Logo Bee Web

Mengupas Cashless: Efisiensi Bisnis dengan Uang Elektronik

Masuk dunia pembayaran non tunai (cashless), pahami keuntungan dan tantangan pakai uang elektronik serta dompet digital dalam bisnis Anda.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 8 August 2023

Di era digital yang semakin maju ini, sistem pembayaran dompet digital atau uang elektronik menjadi sebuah inovasi yang telah merevolusi cara kita bertransaksi. Dulu, membayar dengan uang tunai adalah hal yang lazim, namun sekarang, dengan kemajuan teknologi, kita bisa dengan mudah menggunakan pembayaran non tunai atau lebih dikenal sebagai pembayaran cashless.

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan apa itu sistem pembayaran cashless, berbagai jenis metode yang ada, serta manfaat dan tantangannya dalam bisnis.

Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan beberapa tips bagi bisnis yang ingin menerapkan uang elektronik atau cashless untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan.

Apa itu Sistem Pembayaran Cashless?

Pertama-tama, mari kita pahami konsep dasar dari sistem pembayaran cashless. Jadi, Anda mungkin bertanya-tanya, "Apa sih yang dimaksud dengan cashless?"

Nah, cashless adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan transaksi tanpa perlu menggunakan uang fisik, alias non tunai.

Jadi, bayangkan Anda berbelanja tanpa harus mengeluarkan uang kertas atau logam. Sebagai gantinya, pembayaran dilakukan menggunakan kartu kredit, kartu debit, dompet digital, atau uang elektronik melalui perangkat elektronik seperti smartphone, kartu, atau perangkat lainnya yang mendukung teknologi cashless.

Jenis-jenis Metode Pembayaran Cashless

Sekarang kita akan mengulas beberapa jenis metode pembayaran non tunai yang umum digunakan:

1. Kartu Kredit

Kartu kredit memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran dengan cara mencicil pembelian atau melakukan pembayaran penuh pada akhir bulan sesuai dengan tagihan kartu kredit Anda. Ini sangat praktis untuk transaksi besar atau darurat.

2. Kartu Debit

Berbeda dengan kartu kredit, kartu debit langsung terhubung dengan rekening bank Anda. Saat Anda menggunakan kartu debit, pembayaran akan langsung terdebit dari saldo rekening Anda.

3. NFC Payment

NFC (Near Field Communication) memungkinkan pembayaran hanya dengan melakukan tap atau sentuhan pada perangkat yang kompatibel, seperti kartu atau smartphone, dengan mesin pembaca NFC.

4. QRIS

Quick Response Indonesia Standard (QRIS) adalah sistem pembayaran berbasis kode QR yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan memindai kode QR pada aplikasi dompet digital mereka.

5. E-wallet

Pembayaran Menggunakan Dompet Digital Teknologi Nfc E Wallet

Pembayaran e-Wallet (Foto: Freepik.com)

E-wallet atau dompet digital adalah aplikasi yang memungkinkan Anda menyimpan uang elektronik dan melakukan pembayaran atau transfer uang secara digital.

Baca Juga: Mengenal E Wallet Serta Cara Kerja dan Jenisnya di Indonesia

6. Mobile Banking

Layanan mobile banking dari bank memungkinkan Anda untuk mengakses rekening bank dan melakukan berbagai transaksi finansial melalui perangkat seluler.

7. Internet Banking

Internet banking memungkinkan Anda untuk mengelola rekening bank melalui komputer atau perangkat seluler yang terhubung ke internet.

Keuntungan Menggunakan Pembayaran Cashless dalam Bisnis

Sekarang, Anda mungkin berpikir, "Kenapa sih harus ribet-ribet menggunakan pembayaran non tunai? Apa untungnya buat bisnis saya?" Nah, tenang, kami akan menjawabnya dengan tegas!

1. Praktis dan Efisien

Dengan pembayaran cashless, Anda tak perlu lagi menghitung kembalian atau mengantri di ATM untuk mengecek saldo. Semua transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

2. Aman dari Risiko Kehilangan atau Pencurian

Bayangkan jika dompet Anda hilang dengan uang tunai di dalamnya. Menakutkan, bukan? Dengan pembayaran cashless, Anda bisa lebih aman karena transaksi terlindungi dengan teknologi keamanan yang canggih.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Pelanggan akan merasa senang ketika dapat melakukan pembayaran dengan mudah dan aman. Pengalaman berbelanja yang menyenangkan akan meningkatkan loyalitas pelanggan.

4. Meningkatkan Omset Penjualan

Dengan berbagai metode pembayaran non tunai, Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan. Lebih banyak pelanggan berarti lebih banyak transaksi, yang pada akhirnya akan meningkatkan omset bisnis Anda.

5. Dapat Digunakan untuk Transaksi Online

Pembayaran Transaksi Online Menggunakan Kartu Kredit

Pembayaran Transaksi Online (Foto: Freepik.com)

Jika bisnis Anda beroperasi secara online, maka pembayaran uang elektronik adalah pilihan yang tepat. Pembayaran non tunai memudahkan pelanggan Anda untuk berbelanja di toko virtual Anda.

6. Dapat Memberikan Data Transaksi yang Akurat

Dengan sistem pembayaran cashless, semua transaksi dicatat secara otomatis. Anda dapat dengan mudah melacak laporan keuangan dan memahami pola pembelian pelanggan.

Tantangan Pembayaran Non Tunai atau Cashless

Meskipun pembayaran cashless menawarkan banyak manfaat, ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi:

1. Memerlukan Perangkat Elektronik

Agar dapat menggunakan sistem cashless, pelanggan harus memiliki perangkat elektronik seperti smartphone atau kartu pembayaran. Jadi, bagi sebagian orang, hal ini mungkin menjadi kendala.

2. Terbatasnya Jaringan

Sayangnya, belum semua tempat menerima pembayaran cashless, sehingga pengguna mungkin mengalami kendala saat ingin menggunakan metode pembayaran ini di beberapa wilayah.

3. Sebagian Masyarakat Belum Terbiasa

Meskipun semakin populer, masih ada sebagian masyarakat yang belum terbiasa atau ragu untuk menggunakan sistem pembayaran cashless. Oleh karena itu, edukasi dan sosialisasi perlu dilakukan secara aktif.

4. Teknologinya Masih Berkembang Rawan Risiko Keamanan

Seperti halnya teknologi lainnya, sistem pembayaran cashless juga memiliki risiko keamanan. Perlu upaya ekstra dari penyedia layanan untuk terus meningkatkan keamanan dan menjaga data pelanggan tetap aman.

Tips untuk Bisnis yang Ingin Menerapkan Uang Elektronik atau Cashless

Jika Anda tertarik untuk mengimplementasikan pembayaran uang elektronik dalam bisnis Anda, berikut beberapa tips yang mungkin berguna:

1. Sediakan Berbagai Jenis Metode Pembayaran Cashless

Setiap pelanggan memiliki preferensi pembayaran yang berbeda. Dengan menyediakan berbagai metode pembayaran cashless, Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan.

2. Sediakan Cashless di Semua Outlet

Pastikan setiap outlet bisnis Anda dilengkapi dengan fasilitas pembayaran cashless. Hal ini akan memberikan kesan positif kepada pelanggan dan meningkatkan kenyamanan bertransaksi.

3. Sosialisasi atau Edukasi Karyawan

Sebelum menerapkan pembayaran uang elektronik, pastikan karyawan Anda mengerti bagaimana sistem ini berfungsi. Berikan pelatihan agar mereka dapat membantu pelanggan yang mungkin masih kebingungan.

Baca Juga: 10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan 2023

4. Promosikan Sistem Pembayaran Cashless kepada Pelanggan

Jika Anda baru saja menerapkan sistem pembayaran cashless, berikan promosi menarik sebagai insentif bagi pelanggan untuk mencobanya. Diskon khusus atau cashback bisa menjadi cara yang efektif untuk memperkenalkan cashless kepada pelanggan.

5. Gunakan Aplikasi Kasir untuk Toko Anda

Jika Anda pemilik toko ritel atau FnB dan sedang membutuhkan aplikasi kasir termasuk dengan QRISnya juga, Beepos Mobile adalah solusinya. Beepos Mobile adalah aplikasi kasir yang telah mendukung pembayaran QRIS. Dengan Beepos Mobile, bisnis dapat menerima pembayaran dengan QRIS dari berbagai macam aplikasi dompet digital.

Beepos Terima Pembayaran Tunai, Transfer, Credit Dan Qris

Untuk menggunakan QRIS di Beepos Mobile, bisnis hanya perlu mengaktifkan fitur QRIS di aplikasi Beepos Mobile. Setelah fitur QRIS diaktifkan, bisnis dapat mulai menerima pembayaran dengan QRIS dari pelanggan.

Kesimpulan

Tentu saja, setiap bisnis memiliki tantangan dan keuntungannya masing-masing. Namun, dengan kebijakan yang tepat dan pemahaman yang mendalam tentang sistem pembayaran cashless, Anda bisa mengambil langkah maju ke masa depan bisnis yang lebih canggih dan efisien.

Intinya, cashless atau pembayaran non tunai adalah revolusi kecil yang membawa dampak besar pada dunia bisnis dan kehidupan sehari-hari kita.

Jadi, mari kita sambut perubahan ini dengan terbuka, karena tidak ada kerugian dalam mencoba sesuatu yang lebih modern dan nyaman.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin lebih memahami sistem pembayaran uang elektronik dan dampaknya dalam dunia bisnis. Sampai jumpa pada artikel menarik berikutnya!

Pengertian Prinsip Ekonomi dan Penjelasannya
Apa itu prinsip ekonomi? Tak sedikit orang memahami artian dari  ekonomi yang sebenarnya penting untuk diketahui. Terkait segala kegiatan sehari-hari
Baca Juga
Standar Akuntansi ETAP, Manfaat, Prinsip dan Contohnya
SAK ETAP atau yang disebut juga dengan standar akuntansi ETAP adalah sebuah standar yang mendasari pembuatan laporan keuangan, terutama pada
Baca Juga
Ini Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir Toko Untuk Usaha Anda
Hari ini banyak beragam pertanyaan yang dilontarkan para pengusaha mengenai manfaat menggunakan aplikasi toko kasir bagi mereka? Jawabannya banyak sekali.
Baca Juga
Cara Menghitung Variabel Cost Mudah dan Contohnya
Cara menghitung variabel cost merupakan hal yang perlu diketahui dan dipahami pemilik usaha sebab sangat penting bagi profitabilitas usaha. Meski
Baca Juga
RAB: Fungsi, Metode Penghitungan dan Cara Membuatnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang RAB? Dalam dunia konstruksi, RAB atau rencana anggaran biaya, seringkali menjadi acuan untuk menghitung biaya
Baca Juga
4 Tools Aplikasi Bikin Surat Penawaran
Membuat surat penawaran bukanlah menjadi masalah bagi orang yang sudsh terbiasa membuat surat penawaran untuk menjual barang atau jasa. Namun
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu