Software Akuntansi UKM Terbaik dan Keuntungannya

Thursday, 19 August 2021
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana
software-akuntansi-untuk-ukm

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Software akuntansi UKM merupakan salah satu terobosan terbaik dalam bidang akuntansi untuk masyarakat kelas menengah. Mungkin tidak jarang dari kita mengenal akuntansi sebagai jenis bidang profesi atau jurusan perkuliahan, sehingga tidak tersentuh oleh kalangan masyarakat biasa.

Namun kini, beberapa software akuntansi didesain khusus dengan fitur serta tampilan yang sederhana. Tujuannya agar penggunaan lebih mudah oleh orang awam yang tidak memiliki rekam jejak dalam dunia akuntansi.

Mengenal Apa Itu Software Akuntansi UKM

software-akuntansi-untuk-ukm

Software Akuntansi untuk UKM Toko Bunga (Sumber: Pexels.com)

Software akuntansi UKM adalah perangkat lunak akuntasi dengan desain khusus untuk mencacat laporan keuangan Usaha Kecil Menengah atau UKM. Sebagaimana kita ketahui, setiap bidang usaha, besar maupun kecil, memiliki kebutuhan akuntansi yang berbeda.

Contohnya, industri pabrik camilan dengan penjual makanan Pecel di sebuah warung memiliki kebutuhan catatan akuntansi berbeda. Jadi, tidak heran jika Anda akan menemukan software akuntansi UKM yang cocok untuk bisnis UKM, software akuntansi produksi untuk pabrik, atau jenis-jenis software akuntansi lainnya.

Adapun fitur-fitur yang terdapat di software akuntansi jenis ini umumnya mencakup penjualan, pengeluaran, tabungan, biaya operasional, modal dan lain sebagainya. Dalam penggunaannya, Anda tinggal menginput data setiap hari. Software yang nantinya akan menyusun laporan akuntansi menurut data yang sistem terima.

software-akuntansi-ukm-memudahkan-dalam-menyusun-laporan-keuangan

Software Akuntansi UKM Memudahkan Penyusunan Laporan (Sumber: Freepik.com)

Melalui laporan tersebut, Anda bisa menganalisa presentase pengeluaran, pemasukan, serta keuntungan bisnis dari bulan ke bulan. Dengan perbandingan dan analisa tersebut, pengguna bisa mencari strategi untuk mengembangkan usaha serta menghindari kemungkinan bangkrut.

Perangkat lunak ini tersedia dalam bentuk software akuntansi gratis excel maupun berbayar. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tetapi intinya, menggunakan software akuntansi memberikan banyak sekali keuntungan bagi para pelaku usaha kecil dalam mengembangkan bisnis mereka.

Keuntungan Menggunakan software Akuntansi untuk UKM

keuntungan-menggunakan-software-akuntansi-ukm

Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi UKM (Sumber: Freepik.com)

Software akuntansi UKM memang belum terlalu populer seperti software akuntansi yang sudah lama diaplikasikan di perusahaan-perusahaan besar. Tak bisa kita pungkiri, masih banyak pelaku bisnis kecil yang belum menerapkan kerja akuntansi dengan benar sehingga mereka kesulitan memantau keuntungan bisnis sendiri.

Berikut poin-poin penting keuntungan menggunakan software akuntansi bagi pelaku UKM:

1.      Menghemat Waktu

Kita mungkin masih banyak menemui para penjual maupun pelaku UKM mencatat penjualan dan pembelian mereka secara manual. Hal ini sah-sah saja, hanya saja tentu akan memakan waktu. Belum lagi harus menghitung satu per-satu angka tersebut di akhir bulan.

Software akuntansi UKM bekerja secara otomatis menghitung keuangan Anda dengan valid dan akurat. Bahkan, pengguna tidak perlu menunggu waktu satu bulan lebih dahulu untuk menganalisa data tersebut. Sistem aplikasi juga sangat memudahkan Anda karena memungkinkan mengaksesnya dari mana saja.

2.      Menghindari Kesalahan Perhitungan

menghindari-kesalahan-perhitungan

Menghindari Kesalahan Perhitungan (Sumber: Freepik.com)

Sebagai manusia, kesalahan adalah hal yang wajar. Oleh sebab itu, kecanggihan teknologi berusaha menciptakan penemuan terbaru untuk membantu manusia meminimalisir dampak kesalahan tersebut. Salah satunya menciptakan kecerdasan buatan dalam bentuk sistem yang ringan, mudah, dan efektif.

3.      Meningkatkan Kualitas Analisa Keuangan Bisnis

Aplikasi akuntansi memiliki fitur-fitur yang sudah sesuai dengan kebutuhan UKM. Beberapa aplikasi bahkan menyediakan fitur tambahan berbayar bagi Anda yang berminat mengakses detai perhitungan lebih lengkap dan hasil laporan lebih komprehensif.

Analisa yang benar berdampak kepada strategi yang tepat untuk pengembangan usaha. Jika usaha dapat berkembang, secara otomatis nilai keuntungan juga meningkat. Namun untuk mencapai tahap tersebut, tentu perlu proses yang efektif dan telaten, bukan?

4.      Meningkatkan Eksistensi Bisnis di Depan Pembeli

Bisnis-Terlihat-Lebih-Profesional

Bisnis Terlihat Lebih Profesional (Sumber: Pexels.com)

Tidak hanya memudahkan proses mengembangkan usaha, software akuntansi juga memberikan kesan modern, profesional, serta kekinian di mata konsumen. Kesan-kesan tersebut tentu berdampak kepada cara mereka memandang Anda sebagai seorang pelaku usaha yang tidak ketinggalan jaman.

5.      Mudah Digunakan

Salah satu alasan para pelaku usaha kecil masih enggan berpindah kepada aplikasi keuangan adalah anggapan bahwa sistem software itu rumit. Padahal, tentu saja cara menggunakan aplikasi akuntansi UKM cukup mudah sehingga hanya beberapa kali berlatih saja, pengguna akan terbiasa.

6.      Meringankan Kerja Karyawan

Keutungan terakhir adalah transparansi keuangan usaha dari karyawan kepada pemilik usaha. Hal ini berlaku apabila bisnis Anda sudah memiliki beberapa karyawan. Dengan menggunakan aplikasi, Anda bisa membuat jam kerja lebih efisien sehingga tidak pengeluaran operasional pun dapat diminimalisir.

Baca Juga: Akuntansi UKM: Aplikasi Pembukuan Sederhananya Usaha Kecil

Kriteria Software Akuntasi UKM Terbaik

kriteria-software-akuntansi-ukm

Kriteria Software Akuntansi untuk UKM (Sumber: Bee.id)

Jangan salah memilih, software akuntansi UKM terbaik memiliki kriteria yang bisa Anda gunakan untuk mengenali mereka. Sistem kerja laporan akuntansi yang mudah dan simple hanya bisa Anda dapatkan ketika sudah memilih aplikasi yang tepat. Berikut beberapa poin nya:

1.      Harga Sesuai

Sebagaimana namanya, yaitu software akuntansi UKM, tentu aneh jika harga berlangganan aplikasi tersebut sangat mahal. Pada dasarnya, kebutuhan akuntansi UKM lebih sederhana daripada tipe-tipe sofware akuntansi lain yang lebih kompleks seperti perusahaan atau industri besar.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik bisnis UKM untuk memilih aplikasi yang sesuai dengan budget mereka. Tidak perlu membuat patokan pada nominal harga tertentu, yang terpenting adalah fitur di dalamnya sudah memadai.

2.      Tidak Banyak Tampilan Iklan

Poin kriteria selanjutnya terkait tampilan aplikasi yang nyaman. jenis tampilan berpengaruh terhadap antusiasme pengguna dalam mengakses software. Banyaknya iklan maupun spam yang mengganggu secara otomatis akan menggangu pengguna dalam meng-input data.

Sebab itu, alangkah baiknya jika Anda menjadikan tampilan aplikasi sebagai pertimbangan. Software akuntansi dengan desain sederhana, perpaduan warna yang ringan di mata, dan fitur-fitur yang tersusun rapi akan meningkatkan gairah Anda dalam menganalisa keuangan bisnis.

3.      Memiliki Fitur Profesional

Software-Akuntansi-Online-Tampilan-Lihat-Stok

Fitur Profesional Seperti Lihat Stok di Software Akuntansi Online (Sumber: Bee.id)

Aplikasi akuntansi UKM profesional menyediakan fasilitas template laporan akuntansi bagi pengguna mereka. Dengan begitu, Anda bisa memperlakukan aplikasi tersebut seperti software pribadi karena mencantumkan logo serta nama toko.

Fitur profesional tidak identik dengan layanan akuntansi berbayar dengan tarif berlangganan mahal. Beberapa aplikasi akuntansi gratis juga menyediakan fasilitas ini. Software juga disebut profesional apabila tidak sering mengalami eror dalam menghitung data. Jadi, meskipun gratis, Anda harus mempertimbangkan aspek ini.

4.      Bisa Diakses Secara Online / Offline

Software akuntansi gratis offlinedan online memungkinkan Anda mengakses aplikasi          di mana saja dan kapan saja. Meng-upload data pada software akuntansi secara            offline membuat Anda tidak perlu terikat jaringan internet kapan saja. Adapun   sistem online bisa membuat data aplikasi terintegrasi pada lebih dari satu perangkat.

5.      Tampilan Sederhana

Terakhir adalah tampilan yang sederhana, mudah diakses, dan tidak lemot. Dalam aplikasi apapun, kesederhanaan tampilan sering menjadi nilai plus dan menjadi alasan seseorang memilih aplikasi tersebut.

6.      Ukuran Aplikasi Tidak Terlalu Besar

Terutama pada di Android, ukuran aplikasi juga perlu menjadi pertimbangan. Jangan menggunakan aplikasi dengan ukuran terlalu besar karena dapat memakan ruang terlalu banyak pada penyimpanan Anda. Selain itu, jika perangkat memiliki spesifikasi kurang seimbang, dapat menyebabkan sistem lemot.

Demikian ulasan seputar software akuntansi UKM serta poin kriteria software akuntansi yang layak Anda pilih. Teknologi akuntansi merupakan salah satu produk modernitas yang bernilai positif dan sangat sayang apabila Anda lewatkan. Tinggal kesadaran kita sebagai pengguna untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Baca Juga: Apakah Beeaccounting UKM Gratis untuk Selamanya?

Software-Akuntansi-Online-Murah-Cocok-Untuk-UKM

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :