Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Kedai Kopi untuk Pemula

Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 8 March 2022

Point Penting di Konten Ini

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Kedai Kopi

kelebihan dan kekurangan usaha kedai kopi

Simak Kelebihan dan Kekurangan Usaha Kedai Kopi (Sumber : Pinterest.com)

Usaha kedai kopi memang tidak pernah sepi. Dari tahun ke tahun banyak kedai baru bermunculan, entah yang hanya sekedar warung kopi pinggir jalan atau yang berbentuk kedai. Menu yang disajikan pun bervariasi, dari yang kopi hitam hingga kopi susu yang dimodifikasi.

Usaha  ini tidak akan pernah mati  karena mangsa pasarnya masih sangat luas. Selain itu, beberapa kota di Indonesia adalah penghasil kopi yang tak jarang hasilnya diekspor ke beberapa negara, seperti pasar Asia, Eropa, Timur-Tengah dan Amerika.

Selain mengekspor hasil kopi, masyarakat Indonesia juga gemar minum kopi. Saat ini minum kopi menjadi sebuah lifestlye di Indonesia, baik dari kalangan elit, menengah hingga masyarakat kecil. Bahkan layaknya ritual, minum kopi juga butuh tempat yang istimewa untuk menikmati .

Para penikmat kopi akan sangat memperhatikan citarasa dari si kopi. Dengan  begitu, memanfaatkan trend perkopian ini dapat  dijadikan  usaha yang menjanjikan jika anda mengerti cara mengembangkannya. Memilih usaha kedai kopi jadi pilihan prospektif di tahun 2022.

Disini akan membahas lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan usaha kedai kopi untuk pemula.

Ada 7 Alasan Usaha Kedai Kopi jadi Usaha Prospektif di 2022

Usaha Kedai Kopi Masih Terus Berjaya (Sumber: Pexels.com)

Sebelum kita membahas kelebihan dan kekurangan usaha kedai kopi untuk pemula, kita kenalan dulu dengan beberapa prospek yang didapat saat membuat usaha kedai kopi.

1. Memiliki Target Konsumen yang Luas

Target pasar si usaha kedai kopi ini sangat besar dan luas, tidak hanya dari usia remaja dan dewasa saja tetapi saat ini usia anak-anak pun sudah ada yang mengunjungi sebuah kedai kopi. Kedai kopi tidak hanya dikunjungi oleh lelaki saja tetapi perempuan sudah tidak ragu untuk berlama-lamaan disebuah kedai, entah itu sendirian atau bersama sanak saudara dan teman.

2. Minum Kopi Merupakan Tradisi Turun Temurun

Budaya minum kopi di Indonesia sudah menjadi tradisi turun temurun, sejak masa kepemerintahan Belanda. Pada masa itu, minum kopi adalah kebiasaan dari orang-orang Belanda, namun seiring berjalannya waktu budaya itu diserap oleh masyarakat Indonesia.

Maraknya warung kopi pinggir jalan membuat ¬†banyaknya ¬†tradisi minum kopi yang muncul di Indonesia, salah satunya di kota Aceh. Di Aceh tradisi minum kopi dilakukan setelah melaksanakan sholat subuh atau biasa disebut dengan Jama‚Äôah kopi subuh.¬† Tidak hanya minum kopi saja, momen ini digunakan masyarakat aceh untuk bertukar informasi dan bahkan ada yang ‚Äėmenilai‚Äô menantunya dari aktivitas ini.

3. Keuntungan Jualan Kopi Besar

Usaha kedai kopi ini bisa kita lihat keuntungannya dalam hasil penjualan harian. Kamu bisa meraup untung harian dalam jumlah banyak, bahkan omset mu bisa naik kalau hari libur telah tiba.

4. Cara Bisnis Kopi yang Beragam

Macam-macam Jenis Kopi Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Banyak cara yang bisa kita ambil untuk memulai usaha kedai kopi, diantaranya tetapkan target pasar terlebih dahulu, buat konsep kopi yang ingin dibuat, riset bahan pembuatan kopi, cari supplier bahan kopi terbaik, design layout kedai senyaman mungkin, bikin design produk yang menarik, susun strandart penyajian kopi, dan lakukan promosi masif di media sosial.

5. Cakupan Lokasi Luas

Membuka usaha kedai kopi tidak harus di perkotaan saja, tetapi usaha ini juga bisa dilakukan di pedesaan, didekat kompleks perumahan, terminal, stasiun, mall hingga berjualan saat ada moment perayaan tertentu seperti Agustusan, pasar kaget saat Ramadhan.

6. Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

Usaha ini dapat dimulai dengan modal yang sangat minim. Jika kamu punya konsep yang take away, kamu bisa menggunakan gerobak kecil atau stand kecil tapi nyaman saat ada customer yang datang untuk mengambil pesanan.

7. Kedai Kopi, Usaha yang Tidak Mengenal Musim.

Kedai kopi bukanlah sebuah usaha yang musiman. Seperti yang dikatakan diawal, kopi adalah sebuah lifestyle untuk masyarakat.

Setelah kita mengetahuti prospek dari usaha kedai kopi ini, semoga bisa membuka pikiran kita bahwa usaha kedai kopi ini sangat laku dimana saja. Nah, tapi kita juga tidak mungkin tutup mata kalau setiap usaha pasti ada kelebihan dan kekurangannya, begitu juga dengan usaha kedai kopi ini. Ada kelebihan dan kekurangan usaha kedai kopi untuk pemula yang wajib banget kalian tahu!!!

Baca Juga: Tips Sukses Membangun Bisnis Kedai Kopi Seperti Starbucks

Kelebihan Usaha Kedai Kopi

kelebihan-usaha-kedai-kopi

Apa Saja Kelebihan Usaha Kedai Kopi? Photo by Karl Fredrickson on Unsplash

Ada lima kelebihan dari usaha kedai kopi.

  • Dapat dimulai dengan modal yang kecil

    Memulai usaha kedai kopi tidak melulu harus disebuah bangunan. Usaha ini sangat fleksibel, kamu bisa memanfaatkan kendaraan pribadi untuk memulainya.

  • Bisnis franchise untuk usaha kedai kopi pemula

    Kalau kita tidak mau repot dalam berbisnis dan punya modal yang cukup besar, franchise adalah salah satu solusi untuk berbisnis. Disini kita hanya terima jadi karena semuanya sudah tersistem dari si pemilik brand yang kita 'beli'.

  • Keuntungannya yang besar dengan strategi pemasaran yang tepat

    Sebelum memulai bisnis kita harus sudah paham target pasar bisnis kita siapa dan bagaimana metode pemasaran yang tepat agar membidiknya pas.

  • Dapat menentukan lokasi usaha yang strategis

    Karena usaha kedai kopi ini pasarnya luas dan penikmat kopi yang semakin luas, maka dengan memilih lokasi yang tepat dapat membantu kelancaran usaha kedepannya.

  • Jenis produk yang jelas memudahkan dalam menarik konsumen

    Olahan kopi dan bagaimana teknik menyeduhnya dapat mudah memikat hati konsumen.

Kekurangan Usaha Kedai Kopi

kekurangan-usaha-kedai-kopi

Apa Saja Kekurangan Usaha Kedai Kopi? Photo by Tyler Nix on Unsplash

Ada tiga kekurangan dalam menjalalankan usaha kedai kopi.

  • Tanpa keahlian pengelolaan kedai kopi risiko rugi cukup besar.

    Ada pepatah mengatakan, kita harus selalu seperti gelas kosong yang siap diisi apapun. Ya! itu benar. Ilmu ada dimana saja. Jangan pernah merasa cukup pengetahuan dan keahlian. Harus selalu upgrade diri agar tidak tergerus jaman.

  • Kedai kopi kecil masih sulit berkembang dan kalah dengan bisnis yang lebih besar

    Dari segi modal mungkin iya tetapi dari segi komunitas mungkin kedai kopi kecil akan jauh lebih unggul, maka jangan ragu untuk berkumpul sesama komunitas kedai kopi untuk mempererat sikap gotong royongnya.

  • Apabila hanya mengandalkan toko tanpa bisnis online maka pemasaran akan kurang optimal.

    Di era sekarang kita tidak bisa hanya mengandalkan toko offline saja tanpa mengandalkan sosial media. Bikin konten se eyecathing mungkin agar customer tertarik untuk datang ke kedai kopi kalian.

Tidak hanya usaha makanan saja yang bisa dibuat mode bisnis franchise, sebuah kedai kopi pun bisa masuk ke mode bisnis tersebut. Untuk mode bisnis ini ada untung dan ruginya.

Mari kita bahas kelebihan dan kekurangan usaha kedai kopi untuk pemula yang ingin memulai dari franchise.

Kelebihan Usaha Kedai Kopi Franchise

Memahami Kelebihan Usaha Kedai Kopi Franchise Photo by Karolina Grabowska from Pexels

  • Murah Meriah

    Untuk pebisnis yang memiliki dana 'nganggur' dan tidak mau ribet, maka model bisnis ini bisa dikatakan relatif murah untuk membeli sebuah brand.

  • Margin Profit Tinggi

    Jumlah keuntungan saat semua pengeluaran sudah terhitung disitu kita bisa melihat margin profit bisa tinggi.

  • Kultur Masyarakat

    Budaya ngopi tidak akan pernah lekang oleh waktu. Dengan budaya tersebut, berbisnis kopi franchise tidak akan pernah salah

  • Media Promosi

    Saat kita memutuskan untuk berbisnis franchise, tak jarang si franchisors sudah menyediakan media promosinya.

  • Manajemen Bisnis yang Sudah Terbentuk

    Semua sistem di bisnis franchise sudah sangat dibentuk dengan baik oleh pihak pertama.

  • Memiliki Brand yang sudah di Kenal

    Tak jarang sebuah brand saat sudah memiliki nama dan banyak peminatnya, maka model bisnis lanjutan yang akan disasar adalah franchise.

  • Memiliki Manajemen Keuangan yang Lebih Mudah

    Seperti yang ditulis diatas, bahwa bisnis franchise semua sistem telah disiapkan dengan begitu epic. Semua sudah jelas tertulis dikontrak saat kita memutuskan untuk membeli 'brand' tersebut.

  • Kerjasama Patner dan Dukungan Franchisors

    Si pemilik brand aslinya akan mendukung si pembeli brand agar bisnisnya tetap bisa berkelanjutan.

Kekurangan Usaha Kedai Kopi Franchise

Memahami Kekurangan Usaha Kedai Kopi Franchise Photo by Lexi Anderson on Unsplash

  • Dikendalikan Penuh oleh Franchisors

Karena jika kita membeli suatu produk dengan sistem franchise, otomatis sistem yang ada didalamnya mengikuti SOP yang sudah ada.

  • Adanya Pembagian Keuntungan

Hal ini lantaran kita menerima hak penjualan dari pemilik usaha setelah mendapatkan persetujuan demi meningkatkan keuntungan dari bisnis tersebut.

  • Supplier Tunggal Bahan Baku

Kita tidak bisa memilih supplier lain karena hal ini sudah masuk dalam peraturan yang sudah disepakati.

  • Reputasi Bisnis Mudah Terpengaruh

Harus bisa menjaga nama baik brand agar tidak menyulitkan outlet lain.

Tips Memulai Usaha Kedai Kopi

1. Perhitungan Modal yang Cermat

Hitunglah semua modal bersih dan modal kotor. Selanjutnya lanjutkan untuk menyiapkan beberapa peralatan atau tempat untuk memulai bisnis kedai kopi. Ini juga termasuk modal usaha.

2. Pilih Produk yang Punya Prospek Penjualan Bagus

Memilih produk yang akan kita jual juga tidak bisa sembarangan. Pilah-pilih produk yang bagus agar bisnis kita bisa berkelanjutan.

3. Pilih Supplier yang Amanah

Memilih supplier juga harus hati-hati agar tidak kecewa dikemudian hari. Ini menghindari jika ada kendala saat melakukan penambahan stok di tengah jalan, bisa saja ada kecurangan yang dilakukan oleh supplier

4. Jadilah Inovatif

ATM  - Amati, T - tiru dan M - modifikasi, ini yang sebagian pembisnis lakukan. Mode bisnisnya akan sama tapi yang membedakan adalah seberapa inovasi dan kreatif imajinasimu untuk mengimplementasikannya ke dunia nyata.

Hitung Laba-Rugi Usaha Kedai Kopi Anda dengan Beepos

Menjalankan bisnis kopi memang tidak mudah. Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Untuk memudahkan segala pekerjaan, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir bernama Beepos. Salah satu keunggulan beepos adalah menghitung laba-rugi usaha kedai kopi Anda secara otomatis. Anda hanya tinggal melakukan pengecekkan laporannya di Beecloud.

Ketika Anda langganan aplikasi kasir Beepos Anda otomatis akan mendapat langganan ke software akuntansi online Beecloud. Jadi, aplikasi kasir Anda langsung terintegrasi dengan akuntansi.

Kesimpulan

Membuka usaha kedai kopi tidaklah mudah. Terutama pada masalah kasir, keuangan dan stok. Untuk itu untuk membantu Anda, kami memberikan solusi dengan Aplikasi Kasir Beepos. Dengan langganan Beepos Anda juga otomatis langganan Beecloud yang merupakan software akuntansi online. Kasir kedai kopi akan terintegrasi langsung dengan software akuntansi.

Ingin tahu lebih lanjut tentang Aplikasi Kasir Beepos? Klik gambar di bawah ini!

Beepos Mobile Cafe untuk Kedai Kopi Angkringan_web

 

 

6 Rahasia Sukses Bisnis Kedai Kopi Sederhana
bisnis kedai kopi sederhana - Kopi merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Rasa dan baunya yang khas menjadi daya […]
Baca Juga
9+ Cara Memulai Bisnis Franchise Apotek
Franchise apotek adalah salah satu bisnis yang menguntungkan apalagi di era pandemi ini. Banyak orang akan membutuhkan obat dan tentunya […]
Baca Juga
Software Kasir Android; 8 Fitur Andalan Bee.id
Di era menjamurnya bisnis jual beli online, banyak orang berbondong-bondong mencari software kasir Android. Tidak peduli seberapa besar omset atau […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu