Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Berapa Gaji Akuntan Perusahaan dan Publik? Ini Rinciannya!

Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 27 November 2022

Gaji akuntan perusahaan dan publik akan sesuai dengan tanggung jawab yang diembannya. Dalam hal ini, keahlian dari seorang akuntan akan sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Tanggung jawab dari seorang akuntan adalah mengawasi serta memeriksa laporan keuangan suatu usaha.

Apabila akuntan melakukan kesalahan pada saat membuat laporan keuangan, hal ini dapat merugikan pihak perusahaan. OIeh karena itu, bisa dibilang tanggung jawab dan tugas seorang akuntan tergolong cukup berat dan wajib diiringi dengan keahlian yang mumpuni.

Pengertian Akuntan

Akuntan Adalah

Ilustrasi Akuntan (Sumber: Freepik.com)

Sebelum kita membahas tentang berapa gaji akuntan di Indonesia, ada baiknya jika kita membahas tentang pengertiannya terlebih dahulu. Pada dasarnya, akuntan adalah pihak yang bertanggung jawab dalam pencatatan maupun penghitungan keuangan pada suatu perusahaan ataupun lembaga tertentu.

Dalam hal ini, semua transaksi pemasukan dan pengeluaran pada suatu perusahaan/lembaga harus diverifikasi penggunaannya oleh seorang akuntan. Hal ini harus dilakukan agar tidak terjadi kerugian besar yang dapat dialami oleh perusahaan atau lembaga tersebut.

Pada saat pembuatan laporan keuangan ini, akuntan harus teliti dalam mengakumulasi keuangan tersebut. Sebab, kesalahan sedikit pada saat pembuatan laporan keuangan ini akan sangat berpengaruh terhadap keuangan perusahaan ataupun lembaga yang bersangkutan tersebut.

Jadi, dapat dipastikan bahwa seorang akuntan harus memiliki keahlian yang mumpuni untuk mengemban tanggung jawab dan tugasnya yang cukup berat ini.

Baca Juga: Pengertian Kode Etik Akuntansi Indonesia dan Tujuannya

Gaji Akuntan Berdasarkan Jenis-Jenisnya

Gaji Akuntan

Ilustrasi Pengingat Pay Day (Sumber: Freepik.com)

Profesi akuntan tidak hanya terdiri dari 2 jenis saja, tapi ada 6 jenis akuntan yang wajib untuk Anda ketahui. Berikut adalah rincian gaji dari seorang akuntan berdasarkan jenis-jenisnya:

  • Akuntan Perusahaan

Sesuai dengan namanya, akuntan perusahaan adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam pencatatan dan penghitungan keuangan untuk perusahaan di mana mereka bekerja. Dengan adanya profesi yang satu ini, keuangan perusahaan bisa lebih terjaga dengan baik.

Sebab, akuntan perusahaan akan mengawasi arus keluar-masuk keuangan yang terjadi pada perusahaan tersebut. Dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh akuntan ini, perusahaan dapat lebih mudah dalam mengontrol keuangannya, agar tidak dibelanjakan untuk keperluan yang tidak penting.

Berbeda dengan kisaran gaji dari akuntan publik, gaji akuntan perusahaan berada di kisaran Rp. 4.000.000,00 – Rp. 6.000.000,00. Gaji ini akan disesuaikan dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan.

  • Akuntan Publik

Apa yang dimaksud dengan akuntan publik? Akuntan publik merupakan seseorang yang bertanggung jawab dalam pencatatan maupun penghitungan keuangan untuk siapa pun dan mereka bekerja secara mandiri. Pada dasarnya, di Indonesia sudah ada banyak akuntan publik profesional.

Ada begitu banyak jasa yang ditawarkan oleh akuntan publik kepada para kliennya, dan beberapa di antaranya adalah layanan penyusunan sistem akuntansi yang benar, pembuatan laporan keuangan, dan beragam jenis jasa independen seperti ini lainnya.

Sementara itu, untuk kisaran gaji akuntan publik adalah mulai dari Rp. 7.000.000,00 – Rp. 10.000.000,00 per bulan. Biasanya, gaji ini akan disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh setiap akuntan publik.

Baca Juga: Yuk! Kenali Pengertian Akuntan Publik dan Tugasnya

  • Akuntan Pemerintah

Prospek Kerja Akuntansi

Ilustrasi Akuntan Pemerintah

Akuntan pemerintah adalah profesi yang memiliki tanggung jawab dalam perusahaan milik pemerintah atau di sebuah instansi resmi pemerintah lainnya. Tugas utama dari seorang akuntan pemerintah adalah memeriksa dan mengawasi cash flow dari keuangan negara.

Akuntan pemerintah akan mengawasi cash flow dari keuangan negara baik dalam lingkup provinsi, kabupaten, kecamatan, bahkan hingga negara. Namun, untuk gaji seorang akuntan pemerintah sendiri mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah, karena profesi ini termasuk golongan PNS.

Kisaran gaji dari akuntan pemerintah yang sudah menjadi PNS dan termasuk golongan IIC adalah Rp. 2.300.000,00. Sementara untuk gaji dari akuntan pemerintah yang tergolong PNS Kemenkeu berada di kisaran Rp. 2.500.000,00 – Rp. 50.000.000,00.

  • Akuntan Pendidik

Akuntan pendidik akan mengajarkan tentang dunia akuntansi ke masyarakat luas. Selain itu, jenis akuntan ini juga akan membuat kurikulum akuntansi di beberapa lembaga tertentu.

Akuntan pendidik akan bertanggung jawab dalam proses penelitian ilmu akuntansi yang semakin berkembang di setiap waktunya.

Namun, untuk kisaran gaji dari akuntan pendidik sendiri tergolong lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis-jenis akuntan lainnya. Kisaran upah akuntan pendidik adalah Rp. 2.750.000,00 – Rp. 4.500.000,00.

  • Akuntan Pajak

Tugas utama dari seorang akuntan pajak adalah menganalisis fenomena ekonomi dan menentukan strategi perpajakan yang tepat dan sesuai dengan ilmu yang masih berlaku. Seseorang yang berprofesi sebagai akuntan pajak harus memiliki kemampuan yang andal dalam dunia perpajakan.

Sebab, mereka harus memastikan bahwa perusahaan yang bersangkutan memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak secara tepat waktu. Dengan adanya profesi ini, perusahaan jadi bisa lebih mudah untuk mengingat kapan waktu mereka harus membayar pajak.

Sementara itu, untuk kisaran gaji dari akuntan pajak adalah mulai dari Rp. 4.500.000,00 – Rp. 14.000.000,00. Hal ini tergantung dengan kemampuan dari akuntan itu sendiri dan kebijakan dari perusahaan yang bersangkutan.

  • Akuntan Syariah

Tugas dan tanggung jawab dari seorang akuntan syariah akan sesuai dengan aturan yang ada dalam Islam. Dalam hal ini, akuntan syariah harus mempelajari 2 hal yakni akuntabilitas dan pelaporan sesuai hukum islam.

Gaji dari seorang akuntan syariah akan disesuaikan dengan jam terbang dari masing-masing individu yang melakukannya. Namun, untuk kisaran gajinya sendiri adalah Rp. 3.000.000,00 – Rp. 10.000.000,00.

5 Keuntungan Menjadi Seorang Akuntan

Keuntungan Menjadi Akuntan

Ilustrasi Akuntan (Sumber: Freepik.com)

Akuntan tidak hanya memiliki tanggung jawab dalam mengawasi cash flow pada suatu perusahaan tertentu saja, tapi akuntan juga harus memelihara database keuangan perusahaan dengan sebaik mungkin.

Nantinya, akan ada 5 keuntungan yang bisa didapatkan oleh setiap akuntan di Indonesia, dan keuntungan tersebut adalah:

1. Banyak Pilihan Karir

Setiap perusahaan pasti akan membutuhkan profesi ini, sehingga lapangan kerja seorang akuntan tergolong cukup besar. Dengan banyaknya lapangan kerja bagi seorang akuntan ini, membuat Anda tidak perlu mengalami kesulitan ketika sedang mencari pekerjaan ini.

2. Gaji Relatif Besar

Jika dibandingkan dengan gaji dari beberapa profesi lainnya, gaji akuntan tergolong lebih besar. Sesuai dengan apa yang sudah kami jelaskan di beberapa paragraf sebelumnya, gaji dari seorang akuntan bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

3. Keamanan Kerja yang Terjamin

Keamanan kerja seorang akuntan sudah terjamin dengan baik. Maka dari itu, tidak mengherankan jika semakin ada banyak anak-anak muda yang tertarik untuk memiliki profesi ini.

Kendati demikian, bagi anak-anak muda yang tertarik untuk berprofesi sebagai akuntan, mereka harus mengiringi profesi ini dengan keahlian dan ilmu yang mumpuni.

4. Lebih Memahami tentang Keuangan

Karena sehari-hari seorang akuntan akan mengawasi keuangan perusahaan, jadi hal ini dapat membuatnya lebih memahami tentang dunia keuangan pribadinya. Nantinya, pemahaman ini dapat berguna dalam berbagai situasi, contoh pada saat hendak memilih saham untuk investasi.

5. Kesempatan untuk Berkembang

Menjadi seorang akuntan juga dapat memberikan kesempatan kepada setiap individu untuk selalu berkembang. Pasalnya, pada saat seorang akuntan sudah memperoleh pengalaman yang cukup di perusahaannya, mereka dapat mencari pekerjaan lain yang masih berkaitan dengan dunia keuangan.

Kesimpulan

Dengan mengetahui berapa gaji akuntan di Indonesia seperti ini, akan menjadi jawaban mengapa ada banyak anak-anak muda yang tertarik untuk mengambil jurusan akuntansi. Namun, penting untuk diketahui bahwa tanggung jawab dari seorang akuntan sangatlah besar.

Pembahasan di atas merupakan awal proses dalam akuntansi yang bisa Anda pelajari untuk bisnis Anda agar lebih maju kedepannya. Pecantatan transaksi keuangan salah satu hal yang wajib di perhatikan dalam bisnis agar tidak terjadinya kerugian.

Oleh sebab itu, Anda harus memeriksa dengan jelas catatan keuangan dalam bisnis Anda secara detail dan lebih terperinci. Agar terhindar dari fraud karyawan dan kesalahan dalam perhitungan.

Untuk memudahkan Anda dalam perhitungan transaksi keuangan, gunakanlah software akuntansi yang sudah terpercaya dan yang memiliki fitur yang lengkap.

Software Akuntansi Beeaccounting satu-satunya software akuntansi dengan 47 plugin sesuai bidang usaha Anda. Sistemnya pun sekali bayar , tanpa terkunci langganan.

Coba gratis Software Akuntansi Beeaccounting sekarang! Klik gambar di bawah ini~

Laporan Akuntansi-Pakai-Software-Akuntansi-Beeaccounting

Mengenal Buku Besar Dalam Pencatatan Akuntansi
Apa itu Buku Besar? Buku besar adalah dokumen akuntansi utama yang berisi semua akun yang dimiliki oleh sebuah bisnis, artinya […]
Baca Juga
Contoh Neraca Lajur untuk Memudahkan Penyusunan Laporan Keuangan
Membahas dunia akuntansi tentu tidak akan habisnya. Bahkan jenis neraca saja banyak ada neraca pembayaran, neraca saldo bahkan ada neraca […]
Baca Juga
Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen
Keuangan bisa diibaratkan sebagai ‘jantung’ perusahaan, sehingga sifatnya sangat krusial khususnya dalam membangun sebuah bisnis. Dengan adanya akuntansi dapat memberikan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu