🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Berakhir Hari Ini
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

5 Hal yang Dapat Dilakukan dengan Laporan Keuangan

Bisnis yang besar maupun bisnis kecil tentunya memiliki laporan keuangan. Dengan adanya laporan ini, para pemilik bisnis dapat memantau bisnis mereka.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 28 August 2019

Dalam menjalankan usaha, banyak sekali yang harus dilakukan. Salah satunya, adalah membuat laporan keuangan. Bisnis yang besar maupun bisnis kecil tentunya memiliki laporan keuangan. Dengan adanya laporan ini, para pemilik bisnis dapat memantau bisnis mereka. Anda sebagai pemilik bisnis juga pasti ingin mengetahui perkembangan dari bisnis yang Anda jalankan, misalnya keuntungan dan kerugian yang didapatkan, kondisi keuangan bisnis Anda, serta perencanaan mengembangkan bisnis kedepannya.

Definisi Singkat Tentang Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah sebuah cacatan atau laporan yang berisi tentang kondisi keuangan dari sebuah bisnis maupun perusahaan yang dibuat dalam kurun waktu tertentu. Laporan ini harus dibuat dengan benar agar dapat menghasilkan laporan yang akurat. Laporan ini dapat dibuat berdasarkan data-data yang benar dan faktual dari sebuah perusahaan atau bisnis tersebut.

Baca Juga: Ini Dia Cara Menemukan Ide Kreatif Untuk Bisnis Anda

5 Hal Penting yang Berkaitan Dengan Laporan Keuangan

Laporan keuangan bukan hanya sekedar laporan pertanggungjawaban biasa. Laporan ini berperan sangat penting dalam bisnis Anda ke depannya. Pada laporan ini terdapat sejumlah informasi penting mengenai laba dan rugi yang telah dihasilkan, arus kas masuk dan kas keluar, perkembangan bisnis, serta dapat membantu Anda menentukan tindakan yang tepat terhadap bisnis Anda.

1. Mengetahui laba dan rugi

Laporan Keuangan

Gambar 1. Laporan Laba Rugi (Sumber: Beepos.id)

Tujuan yang pertama dan paling utama dari pembuatan sebuah laporan finance adalah untuk mengetahui besarnya laba dan rugi yang dihasilkan dari sebuah bisnis. Anda bisa mengetahui banyaknya laba yang sudah didapatkan dari bisnis yang sudah Anda rintis selama ini. Selain itu, Anda juga dapat menghitung banyaknya kerugian selama menjalankan sebuah bisnis.

2. Mengetahui banyaknya kas masuk atau cash in dan keluar atau cash out

Selain untuk mengetahui besarnya laba dan kerugian yang dialami, laporan keuangan juga dapat memberikan informasi tentang kas yang masuk dan keluar. Disini Anda dapat mengetahui berbagai macam transaksi dari bisnis itu, misalnya, pendapatan kotor, pendapatan bersih, biaya administrasi, biaya listrik, biaya telepon, biaya perawatan kantor, dan juga biaya yang lainnya.

3. Mengetahui arus kas atau cash flow

Disadari atau tidak, dari laporan finance, Anda juga dapat mengetahui kesesuaian antara kas masuk atau cash in dan kas keluar atau cash out. Di bagian arus kas ini, Anda juga dapat mengetahui seberapa besar dana yang masih tersisa. Anda dapat menyimpulkan apakah dana itu cukup atau malah kurang untuk membiayai perkembangan bisnis tersebut ke depannya.

4. Mengetahui perkembangan bisnis

Adanya laporan keuangan dapat membantu Anda dalam memantau perkembangan bisnis yang sedang Anda jalankan. Dengan begitu, Anda dapat menyimpulkan dan mengambil tindakan yang tepat dan perlu dilakukan untuk bisnis Anda di waktu yang akan datang. Misalnya, jika semakin hari Anda semakin merugi, Anda dapat menyimpulkan bahwa bisnis Anda tidak berkembang.

5. Membantu Anda memilih tindakan yang tepat untuk bisnis tersebut

Laporan finance bukan hanya sekedar laporan biasa. Dengan adanya laporan ini, Anda bisa memilih tindakan yang tepat untuk bisnis yang sedang Anda rintis. Jika Anda selalu merasa rugi, mungkin sebaiknya Anda menerapkan inovasi yang baru untuk menarik minat pelanggan atau Anda memilih untuk menutup bisnis yang Anda jalankan tersebut.

Ternyata tanpa kita sadari, laporan akuntansi itu sangat penting dalam sebuah bisnis. Laporan keuangan dapat membantu Anda mengamati dengan jelas bisnis yang sedang Anda jalankan tersebut. Anda dapat mengetahui kemajuan, kemunduran, keuntungan, kerugian, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan bisnis yang sedang Anda jalankan tersebut. Sudahkah Anda membuat laporan keuangan ?

Artikel Terkait

Rekomendasi 3 Software Akuntansi Nirlaba Terbaik
Software akuntansi nirlaba merupakan inovasi teknologi yang berguna dalam membantu kelancaran bisnis Anda, karena software tersebut memberikan banyak kemudahan dan
Baca Juga
Contoh Laporan Arus Kas Metode Langsung & Cara Membuatnya
Ada dua metode yang digunakan dalam menyusun laporan arus kas, yakni laporan arus kas metode langsung dan tidak langsung. Dalam
Baca Juga
Nota Pembayaran: Fungsi, Komponen dan Contohnya
Nota pembayaran merupakan salah satu dokumen penting dalam proses transaksi bisnis. Dokumen kwitansi pembayaran ini digunakan untuk mencatat pembayaran atas
Baca Juga
10+ Contoh Jurnal Akuntansi Perusahaan Dagang
Bagi sebuah usaha dagang, contoh jurnal akuntansi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jurnal tersebut diperlukan untuk
Baca Juga
Biaya Total Adalah: Rumus, Cara Menghitung dan Contohnya
Total cost atau biaya total adalah seluruh biaya yang terlibat dalam suatu kegiatan, proyek, atau operasi yang dikeluarkan untuk kepentingan
Baca Juga
5 Contoh Pembukuan Uang Masuk dan Keluar
Apakah Anda sedang berencana membuat pembukuan uang masuk dan keluar? Jika iya, tentu Anda membutuhkan referensi contoh pembukuan uang masuk
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Monday, 25 December 2023
Analisis Pasar: Tujuan, Metode, Faktor, Caranya dan Contoh
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu