🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

7 Cara Mengatur Keuangan Usaha Paling Efektif

Temukan berbagai cara mengatur keuangan usaha paling praktis dan efektif untuk mengembangkan bisnis Anda hanya disini!
Penulis: Rininta Oktaviana
Dipublish Tgl: Thursday, 7 July 2022

Cara mengatur keuangan usaha memang bukan suatu perkara mudah. Pasalnya, urusan keuangan merupakan hal krusial dalam bisnis, karena memiliki peran besar dalam kesuksesan usaha. Kesalahan dalam mengatur keuangan bisa membawa bencana bagi usaha yang sedang dilakoni.

Dalam dunia bisnis, keberhasilan perusahaan sangat ditentukan oleh cara pelaku bisnis dalam mengelolanya. Apabila dikelola secara baik, maka bisnis akan berjalan lancar. Sebaliknya, kalau pengelolaan keuangan usaha buruk, berpotensi membuat bisnis menjadi kacau balau.

7 Cara Mengatur Keuangan Usaha Paling Mudah dan Praktis

7 Cara Mengatur Keuangan Usaha

Ilustrasi Membuat Budgeting untuk Mengatur Keuangan Photo by Sincerely Media on Unsplash

Salah satu rahasia sukses menjalankan bisnis terletak pada cara mengelola keuangan perusahaan. Jika Anda merupakan seorang pelaku usaha pemula dan masih kesulitan dalam mengatur keuangan sehingga sering mengalami kerugian, maka beberapa tips di bawah ini bisa dijadikan panduan:

  • Edukasi Diri

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengedukasi diri. Ada banyak cara yang bisa diterapkan, termasuk rajin mencari informasi dan mempelajari hal-hal seputar pengelolaan keuangan.

Bagi Anda yang masih awam dalam dunia dagang, maka harus tahu bahwa secara umum laporan keuangan dikategorikan atas 4 bagian, yaitu laporan arus kas, penghasilan, neraca, dan modal. Semua jenis-jenis laporan keuangan tersebut perlu dipelajari oleh setiap pelaku usaha.

  • Mengawasi Arus Keuangan

Cara mengatur keuangan usaha selanjutnya yang wajib dipertimbangkan adalah mengawasi arus uang di perusahaan. Tujuannya adalah mencegah terjadi kebocoran kas.

Proses pemantauan arus kas memang tidak mudah karena membutuhkan ketelitian tinggi. Karena pekerjaan ini umumnya dilakukan oleh audit profesional.

Namun, jika usaha Anda masih berskala kecil, maka tidak perlu khawatir karena bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud. Software akuntansi online ini telah dilengkapi ragam fitur yang memungkinkan Anda mengontrol arus keuangan bisnis secara lebih mudah dan praktis.

Baca Juga: Download 3+ Template Catatan Pengeluaran Bulanan

  • Membuat Catatan Keuangan

Pembukuan Catatan Pengeluaran Bulanan

Ilustrasi Membuat Catatan Keuangan Secara Manual

Untuk mempermudah Anda dalam mengetahui laporan keuangan usaha, maka bisa membuat catatan keuangan. Tujuannya adalah mengawasi segala bentuk transaksi keluar masuk. Di sisi lain, pencatatan keuangan juga terbukti mampu mengurangi risiko pengeluaran tidak wajar.

Dalam buku catatan keuangan, setiap hal yang berkaitan dengan uang, seperti kas dan utang piutang harus dituliskan secara rinci dan runtut agar mudah dibaca. Supaya lebih mudah menemukannya, sebaiknya diurutkan dengan berdasarkan pada tanggal dan juga waktu transaksi.

  • Pisahkan Dana Pribadi dan Dana Usaha

Tidak sedikit pelaku usaha yang masih menggabungkan antara uang pribadi dengan uang bisnis. Padahal, hal ini bisa menjadi bumerang bagi pemilik usaha. Karena tidak menutup kemungkinan modal bisnis Anda digunakan untuk berbagai keperluan yang bersifat pribadi.

Cara mengatur keuangan usaha dengan memisahkan uang pribadi dan bisnis bisa dilakukan dengan menggunakan wadah penyimpanan berbeda. Selain itu, Anda juga sebaiknya membuat rekening bank terpisah supaya tidak terjadi percampuran uang yang bisa membuat bingung.

  • Menggunakan Laba untuk Mengembangkan Bisnis

pengertian laporan laba rugi

Ilustrasi Menggunakan Laba untuk Perusahaan

Cara mengatur modal dan keuntungan usaha terbaik adalah dengan menggunakannya untuk mengembangkan perusahaan. Alih-alih dipakai belanja keperluan pribadi, alangkah lebih baik jika laba yang didapatkan dari kegiatan usaha digunakan untuk memajukan bisnis.

Misalnya, menyisihkan minimal 10% dari total laba bersih untuk ditambahkan ke modal usaha agar bisa menghasilkan untung lebih besar. Dengan begitu, bisnis Anda semakin berkembang pesat.

  • Mempersiapkan Dana Darurat

Salah satu cara mengatur keuangan usaha terbaik agar bisnis tetap bertahan dalam segala situasi adalah dengan mempersiapkan dana darurat. Pasalnya, masa depan bisnis tidak bisa diprediksi.

Hal-hal tidak diinginkan dan berpotensi membahayakan keberlangsungan bisnis bisa saja terjadi. Oleh sebab itulah, Anda harus mempersiapkan anggaran darurat sebagai upaya antisipasi terhadap masa sulit yang mungkin saja akan menghantam stabilitas usaha.

  • Menyusun Anggaran (Budgeting)

Selain mencatat keuangan, pemilik bisnis juga harus menyusun anggaran. Tujuannya adalah untuk membatasi pengeluaran supaya tidak membengkak. Agar lebih mudah, Anda bisa membuat budgeting secara teratur, misalnya setiap minggu atau setiap bulan.

Dengan adanya budgeting, maka pengeluaran biaya usaha bisa lebih terkendali. Dengan begitu, rencana pengeluaran anggaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan.

Baca Juga: Anggaran Adalah: Pengertian, Klasifikasi, Jenis dan Manfaat

Fitur Anggaran vs Realisasi di Beecloud

Salah satu cara mudah dalam menyusun anggaran usaha adalah dengan melakukan pencatatan melalui software. Saat ini sudah banyak sekali software yang dapat memudahkan pekerjaan dan operasional usaha. Salah satu software yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan penyususan anggaran adalah Beecloud.

Beecloud memiliki fitur anggaran, dimana Anda bisa menginput beberapa anggaran pada bisnis Anda. Beecloud akan menghitung secara otomatis pengeluaran yang Anda lakukan selama periode tertentu. Selanjutnya, software ini akan memberikan data laporan otomatis dan realtime mengenai Anggaran vs Realisasi pada bisnis Anda.

anggaran adalah

Laporan Anggaran vs Realisasai pada Software Akuntansi Beecloud (Sumber: Bee.id)

Cara mengatur keuangan usaha memang tidak mudah. Apalagi jika dilakukan secara manual. Akan tetapi, di zaman modern sekarang, pemilik bisnis bisa lebih mudah mengelola keuangan perusahaan dengan memanfaatkan berbagai software keuangan terbaik yang mengusung fitur-fitur canggih.

Artikel Terkait

SIUP adalah Surat Izin Usaha Perdagangan, Ini Cara Daftarnya
Dokumen berupa Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP adalah hal yang tidak boleh sampai dilewatkan pemilik bisnis. Surat izin jenis
Baca Juga
Apa Fungsi Iklan Bagi Bisnis? Ini Penjelasannya
Pernah bertanya-tanya apa fungsi iklan bagi bisnis sebenarnya? Apakah hanya untuk promosi atau ada hal lain yang bisa dicapai dengan
Baca Juga
Kelebihan dan Kekurangan Usaha Kedai Kopi untuk Pemula
Kelebihan dan Kekurangan Usaha Kedai Kopi Usaha kedai kopi memang tidak pernah sepi. Dari tahun ke tahun banyak kedai baru
Baca Juga
Utang Wesel Adalah: Karakteristik, Jenis dan Contohnya
Utang wesel adalah salah satu instrumen keuangan yang telah lama digunakan dalam dunia bisnis, utang jenis ini memiliki peran yang
Baca Juga
Product Knowledge: Pengertian, Contoh dan Fungsi Pentingnya
Product Knowledge adalah pemahaman mengenai produk atau layanan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Dengan memahami produk maka seseorang akan dengan
Baca Juga
Contoh Segmentasi Psikografis, Karakteristik dan Cara Penerapannya
Konsep segmentasi psikografis dalam bisnis digunakan sebagai alat yang sangat berharga bagi para pemasar dan pemangku kepentingan bisnis. Segmentasi prikografis
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu