Logo Bee Web

7 Contoh Mind Mapping, Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Yuk pahami dan pelajari mind mapping adalah dan contoh mind mapping lengkap berdasarkan jenisnya pada artikel di bawah ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 3 August 2023

Mind mapping adalah sebuah metode yang digunakan untuk merangkum suatu ide. Untuk memudahkan biasanya seorang membutuhkan contoh mind mapping untuk memberi gambaran yang lebih jelas.

Istilah ini juga kerap dipraktekkan dalam berbagai aspek kehidupan bisnis. Mulai dari pendidikan, kreativitas, hingga untuk kepentingan bisnis.

Nah, dalam artikel ini kami akan menjelaskan lebih detail apa itu mind mapping, jenis, cara membuat hingga contohnya lengkap.

Apa itu Mind Mapping?

Mengenal lebih dalam apa itu mind mapping (Credit; Freepik.com)

Pengertian mind mapping adalah teknik pengorganisasian ide yang berasal dari penelitian dan pengembangan oleh Tony Buzan pada akhir 1960-an. Ini adalah metode visual yang digunakan untuk merangkum informasi, ide, konsep, atau gagasan dengan cara yang mudah dicerna dan diingat.

Mind Mapping menggunakan diagram berbasis cabang yang menyerupai pohon, dengan gagasan inti atau topik utama yang ditempatkan di tengah dan cabang-cabang yang menghubungkannya ke ide-ide atau konsep-konsep terkait.

Setiap cabang dapat memiliki sub-cabang, menciptakan struktur hirarkis dari informasi yang diorganisir. Seluruh gambaran yang dihasilkan berfungsi sebagai representasi visual dari hubungan antara elemen-elemen yang berbeda.

Teknik ini dirancang untuk memanfaatkan cara kerja otak kita, yang cenderung lebih baik dalam mengenali pola visual dan menghubungkan informasi. Mind Mapping membantu meningkatkan kreativitas, memperkuat pemahaman, dan mempermudah pemikiran asosiatif.

Kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara tradisional menggunakan kertas dan pena, atau dengan perangkat lunak khusus yang memungkinkan pembuatan diagram Mind Mapping secara digital. Dalam prakteknya, setiap orang dapat menyesuaikan teknik Mind Mapping mereka sendiri sesuai dengan gaya belajar dan preferensi pribadi.

Jenis-Jenis Mind Mapping

Berikut ini beberapa jenis mind mapping yang sering digunakan, jenis ini disesuaikan dengan tujuan dan konteks penggunaannya:

1. Flow Map (Peta Aliran)

Pertama ada Flow-map, yakni jenis mind mapping yang digunakan untuk menggambarkan urutan langkah atau aliran proses. Ini membantu dalam memvisualisasikan dan memahami urutan peristiwa atau tindakan dengan jelas. Flow Map biasanya berisi panah atau garis yang menghubungkan langkah-langkah atau elemen-elemen berurutan.

2. Spider Map (Peta Laba-laba)

Berikutnya, Spider map adalah jenis mind mapping yang memiliki gagasan utama di tengah dan cabang-cabang yang bercabang keluar seperti kaki laba-laba. Setiap cabang menggambarkan gagasan atau informasi terkait dengan gagasan utama. Spider Map membantu dalam menggambarkan hubungan antara konsep-konsep yang berbeda.

3. Multi-flow Map (Peta Multi-Aliran)

Ketiga, Multi-flow Map adalah jenis peta pemikiran yang menggambarkan hubungan antara beberapa gagasan atau elemen dengan menggunakan garis-garis yang berbeda.

Setiap garis mewakili aliran informasi atau koneksi antara dua gagasan atau elemen yang berbeda. Multi-flow Map membantu dalam menyajikan informasi dengan lebih jelas dan terstruktur.

4. System Map (Peta Sistem)

Selanjutnya ada system map, seperti namanya jenis ini kerap digunakan untuk menggambarkan sistem atau entitas kompleks dan hubungan antara bagian-bagian sistem tersebut. Ini membantu dalam memvisualisasikan struktur keseluruhan dan bagaimana setiap elemen berinteraksi satu sama lain.

5. Dialogue Map (Peta Dialog)

Berikutnya Dialogue Map, merupakan jenis peta pemetaan yang digunakan untuk merekam dan mengorganisir percakapan atau diskusi antara individu atau kelompok. Ini membantu dalam merangkum ide-ide yang diungkapkan selama diskusi dan mengidentifikasi hubungan dan pola di antara berbagai gagasan.

6. Bubble Map (Peta Gelembung)

Selanjutnya Bubble Map, jenis peta pemetaan yang menggunakan gelembung atau bulatan untuk mewakili gagasan atau konsep. Gagasan utama ditempatkan di tengah dan dikelilingi oleh gelembung-gelembung lain yang mewakili sub-gagasan atau detail terkait.

7. Circle Map (Peta Lingkaran)

Terakhir adalah Circle Map adalah jenis peta pemikiran sederhana dan berpusat pada satu gagasan utama yang dikelilingi oleh lingkaran.

Ini digunakan untuk merangkum informasi terkait gagasan utama tersebut dan sering digunakan dalam situasi di mana ada keterbatasan ruang atau waktu untuk membuat Mind Mapping yang lebih kompleks.

7 Contoh Mind Mapping

Berikut ini beberapa contoh mind mapping berdasarkan jenisnya:

1. Contoh Mind Mapping Flow Map

Contoh Mind Mapping Flow Map

(Credit: Freepik.com)

2. Contoh Mind Mapping  Spider Map

Contoh Mind Mapping Spider Map

Contoh mind mapping simple tapi menarik(Credit: awsimages.detik.net.id)

3. Contoh Mind Mapping Multi-Flow Map

Multi Flow Map

Ilustrasi Contoh Gambar Mind Mapping Simple (Credit: www.mindomo.com)

4. Contoh Mind Mapping System Map

Peta Konsep

(Credit: 1.bp.blogspot.com)

5. Contoh Mind Mapping Dialogue map

(Credit: www.lucidchart.com)

6. Contoh Mind Mapping Bubble map

Contoh Mind Map Bubble Map (1)

(Credit: cdn-web.ruangguru.com)

7. Contoh Mind Mapping Circle Map

Contoh Circle Map

Ilustrasi Contoh Circle Map (Credit: Freepik.com)

Cara Membuat Mind Mapping

Berikut ini beberapa langkah sederhana dalam membuat mind mapping:

1. Tentukan Tujuan

Langkah pertama adalah menentukan tujuan pembuatan mind mapping Anda. Apakah Anda ingin merencanakan proyek, merangkum pelajaran, brainstorming ide, atau mengorganisir gagasan untuk presentasi? Memahami tujuan akan membantu Anda fokus pada apa yang ingin dicapai.

2. Pilih Topik Utama

Kemudian mulailah dengan menentukan topik utama atau gagasan inti yang akan menjadi pusat. Tulis atau gambarkan gagasan inti di tengah halaman atau area kosong, dan beri lingkaran di sekitarnya.

3. Buat Cabang Utama dan Sekunder

Selanjutnya dari gagasan inti, buat cabang utama yang mewakili kategori-kategori atau sub topik yang relevan dengan topik utama.

Buatlah cabang ini keluar dari lingkaran utama dan hubungkan ke gagasan inti dengan garis. Cabang utama ini harus mencakup elemen-elemen penting yang akan Anda jelaskan lebih lanjut.

Kemudian setiap cabang utama, buat cabang-cabang sekunder atau sub-cabang yang lebih kecil. Gunakan cabang-cabang sekunder ini untuk menambahkan rincian, ide, atau informasi yang lebih spesifik tentang setiap kategori atau subtopik. Hubungkan cabang-cabang sekunder ke cabang utama terkait dengan garis.

4. Gunakan Warna dan Simbol

Agar Mind Mapping lebih menarik dan mudah diingat, gunakan warna dan simbol untuk membedakan elemen-elemen penting atau untuk menandai kategori-kategori tertentu. Warna dan simbol dapat membantu Anda mengenali pola dan kaitan antar ide dengan lebih baik.

Ingat jika dalam proses pembuatan mind maps menggunakan teknik yang kreatif dan fleksibel. Sehingga kamu tidak perlu terlalu kaku dalam mengikuti aturan tertentu. Biarkan ide Anda mengalir secara alami dan buat Mind Mapping Anda sesuai dengan gaya dan preferensi pribadi.

5. Lakukan Revisi dan Perbaikan

Setelah Mind Mapping selesai, periksa dan revisi kembali untuk memastikan bahwa semua informasi terorganisir dengan baik dan mudah dipahami. Tambahkan atau hapus elemen jika diperlukan untuk meningkatkan struktur dan keselarasan.

Manfaat Membuat Mind Mapping dalam Bisnis

Membuat mind mapping dapat memudahkan pebisnis dalam menyusun rencana perkembangan usaha di masa yang akan datang, selain itu ada beberapa manfaat lain seperti:

1. Pengorganisasian dan Perencanaan

Manfaat mind mapping yang pertama adalah membantu dalam merencanakan dan mengorganisir ide, informasi, dan langkah-langkah yang terkait dengan proyek atau strategi bisnis.

Dengan menggambarkan hubungan dan keterkaitan antara elemen-elemen yang berbeda, Sebab dari gamparan mind maps yang dibuat memungkinkan para pemimpin bisnis dan tim untuk memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang langkah-langkah yang harus diambil dan bagaimana cara melaksanakannya. Ini mempermudah dalam menyusun rencana tindakan yang terstruktur dan terarah.

2. Pemecahan Masalah dan Inovasi

Kedua, dapat digunakan sebagai alat untuk brainstorming dan pemecahan masalah. Dengan menggambarkan ide-ide secara visual dan memberikan gambaran keseluruhan, Mind Mapping membantu merangsang kreativitas dan pemikiran asosiatif.

Tim bisnis dapat berkolaborasi untuk mengeksplorasi berbagai gagasan dan solusi yang berbeda, sehingga memungkinkan terciptanya inovasi dan pemecahan masalah yang efektif.

3. Presentasi dan Komunikasi

Ketiga adakah membantu dalam menggambarkan struktur presentasi yang jelas dan efektif. Gagasan utama dan poin-poin penting dapat diorganisir dengan baik, dan hubungan antara informasi dapat ditampilkan dengan jelas melalui diagram cabang dan sub-cabang.

Dengan cara ini, pembicara dapat menyampaikan pesan dengan lebih terstruktur dan menarik, dan audiens dapat lebih mudah memahami dan mengingat informasi yang disampaikan.

4. Perencanaan Strategis

Selanjutnya dengan adanya peta pemikiran ini akan sangat bermanfaat dalam perencanaan strategis bisnis. Dalam konteks ini, Mind Mapping digunakan untuk merencanakan tujuan jangka panjang dan strategi untuk mencapainya.

Perencanaan strategis yang terorganisir dengan baik membantu perusahaan untuk berfokus pada visi dan misi mereka, dan menciptakan jalur aksi yang jelas untuk mencapai keberhasilan jangka panjang.

Dengan memanfaatkan Mind Mapping, bisnis dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kemampuan untuk mengatasi tantangan. Teknik ini tidak hanya mempermudah pengorganisasian informasi, tetapi juga membantu dalam mengkomunikasikan gagasan dengan lebih efektif dan merangsang perkembangan inovasi dalam lingkungan bisnis.

Fitur Analisa Bisnis Komplit Dari Beecloud

Yuk update bisnis Anda dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud, bisa kelola bisnis dimana saja dan kapan saja. Dilengkapi dengan fitur kelola stok, QTy, PID, laporan arus kas hingga akuntansi lengkap, cocok untuk berbagai jenis usaha. Daftarkan diri sekarang juga klik banner di atas!

Panduan Lengkap Jurnal Akuntansi untuk Pemula dan Profesional
Jurnal akuntansi adalah salah satu instrumen vital dalam proses pencatatan dan pelaporan keuangan suatu entitas bisnis. Melalui jurnal ini, transaksi
Baca Juga
Investasi Jangka Pendek: Manfaat, Jenis & Tips Memulainya
Investasi secara sederhana dibedakan menjadi dua jenis yakni investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Dalam kesempatan ini akan membahas
Baca Juga
5 Cara Menghitung Rata-rata. Mana yang Lebih Mudah?
Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menghitung rata-rata tabel menggunakan fungsi AVERAGE di Excel. Ada beberapa cara
Baca Juga
7+ Contoh Catatan Pengeluaran Harian Berdasarkan Jenisnya!
Untuk Anda yang tengah mencari contoh catatan pengeluaran harian bisnis, kini contoh tersebut dapat Anda temukan dengan mudah. Pasalnya banyak
Baca Juga
7+ Tips Memberi Nama Toko yang Bagus dan Mudah Diingat
Anda sedang bingung mencari nama toko yang bagus buat bisnis? Nama apa yang cocok digunakan, bagaimana tips memilih nama, semuanya
Baca Juga
Stock Opname Artinya, Kapan Waktu Tepat untuk Stock Opname
Pada dasarnya stock opname artinya menghitung persediaan, tеtарі juga dараt dіgunаkаn untuk mеnghіtung bаrаng аtаu benda yang bеrhubungаn dengan kеgіаtаn
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu