Web Logo Bee
Penulis: Dhea Forekha

Mari Mengenal Beragam Fungsi Laporan Keuangan

Dipublish Tgl: Thursday, 23 June 2022

Fungsi laporan keuangan adalah mencatat serta merangkum segala transaksi keuangan yang dilakukan sebuah perusahaan maupun bisnis. Hanya fungsi inilah yang terbesit dalam benak beberapa orang.

Namun, sebenarnya masih banyak fungsi lain dari laporan keuangan yang berkontribusi penting dalam bisnis maupun perusahaan Anda. Berikut ini akan kami bahas beberapa poin di antaranya, supaya Anda dapat lebih memahami fungsi dari laporan keuangan.

Fungsi pertama sebuah laporan keuangan adalah sebagai gambaran situasi sebuah perusahaan. Dari laporan keuangan, Anda akan bisa melihat apakah  perusahaan sedang dalam situasi yang menguntungkan atau merugikan.

Laporan keuangan juga bisa dijadikan bahan tinjauan apakah arus kas perusahaan berjalan lancar atau tidak.

Perusahaan Anda bisa dikatakan dalam kondisi yang sehat dan aman jika tidak memiliki masalah pada aset dan arus kas.

  • Bahan Evaluasi

Ilustrasi Karyawan Menganalisa Laporan Keuangan

Fungsi Laporan Keuangan sebagai Bahan Evaluasi (Sumber: Freepik.com)

Perusahaan Anda bisa menggunakan laporan keuangan sebagai bahan evaluasi mengenai pencapaian atau kendala yang terjadi di dalam perusahaan. Sebagai contoh, jika laporan keuangan sedang menunjukkan bahwa perusahaan mengalami kerugian,  maka Anda bisa mempelajari penyebabnya kemudian menyusun strategi untuk menanganinya dan bangkit kembali.

Selain dijadikan sebagai bahan untuk evaluasi, fungsi laporan keuangan merupakan landasan untuk merencanakan kegiatan perusahaan di masa yang akan datang. Sebagai contoh, Anda bisa melihat di laporan keuangan mengenai produk apa yang paling menarik perhatian konsumen dan menghasilkan keuntungan yang besar bagi perusahaan Anda. Dari sana, Anda bisa mengatur strategi untuk penjualan produk berikutnya supaya bisa sama suksesnya bahkan melebihi penjualan sebelumnya.

Artinya, laporan keuangan bisa juga dijadikan bahan pertimbangan ketika Anda ingin mengambil keputusan.

  • Fungsi Laporan Keuangan Sebagai Media Pertanggungjawaban

Sebuah laporan keuangan juga dapat dijadikan sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan kepada semua pihak yang terkait dengan kegiatan perusahaan Anda.

Misalnya, secara internal, laporan keuangan akan menjadi bentuk pertanggungjawaban bagian keuangan kepada dewan direksi serta pihak manajerial.

Selain itu, laporan keuangan juga bisa dijadikan bentuk pertanggungjawaban kepada pihak eksternal seperti pemberi modal untuk kegiatan perusahaan atau pemilik saham. Lewat laporan keuangan, pemberi saham bisa mengetahui untuk apa saja uang yang mereka berikan telah digunakan.

  • Memperlihatkan Kualitas Perusahaan Anda

Laporan keuangan yang transparan serta dikerjakan dengan baik dapat dijadikan bukti kalau perusahaan Anda sudah menjalankan tugas serta perannya tanpa melanggar peraturan yang berlaku.

Dengan begitu, kualitas dari perusahaan Anda akan semakin terlihat sehingga bisa menimbulkan rasa percaya dari berbagai pihak. Rasa percaya sangat penting sebab dari sana lah sebuah kerja sama dapat tercipta.

Ada Berapa Jenis Laporan Keuangan?

Setelah mengetahui fungsi, selanjutnya penting juga bagi Anda untuk mengetahui tentang jenis dari laporan keuangan. Berikut pembahasan beberapa jenis laporan keuangan.

  • Laba Rugi

Sesuai namanya, laporan keuangan ini mencatat laba atau rugi perusahaan. Biasanya, laporan ini akan dicatat dalam suatu periode tertentu. Secara sederhana, cara untuk menghitungnya adalah jumlah pendapatan yang masuk  dikurangi dengan jumlah biaya yang dikeluarkan.

  • Arus Kas

Laporan arus kas merupakan salah satu jenis laporan keuangan yang berisi data yang rinci tentang arus kas perusahaan. Dengan kata lain, catatan tentang uang yang keluar-masuk perusahaan akan dicatat pada laporan ini.

  • Neraca

Neraca merupakan laporan keuangan yang berisi informasi tentang modal, hutang, serta aset yang dimiliki perusahaan.

Dari laporan ini dapat diketahui apakah semuanya dalam keadaan yang seimbang atau tidak.

  • Perubahan Modal

Laporan keuangan perubahan modal adalah laporan yang berisi informasi tentang perubahan modal yang ada setelah ditambahkan dengan keuntungan yang didapat perusahaan atau dikurangi dengan kerugian yang terjadi di perusahaan Anda.

Umumnya, laporan perubahan modal akan dibuat sebelum perusahaan membuat laporan neraca dan juga laba rugi.

Itulah informasi tentang laporan keuangan yang penting Anda ketahui. Perlu diingat, karena fungsi laporan keuangan adalah untuk mencatat segala transaksi yang terjadi di perusahaan dan sebagai alat untuk mengatur berjalannya perusahaan, maka sebaiknya disusun dengan baik dan rapi.

Bikin Nota Penjualan Otomatis Integrasi ke Pembukuan beepos

Jika Anda masih kesulitan membuatnya, Anda bisa memakai software kasir minimarket yang aman karena memiliki fitur untuk melindungi dari tangan-tangan yang yang melakukan kecurangan.

Pengertian Jurnal Pembelian & Jurnal Penjualan Beserta Contohnya
Jurnal pembelian dan jurnal penjualan - Secara umum, kegiatan utama dalam sebuah perusahaan adalah melakukan penjualan dan pembelian secara terus […]
Baca Juga
Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen
Keuangan bisa diibaratkan sebagai ‘jantung’ perusahaan, sehingga sifatnya sangat krusial khususnya dalam membangun sebuah bisnis. Dengan adanya akuntansi dapat memberikan […]
Baca Juga
Pentingnya Pembukuan Sederhana Untuk Bisnis Kecil / UMKM
Pembukuan sederhana untuk bisnis kecil atau UKM itu sangatlah penting. Namun banyak orang yang sering melupakannya. Dan masih banyak pebisnis […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu