🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Tips Optimasi Facebook Business Manager pada Pemasaran Online

Facebook business manager saat ini banyak digemari oleh Masyarakat, simak informasinya pada artikel berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Thursday, 4 May 2023

Facebook business manager saat ini banyak digemari oleh Masyarakat. Seperti yang diketahui bersama, Facebook sendiri dikenal sebagai salah satu perusahaan jejaring sosial yang dikenal dan banyak digunakan.

Facebook juga terus menjadi media sosial yang sangat terkenal. Namun, untuk membuat iklan bisnis yang lebih efektif, Anda harus dapat mengelola Facebook Business.

Apa Itu Facebook Business Manager?

Mengenal Lebih dalam Apa itu Facebook Business Manager (Credit: Freepik.com)

Facebook Business pada dasarnya memang lebih dikenal sebagai salah satu fitur Facebook yang dibuat untuk bisa membantu para penggunanya. Apalagi dalam hal mengelola akun iklan dengan lebih nyaman dan mudah.

Facebook ini juga merupakan salah satualat yang memungkinkan pengelolaan akun dan iklan secara bersamaan di satu tempat.  Memang pada dasarnya, setiap pengusaha harus bisa mengelola iklan dan halaman Facebook secara terpisah.

Facebook business manager pada umumnya memungkinkan bisnis untuk mengelola akun iklan dan aplikasi bisnis lainnya. Selain itu, alat ini juga mampu mengontrol serta membatasi informasi.

Dimana akun ini bisa diakses oleh pengguna media sosial baik organisasi perusahaan maupun agensi. Alat ini memungkinkan para pebisnis profesional untuk memberikan akses penuh atau sebagian ke anggota lainnya berdasarkan job desk masing-masing.

Tentunya hal ini akan memudahkan pembagian tugas kepada setiap anggota tim. Jadi memang facebook manager ini sangat berpengaruh terhadap bisnis.

Cara Mudah Menerapkan Facebook Business Manager Pada Pemasaran Online

Ada beberapa cara mudah untuk menerapkan Facebook Business manajer yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah penjelasan terkait cara menerapkan Facebook Business.

1. Instal Manajer Bisnis Facebook

Sebelum menggunakan Facebook ini, Anda harus terlebih dahulu memutuskan siapa yang harus menjadi administrator Pengelola Bisnis Facebook. Administrator ini harus bertanggung jawab atas semua pelanggan, karyawan terkecuali pengguna dan pemegang akun bisnis.

2. Pengaturan Login Bersama

Apabila sebelumnya Anda merupakan salah satu administrator, maka harus masuk ke akun Facebook pribadi dan melanjutkan dengan membuka Business.Facebook.com. Setelah Anda ke halaman utama, nantinya Facebook akan mengarahkan ke langkah selanjutnya.

Lalu bisa isi berbagai informasi yang terdiri dari empat langkah. Langkah ini biasanya dimulai dengan pengenalan, informasi mendetail tentang bisnis Anda, nama halaman bisnis, dan profil CEO Anda.

3. Pengaturan Masuk Umum

Secara umum, memang tidak semua pemilik bisnis bida mengelola akun iklan Facebook atau halaman bisnisnya. Oleh karena itu, perlu dukungan karyawan atau sumber daya lainnya.

Namun dengan hadirnya Facebook Business Manager, hal tersebut tidak perlu lagi. Dikarenakan Anda dapat berbagi izin antar akun yang berbeda.

Apabila Anda telah berhasil menyelesaikan langkah yang ada di atas, maka akan diarahkan ke beranda perusahaan Anda. Setelah itu, bisa pilih Pengaturan dari bilah menu kanan atas, lalu klik Login kolaboratif di bilah menu kiri bawah.

Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah memasukkan alamat email dan kata sandi ke dalam akun Facebook Business Manajer.

4. Menambah Kontrol

Manajer Bisnis Facebook juga tentunya mempunyai struktur sistem kontrol yang sangat baik. Jadi yang berhak mengelola akun adalah administrator.

Nantinya, administrator sistem akan memberikan tugas kepada Facebook Business Manager. Administrator juga akan bertindak sebagai supervisor, tetapi hanya dalam menugaskan serra mengawasi tugas.

Selain bisa menambah akun, seorang administrator juga harus bisa menambah administrator dan melakukan banyak tugas lainnya. Untuk melakukan pengawasan sebenarnya sangat mudah. Cukup pilih Pengaturan dan klik sidebar di sebelah kiri, lalu pilih "Orang".

Setelah itu, bisa pilih sidebar di pojok kanan atas dan "add a new person". Berikutnya, cukup memasukkan alamat email kantor dari orang yang Anda pilih sebagai administrator saja.

Akan tetapi, pastikan sudah benar-benar memverifikasi akun baru tersebut sebelum menggunakan alamat email pribadinya.

5. Menentukan Tugas dan Mulai Bekerja

Setelah semua akun sudah mulai Anda gabungkan dan manajer berhasil memilih manajer, maka sekarang adalah waktu terbaik untuk memberikan berbagai macam tugas. Anda bisa langsung melakukannya dengan cara mengklik halaman iklan atau akun.

Kemudian, lanjut memilih akun halaman yang sebelumnya sudah diberi akses. Apabila sudah, bisa langsung tambahkan orang atau admin yang mempunyai akses ke halaman atau akun iklan tersebut.

Baca Juga: Rahasia Posting di Marketplace Facebook Agar Laris Manis

Keuntungan Apabila Menggunakan Facebook Business Manager

Ada beberapa keuntungan jika Anda menggunakan akun dari Facebook business manager. Berikut ini adalah penjelasan terkait keuntungan Facebook Business.

1. Tidak Perlu menggunakan Akun secara Bersama

Keuntungan pertama yang nantinya dapat dirasakan pada Facebook Business ini yaitu dapat memisahkan akun pribadi untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Apabila Anda tidak menggunakan Facebook ini, maka perlu membuat akun bersama untuk mengelola media sosial.

Hal ini juga akan mengurangi risiko keamanan data pribadi. Selain itu, Anda secara signifikan juga akan mengurangi risiko kesalahan pencatatan di akun pribadi atau bisnis.

2. Lebih Mudah Dikelola

Apabila Anda mempunyai akun Facebook business manager, maka secara bersamaan bisa mengelola beberapa iklan Facebook dan halaman penggemar di satu tempat. Halomo berarti Anda bisa memiliki satu tempat untuk bisa memantau keefektifan iklan.

3. Mendapatkan Dukungan yang Lebih Baik dari Facebook

Facebook sebenarnya memiliki banyak alat dan layanan yang masing-masing. Alat ini harus bisa diintegrasikan agar mampu berfungsi dengan baik.

Apabila Anda pernah menghadapi masalah teknis, akan tim Facebook akan menanyakan tentang kepemilikan dari akan Facebook. Hal ini karena dengan Facebook business akan memungkinkan tim Facebook langsung menangani masalah yang Anda hadapi.

4. Mudah untuk Melihat Laporan Bisnis

Keunggulan lain dari Facebook ini yaitu kemudahannya dalam melihat laporan aktivitas perusahaan. Nantinya, akan muncul dengan panel terpisah yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.

5. Lebih Aman

Pemasaran merupakan salah satu industri dengan pergantian staf yang cukup tinggi dan agensi terkadang menangani proyek jangka pendek saja. Hal ini tentunya dapat langsung menimbulkan risiko keamanan bila mantan karyawan masih memiliki akses ke akun perusahaan.

Akan tetapi, Facebook manager ini mampu menyediakan pusat keamanan tempat. Dimana bisa memberikan keamanan untuk Anda saat mengaktifkan autentikasi dua faktor pada semua administrator media sosial atau yang bertanggung jawab mengelola akun.

Kesimpulan

Facebook Manager merupakan salah satu alat yang sangat mudah digunakan dan nyaman. Akan tetapi, masalahnya adalah Anda harus bisa menggunakan akun pribadi untuk masuk ke akun facebook ini.

Selain itu, ini juga bisa menjadi salah satu langkah besar dalam membuat pengelolaan iklan menjadi lebih profesional. Meski masih belum terlihat sempurna, namun Facebook Business Manajer sangatlah penting untuk mengatasi masalah para pebisnis yang sebelumnya hanya bisa berbagi satu akun login.

Apabila Anda saat ini ingin sekali menggunakan akan Facebook Business Manager dengan benar, maka keuntunggannya adalah setiap iklan pada halaman bisnis akan bisa dikelola dengan sebaik mungkin. Pada akhirnya, hal ini juga akan memberikan Anda untung yang lebih besar dalam penjualan.

Akan tetapi, jangan lupa untuk selalu mencatat omzet penjualan di laporan keuangan. Dikarenakan laporan tersebut sangat penting untuk mengetahui keadaan keuangan. Sehingga bisnis bisa berjalan sesuai rencana dan kerugianpun bisa dihindari.

Salah satu caranya dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud, membantu Anda dalam mengelola keuangan, mengatur anggaran promosi bisnis. Selain itu banyak fitur lain yang bisa di dapatkan, simak selengkapnya pada banner di bawah ini:

Beecloud Solusi Terbaik Untuk Analisa Data Penjualan Dan Optimasi Promosi Bisnis Anda

Manajemen Resiko, Prinsip, Jenis dan Prosedurnya
Proses manajemen resiko adalah  aspek penting dalam menjaga ketahanan perusahaan di tengah perubahan dan ketidakpastian. Dalam artikel ini, akan dijelaskan
Baca Juga
Peluang dan Kiat Sukses Usaha Toko Minimarket
Usaha toko minimarket seiring berjalannya waktu mengalami masa-masa sulit terutama saat pandemi melanda Indonesia. Bukan hanya itu, keberadaan usaha toko
Baca Juga
Pengertian Positioning Adalah: Jenis, Manfaat dan Strateginya
Brand positioning adalah kunci penting dalam membangun citra dan reputasi perusahaan. Dengan brand positioning yang tepat, sebuah merek atau produk
Baca Juga
8 Contoh Iklan Komersial Berdasarkan Medianya
Contoh iklan komersial merupakan hal yang tidak asing bagi kita semua. Iklan ini seringkali muncul di berbagai media, baik cetak,
Baca Juga
Marketing Mix Adalah: Elemen, Manfaat dan Komponennya
Dalam era persaingan global seperti saat ini, pemasaran menjadi hal yang sangat krusial bagi sebuah perusahaan untuk memperoleh keberhasilan dalam
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu