Web Logo Bee
Penulis: Nindya Adityanti

Cara Membuat Laporan Penjualan Mudah dan Cepat

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 23 February 2022

Cara membuat laporan penjualan mudah dan cepat beserta contohnya. Laporan penjualan merupakan alat serbaguna yang dapat menjadi dasar yang tepat untuk interpretasi data penjualan, yang kemudian dianalisis untuk jadi pertimbangan pengambilan keputusan bisnis.

Macam guna laporan penjualan ini memiliki banyak tujuan, mulai dari melacak performa penjualan sehingga bisa ditingkatkan hingga untuk lebih memahami data penjualan dan tingkat laba pada bisnis.

Dalam artikel ini, Anda akan melihat cara membuat laporan penjualan mudah dan cepat, untuk kemudian memutuskan hal apa saja yang terkandung dalam laporan penjualan dan contoh laporan penjualan sederhana.

Pengertian Laporan Penjualan

pengertian-laporan-penjualan-adalah

Memahami Definisi Laporan Penjualan Photo by Lukas from Pexels

Laporan penjualan adalah sebuah dokumen yang menggambarkan berapa banyak penjualan yang dibuat oleh perusahaan setiap harinya. Laporan penjualan dapat digunakan untuk melacak ketercapaian key performance indicators (KPI), yang digunakan untuk mengukur progress kerja setiap perwakilan penjualan di perusahaan itu.

Data dari laporan keuangan juga berguna bagi seluruh staff penjualan, mulai dari perwakilan penjualan hingga pimpinan perusahaan untuk mengenali tren di pasar, sehingga menjadi sumber informasi yang kaya bagi pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Perusahaan perlu menyusun laporan keuangan dalam beberapa satuan waktu. Dalam penyusunannya, dibutuhkan beberapa laporan, antara lain adalah laporan penjualan. Karena laporan keuangan sangat penting bagi proses bisnis Anda, maka pembuatan laporan penjualan harian yang presisi merupakan hal yang esensial.

Untuk memudahkan Anda dalam mengurus laporan penjualan dari berbagai cabang bisnis Anda, Anda bisa pelajari aplikasi software akuntansi online Beecloud.

Jenis-Jenis Laporan Penjualan

Setiap laporan keuangan memiliki tujuan masing-masing, mulai dari pengumpulan data penjualan yang dilakukan oleh seorang perwakilan penjualan Anda atau seluruh timnya, hingga sumber data umum atau data untuk proses laba tertentu. Berikut ini adalah beberapa jenis laporan penjualan:

  • Laporan Penjualan Harian

laporan-penjualan-harian-beecloud

Contoh Laporan Penjualan Harian dengan Software Akuntansi Beecloud (Sumber: Bee.id)

Laporan penjualan harian menggunakan metrik proses untuk melacak performa keseharian dari satu orang perwakilan penjualan, satu lokasi bisnis, atau seluruh tim sales. Metrik pada data penjualan ada dua, yakni metrik proses dan metrik hasil.

Metrik proses adalah sesuatu yang dapat dikontrol langsung oleh perwakilan penjualan, seperti berapa banyak panggilan yang Anda lakukan, email penjualan Anda kirim, atau rapat yang diatur oleh perwakilan penjualan; sementara itu,  metrik hasil adalah sesuatu seperti pendapatan yang diperoleh yang tidak dapat dikontrol langsung oleh perwakilan penjualan, seperti laba, total kontrak baru, atau jumlah barang yang terjual.

Pada industri retail, laporan penjualan harian dapat membantu manager untuk memahami perilaku konsumen dalam jangka per jam dan per hari. 

  • Laporan Penjualan Mingguan

laporan-penjualan-mingguan-beecloud

Contoh Laporan Penjualan Mingguan dengan Software Akuntansi Beecloud (Sumber: Bee.id)

Laporan penjualan mingguan mengandung baik metrik proses maupun metrik hasil. Data ini sangat berguna bagi peningkatan performa kerja perwakilan penjualan Anda, karena laporan mingguan dapat memuat efek dari variasi penjualan sehari-harinya, tetapi masih memungkinkan untuk diberikan feedback secara segera. Laporan penjualan mingguan dapat digunakan sebagai sumber data grafik yang akan disajikan pada pertemuan rapat mingguan tim penjualan.

Untuk bisnis retail, laporan penjualan mingguan sangat berguna untuk melacak penjualan dari tiap cabang.

  • Laporan Penjualan Bulanan

laporan-penjualan-bulanan-beecloud

Contoh Laporan Penjualan Bulanan dengan Software Akuntansi Beecloud (Sumber: Bee.id)

Laporan penjualan bulanan memberikan sudut pandang lebih luas mengenai progress tim penjualan atau departemen penjualan, yang kemudian datanya bisa dipresentasikan ke hadapan manajemen dan pimpinan perusahaan. Data dari penjualan bulanan memuat informasi detail yang dapat digunakan oleh pimpinan perusahaan untuk mengatur strategi penjualan. Untuk bisnis yang menjual produk kepada konsumen, maupun bisnis yang menjual kepada bisnis lainnya, satu bulan biasanya merupakan waktu yang cukup untuk mengumpulkan data dari keseluruhan proses penjualan, mulai dari identifikasi klien hingga menyelesaikan suatu penjualan.

Satu bulan juga biasanya waktu yang cukup bagi pengusaha retail untuk mencatat penjualan beserta labanya, untuk memahami seberapa efektif penjualan melalui beberapa metode penjualan, dan produk yang sangat bergantung pada tren pasar.

  • Laporan Penjualan Tahunan

Perusahaan dapat merilis laporan keuangan tiap kuartal atau tahunan. Dalam laporan penjualan tahunan, terdapat data penjualan dari seluruh tim penjualan di perusahaan, yang berguna untuk memahami musim tren dan menentukan strategi jangka panjang untuk masa depan bisnis Anda.

Laporan penjualan tahunan diperlukan untuk laporan keuangan, pembayaran pajak, dan penentuan anggaran perusahaan.

Mengapa Laporan Penjualan Penting?

alasan-pentingnya-laporan-penjualan

Laporan Penjualan Penting untuk Pengambilan Keputusan Bisnis Photo by RODNAE Productions from Pexels

Anda perlu tahu bahwa laporan penjualan memiliki peranan yang cukup penting dalam pengambilan keputusan bisnis, yakni keputusan untuk pemasaran, penentuan harga, dan metode penjualan. Dalam penyusunannya, Anda tidak boleh melakukan kesalahan, dan harus benar-benar akurat.

Pada umumnya, laporan penjualan berisikan informasi periode penjualan, harga jual barang, jumlah barang yang terjual, total penjualan masing-masing barang dan total penjualan keseluruhan. Dari hasil laporan tersebut juga dapat mendorong produktivitas, peningkatan kualitas dan volume, serta peningkatan hasil produksi. Dengan demikian, laporan ini dapat digunakan untuk bahan evaluasi apakah penjualan dalam satu periode tertentu mengalami peningkatan atau penurunan.

Fungsi dan Manfaat Laporan Penjualan

  • Menggambarkan Kondisi Bisnis

Laporan penjualan akan menunjukkan histori transaksi yang terjadi dalam bisnis. Kondisi untung atau rugi pada bisnis akan tergambarkan secara jelas di laporan ini. Di sisi lain, laporan ini dapat membantu Anda dalam menentukan strategi bisnis.

Misal Anda ingin meningkatkan laba bisnis, maka dengan laporan ini Anda dapat menyusun strategi penjualan yang tepat, baik itu terkait pemilihan produk berdasarkan minat konsumen, atau optimasi media promosi yang terbukti menghasilkan konversi tinggi.

  • Bahan Evaluasi

bahan-evaluasi-dan-strategi

Laporan Penjualan Sebagai Bahan Evaluasi untuk Menyusun Strategi Photo by Scott Graham on Unsplash

Laporan penjualan berisikan informasi-informasi penting mengenai kondisi bisnis, apakah sedang mengalami perubahan, baik adanya peningkatan maupun penurunan. Jika terjadi perubahan dalam kinerja penjualan, pihak manajemen atau pimpinan perusahaan dapat merespons dengan cepat dan tepat untuk menentukan solusinya.

Perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan evaluasi atas strategi yang sudah dijalankan sebelumnya, sehingga penentuan strategi bisnis ke depannya akan lebih baik, berdasarkan analisis terhadap laba dan rugi perusahaan.

  • Meningkatkan Produktivitas

Anda dapat mengetahui bagaimana tingkat transaksi yang terjadi di perusahaan Anda melalui analisis data laporan penjualan. Penentuan target penjualan akan semakin mudah dengan mengacu pada informasi ini tsb.

Hal ini sekaligus akan memudahkan dalam memaksimalkan kinerja dan produktivitas seluruh pihak yang terlibat dalam perusahaan. Dengan informasi yang akurat, maka manajemen dapat menentukan job description secara lebih rinci dan detail untuk masing-masing tim.

  • Sebagai Dasar Acuan Mengambil Keputusan

Anda harus memiliki sumber informasi sebagai referensi Anda dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat. Laporan penjualan merupakan sumber informasi bagi pemilik perusahaan untuk menentukan keputusan bisnis.

Dengan laporan penjualan, Anda sebagai pemilik bisnis dapat menentukan apa saja yang bisa diupayakan untuk meningkatkan angka penjualan, sekaligus mengubah beberapa strategi yang kurang efektif pada penjualan.

  • Menunjukkan Kredbilitas Perusahaan

Apabila Anda ingin mencari tambahan modal dalam mengembangkan bisnis Anda, peran laporan penjualan ini akan menjadi sangat krusial. Anda bisa memikat dan meyakinkan para investor atau kreditur dengan cara menunjukkan laporan pertumbuhan bisnis Anda berupa laporan penjualan.

Dengan adanya laporan penjualan, terdapat indikator bahwa perusahaan Anda memiliki kredibilitas dan telah dikelola secara profesional.

  • Sebagai Langkah Awal Berinovasi

langkah-awal-inovasi

Langkah Awal Inovasi dengan Data Penjualan Photo by Campaign Creators on Unsplash

Pihak manajemen perusahaan dapat membuat inovasi untuk mengembangkan bisnis, terutama dalam hal pemasaran produk bagi perusahaan. Laporan penjualan memberikan manfaat untuk melihat prospek perusahaan berdasarkan penurunan atau peningkatan penjualan produk.

Adanya laporan penjualan memungkingkan adanya peluang bagi perusahaan untuk selalu terbuka dan terinspirasi untuk menghasilkan terobosan atau pembaharuan strategi bisnis.

Cara Membuat Transaksi dan Jurnal Penjualan Laporan Perusahaan Dagang

  • Penjualan Tunai

Perusahaan dapat menjual barang secara tunai maupun kredit. Penjualan tunai biasanya dimasukkan ke mesin kasir dan dicatat dalam akun-akun.

Sebagai contoh, diasumsikan bahwa pada tanggal 15 Agustus 2018, PT. Dirgantara Agung menjual barang seharga Rp 4.600.000. Transaksi penjualan ini dapat dicatat sebagai berikut:

(Debet) Kas  = Rp 4.600.000

(Kredit) Penjualan = Rp 4.600.000

  • Penjualan Kredit

Perusahaan dapat menjual barang secara kredit. Perwakilan penjualan mencatat penjualan sebagai debit pada Piutang Usaha atau Piutang Dagang dan kredit pada Penjualan.

Contohnya, untuk penjualan secara kredit senilai Rp 440.000 dan harga pokok penjualan adalah Rp 260.000 untuk PT Go Berkah adalah sebagai berikut:

(Debit) Piutang Usaha = Rp 440.000

(Kredit) Penjualan = Rp 440.000

(Debit) Harga Pokok Penjualan = Rp 260.000

(Kredit) Persediaan = Rp 260.000

Cara Membuat Laporan Penjualan

memilih-program-kasir-sesuai-kebutuhan

Cara Membuat Laporan Penjualan Mudah dan Cepat dengan Software Akuntansi Beecloud (Sumber: Bee.id)

1. Menetapkan Tujuan Pembuatan Laporan

Pertimbangkan siapa yang akan membaca dan memahami laporan penjualan sebelum membuat laporan penjualan. Bagikan laporan keuangan bulanan dengan manajemen atau hasil analisis target penjualan dengan tim.

2. Mengumpulkan Seluruh Bukti Transaksi

Karena Anda ingin menyiapkan laporan penjualan tertentu untuk dilacak, Anda perlu mengumpulkan seluruh bukti transaksi untuk kemudian dikompilasi dan dianalisis seluruh laporan penjualan tersebut oleh alat yang Anda pilih.

3. Mulai dengan Rangkuman Penjualan

Dengan diawalinya laporan penjualan Anda dengan rangkuman penjualan memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi yang paling penting terkait penjualan bisnis Anda. Untuk memastikan berhasilan bisnis Anda, Anda dapat melihat kembali penjualan bisnis Anda dari laporan bulanan, kuartal, atau tahunan.

4. Merincikan Angka Penjualan

Anda perlu untuk merincikan angka penjualan. Perincian yang ideal cukup variatif, yang terpentik Anda merincikan metri proses dan metrik hasil yang berkaitan dengan total penjualan sesuai periode yang dianalisis.

5. Merincikan Angka per Pelanggan

Angka penjualan yang dibuat terperinci per pelanggan dapat dijadikan informasi untuk memprediksi perilaku pelanggan dan tren di pasar untuk dijadikan strategi pemasaran dan penjualan.

6. Jelaskan Hasil Penjualan Anda

Bagian terpenting dari proses analisis dari data laporan penjualan Anda adalah menyampaikan informasi ini kepada audiens Anda pilih, bisa kepada investor atau kreditur. Selain disajikan semua nilai dan data yang relevan, perlu disertakan perbandingan antara jangka waktu sebelumnya untuk konteks yang lebih.

7. Menggunakan Software Akuntansi Beecloud

Beecloud, software akuntansi online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Ketik nama barang langsung muncul harga jual, Simpan! klik-klik Invoice cantik & professional langsung tercetak. Analisa penjualan jadi menyenangkan; rekap per item, rekap per bulan, riwayat per customer, ranking penjualan.

Pelajari software akuntansi Beecloud selengkapnya di sini.

cara-membuat-laporan-penjualan-cepat-dan-mudah-dengan-beecloud

Daftar Laporan Modul Penjualan di Beecloud Lengkap (Sumber: Bee.id)

Kesimpulan

Dengan memahami uraian di atas, Anda akhirnya mengetahui kaitan antara laporan penjualan dengan produktivitas bisnis Anda. Laporan penjualan memiliki banyak manfaat untuk bisnis Anda. Jika penyusunan laporan ini tepat, strategi bisnis yang akan Anda ambil akan berdampak pada peningkatan produktivitas bisnis Anda.

Cara membuat laporan penjualan dengan mudah dan cepat adalah dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud. Laporan penjualan tinggal satu klik dan lengkap. Untuk Anda yang punya banyak cabang juga tidak perlu lagi bolak-balik cek data karena data otomatis tersinkron dalam satu tempat.

Bikin-Laporan-Penjualan-Mudah-dan-Cepat

 

Contoh Cash Flow Sederhana yang Mudah Penerapannya
Contoh cash flow sederhana dapat membantu Anda dalam membuat laporan keuangan terutama pada bagian laporan arus kas. Pasalnya laporan arus […]
Baca Juga
General Ledger, Bukti Akurat Detail Keuangan Perusahaan
Tahukah Anda mengapa banyak tempat usaha kecil bisa berkembang menjadi kelas menengah hingga besar tetapi perusahaan besar berbalik pailit atau […]
Baca Juga
Laporan Keuangan Terdiri Dari: Penjelasan dan Jenisnya
Laporan keuangan terdiri dari beberapa bagian yang masing-masing memiliki peran yang sangat penting. Laporan keuangan membantu Anda dalam menjalankan operasional […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu