalui promosi dan diskon yang dapat meningkatkan loyalitas, serta memastikan keuangan bisnis terkelola dengan baik. Ini akan membantu Anda dalam mencapai tujuan market penetration dan memperluas pangsa pasar Anda dengan lebih baik.

8. Kemitraan Strategis

Berkolaborasi dengan perusahaan lain untuk memperluas jangkauan pasar, memanfaatkan sumber daya yang saling melengkapi, atau menjangkau pangsa pelanggan baru. Kemitraan dapat meliputi inisiatif co-marketing, joint venture, atau perjanjian lisensi, yang memungkinkan bisnis memasuki pasar baru dengan lebih efektif.

9. Evaluasi

Terakhir adalah melakukan evaluasi, sebagai cara penilaian menyeluruh terhadap bisnis untuk menilai kinerja, kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada. Evaluasi ini membantu bisnis untuk mengidentifikasi area di mana mereka dapat meningkatkan penetrasi pasar.

Manfaat Market Penetration Bagi Bisnis

Pangsa Pasar adalah

Praktek pasar penetrasi dapat meningkatkan pangsa pasar juga menekan biaya produksi (Credit: Freepik.com)

Ada banyak sekali manfaat dari market Penetration, berikut diantaranya:

1. Peningkatan Pangsa Pasar

Dengan melakukan penetrasi pasar, bisnis dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan mendirikan kehadiran yang lebih kuat di industri. Pangsa pasar yang lebih tinggi ini dapat menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dan posisi yang lebih baik dibandingkan pesaing.

2. Meningkatkan juga Menekan Biaya Produksi

Volume penjualan yang lebih tinggi yang dihasilkan dari penetrasi pasar dapat menghasilkan ekonomi skala. Dengan peningkatan produksi, bisnis dapat memperoleh biaya per unit yang lebih rendah, memungkinkan opsi penetapan harga yang lebih baik dan margin keuntungan yang lebih tinggi.

3. Peningkatan Brand Awareness

Strategi market Penetration yang efektif dapat meningkatkan kesadaran dan pengenalan merek. Ketika lebih banyak pelanggan menjadi familiar dengan produk atau layanan suatu perusahaan, reputasi merek dan visibilitas di pasar menjadi lebih kuat.

4. Berpotensi Lebih Unggul dari Kompetitor

Dengan penetrasi pasar yang berhasil memungkinkan bisnis untuk mendapatkan keunggulan kompetitoe atas pesaing. Dengan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar, perusahaan dapat memanfaatkan posisinya untuk bernegosiasi dengan pemasok, berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan, serta mengejar peluang pertumbuhan tambahan.

Selain ketiga manfaat diatas, Anda berkemungkinan untuk mendapatkan manfaat lainnya juga, semua bervariasi tergantung dari kondisi bisnis dan lingkungan bisnis masing-masing.

Kesimpulan

Dalam melakukan strategi market penetration adalah  wajib atau harus melakukan evaluasi menyeluruh terhadap posisi pasar, analisis pelanggan, analisis persaingan, dan penilaian terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Hal ini akan membantu bisnis dalam mengidentifikasi peluang dan kelemahan serta mengambil langkah-langkah strategis yang tepat.

Dengan menerapkan strategi market penetration yang sesuai, bisnis dapat meningkatkan pangsa pasar, menarik lebih banyak pelanggan, dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Dalam dunia bisnis yang selalu berubah, kesadaran akan pasar dan kemampuan untuk mengadaptasi strategi pasar penetrasi yang efektif akan menjadi kunci keberhasilan bisnis dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Sekian informasi tentang pengertian market Penetration atau pasar penetrasi, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

5+ Ide Jualan Makanan beserta Tips Strategi Jitunya
Ide jualan pada saat ini ada banyak variasi dan salah satu ide jualan yang menguntungkan saat ini adalah ide jualan
Baca Juga
Pasar Monopoli: Mengenal Lebih Dekat yang Terjadi di Indonesia
Untuk para mahasiswa yang mengambil mata kuliah jurusan ekonomi bisnis tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah pasar monopoli. Di
Baca Juga
Mengenal Social Media Marketing: Jenis, Contoh, dan Strateginya
Social media marketing adalah teknik pemasaran melalui media sosial merupakan salah satu cara terbaik untuk membangun brand awareness, meningkatkan penjualan,
Baca Juga
Contoh Neraca Keuangan Usaha, Lengkap Cara Membuatnya
Contoh neraca keuangan merupakan salah satu hal yang penting bagi perusahaan dalam memahami kondisi keuangan mereka secara keseluruhan. Dengan mengevaluasi
Baca Juga
Perilaku Konsumen, Definisi, Teori, Faktor, Hingga Contohnya
Ternyata perilaku konsumen adalah salah satu hal penting yang harus pemilik usaha pelajari. Setiap pembelian barang atau jasa melalui beberapa
Baca Juga
Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dan Faktornya
Menjaga loyalitas pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan adalah hal penting dalam bisnis. Pelanggan yang loyal akan menjadi aset berharga bagi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu