Logo Bee Web

Cara Mengatasi Inflasi Bagi Bisnis dan Penyebabnya

Cara mengatasi inflasi serta penyebab inflasi tersebut terjadi harus Anda ketahui sebagai langkah pencegahan
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Sunday, 5 March 2023

Inflasi adalah masalah yang serius tentang kestabilan dari ekonomi suatu negara dan ada penjelasan mengenai cara mengatasi inflasi tersebut. Beberapa masalah yang bisa muncul dari inflasi yaitu kenaikan harga, nilai mata uang menurun, serta pengangguran meningkat.

Selain itu, kesejahteraan menurun serta investasi yang hilang. Oleh karena itu, sebelum dampaknya semakin parah, harus segera diatasi dengan melakukan beberapa pencegahan. Namun, sebelum itu, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu definisi beserta penyebabnya.

Apa Itu Inflasi?

Penyebab Inflasi

Mengenal Apa Itu Inflasi (Sumber: Freepik.com)

Tidak hanya negara lain, Indonesia juga pernah mengalami inflasi yakni pada awal kemerdekaan serta pada tahun 1998. Selain itu juga di awal tahun 2020 karena maraknya pandemic virus corona.

Inflasi merupakan suatu kondisi ekonomi yang dimana terjadi kenaikan, seperti kenaikan harga produk serta layanan di suatu negara dalam jangka waktu tertentu. Hal ini berbeda dengan deflasi yaitu menurunnya harga produk secara terus menerus.

Baca Juga: Apa itu Inflasi? Ini Arti, Penyebab, Dampak & Cara Ukurnya

Penyebab Inflasi

Ada beberapa penyebab mengapa inflasi bisa terjadi pada suatu negara. Diantaranya, biaya produksi meningkat, uang beredar tinggi, hingga permintaan akan suatu barang mengalami peningkatan.

1. Biaya Produksi yang Mengalami Peningkatan

Ketika permintaan terhadap barang mengalami peningkatan secara drastis, bahan baku yang dipakai bisa langka. Hal ini mengakibatkan harga dari barang jauh lebih mahal dari sebelumnya.

Sedangkan, perusahaan-perusahaan tersebut wajib selalu melakukan produksi barang yang sedang diminta oleh pasar dengan harga yang masih normal sehingga proses produksi terhambat. Akibatnya, perusahaan tidak bisa memenuhi permintaan dari pasar.

Namun, permintaan masyarakat terhadap barang tersebut semakin hari semakin tinggi. Hal ini bisa terjadi ketidakseimbangan.

2. Jumlah Uang yang Beredar Tinggi

Saat jumlah uang yang beredar di pasar tinggi, inflasi dapat terjadi. Ini disebabkan saat jumlah uang meningkat, harga dari barang-barang serta jasa juga mengalami peningkatan. Kenaikan pada permintaan sedangkan stok barang menipis membuat harga barang tersebut naik.

3. Peningkatan Permintaan Barang dari Masyarakat

Penyebab terjadinya inflasi berikutnya ialah saat permintaan barang atau jasa dari masyarakat mengalami kenaikan. Sedangkan, kebutuhan dari barang tersebut tidak tersedia. Hal ini bisa terjadi kelangkaan yang membuat harga menjadi naik.

Pada masa pandemi lalu, harga masker mengalami peningkatan yang pesat. Ini karena kebutuhan masker yang meningkat sebagai perlindungan diri dari pandemi sehingga harga bisa mencapai 10x lipat lebih mahal dibanding dengan harga normal di pasar biasanya.

Strategi dan Cara Mengatasi Inflasi Bagi Perusahaan/Bisnis

Rumus Inflasi

Mengalukan Efisiensi dan Pengelolahan Keuangan Bisnis yang Tepat Termasuk Cara Mencegah Inflasi (Sumber: Freepik.com)

nflasi bisa terjadi kapan saja serta tidak bisa dicegah. Namun, kondisi ini inflasi ini bisa diperlambat dengan berbagai cara semaksimal mungkin serta memerlukan penanganan yang lebih serius untuk menghadapinya.

1. Efisiensi Biaya Internal

Beberapa pihak, baik itu pemerintah atau perusahaan bisa melakukan efisiensi pada biaya internal. Biaya ini antara lain biaya administrasi, biaya listrik, biaya peralatan produksi, biaya pemasaran, serta biaya-biaya internal lainnya.

2. Tarif pada Pajak bisa Dinaikkan

Tarif pajak yang naik bagi perusahaan serta rumah tangga akan membuat tingkat konsumsi berkurang serta mengalami keterbatasan. Kondisi pengurangan tingkat konsumsi juga memberi pengaruh terhadap harga suatu barang atau layanan yang menurun.

3. Melakukan Kebijakan yang Bernama Diskonto

Kebijakan bernama diskonto merupakan sebuah kebijakan dari bank sentral untuk menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat. Hal ini dengan cara melaksanakan naik-turunkan suku bunga bank umum.

Salah satu cara mengatasi inflasi di Indonesia juga mempunyai tujuan lain yaitu menjaga harga barang agar bisa tetap stabil. Selain itu juga menjaga neraca pembayaran internasional supaya tetap stabil.

Jenis kebijakan ini membuat masyarakatnya semakin terdorong untuk menabung. Hal ini diharapkan jumlah uag telah beredar berkurang serta nilai inflasinya dapat ditekan dengan bagus.

4. Kebijakan Operasi Pasar Terbuka

Pemerintah wajib mengeluarkan aturan supaya meningkatkan jumlah produksi hingga jumlah barang meningkat. Hal ini bisa dengan memberikan premi pada perusahaan yang bisa memenuhi target.

5. Harga Maksimum untuk Barang Ditetapkan

Penetapan harga maksimum bagi beberapa jenis barang dilakukan supaya nilai inflasi yang terus meningkat bisa dikendalikan. Harga yang ditetapkan harus realistis agar penjualan pada pasar gelap bisa terhindar.

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Jual Produk Agar Tidak Rugi

6. Biaya Produksi Ditekan

Cara untuk menangani kondisi inflasi yang keenam adalah menekan biaya untuk produksi, pemasaran, serta operasional. Ketiga biaya tersebut yang tidak dibutuhkan serta tidak efektif sebaiknya bisa dikurangi.

7. Biaya pada Gudang atau Penyimpanan Diminimalkan

Ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan bila memilih meminimalkan biaya gudang.

  • Cara pertama dengan pemanfaatan area penyimpanan yang optimal. Semakin kecil tempat yang dipakai, semakin kecil juga biaya yang wajib Anda keluarkan.
  • Kedua, urangi biaya energi. Anda bisa melakukan pemasangan beberapa jendela di tempat-tempat yang memungkinkan cahaya alami masuk ke gudang penyimpanan sebanyak mungkin. Hal ini tentu membuat tagihan listrik berkurang.
  • Ketiga dengan menjaga stok barang. Salah satu kerugian yang terjadi di gudang karena stok yang disimpan rusak. Hal ini bisa langsung dihindari dengan taat memakai prosedur pengemasan serta penyimpanan yang bagus serta pelatihan pada karyawan diperbanyak.

Optimasi gudang bisa Anda lakukan dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud, dengan teknologi cloud yang digunakan memudahkan Anda dalam mengontrol stok barang di gudang dimana saja dan kapan saja.

Beecloud Kelola Stok Barang Di Gudang

Jenis-Jenis Inflasi

Seiring dengan pengetahuan yang semakin maju, ada banyak orang yang melakukan penggolongan pada inflasi yang beragam. Hal ini kemudian digolongkan dengan beberapa hal seperti tingkat keparahan, sifat, serta asalnya.

1. Jenis Inflasi Berdasarkan Tingkat Parahnya

Berdasarkan tingkat keparahan, jenis inflasi dibagi menjadi 4 yaitu ringan, sedang, berat, sangat berat. Untuk tingkatan ringan, dan kurang dari angka 10% per tahun sehingga dampaknya tidak begitu signifikan.

Tingkatan yang sedang, lajunya mulai dari kisaran 10% hingga 30% per tahun. Kondisi cukup membahayakan karena memiliki efek yang signifikan bagi masyarakat yang berpenghasilan tetap.

Kemudian, tingkatan selanjutnya yang wajib Anda ketahui sebelum mempelajari cara mengatasi inflasi adalah tingkatan berat yang memiliki laju mulai dari 30% hingga 100% per tahun. Saat ini terjadi, masyarakatnya secara penuh bergantung pada kepemilikan cash .

Uang akan terus menerus beredar karena masyarakatnya takut nilai uang berkurang. Untuk yang tingkatan sangat berat, lajunya lebih dari 100% per tahun. Jika kondisi ini muncul, baik itu pemerintah maupun bank sentral mustahil mengontrol jenis inflasi ini.

2. Jenis Inflasi Berdasarkan Pada Sifatnya

Untuk berdasarkan sifat, jenis inflasi digolongkan menjadi 3 yakni merayap, menengah, serta tinggi. Inflasi merayap ketika laju inflasi yang rendah membuat harga naik terjadi tetapi lambat prosesnya.

Hal ini ditandai dengan laju persentase inflasi yang kecil dan durasi waktu lama. Inflasi menengah terjadi saat harga mengalami kenaikan yang tinggi serta berjalan dalam durasi waktu pendek serta berulang.

Sedangkan inflasi tinggi merupakan suatu kondisi perputaran uang terjadi sangat cepat dan menyebabkan harga naik secara akseleratif. Hal ini bisa terjadi saat pemerintah mengalami defisit anggaran belanja dikarenakan adanya fenomena besar yang sulit dihindari.

3. Jenis Inflasi Berdasarkan Pada Asalnya

Berdasarkan pada awalnya, jenis inflasi dikategorikan menjadi 2 yaitu imported inflation beserta domestic inflation. Imported inflation berarti harga produk atau layanan mengalami kenaikan yang berasal dari luar negeri.

Domestic inflation sebaliknya yaitu inflasi berasal dari dalam negeri. Hal ini terjadi karena biaya produksi dalam negeri tinggi serta diikuti dengan permintaan masyarakat yang meningkat. Namun, kenaikan penawaran tersebut tidak dapat mengimbangi.

Kesimpulan

inflasi merupakan kondisi yang bisa membuat rugi baik negara maupun pribadi. Anda bisa menggunakan Beecloud saat melakukan pembukuan perusahaan sebelum mempelajari tentang cara mengatasi inflasi beserta penyebab yang perlu untuk diketahui.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

9 Strategi Pemasaran Online Paling Jitu
Sudah saatnya pebisnis memahami apa saja strategi pemasaran online, guna meningkatkan jumlah penjualan mereka. Sebab, kini berbisnis tidak hanya bisa
Baca Juga
8 Macam Diskon, Cara Menghitung Diskon dan Contohnya
Setiap orang tentu sudah pernah mendapatkan diskon pada suatu pembelian, baik di toko offline maupun online. Akan tetapi, tidak banyak
Baca Juga
13 Ide Konten Instagram Tingkatkan Engagement Rate
Ide Konten Instagram Menarik - Di era digital yang berkembang pesat saat ini, platform media sosial telah menjadi salah satu
Baca Juga
Komponen Dasar Laporan Keuangan Perusahaan
Laporan keuangan adalah sumber informasi yang paling penting untuk membantu Anda sebagai pemilik bisnis membuat keputusan dalam menjalankan bisnis. Artinya,
Baca Juga
Cara Membuat Barcode Mudah Lewat HP dan Laptop
Cara membuat barcode bisa dilakukan dengan mudah, bahkan siapa saja kini bisa membuatnya sendiri tidak perlu repot lagi. Sebab, banyak
Baca Juga
Rumus BEP dan Cara Menghitungnya Lengkap serta Contoh
Dalam ilmu ekonomi, istilah BEP atau Break Even Point ini pasti sering dijumpai. Istilah ini sering ditemukan ketika membahas mengenai
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu