Logo Bee Web

Contoh Pembukuan Sparepart dan Cara Membuatnya

Contoh pembukuan sparepart adalah hal yang penting bagi pemilik usaha bengkel. Karena, pembukuan untuk jual beli sparepart sangat penting.
Penulis:
Farhan Anggara
Kategori: ,
Terbit: 27 Jun 2022
Diperbarui: 26 May 2025
Daftar Isi

Butuh contoh pembukuan sparepart? Anda bisa simak penjelasannya pada artikel di bawah ini. Dokumentasi yang baik dan benar menjadi langkah awal bagi pemilik usaha untuk menghindari kesalahan dalam pembukuan atau tidak sesuai dengan stok barang yang ada di gudang atau toko.

Selain itu, dengan pembukuan yang rapi, Anda dapat memantau barang habis pakai yang digunakan setiap hari, melihat uang masuk dan keluar, hingga menghitung laba bersih, biaya operasional, bahkan menyusun laporan laba rugi periode tertentu secara sederhana namun akurat.

Langsung saja, berikut contoh pembukuan keuangan usaha bengkel dan sparepart yang bisa Anda jadikan referensi:

Kenapa Usaha Bengkel dan Sparepart Perlu Pembukuan?

Usaha bengkel dan toko sparepart adalah jenis bisnis yang memiliki banyak transaksi setiap harinya, mulai dari barang yang masuk, barang yang keluar, pesanan dengan nomor tertentu yang harus dicatat, tentu saja membutuhkan pembukuan.

Lantas apa saja alasan kenapa usaha bengkel juga perlu pembukuan?

1. Mengontrol Stok Barang yang Masuk dan Keluar

Dalam usaha bengkel, stok barang seperti suku cadang dan barang habis pakai yang sering digunakan harus dicatat dengan baik. Dengan pembukuan stok barang masuk dan keluar secara manual atau digital, Anda bisa mencatat jumlah barang yang masuk, menghindari kekurangan stok, dan menyesuaikan dengan barang yang sebenarnya ada di gudang.

2. Memudahkan Membuat Laporan Keuangan yang Rapi

Pembukuan membantu Anda menyusun berbagai laporan keuangan yang penting, seperti Laporan Laba Rugi, Laba Kotor, hingga biaya operasional. Semua data uang masuk dan keluar akan tercatat dalam sistem, sehingga laporan keuangan jadi lebih akurat dan bisa dianalisis secara berkala.

3. Membantu Pengusaha Mengambil Keputusan yang Tepat

Data yang lengkap dari pembukuan yang baik dan benar bisa digunakan untuk memberikan analisis mengenai produk yang laku, barang yang tidak laku, hingga layanan yang paling sering digunakan oleh pelanggan. Hal ini memudahkan pemilik bengkel dalam mengatasi masalah operasional dan menentukan strategi selanjutnya.

4. Meningkatkan Efisiensi Operasional Perusahaan

Dengan memiliki pembukuan usaha yang rapi dan teratur, operasional perusahaan bisa berjalan lebih lancar.

Anda bisa mengetahui jam operasional, memantau pesanan yang masuk, serta mengecek ketersediaan kode barang yang diperlukan. Dokumentasi yang rapi juga menghindarkan Anda dari kesalahan dalam pembukuan.

5. Mempermudah Proses Evaluasi dan Pengembangan Usaha

Di waktu tertentu, Anda dapat mengevaluasi performa toko Anda atau bengkel berdasarkan contoh laporan laba rugi dan laporan lainnya. Evaluasi ini penting bagi Anda yang ingin bisnis tetap tumbuh dan tidak mengalami kerugian. Bahkan, dengan menggunakan Aplikasi bengkel mobil seperti Beeaccounting, pembukuan bisa lebih mudah dalam pelaksanaannya dan lebih efektif secara keseluruhan.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membuat Pembukuan Sparepart?

Agar pembukuan usaha berjalan dengan benar, Anda perlu tahu waktu yang tepat untuk mulai mencatat seluruh transaksi dan stok barang. Kapan waktu yang tepat unyuk membuat pembukuan ini?

  • Di awal membuka usaha, penting untuk langsung mencatat semua stok barang dan uang masuk dan keluar. Dengan begitu, sejak awal, pembukuan usaha Anda sudah rapi dan jelas.
  • Setiap kali ada barang masuk atau keluar, hal ini untuk mencegah kesalahan dalam pembukuan dan membuat stok tetap sesuai.
  • Akhir pekan atau akhir bulan, saat inilah waktunya membuat ringkasan, seperti laporan laba rugi, melihat biaya operasional, dan mengecek produk mana yang paling laris. Laporan keuangan ini penting untuk tahu untung-rugi toko Anda.

Dengan pembukuan diwaktu yabg tepat Anda bisa lebih optimal dalam mengembil keputusan bisnis, baik saat mau tambah stok? Naikkan harga jual? Buka cabang baru? dan lainnya. Semua itu perlu laporan yang jelas. Dengan pembukuan, Anda bisa ambil keputusan yang lebih tepat dan tidak asal nebak.

BACA JUGA: Tahapan Proses Pengambilan Keputusan yang Perlu Diperhatikan

Cara dan Contoh Pembukuan Sparepart dan Usaha Bengkel

Jika Anda masih bingung dengan cara membuat pembukuan sparepart untuk perusahaan kecil, disini akan menjelaskan tahapan secara lebih rinci di bawah ini sehingga Anda dapat memahami lebih banyak.

Langkah-langkah berikut yang dapat Anda ikuti untuk membuat pembukuan sparepart dari perusahaan kecil.

1. Buat Buku Catatan Pengeluaran

Ketika awal menjalankan bisnis kecil, buat buku terpisah yang khusus untuk mencatat segala biaya. Semua pengeluaran atau pengeluaran dalam bisnis mulai dari pembelian bahan baku sparepart, operasi hingga gaji karyawan harus terus dicatat.

Dengan mencatat semua pengeluaran bisnis, Anda akan mengetahui berapa banyak modal bisnis yang telah Anda habiskan. Setelah mengetahui berapa banyak modal yang telah dibelanjakan, Anda akan lebih mudah untuk menetapkan target dan rencana ketika modal bisnis harus kembali.

2. Buat Buku Catatan Pemasukan

Ilustrasi Membuat Catatan Pemasukan Setelah memiliki buku pengeluaran kas, berikutnya yang perlu disiapkan juga merupakan buku pemasukan tunai. Buku pendapatan ini akan digunakan nanti untuk mencatat semua transaksi yang terkait dengan pendapatan perusahaan.

Misalnya jumlah penjualan saprepart yang telah berhasil diperoleh per hari atau piutang yang telah dibayar. Pencatatan transaksi pendapatan ini juga harus terus menerus setiap hari untuk memudahkan Anda membuat pembukuan bulanan perusahaan.

Dengan memiliki buku pengeluaran dan penghasilan yang tertib yang dicatat setiap hari, Anda akan mengetahui berapa banyak manfaat yang diperoleh dalam satu hari.

Download Contoh Buku Catatan Pemasukan dan Pengeluaran Usaha, di SINI

Tombol Download Template Excel

3. Buat Buku Kas Utama

Dalam pembukuan sparepart perusahaan membuat buku kas utama adalah salah satu hal terpenting. Buku kas utama ini akan digunakan nanti untuk menggabungkan transaksi antara buku kas pendapatan dan buku uang pengeluaran.

Dengan menggabungkan transaksi dari dua buku kas, Anda akan mencari tahu secara rinci dan jelas berapa banyak untung dan rugi usaha bengkel.

Anda juga dapat menentukan berapa banyak anggaran perusahaan untuk uang dan uang yang masuk. Estimasi arus kas ini juga sangat penting untuk membuat perencanaan dan strategi perusahaan jika di masa depan ada biaya tak terduga yang harus dikeluarkan.

Misalnya, perkiraan kekurangan tunai perusahaan dapat segera meningkatkan target atau mengurangi biaya. Sehingga hasil dari rekaman maksimum arus kas utama harus dilakukan secara terus menerus, hati -hati dan juga secara menyeluruh.

4. Buku Stok Sparepart

Contoh pembukuan sparepart saldo stok

Contoh pembukuan sparepart saldo stok (Credit: bee.id)

Dalam pembukuan sparepart perusahaan, transaksi yang Anda perhatikan tidak hanya terkait dengan uang tetapi juga barang. Anda juga perlu mencatat secara rutin jumlah item yang masuk dan keluar setiap hari. Semakin tinggi tingkat penjualan, intensitas jumlah barang yang masuk dan keluar juga akan lebih tinggi.

Dengan memiliki buku stok sparepart, Anda dapat memantau dan mengawasi inventaris barang di perusahaan.

Terutama jika di masa depan Anda ingin menargetkan memiliki beberapa cabang di beberapa kota, membuat buku stok akan sangat membantu Anda mengelola manajemen gudang dengan lebih baik dan optimal.

Selain itu, stok barang juga dapat membantu Anda menghindari penipuan yang dapat dilakukan oleh pemasok dan karyawan perusahaan.

5. Laporan Komisi Mekanik

Laporan Komisi Mekanik Software Bengkel

Contoh laporan komisi mekanik Beeaccounting (Credit: bee.id)

Pada laporan ini, Anda bisa melihat secara detail jumlah pekerjaan yang telah diselesaikan oleh masing-masing mekanik, lengkap dengan total jasa yang mereka kerjakan. Informasi ini sangat penting untuk menghitung komisi atau insentif secara adil dan transparan.

Laporan komisi mekanik juga membantu pemilik usaha dalam mengukur produktivitas setiap karyawan, sehingga bisa menjadi dasar untuk evaluasi kinerja maupun pembagian bonus sesuai dengan hasil kinerja mereka.

6. Buku Inventaris Barang

Langkah selanjutnya, Anda juga perlu membuat buku inventaris yang digunakan untuk mencatat semua item perusahaan yang telah dibeli dan dikelola.

Semua jenis barang yang dimiliki oleh perusahaan baik yang dibeli melalui anggaran atau hibah atau sumbangan harus dimasukkan dalam catatan buku inventaris barang.

Memiliki catatan inventaris barang akan membuat setiap aset perusahaan tetap terkendali. Selain mempertahankan aset perusahaan, inventaris barang juga memiliki fungsi-fungsi berikut:

  • Memfasilitasi pengawasan.
  • Mencegah barang dari hilang dengan mudah.
  • Membuat lebih mudah dalam memeriksa barang.
  • Memfasilitasi aktivitas mutasi atau penghapusan barang.
  • Memiliki bukti tertulis tentang pengelolaan barang sehingga dapat diperhitungkan.

Rekomendasi Software Bengkel dan Pembukuan Penjualan Sparepart

Beeaccounting Bengkel Cc Web

Beeaccounting, jasi salah satu rekomendasi aplikasi pembukuan penjualan sparepart dan bengkel yang yang didesain khusus untuk memudahkan manajemen bisnis bengkel dan toko sparepart/aksesoris mobil & motor.

Software ini memang dirancang khusus untuk membantu manajemen bisnis bengkel, baik untuk servis kendaraan maupun penjualan sparepart atau aksesoris mobil dan motor.

Dengan Beeaccounting, Anda bisa menikmati fitur-fitur unggulan seperti:

  • Manajemen service dengan sistem antrian dan multiple order
    Dalam satu dashboard, Anda bisa menangani beberapa kendaraan sekaligus, lengkap dengan nomor urut antrian. Penambahan atau perubahan order bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.
  • Pembuatan Surat Perintah Kerja Bengkel (PKB) secara otomatis
    Saat customer datang, Anda bisa langsung mencetak Perintah Kerja Bengkel (PKB) yang berisi keluhan pelanggan, jasa servis yang dibutuhkan, dan parts yang harus disiapkan. Prosesnya lebih praktis dan profesional.
  • Manajemen keuangan dan sistem penggajian yang transparan
    Beeaccounting juga dilengkapi dengan fitur penghitungan otomatis yang mempermudah rekap pekerjaan setiap mekanik. Ini sangat membantu dalam membuat sistem gaji yang lebih adil, transparan, dan memotivasi tim bengkel Anda untuk bekerja lebih maksimal.

Untuk Anda yang ingin mengelola bengkel dan pembukuan sparepart dengan lebih efisien, Beeaccounting bisa jadi solusi yang tepat. Lebih lengkap tentang program bengkel Beeaccounting? Silakan klik banner di atas untuk informasi selengkapnya!

Artikel Populer

Contoh Format Order untuk Usaha Online Shop
Ketika pertama kali membuat sebuah bisnis online shop, tentu siapapun akan bingung untuk memulainya dari mana. Salah sat...
Baca Selengkapnya
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Suatu istilah yang dipakai masyarakat untuk menilai aktivitas seseorang ialah umpan balik atau feedback artinya dalam ba...
Baca Selengkapnya
13 Contoh Nota Pembelian dan Cara Membuatnya Lengkap
Sedang membuka bisnis baru dan butuh contoh nota pembelian sebagai bukti transaksi dengan konsumen nanti, Anda bisa memb...
Baca Selengkapnya
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu i...
Baca Selengkapnya
Kelebihan dan Kekurangan Usaha Kedai Kopi untuk Pemula
Usaha kedai kopi memang tidak pernah sepi dan cukup menjanjikan, Tapi Anda juga perlu memahami apa saja kelebihan dan ke...
Baca Selengkapnya
Apple to Apple Artinya Perbandingan, Ini Penjelasannya
Mungkin Anda pernah mendengar istilah apple to apple dan bertanya-tanya apa sebenarnya maknanya. Istilah apple to apple...
Baca Selengkapnya
Customer Service Software Akuntansi & Kasir Bee
Jam Operasional: senin - jumat jam 09.00 - 16.00 wib

Siap Mengubah Cara Anda Mengelola Bisnis

Sejak 2010, Bee telah berdedikasi untuk membantu Pengusaha di seluruh Indonesia dalam mengatasi tantangan laporan akuntansi dan keuangan. Kami siap mendukung kesuksesan bisnis Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami.
Logo Bee Web
Bee.id adalah brand dari PT BITS Miliartha, perusahaan penyedia software akuntansi terbaik dan aplikasi pembukuan usaha untuk membantu pemilik bisnis dan akuntan mengelola keuangan secara lebih cepat, mudah, dan akurat. Sebagai solusi akuntansi UMKM yang telah digunakan ribuan pengguna di seluruh Indonesia, Bee siap bantu bisnis Anda berkembang lebih efisien. Coba sekarang! Gratis Trial atau jadwalkan Demo Gratis bersama Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2025 Bee.id
magnifiercrossmenuarrow-right