🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Sisa 3 Hari
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Bisnis Food Truck: Tantangan dan Strategi Pemasarannya

Ingin berbisnis dengan modal rendah dan laba tinggi? Pelajari keuntungan bisnis food truck yang sedang populer di Indonesia dalam artikel ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Saturday, 15 April 2023

Food truck adalah salah satu bisnis kuliner yang sedang populer di Indonesia. Konsep food truck memungkinkan para pelaku usaha kuliner untuk bergerak dengan mobilitas tinggi dan memasarkan produk mereka di berbagai tempat, termasuk di acara-acara outdoor seperti pasar malam, festival musik, atau event lainnya.

Banyaknya event-event semacam ini membuat peluang bisnis foodtruck semakin menjanjikan. Namun, seperti halnya bisnis kuliner lainnya, bisnis food truck juga memiliki tantangan dan risiko yang perlu diperhatikan oleh para calon pengusaha.

Pada artikel ini, akan dibahas potensi dan peluang bisnis foodtruck, keuntungan yang bisa didapatkan, serta tantangan dan tips dalam menjalankan bisnis food truck yang bisa membantu pelaku usaha untuk meraih kesuksesan.

Pengertian Kuliner Food Truck

Bisnis Food Truck

Contoh Bentuk Usaha Food Truck (Credit: Pixel.com/ @ peter Lopez)

Food truck adalah jenis usaha kuliner yang menggunakan truk atau mobil sebagai tempat berjualan makanan dan minuman.

Dalam bisnis ini, pemilik foodtruck biasanya melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain untuk menjual makanan dan minuman kepada pelanggan.

Anda mungkin sering melihat food truck beroperasi di berbagai acara seperti festival musik, pasar malam, atau acara olahraga. Food truck biasanya menawarkan berbagai macam makanan, mulai dari makanan cepat saji hingga hidangan gourmet yang lebih mewah.

Baca Juga: Inspirasi Bisnis dari Tren Makanan Sehat

Keuntungan Bisnis Food Truck

Bisnis kuliner foodtruck semakin populer karena memiliki banyak keuntungan dan peluang yang menarik. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya bisnis food truck yang bermunculan di berbagai kota besar.

Berikut adalah 3 keuntungan bisnis food truck yang perlu diketahui:

1. Modal Awal yang Lebih Rendah

Bisnis food truck memiliki keuntungan modal awal yang lebih rendah dibandingkan bisnis kuliner yang memiliki toko fisik.

Dalam bisnis food truck, investasi awal yang diperlukan meliputi pembelian truk atau mobil dan perlengkapan seperti peralatan dapur dan peralatan servis. Dengan modal awal yang lebih rendah, bisnis food truck menjadi lebih terjangkau bagi para pelaku bisnis kuliner yang ingin memulai usaha.

2. Mobilitas yang Fleksibel

Salah satu keuntungan utama bisnis foodtruck adalah mobilitas yang fleksibel. Foodtruck dapat berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain untuk menjual makanan dan minuman.

Hal ini memberikan keuntungan untuk mengakses pasar yang lebih luas dan beragam. Selain itu, bisnis food truck juga dapat beroperasi di berbagai jenis acara seperti festival musik, pasar malam, atau acara olahraga yang dapat menjangkau lebih banyak konsumen.

3. Pemasaran yang Lebih Mudah

Bisnis food truck juga memiliki keuntungan dalam hal pemasaran. Dalam bisnis foodtruck, truk atau mobil yang digunakan sebagai tempat berjualan dapat dimanfaatkan sebagai alat pemasaran.

Desain truk atau mobil yang menarik dan unik dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan. Selain itu, bisnis food truck juga dapat memanfaatkan media sosial dan platform online untuk memasarkan produknya dan menjangkau konsumen yang lebih luas.

Tantangan dalam Bisnis Food Truck

Food Truck Adalah

Potret Kinerja Pebisnis Kuliner Food Truck (Credit: Freepik.com/ @Artphotostudio)

Bisnis food truck memang memiliki keuntungan yang menarik, namun tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis ini juga memiliki tantangan dan risiko yang perlu diatasi oleh para pelaku bisnis.

Berikut adalah 3 tantangan utama yang sering dihadapi dalam bisnis food truck:

1. Keterbatasan Ruang

Food truck memiliki keterbatasan ruang yang perlu diperhatikan. Karena ukurannya yang terbatas, terkadang sulit untuk menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman yang ingin dijual.

Oleh karena itu, pelaku bisnis perlu memilih menu dengan cermat dan menyesuaikan jumlah persediaan bahan baku yang dibutuhkan agar tidak mengambil terlalu banyak ruang di dalam truk atau mobil.

2. Masalah Teknis pada Truk atau Mobil

Food truck mengandalkan truk atau mobil sebagai kendaraan utama untuk menjual makanan dan minuman. Oleh karena itu, masalah teknis pada kendaraan seperti mesin yang rusak atau ban yang pecah dapat menjadi tantangan dalam bisnis foodtruck.

Hal ini dapat memengaruhi operasional dan menghambat proses penjualan. Penting bagi para pelaku bisnis untuk melakukan perawatan dan perbaikan secara rutin pada kendaraannya agar selalu dalam kondisi yang baik.

3. Persaingan dengan Bisnis Makanan dan Minuman Lainnya

Bisnis makanan dan minuman merupakan bisnis yang sangat kompetitif. Dalam bisnis foodtruck, persaingan dapat menjadi tantangan yang cukup berat. Terkadang lokasi penjualan yang telah ditentukan sudah ditempati oleh pesaing atau konsumen lebih memilih bisnis kuliner lain yang sudah lebih dikenal.

Oleh karena itu, para pelaku bisnis perlu menciptakan menu yang menarik, memberikan pelayanan yang baik, dan memanfaatkan media sosial serta platform online untuk memperluas jangkauan pasar.

Modal untuk Mendirikan Usaha Food Truck

Biaya atau modal usaha foodtruck bisa bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti lokasi operasi, jenis truk yang digunakan, peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan, dan lain sebagainya.

Secara umum, perkiraan biaya atau modal usaha foodtruck bisa mencapai puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

Berikut beberapa komponen biaya atau modal usaha foodtruck yang perlu dipertimbangkan:

1. Biaya Akuisisi Truk atau Mobil

Biaya akuisisi truk atau mobil bisa menjadi komponen biaya terbesar dalam memulai bisnis food truck. Anda bisa membeli truk atau mobil bekas atau baru, tergantung dari kondisi keuangan Anda dan kebutuhan bisnis Anda.

2. Biaya Peralatan dan Perlengkapan

Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam operasional foodtruck meliputi peralatan dapur, seperti kompor, oven, kulkas, dan perlengkapan makan seperti piring, gelas, sendok, dan garpu. Pastikan untuk memilih peralatan dan perlengkapan yang berkualitas dan tahan lama agar tidak sering rusak dan memakan biaya perbaikan yang besar.

3. Biaya Perizinan dan Legalitas

Untuk beroperasi sebagai bisnis food truck, Anda memerlukan izin usaha dan legalitas dari pihak yang berwenang, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, dan Dinas Perhubungan. Pastikan untuk memahami persyaratan dan biaya yang dibutuhkan untuk memperoleh izin dan legalitas tersebut.

4. Biaya Bahan Baku dan Persediaan

Biaya bahan baku dan persediaan makanan juga perlu dipertimbangkan. Pastikan untuk memilih bahan baku yang berkualitas dan memperhitungkan biaya yang dibutuhkan untuk membeli stok persediaan makanan dan minuman yang cukup.

5. Biaya Pemasaran dan Promosi

Untuk memperkenalkan bisnis foodtruck Anda, biaya pemasaran dan promosi juga perlu dipertimbangkan. Anda bisa memanfaatkan media sosial, membuat brosur atau kartu nama, atau berpartisipasi dalam event-event tertentu.

Sebelum memulai bisnis food truck, sebaiknya Anda membuat perencanaan bisnis yang matang dan melakukan riset pasar untuk memahami potensi pasar dan kompetitor. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan biaya atau modal usaha yang dibutuhkan dengan lebih akurat.

Baca Juga: 8 Cara Memulai Bisnis Kuliner Untuk Pemula

Tips Bisnis Kuliner Food Truck agar Laris Manis

Ada beberapa tips bisnis food truck agar laris manis yang mungkin jarang diketahui, antara lain:

1. Kreatif dalam Penyajian Makanan

Selain menu dan rasa makanan, penyajian makanan juga bisa menjadi daya tarik bagi konsumen. Anda bisa mencoba untuk kreatif dalam penyajian makanan, misalnya dengan membuat makanan yang unik, menarik, dan instagramable.

2. Mengadakan Event Khusus

Mengadakan event khusus, seperti acara musik, festival kuliner, atau bazaar makanan, bisa menjadi cara untuk menarik perhatian konsumen dan memperluas jangkauan pasar. Selain itu, event khusus juga bisa menjadi kesempatan untuk memperkenalkan bisnis foodtruck Anda kepada masyarakat.

3. Memiliki Branding yang Kuat

Branding yang kuat bisa membuat bisnis foodtruck Anda lebih mudah dikenali oleh konsumen. Buatlah logo dan desain yang menarik dan mudah diingat. Selain itu, pastikan juga konsistensi branding pada truk atau mobil, kemasan makanan, dan media promosi lainnya.

4. Memperhatikan Faktor Cuaca

Ketika Anda beroperasi di luar ruangan, faktor cuaca bisa mempengaruhi jumlah pengunjung yang datang ke food truck Anda. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kondisi cuaca dan menyesuaikan strategi pemasaran dan operasional.

Misalnya, ketika cuaca sedang panas, Anda bisa menawarkan minuman dingin atau menu makanan yang ringan.

5. Menawarkan Promosi yang Menarik

Promosi yang menarik bisa menjadi cara untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan. Anda bisa mencoba memberikan promo, seperti diskon, free item, atau loyalty program. Pastikan juga promosi yang Anda tawarkan bisa memberikan manfaat bagi konsumen dan tidak merugikan bisnis Anda.

Cta Beepos Software Kasir Khusus Usaha Makanan Dan Minuman

Ada bisa menggunakan software kasir online Beepos, selain sistem kasir yang bisa meningkatkan efisiensi pelayanan Anda juga bisa membuat deretan program promos, diskon sampai loyaliti ptogram secara terpusat.

Tidak perlu khawatir rugi karena Anda bisa melakukan analisa pada laporan keuangan yang sudah dibuat secara otomatis. Kapan lagi bisa buat program kasir lengkap dengan akuntansi? Cek selengkapnya pada banner di bawah ini:

Artikel Terkait

11 Kunci Sukses Bisnis Rumah Makan Sederhana, Dijamin Cuan!
Rumah makan sederhana adalah salah satu bisnis kuliner yang dibutuhkan banyak kalangan. Logikanya, setiap manusia membutuhkan makan dan bisnis kuliner
Baca Juga
5+ Konsep Pelayanan Prima jadi Kunci Gaet Pelanggan
Berbagai bidang industri/bisnis pasti memproduksi produk maupun jasa untuk pelanggan. Ketika berhubungan dengan pelanggan, pastikan untuk menerapkan konsep pelayanan prima
Baca Juga
Promosi Penjualan: Strategi, Jenis, Contoh & Manfaatnya
Promosi penjualan menjadi bagian yang tidak terpisahkan lagi bagi para pelaku bisnis, sebab strategi ini menjadi salah satu kunci utama
Baca Juga
Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan Bagi Perintis Bisnis
Saat zaman beralih serba digital, ada berbagai peluang usaha di desa yang bisa dirintis untuk memulai bisnis. Orang tidak perlu
Baca Juga
17+ Ide Jualan Jajanan Ringan Kekinian, Cocok Jadi Cemilan!
Pengen buka usaha rumahan, usaha sampingan, usaha modal minim untung besar? Jualan jajanan ringan bisa jadi pilihan Anda. Dimana jajanan
Baca Juga
Apa itu Model Bisnis? Ini Pengertian, Jenis dan Contohnya
Menentukan model bisnis sebelum membuka usaha adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap pelaku usaha, dimana dengan menentukan modelnya terlebih
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Monday, 31 October 2022
7 Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini
Baca Juga
Saturday, 3 February 2024
Contoh Laporan Kegiatan Usaha dan Cara Membuatnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu