🎉 Promo Spesial Ritel, Dapatkan Disc. Rp. 750.000
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Memahami Psikologi Warna Sebelum Membangun Brand

Dalam memilih penggunaan warna untuk brand ternyata tidak boleh sembarangan loh, karena menurut psikologi warna memiliki banyak makna.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 27 July 2023

Penggunaan warna bukan hanya tentang estetika semata, tetapi juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap persepsi, emosi, dan tindakan kita. Dalam dunia bisnis, memahami psikologi warna dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam membangun merek yang kuat, menarik perhatian konsumen, dan mengkomunikasikan pesan yang tepat.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi apa itu psikologi warna, pentingnya memilih warna dalam konteks bisnis, serta arti dan makna setiap warna dalam membangun bisnis.

Apa itu Psikologi Warna?

Psikologi warna adalah studi tentang bagaimana warna mempengaruhi pikiran, emosi, dan perilaku manusia. Setiap warna memiliki karakteristik dan asosiasi tertentu yang memicu respon emosional dan psikologis pada manusia.

Apa Itu Psikologi Warna

Cabang ilmu yang mempelajari warna sebagai faktor yang bisa memengaruhi perilaku manusia (Credit: Freepik/wayhomestudio)

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Bagoes Wiryomartono, seorang ahli psikologi dari Universitas Pelita Harapan, menjelaskan jika penggunaan warna yang tepat dalam desain dapat mempengaruhi persepsi merek, emosi konsumen, dan keputusan pembelian.

Pemahaman ini dapat digunakan untuk mempengaruhi persepsi konsumen, menciptakan identitas merek yang kuat, dan mengkomunikasikan pesan yang diinginkan.

Pentingnya Memilih Warna dalam Bisnis

Pemilihan warna yang tepat dalam bisnis sangat penting karena dapat memengaruhi cara konsumen memandang merek dan produk. Warna yang salah dapat menyebabkan pesan yang salah atau tidak relevan disampaikan kepada konsumen.

Berikut adalah alasan mengapa penting untuk memilih warna dengan cermat dalam bisnis:

1. Mengkomunikasikan Identitas Merek

Warna adalah elemen kunci dalam membangun identitas merek yang kuat. Misalnya, merah dan putih sangat terkait dengan merek Coca-Cola. Warna-warna ini membangkitkan emosi dan asosiasi tertentu dalam pikiran konsumen ketika melihat merek tersebut.

Dengan memilih warna yang konsisten dengan nilai dan kepribadian merek, bisnis dapat membangun kesan yang kuat dan mudah dikenali di benak konsumen.

2. Meningkatkan Daya Tarik Visual

Berikutnya menjadi daya tarik visual, dimana warna yang menarik cenderung dapat memikat perhatian dan membuat merek atau produk menjadi lebih menonjol di tengah persaingan.

Pewarnaan yang tepat dapat membantu menciptakan daya tarik visual yang mengundang konsumen untuk melihat lebih dekat, dan pada gilirannya, meningkatkan peluang konversi dan penjualan.

3. Memicu Emosi dan Respons Psikologis

Setiap warna memiliki asosiasi dan makna psikologis tertentu. Misalnya, biru sering dikaitkan dengan kepercayaan, stabilitas, dan ketenangan, sementara merah melambangkan energi, keberanian, dan semangat.

Memicu Respons Psikologi

Studi ini sejatinya mempelajari bagaimana pengaruh warna terhadap emosi serta tingkah laku masyarakat (Credit: Freepik/dcstudio)

Dengan memahami psikologi warna, bisnis dapat memilih warna yang tepat untuk memicu respons emosional yang diinginkan, baik itu untuk meningkatkan semangat konsumen, menenangkan mereka, atau menciptakan rasa urgensi.

Pengaruh Warna Menurut Ahli Psikologi Warna

Berikut ini beberapa penjelasan warna menurut para ahli:

1. Prof. Dr. Arief Budiman - Makna Warna Cerah

Menurut Prof. Dr. Arief Budiman adalah seorang ahli psikologi warna dari Universitas Indonesia. dalam salah satu penelitiannya tentang pengaruh warna terhadap emosi, kognisi, dan perilaku manusia mengungkapkan. Jika, warna-warna terang seperti kuning dan merah dapat meningkatkan keceriaan dan aktivitas otak.

Hal ini yang juga menjadikan beberapa brand hiburan sengaja menggunakan identitas warna kuning menjadi ciri khas mereka. Sebagai isyarat ceria dan kegembiraan.

2. Prof. Dr. Nurhayati Rahman - Makna Warna Hangat

Selanjutnya ada Prof. Dr. Nurhayati Rahman adalah seorang ahli psikologi dari Universitas Gadjah Mada, dalam penelitiannya yang mengkasi bagaimana pengaruh warna hangat terhadap suasana hati dan emosi menjelaskan jika.

Warna yang hangat cenderung menunjukkan bahwa warna-warna hangat seperti merah dan kuning dapat meningkatkan energi dan kegembiraan, sementara warna-warna dingin seperti biru dan hijau dapat menenangkan dan mengurangi stres.

3. Dr. Titien Ngatinem Prabowo

Berikutnya ada Dr. Titien Ngatinem Prabowo adalah seorang ahli psikologi warna dari Institut Teknologi Bandung. Ia menjelaskan jika warna dapat mempengaruhi cara kita memandang dan memproses informasi visual. Misalnya, warna-warna cerah dapat menarik perhatian lebih banyak daripada warna-warna netral.

Maka dari itu, dalam pemilihan sebuah logo atau identitas brand warna sangat perlu dipertimbangkan dan dianalisa bagaimana keterkaitannya dengan bisnis.

Arti dan Makna Warna dalam Membangun Bisnis

Berikut adalah beberapa warna umum dan makna yang terkait dengan mereka dalam konteks bisnis:

1. Merah

Pertama ada warna merah, arti warna merah melambangkan keberanian, gairah, dan energi. Ini adalah warna yang kuat yang dapat membangkitkan semangat dan meningkatkan kepercayaan diri. Warna ini cocok untuk merek yang ingin menonjol, mengekspresikan kekuatan, dan mengkomunikasikan pesan yang tegas.

2. Biru

Berikutnya ada warna biru, arti warna biru melambangkan kepercayaan, ketenangan, dan stabilitas. Warna ini sering digunakan oleh merek yang ingin menciptakan kesan keandalan, kejujuran, dan profesionalisme. Biru juga memiliki efek menenangkan yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan rasa percaya diri konsumen.

3. Kuning

Selanjutnya arti warna kuning melambangkan keceriaan, kehangatan, dan optimisme. Ini adalah warna yang cerah dan menarik perhatian yang dapat memberikan energi positif pada merek. Kuning sering digunakan oleh merek yang ingin menciptakan suasana ceria dan mengkomunikasikan pesan kegembiraan.

4. Hijau

Arti warna hijau melambangkan kesegaran, kesehatan, dan kelestarian lingkungan. Ini adalah warna yang sering digunakan oleh merek yang berhubungan dengan alam, kesehatan, dan keberlanjutan. Hijau juga memiliki efek menenangkan dan dapat memberikan kesan harmoni dan keseimbangan.

5. Ungu

Kelima ada arti warna ungu yang melambangkan kemewahan, kekuasaan, dan kreativitas. Warna ini sering digunakan oleh merek yang ingin menciptakan kesan eksklusivitas dan keanggunan. Ungu juga dikaitkan dengan kecerdasan dan daya tarik visual yang kuat.

6. Oranye

Hampir sama dengan warna kuning, identitas warna orange juga melambangkan kegembiraan, keberanian, dan antusiasme. Warna ini sering digunakan oleh merek yang ingin menarik perhatian dan menciptakan semangat. Orange juga dikaitkan dengan kehangatan dan kegembiraan yang dapat menciptakan kesan positif pada konsumen.

7. Hitam

Warna hitam melambangkan sifat-sifat seperti ketegasan, profesionalisme, dan kredibilitas dalam konteks produk atau merek tertentu. Jika Anda ingin menekankan kesan yang kuat terhadap suatu perusahaan atau merek, Anda dapat meningkatkan penggunaan warna hitam secara proporsional.

Disisi lain psikologi warna adalah hal yang sangat subjektif, penting untuk mempertimbangkan audiens dan konteks bisnis Anda. Warna yang tepat dapat memberikan kekuatan tambahan dalam membangun merek yang kuat dan menghubungkan dengan konsumen secara emosional.

Kesimpulan

Psikologi warna adalah alat penting dalam membangun merek yang kuat dan menarik perhatian konsumen. Memilih warna yang tepat dalam konteks bisnis dapat mengkomunikasikan identitas merek, meningkatkan daya tarik visual, dan memicu respons emosional yang diinginkan.

Setiap warna memiliki makna dan asosiasi psikologis tertentu yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan bisnis. Dengan memahami psikologi warna, Anda dapat memaksimalkan potensi merek Anda dan menciptakan hubungan yang kuat dengan konsumen.

Desain Dan Cetak Invoice Cantik Sesuai Brand Identity Usaha Dengan Beecloud.

Dalam membangun brand identity yang kuat, aplikasi pembukuan Beecloud dapat menjadi solusi ideal dalam pembuatan invoice cantik dan profesional yang sesuai dengan brand identity bisnis Anda. Dengan Beecloud, Anda dapat menciptakan kwitansi yang menarik dengan memanfaatkan fitur-fitur desain yang disediakan. Dengan begitu, Anda dapat membangun kesan merek yang kuat dan konsisten di mata konsumen.

Oleh sebab itu, pebisnis harus secara teliti dan pertimbangan dalam memilih sebuah warna sebagai identitas dari brand yang Anda bangun. Sebab, dalam menjalankan bisnis tidak hanya penjualan saja yang perlu diperhitungkan. Sekian artikel tentang apa itu psikologis warna dan artinya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Artikel Terkait

Gak Tau Cara Ekspor Barang? Simak 5 Tips Berikut!
Istilah eskpor dan impor pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Kegiatan perdagangan ini jadi salah satu bagian
Baca Juga
Tutorial Cara Bikin QR Code di Website, iOS dan Android
Apakah Anda tertarik untuk mempelajari cara bikin QR code dengan mudah dan efektif? Dalam artikel ini, kami akan membahas secara
Baca Juga
Tips Manajemen Konflik, Atasi Masalah di Tempat Kerja
Manajemen konflik - Anda tentu pernah mengalami situasi di mana perbedaan pendapat atau kepentingan muncul di antara individu atau kelompok
Baca Juga
Contoh Format Order untuk Usaha Online Shop
Ketika pertama kali membuat sebuah bisnis online shop, tentu siapapun akan bingung untuk memulainya dari mana. Salah satu yang sering
Baca Juga
Stock Opname Artinya, Kapan Waktu Tepat untuk Stock Opname
Pada dasarnya stock opname artinya menghitung persediaan, tеtарі juga dараt dіgunаkаn untuk mеnghіtung bаrаng аtаu benda yang bеrhubungаn dengan kеgіаtаn
Baca Juga
7 Digital Marketing Strategy Tokcer yang Bisa Anda Coba
Banyak perusahaan atau pebisnis yang membutuhkan digital marketing untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang mereka miliki. Akan tetapi, banyak
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu