Logo Bee Web

Contoh Ekonomi Mikro, Perbedaan, Teori dan Tujuannya

Di artikel ini akan membahas contoh ekonomi mikro, perbedaan dengan ekonomi makro dan tujuannya bagi perusahaan.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 24 March 2023

Dalam bahasan ini, Anda akan mempelajari tentang contoh ekonomi mikro yang sering terjadi di masyarakat, pengertian, teori dan juga tujuannya.

Pertama, kita akan membahas beberapa contoh ekonomi mikro. Semoga pembahasan ini mudah dimengerti, agar Anda bisa memahaminya dengan baik.

Yuk, kita mulai bahasannya!

Apa Saja Contoh Ekonomi Mikro?

Berikut ini adalah contoh ilmu ekonomi mikro yang bisa Anda pelajari, antaranya:

1. Permintaan

Saat Anda berbicara tentang permintaan, itu berarti Anda membutuhkan atau ingin membeli suatu barang atau jasa. Dalam ekonomi mikro, konsep ini sangat penting karena permintaan dapat memengaruhi harga pasar. Jika permintaan tinggi tetapi pasokan rendah, maka harga cenderung naik.

Sebaliknya, jika permintaan rendah dan pasokan tinggi, harga cenderung turun.

2. Penawaran

Diagram Permintaan Untuk Suatu Produk Ekonomi Mikro

Iluustrasi Diagram Permintaan Untuk Suatu Produk (Credit: Freepik.com)

Sementara itu, penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia di pasar. Dalam ekonomi mikro, konsep ini berhubungan dengan harga pasar karena jika penawaran tinggi tetapi permintaan rendah, maka harga cenderung turun.

Namun, jika penawaran rendah dan permintaan tinggi, maka harga cenderung naik.

3. Perilaku konsumen dan produsen

Dalam ekonomi mikro, perilaku konsumen dan produsen sangat penting. Perilaku konsumen melibatkan keputusan tentang apa yang harus dibeli, sementara perilaku produsen melibatkan keputusan tentang apa yang harus diproduksi dan bagaimana memproduksinya.

Kedua perilaku ini dapat mempengaruhi permintaan, penawaran, dan harga.

4. Harga

Harga adalah jumlah uang yang harus dibayar untuk membeli barang atau jasa tertentu. Dalam ekonomi mikro, harga dapat dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran. Harga juga merupakan faktor penting dalam keputusan konsumen dan produsen.

5. Biaya

Biaya adalah jumlah uang yang dikeluarkan untuk memproduksi barang atau jasa. Biaya dapat dibagi menjadi biaya tetap dan biaya variabel. Biaya juga dapat mempengaruhi harga pasar karena produsen harus menetapkan harga yang cukup tinggi untuk menutupi biaya produksi.

6. Pasar

Pasar adalah tempat di mana penjual dan pembeli bertemu untuk melakukan transaksi. Pasar dapat berupa fisik atau online. Dalam ekonomi mikro, pasar dapat mempengaruhi permintaan, penawaran, dan harga.

Apa itu Ekonomi Mikro?

Ilustrasi Tentang Produk Produk Lokal Ekonomi Mikro

Ilustrasi Tentang Pasar Produk Lokal (Credit: Freepik.com)

Setelah mengetahui contoh ekonomi mikro, mungkin sekarang Anda malah bertanya-tanya apa sebenarnya ekonomi mikro itu?

Ekonomi mikro adalah salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang fokus pada perilaku ekonomi individu dan keputusan-keputusan ekonomi yang dibuat oleh konsumen dan produsen dalam pasar.

Dalam ekonomi mikro, perhatian diberikan pada interaksi antara penawaran dan permintaan, serta faktor-faktor yang mempengaruhi harga pasar. Selain itu, ekonomi mikro juga mempelajari bagaimana keputusan-keputusan individu seperti membeli atau menjual barang atau jasa dapat mempengaruhi perekonomian secara keseluruhan.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Ekonomi Mikro dan Ruang Lingkupnya

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro

Jika ekonomi mikro fokus pada perilaku ekonomi individu dan keputusan-keputusan yang dibuat oleh konsumen dan produsen dalam pasar, maka ekonomi makro lebih fokus pada analisis perekonomian secara keseluruhan, termasuk pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, dan kebijakan moneter.

Dalam ekonomi makro, perhatian diberikan pada faktor-faktor yang mempengaruhi perekonomian secara keseluruhan, seperti kebijakan fiskal dan moneter, pengaruh perdagangan internasional, dan dampak kejadian global seperti krisis keuangan.

Ekonomi makro juga mempelajari tentang hubungan antara berbagai variabel ekonomi, seperti tingkat bunga, investasi, dan tingkat pengangguran.

Perbedaan lain antara ekonomi mikro dan ekonomi makro adalah dalam skala analisisnya. Ekonomi mikro fokus pada level individu seperti perusahaan atau konsumen, sedangkan ekonomi makro melihat perekonomian secara keseluruhan di suatu negara atau wilayah.

Dalam kesimpulannya, ekonomi mikro dan ekonomi makro merupakan dua bidang yang berbeda dalam ilmu ekonomi. Namun, keduanya saling terkait dan saling mempengaruhi, sehingga pemahaman yang baik tentang keduanya sangat penting bagi seseorang yang ingin memahami seluk-beluk dunia ekonomi secara lebih baik.

Baca Juga: Bisnis UMKM Adalah, Definisi dan Perkembangannya

Teori Ekonomi Mikro

Di dalam ekonomi mikro, ada beberapa teori penting yang membantu kita memahami perilaku konsumen dan produsen dalam pasar. Tiga teori utama tersebut antaranya:

1. Teori Ekonomi Mikro Pertama adalah Teori Harga

Teori harga membahas tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi harga pasar suatu produk atau jasa. Dalam teori ini, Anda akan belajar tentang hubungan antara penawaran dan permintaan, dan bagaimana perubahan dalam salah satu faktor tersebut bisa mempengaruhi harga pasar.

2. Teori Produksi Salah Satu Teori Ekonomi Mikro

Teori produksi membahas tentang bagaimana produsen menghasilkan produk atau jasa yang ingin dijual di pasar. Dalam teori ini, Anda akan belajar tentang hubungan antara input produksi seperti tenaga kerja dan modal, dengan output produk yang dihasilkan.

3. Teori Ekonomi Mikro Ketiga adalah Teori Distribusi

Teori distribusi membahas tentang bagaimana pendapatan dari penjualan produk atau jasa didistribusikan antara produsen dan faktor produksi seperti tenaga kerja dan modal. Dalam teori ini, Anda akan belajar tentang berbagai metode pembagian pendapatan, seperti upah dan keuntungan.

Nah, dengan memahami ketiga teori ini, Anda akan dapat memahami lebih baik bagaimana pasar bekerja dan bagaimana keputusan-keputusan yang diambil oleh produsen dan konsumen dapat memengaruhi harga pasar serta pendapatan yang didistribusikan.

Tujuan Ekonomi Mikro

Contoh Industri Kreatif Ekonomi

Contoh Industri Kreatif (Credit: Freepik.com)

Dalam konteks bisnis, tujuan ekonomi mikro adalah untuk membantu perusahaan memahami bagaimana mereka dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya mereka untuk mencapai tujuan keuangan dan bisnis mereka.

Dengan memahami prinsip-prinsip ekonomi mikro, perusahaan dapat mengambil keputusan yang lebih baik tentang produksi, harga, dan pemasaran produk atau jasa mereka.

Sebagai contoh, salah satu tujuan ekonomi mikro dalam konteks bisnis adalah :

1. Membantu Perusahaan Menentukan Harga Produk

Untuk membantu perusahaan menentukan harga optimal untuk produk atau jasa mereka. Dengan memahami preferensi dan perilaku konsumen, serta biaya produksi dan persaingan pasar, perusahaan dapat menentukan harga yang dapat memaksimalkan keuntungan mereka.

Pada akhirnya, tujuan ini adalah untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan.

2. Memilih Strategi Pemasaran yang Tepat

Tujuan ekonomi mikro dalam konteks bisnis juga membantu perusahaan untuk memilih strategi pemasaran yang tepat. Dengan memahami preferensi konsumen, perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran yang dapat mempromosikan produk mereka dan meningkatkan penjualan.

Tujuan ini bertujuan untuk meningkatkan penerimaan dan mengembangkan basis pelanggan perusahaan.

3. Mempertimbangkan Keputusan Bisnis

Selain itu, tujuan ekonomi mikro dalam konteks bisnis juga membantu perusahaan dalam memutuskan apakah mereka harus memproduksi produk atau jasa baru atau tidak.

Dengan mempertimbangkan biaya produksi dan permintaan pasar, perusahaan dapat mengambil keputusan yang lebih baik tentang mengembangkan produk baru atau memfokuskan usaha mereka pada produk yang sudah ada.

Tujuan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi produksi dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya perusahaan.

Jadi, dengan memahami tujuan ekonomi mikro dalam konteks bisnis, perusahaan dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan memaksimalkan keuntungan mereka.

Sebagai seorang pemilik bisnis atau pengusaha, memahami konsep ekonomi mikro akan sangat membantu dalam pengambilan keputusan bisnis Anda dan membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda.

Beecloud Untuk Semua Usaha Ukm Kelola Keuangan Akurat

Untuk membantu pengambilan keputusan usaha kecil, software akuntansi dapat memberikan manfaat yang signifikan. Dengan menggunakan software akuntansi seperti Beecloud, pemilik usaha kecil dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih efisien, memantau arus kas mereka, membuat laporan keuangan yang akurat, dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan data keuangan yang aktual.

Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompleks dan kompetitif, penggunaan software akuntansi dapat membantu usaha kecil mengoptimalkan kinerja keuangan mereka dan mencapai tujuan bisnis mereka dengan lebih efektif.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Tips Menghemat Biaya Operasional Perusahaan yang Efektif
Kebanyakan bisnis kecil dan menengah atau startup memiliki biaya operasional yang terbatas. Maka dari itu, tentunya selalu diperlukan cara yang
Baca Juga
Analisis SWOT dalam Bisnis, Tahapan dan Contohnya Lengkap
Analisis SWOT adalah cara yang digunakan untuk melakukan analisa dan evaluasi kekuatan, kelemahan, ancaman, sekaligus peluang dalam bisnis. Analisa ini
Baca Juga
Mengenal Statistik Bisnis untuk Tingkatkan Performa Bisnis
Statistik bisnis adalah salah satu landasan utama bagi keberhasilan suatu perusahaan. Melalui datanya pelaku bisnis diberi pandangan mendalam mengenai kinerja
Baca Juga
14 Jenis-Jenis Perusahaan yang Beroperasi di Indonesia
Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan perusahaan, entitas yang memiliki peran penting dalam perekonomian dunia. Perusahaan sendiri memiliki banyak
Baca Juga
Contoh Globalisasi Bidang Ekonomi: Dampak dan Tantangan
Globalisasi ekonomi adalah fenomena yang tak terhindarkan dalam era modern ini. Konsep ini mencakup interaksi dan ketergantungan antara berbagai negara
Baca Juga
Mengetahui Bentuk-Bentuk Pasar dan Contohnya
Pasar adalah tempat bertemunya penawaran dan permintaan untuk barang dan jasa. Dalam ekonomi, pasar sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis salah
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu