📅 Sisa 2 Hari Lagi, Diskon 15% Berakhir!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Mengenal Apa Itu Ekonomi Mikro dan Ruang Lingkupnya

Ekonomi mikro/kecil merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang wajib diketahui saat ini karena berhubungan dengan masyarakat.
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 7 March 2023

Ekonomi mikro merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang wajib diketahui saat ini karena berhubungan dengan masyarakat. Ekonomi mempunyai banyak sekali cabang ilmu, seperti ekonomi besar dan kecil.

Ilmu ekonomi kecil/mikro merupakan sebuah cabang ilmu yang berkaitan dengan aktivitas perekonomian di masyarakat. Sebagian besar aktivitasnya termasuk jual-beli barang, bekerja, dan lain sebagainya.

Menurut Gramedia Ekonomi mikro sangat berperan dalam memprediksi hingga merancang strategi suatu perusahaan kedepannya. hal ini akan mempermudah suatu perusahaan dalam memahami Perilaku, kemauan dan kebutuhan konsumen.

Apa Itu Ekonomi Mikro?

Setiap negara saat ini sudah mempunyai dua siklus perekonomian, yakni mikro dan makro. Ekonomi kecil/mikro merupakan siklus perekonomian tingkat dasar yang langsung berkaitan dengan aktivitas masyarakat.

Apabila dilihat dari ekonomi kecil/mikro, semua peristiwa ekonomi yang terjadi dalam kendali konsumen dan pelaku usaha. Prinsip utamanya yaitu kesetaraan manusia sebagai makhluk rasional yang saling membutuhkan.

prinsip ekonomi

Ekonomi mikro melibatkan berbagai macam teori seperti distribusi, harga dan produk

 

Tanpa adanya seorang konsumen, nantinya para pelaku usaha tidak memiliki pangsa pasar untuk menjual produknya. Sebaliknya, tanpa adanya pelaku usaha tentunya kebutuhan konsumen tidak dapat terpenuhi.

Apabila ada pelaku ekonomi yang ketahuan melakukan sebuah pelanggaran. Maka dapat dipastikan akan merusak citra pedagang lainnya.

Ekonomi kecil/mikro berguna sekali untuk menganalisis semua keputusan. Apalagi dalam hal perilaku yang mempengaruhi penawaran dan permintaan atas barang maupun jasa.

Pengertian Menurut Pendapat Para Ahli

Secara umum, pengertian ekonomi mikro ini telah dijelaskan oleh beberapa ahli. Berikut ini, sudah ada beberapa pengertian dari ekonomi kecil/mikro menurut para ahli.

1. William M Snell dan Mary A Marchant

Mary A Marchant dan William M Snell mengungkapkan bahwa ekonomi kecil/mikro adalah sebuah kajian yang berkaitan dengan pengambil keputusan di bidang ekonomi baik individu, keluarga, maupun perusahaan.

2. David A. Moss

David A. Moss telah mengungkapkan bahwa ekonomi kecil/mikro merupakan suatu langkah dalam menganalisis keputusan. Dimana keputusan ini dibuat oleh kelompok maupun individu mulai dari faktornya hingga pertimbangan biaya serta manfaatnya.

3. Adam Smith

Adam Smith juga telah mengungkapkan bahwa ekonomi kecil merupakan sebuah pertimbangan rasional dalam mengambil suatu keputusan yang dipilih oleh pelaku ekonomi.

Perbedaan dari Ekonomi Mikro dan Makro

Apabila Anda tidak tahu tentang ekonomi, pasti akan bingung saat mendengar perbedaan mikro dan makro. Sebenarnya, hanya beda satu huruf saja, namun keduanya mempunyai ruang lingkup yang berbeda seperti berikut.

1. Pelaku di Dalamnya

Perbedaan antara ekonomi makro dan mikro pertama yaitu pelaku yang terlibat di dalamnya. Seperti penjelasan yang sebelumnya, pelaku ekonomi kecil akan pelaku usaha dan konsumen.

Sedangkan, pelaku ekonomi yang makro lebih luas skalanya. Misalnya saja seperti pelaku usaha, pemerintah, konsumen, serta masyarakat luar negeri.

2. Luas Skala

Pada dasarnya, skala kecil sebenarnya terbatas terhadap interaksi antara pelaku usaha dan konsumen. Misalnya saja interaksi terkait perbandingan penawaran, perubahan harga, permintaan, serta kerjasama ketenagakerjaan.

Sementara itu, ekonomi makro skalanya sudah nasional. Misalnya saja seperti meliputi kebijakan bunga, interaksi antar daerah, dan lain sebagainya.

3. Fokus Objek

Obyek ekonomi kecil merupakan tenaga kerja dan ketersediaan barang di pasar. Jadi jika interaksi semakin intens maka para pelaku usaha maupun konsumen bisa langsung membuat barang lebih banyak.

fokus objek ekonomi mikro

Hal ini karena beban dari produksi semakin meningkat, jadi pelaku usaha bisa merekrut tenaga kerja yang banyak. Sementara itu, obyek ekonomi makro merupakan iklim ekonomi nasional yang jauh lebih kondusif.

Kondisi ekonomi ini sebenarnya tidak selalu sehat. Jadi pemerintah harus dapat membuat suatu kebijakan agar kegiatan ekonomi masyarakat jauh lebih baik.

4. Efek Satu Sama Lain

Perbedaan dari ekonomi makro dan mikro yang terakhir yaitu efeknya antara satu sama lain. Ekonomi makro dapat dikatakan negara sejahtera bila aktivitas ekonominya memiliki intensitas tinggi.

Sementara itu, tanpa adanya aktivitas ekonomi makro, kestabilan ekonomi kecil juga akan ikut terganggu. Hal ini tentunya karena tidak ada kebijakan sebelumnya.

Ruang Lingkup dari Ekonomi Mikro

Setelah membahas terkait perbedaan ekonomi makro dan mikro. Di bawah ini akan dijelaskan tentang ruang lingkup yang ada dalam ekonomi kecil/mikro, yaitu:

1. Harga

Apabila dilihat dari ruang lingkup harga, ekonomi kecil/mikro akan berperan dalam membentuk harga pasar. Ada dua hal pembentuknya yakni daya produksi pelaku usaha dan daya beli masyarakat.

Daya beli masyarakat dikenal sebagai permintaan (demand). Sementara itu, daya produksi pengusaha merupakan penawaran (supply).

Ketika angka rata-rata permintaan serta penawaran bertemu dengan sengaja. Maka akan terbentuk pula suatu harga yang dikenal sebagai ekuilibrium.

2. Produksi

Ruang lingkup berikutnya yaitu aktivitas produksi pelaku usaha. Apabila dilihat dari ruang lingkup ini, ekonomi kecil akan mempengaruhi barang yang diproduksi serta jumlah tenaga kerja.

Sedangkan jika dilihat dari produksi yang menjadi masalah ekonomi kecil  yaitu penggantian tenaga kerja dan adanya mesin. Pelaku usaha perlu lebih efisiensi produksi agar bisa bertahan lama di pasar.

Biaya Produksi Adalah

ilustrasi proses produksi

 

 

Jadi harus tetap bisa mengurangi tenaga kerjanya. Namun, apabila tenaga kerja tersebut menjadi pengangguran, maka dampak negatifnya akan berbalik ke pelaku usaha itu sendiri.

Bahkan, barangnya juga akan ikut mengalami pengurangan pembeli. Jadi efisiensi dari produksinya tidak akan berguna lagi.

3. Distribusi

Apabila dibandingkan dengan dua ruang lingkup yang sebelumnya, distribusi ini berperan penting dalam mempengaruhi ekonomi kecil secara “diam-diam”. Kegiatan ini sebenarnya tidak terlalu kelihatan, karena hanya muncul saat jadi bahan diskusi saja.

Teori Ekonomi Mikro

Dalam analisis ekonomi kecil/mikro terbagi menjadi beberapa teori yang harus diketahui. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait teori ekonomi.

1.Teori Harga

Biasanya, analisis ekonomi kecil/mikro dengan harga ini dapat dilakukan terhadap proses pembentukan harga. Selain itu, ada faktor yang dapat mempengaruhi perubahan permintaan serta penawaran di pasar.

Bahkan, adanya hubungan antara harga permintaan, penawaran, bentuk pasar serta konsep elastisitas. Teori harga ekonomi kecil/mikro ini akan menjelaskan tentang harga keseimbangan antara pembeli maupun penjual.

2. Teori Produksi

Teori yang dapat digunakan untuk menganalisis ekonomi jenis ini yaitu teori produksi. Teori produksi berguna sebagai salah satu dasar untuk menganalisis biaya yang diperlukan dari suatu proses produksi.

Analisis ini sebenarnya dapat dilakukan kepada semua hal yang berkaitan dengan adanya biaya produksi jasa maupun barang. Ada juga kombinasi faktor pada ekonomi kecil yang harus dipilih oleh produsen. Hal ini tentunya untuk bisa mendapat keuntungan yang maksimal.

3. Teori Distribusi

Apabila dilihat dari ekonomi mikro juga mempunyai teori analisis yaitu teori distribusi. Teori distribusi terhadap ekonomi kecil ini berguna sekali untuk bisa menganalisis upah tenaga kerja, keuntungan.

Bahkan, besarnya bunga yang harus bisa dibayarkan terhadap pemilik modal. Teori distribusi ini tentunya dapat dijadikan sebagai aktivitas penyaluran produk dari produsen ke konsumen akhir hanya melalui saluran distribusi.

Umumnya teori distribusi pada ekonomi kecil/mikro ini juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan ketahanan produk. Selain itu, juga ada waktu pemesanan, jarak antara produsen serta konsumen.

Hal ini karena pada dasarnya, distribusi tidak hanya tentang menyalurkan sebuah produk dari produsen ke konsumen. Akan tetapi, juga sebagai salah satu usaha untuk promosi dan pengemasan produk.

Kesimpulan

Ekonomi kecil/mikro merupakan teori tentang bagaimana kegiatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat yang saling berhubungan. Jika dilihat dari ilmu ekonomi mikro ini bisa belajar bahwa kemajuan negara tentunya dipengaruhi oleh aktivitas ekonomi.

Dasarnya segala permasalahan ekonomi dapat teratasi jika kita sama-sama memahami ilmu yang berkaitan dengan perekonomian. Jika Anda menjalankan bisnis dan memerlukan pengelolaan keuangan supaya operasional keuangan lancar, Anda bisa menggunakan Beeaccounting sebagai software akuntansi yang siap membantu Anda untuk memperlancar bisnis.

Beecloud memiliki banyak sekali fitur yang bermanfaat untuk membantu perekonomian pada bisnis Anda. Sehingga apabila Anda mengalami masalah terkait dengan perekonomian bisnis, Beeaccounting adalah solusi tepat yang bisa Anda gunakan.

Coba GRATIS Beeaccounting, klik gambar di bawah

 

 

 

Buat Catatan Biaya Produksi Dan Laporan Keuangan Mudah Dan Akurat Dengan Beeaccounting

Artikel Terkait

Contoh Surat Tagihan Dan Kegunaannya
Mungkin Anda sudah sangat sering mendengar istilah surat tagihan. Namun tahukah Anda apa yang dimaksud dengan surat tagihan? Sebelum membahas
Baca Juga
Cashback Adalah Kembalian? Penjelasan Lengkapnya Disini
Tahukah Anda bahwa program promo cashback adalah sistem semacam diskon yang bisa menjadi solusi untuk membuat bisnis Anda semakin menguntungkan?
Baca Juga
Nota Kredit adalah: Fungsi, Manfaat, Contoh dan Perbedaannya
Nota kredit adalah sebuah berkas dokumen yang dijadikan sebagai bukti dari pengurangan piutang usaha yang disebabkan karena pengembalian barang dagang
Baca Juga
Peran Rumah Tangga Produsen, Pengertian dan Contohnya
Secara pengertian rumah tangga produsen adalah seorang individu atau kelompok yang bertanggung jawab dalam menambah nilai guna sebuah benda atau
Baca Juga
Biaya Tetap Adalah Biaya Pasti Dalam Bisnis Minimarket
Bahasan tentang biaya variabel dan biaya tetap adalah hal yang selalu ada dalam berbagai bisnis. Bagi Anda yang ingin buka
Baca Juga
10+ Contoh Ekonomi Kelautan dan Potensinya di Indonesia
Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, dianugerahi kekayaan laut yang luar biasa. Ada banyak sekali contoh ekonomi kelautan yang
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu