🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Harga Keseimbangan (Equilibrium Price), Rumus dan Contohnya

harga keseimbangan adalah tingkat harga yang menghasilkan titik tengah antara penawaran dan permintaan untuk suatu produk atau layanan.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 21 January 2024

Harga ekonomi yang juga disebut dengan ekuilibrium menjadi fokus utama dalam menjaga stabilitas ekonomi. Harga keseimbangan mencerminkan titik temu antara penawaran dan permintaan dalam suatu pasar, di mana kekuatan pasar dan faktor-faktor ekonomi saling berinteraksi.

Dengan memahami dinamika ini, kita dapat menggali wawasan mendalam tentang kompleksitas ekonomi dan bagaimana interaksi antar variabel tersebut memberikan dampak terhadap keberlangsungan pertumbuhan dan stabilitas pasar.

Sebab, selain menjadi landasan bagi keberlanjutan aktivitas ekonomi, equilibrium price ini juga memainkan peran krusial dalam menentukan alokasi sumber daya yang efisien. Simak informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini:

Apa yang Dimaksud dengan Harga Keseimbangan?

Penawaran Dan Permintaan

Permintaan dan penawaran adalah salah satu faktor utama keseimbangan harga (Credit: Freepik.com)

Harga pasar disebut juga dengan harga keseimbangan karena harga yang ditetapkan telah diseimbangkan sebelumnya dengan permintaan dan penawaran barang.

Secara pengertian harga keseimbangan adalah tingkat harga di pasar yang menghasilkan titik tengah antara penawaran dan permintaan untuk suatu produk atau layanan.

Pada titik ini, jumlah barang atau jasa yang diinginkan oleh konsumen sama dengan jumlah yang diproduksi oleh produsen, menciptakan suatu kesetimbangan ekonomi.

Harga ini dapat berubah seiring waktu sebagai respons terhadap perubahan dalam faktor-faktor seperti biaya produksi, preferensi konsumen, atau faktor-faktor eksternal lainnya.

Baca Juga: Keseimbangan Pasar: Pengertian, Fungsi, Faktor, dan Contohnya

Pengertian Harga Keseimbangan Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian harga keseimbangan menurut para ahli:

1. Adam Smith

Dalam karyanya "The Wealth of Nations" Adam Smith menjelaskan jika harga keseimbangan bisa dikatakan sebagai mekanisme 'tangan tak terlihat'.

Dimana harga suatu barang bisa secara alami akan mencapai titik seimbang (kualitas yang diminta dan ditawarkan selaras) akibat dari interaksi bebas antara penjual dan pembeli.

2. Alfred Marshall

Berikutnya menurut Alfred Marshal, menjelaskan jika harga keseimbangan adalah titik pertemuan antara kurva permintaan dan kurva penawaran dalam kerangka kerja matematis.

Yang mencerminkan titik temu di mana kekuatan pasar berada dalam harmoni, menciptakan suatu kesetimbangan yang dinamis di dalam sistem ekonomi.

Dalam analisisnya, kurva-kurva ini menggambarkan hubungan antara jumlah barang atau jasa yang diinginkan oleh konsumen (permintaan) dan jumlah yang diproduksi oleh produsen (penawaran).

Titik pertemuan ini disebut sebagai equilibrium price. Harga ini menunjukkan kondisi di mana pasar berada dalam keadaan stabil, karena pada tingkat harga tersebut, kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama.

3. John Maynard Keynes

Sedangkan menurut John Maynard Keynes, pengertian harga keseimbangan dapat dipahami sebagai suatu kondisi di mana pasar tidak selalu mencapai keseimbangan secara otomatis.

Dalam pandangannya Keynesian juga menjelaskan jika harga keseimbangan tidak selalu tercapai dengan sendirinya, dan intervensi pemerintah diperlukan untuk mencapai kesinambungan ekonomi yang lebih optimal.

Dari seluruh penjelasan di atas dapat disimpulkan dalam ilmu ekonomi, jika harga keseimbangan adalah harga yang dibentuk antara titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran, yang terbentuk dari hasil kesepakatan antara pembeli dan penjual.

Proses Terbentuknya Harga Keseimbangan Pasar

Ilustrasi transaksi penjual dan pembeli di pasar (Credit: Freepik.com)

Mengutip dari Eprints.umsida.ac.id, ada 3 tahapan proses terbentuknya harga keseimbangan pasar, yakni:

  • Adanya proses transaksi tawar menawar antara penjual dan pembeli di pasar, yang akhirnya membentuk sebuah kesepakatan.
  • Jumlah permintaan dan penawaran suatu barang sama, yang menyebabkan kondisi dimana pasokan dan permintaan berada dalam keseimbangan.
  • Jika jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu. Keadaan ini mencerminkan titik temu di mana pasar berada dalam kondisi stabil.

Baca Juga: Fungsi Permintaan dan Penawaran dalam Bisnis

Fungsi Harga Keseimbangan Pasar

Berikut ini beberapa fungsi dari harga keseimbangan pasar bagi pelaku usaha:

  • Memudahkan dalam menentukan harga penawaran.
  • Menginformasikan produsen terkait jenis dan jumlah barang yang akan diproduksi.
  • Menjadi sumber informasi terhadap perubahan kebutuhan pasar. Jika harga suatu produk naik secara signifikan, hal tersebut bisa menjadi indikasi bahwa permintaan pasar meningkat dan sebaliknya
  • Menjadi dasar perencanaan bisnis, membantu pelaku usaha dalam merumuskan strategi jangka panjang dan mengambil keputusan yang tepat terkait investasi, diversifikasi produk, atau ekspansi pasar

Faktor yang Mempengaruhi Harga Keseimbangan

Dalam buku Ekonomi Sekolah Menengah Atas (SMA) karya Rochaeni Esa Ganesa, ada 5 Faktor yang dapat mempengaruhi harga seimbang, yakni:

1. Permintaan Bertambah, Stok Terbatas

Peningkatan permintaan dengan stok terbatas cenderung meningkatkan harga keseimbangan karena konsumen bersedia membayar lebih tinggi.

2. Biaya Produksi

Baik peningkatan maupun penurunan biaya produksi dapat mendorong perubahan harga. Sebab, jika biaya produksi meningkat, produsen mungkin akan menaikkan harga jual mereka untuk mempertahankan keuntungan dan sebaliknya.

3. Pandangan Produsen/ Konsumen di Masa Depan

Selanjutnya mengenai bagaimana pandangan produsen atau konsumen terhadap masa depan. Dimana produsen atau konsumen memiliki pandangan optimis terhadap kondisi ekonomi di masa depan.

Misalnya, jika produsen memperkirakan peningkatan permintaan di masa depan, mereka mungkin menaikkan harga saat ini sebagai respons dan sebaliknya.

4. Pemahaman Produsen Terhadap Selera Konsumen

Selanjutnya, jika produsen dapat mengidentifikasi dan merespons dengan cepat terhadap perubahan selera konsumen, mereka dapat menyesuaikan penawaran produk dan menentukan harga yang dapat meningkatkan daya tarik pasar.

5. Permintaan Bertambah, Daya Beli Kurang

Terakhir, jika permintaan meningkat tetapi daya beli konsumen terbatas, hal ini dapat menciptakan ketidakseimbangan di pasar. Penjual mungkin akan menaikkan harga, tetapi konsumen dengan daya beli yang rendah mungkin kesulitan untuk membeli produk.

Beecloud Permintaan Dan Penjualan Barang Laporan Saling Terintegrasi

Rumus Harga Keseimbangan

Harga kseimbangan pasar akan terbentuk jika jumlah penawaran barang sama dengan jumlah permintaan. Berikut rumus dan cara menghitungnya:

Rumus Harga Keseimbangan: Qd = Qs atau Pd = PS

Penjelasan:

Qd = Total permintaan

Qs = Total penawaran

Pd = Harga barang yang diminta

Ps = Harga barang yang ditawarkan

Cara Menghitung Harga Keseimbangan

Dalam menghitung harga keseimbangan pasar ada 3 metode yang digunakan, yakni:

1. Metode Kurva

Kurva Harga Keseimbangan

Kurva Harga Keseimbangan (Credit: Muhamad Ihsan Maulidan, dkk (2020)

Metode pertama yang bisa digunakan dalam menghitung harga keseimbangan adalah menggunakan kurva. Dimana cara ini dilakukan berdasarkan sumbu kurva penawaran dan permintaan, yang mana titik potong dari kedua sumbu tersebut adalah titik keseimbangan.

Dapat dilihat dari gambar di atas jika titik (E) adalh titik keseimbangan yang mempertemukan sumbu kurva antara fungsi permintaan dan penawaran.

Contohnya:

Diketahui, jika hukum permintaan 𝑄d = 180 − 3𝑃𝑥 dan hukum penawaran 𝑄s = −100 + 4𝑃𝑥, maka berapa harga keseimbangannya:

Rumus: Qd = Qs

180 − 3𝑃𝑥 = −100 + 4𝑃𝑥

     −7𝑃𝑥 = −100 − 180

       𝑃𝑥 = −280/ −7

       𝑃𝑥 = 40

Maka titik keseimbangannya adalah 40 yang digambarkan dalam grafik di bawah ini:

Contoh Kurva Harga Keseimbangan

Contoh Kurva Harga Keseimbangan (Credit: Muhamad Ihsan Maulidan, dkk (2020)

2. Metode Tabel

Cara lainnya menggunakan metode tabel, cara ini terbilang lebih sederhana dimana Anda hanya perlu membandingkan antara permintaan dan penawaran berdasarkan dari angka dalam tabel, berikut contohnya:

Tabel Harga Keseimbangan Pasar

Tabel Harga Keseimbangan Pasar (credit; Bee.id)

Dari tabel di atas, dapat dilihat jika keseimbangan harga terjadi ketika harga yang ditetapkan senilai Rp13.200

3. Pendekatan Matematis

Cara selanjutnya adalah menggunakan pendekatan sistematis, dimana Anda bisa menggunakan rumus pendekatan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, yakni Qd = Qs atau Pd = PS.

Penerapannya hampir sama dengan perhitungan kurva sebelumnya. Untuk memudahkan Anda bisa melihat dari contoh kasus dibawah ini:

Diketahui:

Qd = 60 - P

Qs = 3P - 100

Maka harga keseimbangannya adalah:

     Qd = Qs

 30 - P = 3P - 100

-P - 3P = -100 - 60

    -4P = -160

      P = (-160/-74)

      P = 40

Disini diketahui jika nilai P adalah 40, maka nilai keseimbangannya adalah 40 dan nilai sebenarnya dari Qd dan Qs jika akan seimbang, berikut pembuktiannya:

# Qd = 60 - P

   Qd = 60 - 40 = 20

# Qs = 3P - 100

  Qs = 3(40) - 100)

  Qs = 120 - 100

  Qs = 20

itu dia penjelasan mengenai apa itu harga keseimbanga, bagaimana bentuknya, hingga contoh perhitungannya. Dengan memahami keseimbangan ini Anda bisa lebih tepat dalam menentukan strategi bisnis Anda nantinya, baik untuk menetapkan harga atau operasional keseluruhan. Semoga bermanfaat.

5+ Ciri Ciri Pasar Monopolistik Lengkap Serta Contohnya
Ciri-ciri pasar monopolistik sangat umum ditemukan dalam berbagai industri, seperti produk perawatan diri, pakaian, makanan, layanan kesehatan, dan lainnya. Jenis
Baca Juga
Sistem Ekonomi Komando: Pengertian, Ciri Khasnya, Lengkap!
Masing-masing negara memiliki sistem perekonomian yang berbeda-beda. Pemilihan sistem ekonomi ditentukan oleh beberapa faktor seperti perbedaan demografis, budaya, sistem pemerintahan
Baca Juga
Kenali Porter Five Forces, 5 Hal Penting Sebelum Bersaing
Dalam dunia bisnis, persaingan perusahaan adalah hal yang tidak dapat dihindari. Adapun salah satu kerangka bisnis, yaitu Porter Five Forces
Baca Juga
Valas (Valuta Asing), Begini Pengertian dan Jenisnya
Valuta asing atau yang sering disebut dengan valas adalah parameter yang digunakan seseorang atau sebuah kelompok lembaga dalam melakukan transaksi
Baca Juga
Ekonomi Deskriptif Adalah: Ciri, Fungsi, dan Contoh
Ilmu ekonomi mempunyai ruang lingkup yang luas, Alfred W. S. serta Douglas C. H. kemudian membaginya dan salah satunya ekonomi
Baca Juga
10 Contoh Kegiatan Produksi Distribusi dan Konsumsi
Kegiatan produksi, distribusi dan ekonomi merupakan penyangga utama pada kegiatan ekonomi, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai 10 contoh
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu