🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Tujuan Analisis Laporan Keuangan Perusahaan dan Manfaatnya

Tujuan analisis laporan keuangan bagi perusahaan diantaranya adalah untuk memantau kondisi keuangan hingga bahan untuk mengambil keputusan.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 28 August 2019

Dalam menjalankan usaha, banyak sekali yang harus dilakukan. Salah satunya, adalah membuat laporan keuangan. Bisnis yang besar maupun bisnis kecil tentunya memiliki laporan keuangan, yang kemudian dianalisis untuk kepentingan bisnis. Lantas apa tujuan analisis laporan keuangan

Dengan adanya laporan ini, para pemilik bisnis dapat memantau bisnis mereka. Anda sebagai pemilik bisnis juga pasti ingin mengetahui perkembangan dari bisnis yang Anda jalankan, misalnya keuntungan dan kerugian yang didapatkan, kondisi keuangan bisnis Anda, serta perencanaan mengembangkan bisnis kedepannya.

Jenis Laporan Keuangan yang Dianalisis

Sebelum membahas mengenai apa tujuan dari laporan keuangan, mari kita pahami terlebih dahulu apa saja jenis laporan keuangan yang bisa dianalisis:

1. Laporan Neraca

Laporan Neraca Manufaktur

Contoh Laporan Neraca Perusahaan Manufaktur (Credit: Pakar.co.id)

Laporan pertama yang bisa dianalisis adalah laporan neraca, neraca sendiri adalah laporan keuangan yang mencerminkan posisi keuangan perusahaan pada suatu titik waktu tertentu. Digunakan untuk menunjukkan aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik.

Neraca terdiri dari aset (aktiva) mencakup seluruh sumber daya yang dimiliki perusahaan, kewajiban (liabilitas), semua kewajiban perusahaan kepada pihak dan ekuitas (modal), yakni sumber daya yang dimiliki perusahaan yang dikuriangi semua kewajiban.

2. Laporan Laba Rugi (Income Statement)

Gambar 3. Hasil Laporan Laba Rugi

Laporan ini menunjukkan pendapatan, beban, laba, dan rugi perusahaan selama periode tertentu. Terdiri dari pendapatan, beban dan laba rugi yang berupa selisih antara pendapatan dan beban. Digunakan untuk mengetahui berapa pendapatan atau kerugian selama satu periode akuntansi.

Ada dua format yang bisa digunakan dalam membuat laporan laba rugi, yakni:

  • Bentuk Langsung (Single Step): Pendapatan dan beban dihitung langsung untuk memperoleh laba atau rugi.
  • Bentuk Bertahap (Multi Step): Pendapatan dan beban dikelompokkan sebelum dihitung laba atau rugi.

3. Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement)

Laporan Arus Kas Online Shop

Contoh Laporan Arus Kas Online Shop (Credit: Bee.id)

Laporan arus kas adalah laporan yang menggambarkan aliran kas masuk dan keluar selama periode tertentu, membantu memahami penggunaan dan sumber kas perusahaan. Biasanya digunakan untuk membantu memahami penggunaan dan sumber kas perusahaan.

Terdiri dari 3 komponen utama, yakni:

  • Aktivitas Operasi: Arus kas dari kegiatan operasional utama perusahaan.
  • Aktivitas Investasi: Arus kas dari pembelian dan penjualan aset jangka panjang serta investasi lainnya.
  • Aktivitas Pendanaan: Arus kas dari kegiatan pendanaan seperti penerbitan saham, pembayaran dividen, dan utang jangka panjang.

4. Laporan Perubahan Modal (Statement of Changes in Equity)

Laporan Perubahan Modal

Contoh Laporan Perubahan Modal (credit: Travelpedia)

Laporan perubahan modal atau perubahan ekuitas adalah laporan yang menunjukkan perubahan dalam ekuitas perusahaan selama periode tertentu, mencakup penambahan modal, laba ditahan, dan distribusi laba.

Berikut adalah komponen dari laporan perubahan modal:

  • Saldo Modal Awal: Modal yang ada pada awal periode.
  • Penambahan Modal: Tambahan dari pemegang saham atau laba bersih yang ditambahkan ke modal.
  • Pengurangan Modal: Penarikan oleh pemilik atau distribusi laba.
    Saldo Modal Akhir: Modal yang tersisa setelah penambahan dan pengurangan modal.

Metode Analisis Laporan Keuangan

Ada dua teknik analisis laporan keuangan yang umum digunakan, yaitu metode horizontal dan analisis vertikal. Berikut adalah penjelasannya:

#Analisis Horizontal

Analisis horizontal dilakukan dengan  perbandingan setiap pos dalam laporan keuangan dari periode yang berbeda, sering kali selama dua atau lebih periode sebelumnya. Metode ini, yang dikenal juga sebagai metode dinamis, membandingkan persentase kenaikan dan penurunan pos-pos keuangan dari periode yang dianalisis.

Teknik lain dalam metode analisis horizontal termasuk analisis tren atau indeks, analisis sumber dan modal kerja, analisis perubahan laba kotor, dan analisis sumber serta penggunaan kas.

Penggunaan metode ini adalah untuk membantu dalam mengevaluasi kecenderungan, alokasi modal, membandingkan kondisi keuangan dengan periode sebelumnya dan perubahan kondisi kas perusahaan.

#Metode Vertikal

Analisis vertikal membandingkan pos-pos keuangan berbeda dalam satu laporan yang sama untuk periode yang sama, sering disebut sebagai metode statis.

Contoh teknik analisis vertikal meliputi analisis common size, analisis cummon size ini dilakukan dengan cara mengubah tiap pos laporan keuangan suatu perusahaan menjadi persentase dari total, analisis break-even untuk menentukan titik impas, dan analisis rasio keuangan yang mengukur kinerja perusahaan melalui berbagai indikator seperti likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, dan aktivitas.

Selain itu, analisis pertumbuhan digunakan untuk membandingkan perubahan posisi laporan keuangan antar periode, dan analisis industri membandingkan kinerja perusahaan dengan perusahaan lain dalam industri yang sama untuk mengevaluasi penyesuaian finansial yang diperlukan.

Baik itu metode analisis vertikal maupun horizontal memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Format Laporan Keuangan dan Contohnya

Tujuan Analisis Laporan Keuangan

Tujuan analisis laporan keuangan

Salah satu tujuan dari analisis laporan keuangan adalah untuk meningkatkan efisiensi kerja (Credit: Freepik.com)

Analisis laporan keuangan adalah proses mengevaluasi kondisi keuangan dan kinerja perusahaan dengan menggunakan informasi yang terdapat dalam laporan keuangan. Laporan keuangan yang dianalisis umumnya adalah neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan ekuitas.

Beberapa tujuan analisis laporan keuangan adalah sebagai berikut:

1. Memahami Kondisi Keuangan Perusahaan Saat Ini

Analisis laporan keuangan membantu memahami posisi keuangan perusahaan, termasuk aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan pengeluaran pada saat ini. Ini memberikan gambaran umum tentang kesehatan finansial perusahaan.

Dengan memahami struktur keuangan perusahaan, Anda dapat menilai stabilitas keuangannya, kemampuannya untuk memenuhi kewajibannya, dan potensi pertumbuhannya di masa depan.

Contohnya, analisis likuiditas seperti rasio lancar dan rasio cepat menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban/ utang jangka pendeknya, atau rasio solvabilitas seperti debt-to-equity ratio dan debt-to-asset ratio menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban/ utang jangka panjangnya.

2. Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan

Berikutnya, dengan menganalisis rasio keuangan dan tren keuangan suatu perusahaan, dapat dinilai seberapa baik kinerja perusahaan dalam hal profitabilitas, efisiensi, likuiditas, dan analisis solvabilitas. Dengan memahami profitabilitas perusahaan, Anda dapat menilai efektivitas manajemennya, daya saingnya di industri, dan potensi pertumbuhan laba di masa depan.

3. Memprediksi Kinerja Keuangan Perusahaan di Masa Depan

Tidak hanya itu saja, tujuan analisis laporan keuangan juga dapat sebagai alat untuk menganalisis historis laporan keuangan membantu dalam memprediksi kondisi perusahaan berdasarkan kinerja keuangan masa depan. Ini melibatkan proyeksi pendapatan, biaya, arus kas, dan kebutuhan pendanaan.

4. Mengidentifikasi Peluang dan Risiko

Kemudian juga dapat mengidentifikasi potensi peluang pertumbuhan dan investasi serta resiko yang mungkin dihadapi perusahaan. Ini membantu dalam perencanaan strategis dan mitigasi risiko.

Hal ini penting untuk manajemen dalam membuat keputusan strategis yang tepat. Dengan memahami peluang dan risiko perusahaan, Anda dapat mengembangkan strategi perusahaan yang efektif untuk memanfaatkan peluang dan meminimalkan risiko.

Baca Juga: 5 Contoh Analisis Resiko Bisnis dan Cara Analisisnya

5. Membandingkan Kinerja dengan Perusahaan Lain

Berikutnya, juga bisa membandingkan kinerja perusahaan dengan perusahaan lain, cara ini dapat dilakukan dengan metode benchmarking. KKenapa perlu membandingkan kinerja perusahaan dengan suatu perusahaan lainnya.

Contohnya, membandingkan kondisi keuangan pada perusahaan kompetitor, membandingkan apa yang sudah dicapai oleh perusahaan kompetiror, atau dengan membandingkan rasio profitabilitas perusahaan dengan rata-rata industri dapat membantu menentukan apakah perusahaan berkinerja lebih baik atau lebih buruk daripada pesaingnya.

6. Mengevaluasi Efektivitas Manajemen

Tujuan analisis laporan keuangan yang harus Anda pahami selanjutnya adalah sebagai bahan evaluasi, khususnya untuk mengevaluasi efektivitas manajemen dalam menjalankan perusahaan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa manajemen bertanggung jawab atas kinerjanya.

Dengan memahami bagaimana manajemen menggunakan sumber daya perusahaan dan menghasilkan keuntungan, Anda dapat menilai efektivitas kepemimpinannya dan membuat keputusan tentang kompensasi dan retensi manajemen.

7. Membuat Keputusan Investasi

Analisis laporan keuangan juga bisa digunakan sebagai pertimbangan investaasi. Dimana analisis laporan ini digunakan untuk menilai apakah sebuah perusahaan layak untuk diinvestasikan.

Contohnya, analisis discounted cash flow (DCF), metode yang digunakan untuk menghitung nilai intrinsik suatu perusahaan dengan mempertimbangkan arus kas masa depannya.

8. Membuat Keputusan Kredit

Kemudian, juga bisa menjadi pediman dan pertimbangan dari pertimbangan dalam keputusan kredit. Hal ini penting untuk meminimalkan risiko kredit dan memastikan bahwa pinjaman dilunasi tepat waktu.

Dengan memahami kondisi keuangan, kinerja keuangan, dan prospek masa depan perusahaan, pemberi pinjaman dapat memutuskan apakah perusahaan tersebut layak untuk diberikan pinjaman dan berapa banyak yang harus dipinjamkan.

9. Memenuhi Persyaratan Peraturan

Perusahaan mungkin diharuskan untuk menganalisis laporan keuangan mereka untuk memenuhi persyaratan peraturan. Hal ini penting untuk menghindari sanksi dan memastikan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku. Contohnya, perusahaan publik mungkin diharuskan untuk mengungkapkan informasi keuangan tertentu kepada investor.

10. Mengetahui Kas Masuk dan Kas Keluar

Selain untuk mengetahui besarnya laba dan kerugian yang dialami, laporan keuangan juga dapat memberikan informasi tentang kas yang masuk dan keluar. Disini Anda dapat mengetahui berbagai macam transaksi dari bisnis itu, misalnya, pendapatan kotor, pendapatan bersih, biaya administrasi, biaya listrik, biaya telepon, biaya perawatan kantor, dan juga biaya yang lainnya.

11. Mengetahui Arus Kas atau Cash Flow

Disadari atau tidak, dari laporan finance, Anda juga dapat mengetahui kesesuaian antara kas masuk atau cash in dan kas keluar atau cash out. Di bagian arus kas ini, Anda juga dapat mengetahui seberapa besar dana yang masih tersisa. Anda dapat menyimpulkan apakah dana itu cukup atau malah kurang untuk membiayai perkembangan bisnis tersebut ke depannya.

10. Meningkatkan Pengambilan Keputusan

Secara keseluruhan, analisis laporan keuangan dapat membantu untuk meningkatkan pengambilan keputusan di semua tingkatan dalam suatu organisasi. Dengan memahami informasi yang terkandung dalam laporan keuangan, Anda dapat membuat keputusan yang lebih informed dan strategis tentang berbagai aspek bisnis, seperti alokasi modal, manajemen risiko, dan perencanaan strategis.

Penutup

Ternyata tanpa kita sadari, laporan akuntansi itu sangat penting dalam sebuah bisnis. Laporan keuangan dapat membantu Anda mengamati dengan jelas bisnis yang sedang Anda jalankan tersebut.

Anda dapat mengetahui kemajuan, kemunduran, keuntungan, kerugian, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan bisnis yang sedang Anda jalankan tersebut. Sudahkah Anda membuat laporan keuangan?

Jika belum, Anda bisa memanfaatkan software akuntansi Beeaccounting, masukkan data penjualan dan pembelian, laporan keuangan bisa langsung jadi. Klik banner di bawah dan dapatkan akses lifetime Beeaccounting sekarang juga!

Beeaccounting Jual Beli Bayar Laporan Akuntansi Lengkap Jurnal Neraca Laba Rugi Cash Flow

Artikel Terkait

3 Aplikasi Faktur Pembelian untuk Bisnis UMKM
Membuat faktur pembelian, merupakan hal yang rutin untuk dilakukan oleh seorang pebisnis, karena menjadi bukti transaksi bisnis, termasuk memuat seluruh
Baca Juga
Ekonomi Syariah: Pengertian, hingga Perbedaannya dengan Konvensional
Ekonomi syariah merupakan sistem perekonomian yang berpegang pada prinsip syariah Islam. Jika dibandingkan dengan sistem perekonomian konvensional, sistem syariah memiliki
Baca Juga
Akuntansi Aplikasi: Manfaat, Fitur dan Rekomendasi Terbaik 2023
Akuntansi aplikasi saat ini akrab dalam kegiatan bisnis di berbagai perusahaan mulai dari skala menengah hingga besar. Menggunakan aplikasi untuk
Baca Juga
Pengertian Aset Tetap dan Cara Mencatat Penyusutannya
Salah satu elemen yang terpenting dalam sebuah perusahaan yaitu aset. Aset sendiri dibedakan menjadi dua jenis yakni aset tetap dan
Baca Juga
Apa itu Barang Setengah Jadi? Ini Pengertian dan Contohnya
Anda tahu pasir? Tepung? Itu adalah contoh dariproduk setengah jadi yang sering ditemukan di kehidupan sehari-hari. Lantas apa pengertiannya? Sederhananya
Baca Juga
Manfaat Software Akuntansi yang Wajib Anda Tahu
Manfaat software akuntansi bagi perusahaan sudah tidak perlu kita pertanyakan lagi. Bagaimana sistem ini bekerja terbukti dapat menyajikan kemudahan dan
Baca Juga

Artikel Populer

Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu