Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Tips Mengelola Keuangan dengan Software Bengkel Mobil Bagus

Dipublish Tgl: Monday, 27 June 2022

Ketika Anda mencari software bengkel mobil bagus, maka akan bermunculan banyak sekali pilihan software. Tetapi dari semua software itu, sudahkah memenuhi kebutuhan usaha bengkel Anda?

Apakah Anda pemilik usaha bengkel? Selain Anda harus memahami mesin, tentu saja salah satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah mengelola keuangan untuk bisnis bengkel Anda. Karena sama seperti bisnis apa pun, manajemen keuangan yang baik faktor utama yang menentukan bisnis Anda tetap menguntungkan.

Dalam artikel ini kami akan membahas tips dan cara mengelola keuangan untuk usaha bengkel sehingga Anda dapat mengetahui manfaatnya dan memastikan bahwa tidak ada pemborosan dalam bisnis usaha Anda.

Pentingnya Pengelolaan Keuangan Usaha Bengkel

Pentingnya Pengelolaan Keuangan Usaha Bengkel

Ilsutrasi Pengelolaan Usaha Bengkel (Sumber: Freepik.com)

Tahukah Anda bahwa 20% bisnis baru cenderung gagal dalam dua tahun pertama operasi?

Aturan yang sama berlaku untuk bisnis bengkel. Selain itu, ada banyak hal yang harus dilakukan untuk memulai bisnis bengkel mobil.

Sementara 'daftar tugas' mungkin tampak tak ada habisnya, penting untuk diingat untuk menganggarkan pengeluaran reguler dan belajar bagaimana mengelola keuangan dengan benar.

Banyak usaha baru gagal yang penyebabnya adalah kurangnya perencanaan bisnis dan penganggaran yang tepat, sehingga ini merupakan fakta yang menyedihkan. Biaya bengkel mobil bulanan harus selalu dicek rutin dan diprediksi dengan baik dengan tujuan untuk mencegah kerugian.

Selain itu, bengkel ini adalah bisnis layanan yang memiliki karakteristik manajemen keuangan yang unik.

Tetapi pada kenyataannya masih ada banyak bisnis bengkel di Indonesia yang tidak melakukan manajemen keuangan dalam operasi harian mereka.

Faktanya, banyak bengkel bangkrut karena tidak dapat melakukan manajemen keuangan dengan benar dan tanpa pembukuan terperinci.

Dalam membangun bisnis bengkel, Anda tidak hanya mengelola stok, tetapi juga Anda harus menangani karyawan termasuk mekanik Anda.

Baca Juga: Cari Aplikasi Pembukuan Bengkel? Simak Biar Nggak Salah Pilih!

Tips Mengelola Keuangan Usaha Bengkel

Mengelola keuangan yang baik dan benar adalah cara terbaik mengembangkan usaha bengkel.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda praktekkan untuk mengelola usaha bengkel.

1. Ketahui Financial Forecast

Financial Forecast

Ilustrasi Membuat Financial Forecast (Sumber: Freepik.com)

Prakiraan keuangan atau perkiraan keuangan untuk bengkel memungkinkan Anda untuk menilai apakah bisnis Anda akan menguntungkan atau tidak.

Sangat penting untuk memberikan peluang bagi pemilik bisnis untuk berpikir (secara rinci) tentang berbagai aspek keuangan bisnis mereka, mulai dari daftar investasi (termasuk kendaraan dan alat perbaikan) yang diperlukan untuk mengoperasikannya, hingga berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk membantu mendapatkannya.

Dengan ini, menilai elemen-elemen ini akan memudahkan Anda mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan proyek Anda jalankan.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan adalah: persyaratan pendanaan awal, berapa banyak yang harus Anda belanjakan untuk pemeliharaan di masa depan, atau berapa banyak manfaat yang dapat Anda harapkan: membuat perkiraan keuangan untuk bengkel mobil Anda akan memberi Anda visi yang jelas tentang masa depan.

Penting juga untuk diingat bahwa anggaran perbaikan mobil Anda akan penting ketika Anda mencari pembiayaan.

Anda dapat 100% yakin bahwa pemberi pinjaman akan meminta angka-angka ini saat menyajikan keuangan bengkel Anda, jadi pastikan nomor tersebut ditetapkan secara akurat.

2. Hitung Job Costing

Penentuan biaya kerja atau job coasting adalah sistem yang mengumpulkan dan membebankan biaya untuk pekerjaan tertentu.

Sistem ini akan mengakumulasi biaya layanan oleh karyawan dan kemudian menugaskan mereka ke tugas -tugas tertentu.

Bisnis jasa seperti bengkel, kemungkinan besar menggunakan sistem penetapan biaya pekerjaan karena setiap pekerjaan memiliki jumlah material dan tenaga kerja yang berbeda, sehingga memperumit proses pelacakan.

Bengkel perbaikan dan pusat layanan mobil dapat menggunakan sistem biaya pekerjaan untuk mempertimbangkan setiap mobil atau tagihan sebagai pekerjaan individu.

Pencatatan untuk menentukan biaya pekerjaan di industri jasa bisa lebih kompleks karena menawarkan berbagai layanan.

Hal Ini membutuhkan bengkel perbaikan dan pusat jasa mobil guna menyimpan catatan yang detail dari setiap pekerjaan tertentu dalam menentukan biaya tenaga kerja yang benar.

3. Selalu Pantau Arus Kas

Pantau Arus Kas

Ilustrasi Mencatat Arus Kas (Sumber: Pexels.com)

Arus kas penting dalam bisnis apa pun, termasuk bisnis bengkel. Namun sayangnya banyak pemilik bisnis bengkel tidak menyadari pentingnya arus kas, sampai pada akhirnya mereka mengalami kesulitan membayar tagihan mereka.

Pantau arus kas dengan hati-hati untuk memastikan bahwa keuangan bisnis Anda baik-baik saja.

Catat setiap layanan yang Anda berikan dan cadangan yang dijual. Jika Anda menghitung tip, Anda juga dapat mencatatnya dalam proses pembukuan Anda.

Pantau arus kas bisnis dalam interval waktu tertentu, bisa mingguan, atau bulanan. Ketahui jika ada masalah keuangan lebih cepat melalui laporan arus kas Anda.

4. Catat Setiap Pengeluaran

Ketika kami memberikan tips Anda untuk mencatat setiap pengeluaran, itu berarti semua pengeluaran dalam bisnis Anda. Ingat segalanya! Termasuk biaya bahkan dengan nilai kecil.

Gunakan sistem tunai kecil dalam bisnis bengkel Anda jika belum. Metode ini memudahkan Anda untuk memantau dan mencatat biaya nilai kecil yang tidak Anda sadari sebelumnya.

Dengan memastikan bahwa setiap pengeluaran sedang dalam pemantauan, Anda akan mengurangi limbah dan dapat mengetahui tiang pengeluaran mana yang harus dikurangi atau bahkan dihentikan.

Ingat, dalam bisnis apa pun nilai yang Anda belanjakan akan berdampak besar pada nilai keuangan Anda secara keseluruhan.

5. Selalu Lakukan Rekonsiliasi Transaksi

Sebagai pemilik bisnis bengkel, melakukan check and balance pada setiap transaksi adalah suatu keharusan. Anda tidak boleh segera percaya pada akuntan atau sistem pembukuan Anda, dan sebaliknya, Anda juga harus dengan hati -hati memantau mutasi yang terjadi di akun Anda. Karena alasan ini, rekonsiliasi itu penting.

Rekonsiliasi transaksi memastikan bahwa setiap pengeluaran yang dicatat dalam mutasi akun Anda sesuai dengan apa yang dicatat dalam pembukuan. Dengan begitu tidak ada transaksi fiktif atau kesalahan bank yang Anda temukan.

Proses ini kadang-kadang memakan waktu jika dilakukan secara manual, terutama jika bisnis bengkel Anda memiliki sejumlah besar transaksi.

Baca Juga: Software Bengkel Mobil: 9+ Cara Memulai Usaha Bengkel Mobil

Software Bengkel Mobil yang Bagus

Semua tips di atas tentu saja dapat langsung dipraketekkan. Tapi Anda tidak boleh melupakan hal ini, yaitu adalah penggunakan software bengkel mobil bagus.

Anda tentu saja sudah melakukan pengelolaan keuangan yang baik dan benar. Tetapi, penggunaan teknologi lebih disarankan untuk Anda.

Mengapa? Karena penggunaan teknologi ini akan lebih mempermudah operasional serta penanganan keuangan dalam usaha bengkel Anda.

Software Bengkel Manajemen Service & Penjualan Sparepart dari Beeaccounting

Terintegrasi mulai dari pencatatan order dan servis, antrian kendaraan, riwayat service, penjualan jasa dan sparepart, komisi teknisi, pembelian, hutang, stok, kas/bank hingga akuntansi.

  • Sistem nomor urut antrian service kendaraan
  • Hitung komisi mekanik lebih cepat dan mudah
  • Cetak Perintah Kerja Bengkel (PKB) & nota penjualan tiap kendaraan
  • Work Order (WO) untuk detail pekerjaan mekanik
  • Otomatis potong stok setiap transaksi dan laporan stok lengkap
  • Ada setelan minimum stok per item untuk kontrol stok sparepart
  • Data pelanggan dan riwayat service kendaraan tersimpan otomatis
  • Terintegrasi dengan akunting untuk analisa penjualan lebih mudah
  • Cetak keterangan saran service rutin kendaraan pelanggan

Coba gratis software bengkel untuk pembukuan dan manajemen antrian Beeaccounting, klik gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

Beeaccounting Bengkel Cc Web

 

8 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Pemula
Bisnis rental mobil pemula adalah jеnіѕ bіѕnіѕ jаѕа уаng раlіng mudаh untuk Anda jаlаnkаn dan раѕtі menguntungkan. Cаrа kеrjаnуа juga […]
Baca Juga
9 Rumus Excel Paling Populer yang Digunakan di Tempat Kerja
Dalam hal produktivitas di tempat kerja, Microsoft Excel atau Spreadsheet adalah salah satu alat yang paling populer. Excel adalah sebuah […]
Baca Juga
Apa itu Owner? Tugas Utama dan Bedanya dengan C-Level
Point Penting di Konten Ini Apa itu Owner?Tanggung Jawab Owner1. Memimpin Perusahaan2. Membuat Peraturan Perusahaan3. Mereview Action Plan dan Strategi […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu