Logo Bee Web

Begini Rumus Laba Bersih Sederhana untuk UMKM

Ada banyak cara rumus menghitung laba bersih usaha, namun artikel ini akan membahas 3 cara paling umum laba bersih untuk usaha kecil
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 20 August 2022

Apakah Anda seorang pemilik usaha kecil yang bertanya-tanya bagaimana cara menghitung atau rumus laba bersih untuk usaha Anda? Meskipun ada formula yang lebih kompleks di luar sana, formula laba bersih sederhana untuk usaha kecil ini dapat memberi Anda cara cepat dan mudah untuk memperkirakan penghasilan Anda.

Apa itu Laba Bersih?

Laba bersih sangat penting bagi perusahaan karena memberikan informasi tentang seberapa efisien perusahaan dalam mengelola biaya operasionalnya. Hal ini sangat penting bagi para pemegang saham dan investor untuk menentukan apakah perusahaan tersebut sehat atau tidak.

Laba bersih juga dikenal sebagai pendapatan bersih atau net profit. Untuk menghitung laba, perusahaan harus mengurangi biaya operasional dari pendapatan.

Baca Juga: Apa itu Laba Rugi? Dan Bagaimana Cara Membuat Laporannya?

Manfaat Jika Tahu Laba Bersih

Yang terpenting adalah dapat digunakan untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan. Hal ini karena laba bersih mencerminkan selisih antara pendapatan kotor dan biaya operasional perusahaan. Jika laba bersih perusahaan tinggi, maka berarti perusahaan mampu mengoptimalkan pendapatannya dan menekan biaya operasionalnya.

Pentingnya Laporan Laba Bersih Untuk Usaha Kecil

Pentingnya Laporan Laba Bersih Untuk Usaha Kecil (Sumber: Freepik.com)

Sebaliknya, jika laba bersih perusahaan rendah, maka berarti perusahaan kurang efisien dalam mengelola biaya operasionalnya atau kurang efektif dalam mengoptimalkan pendapatannya.

Laba bersih digunakan untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan dan memberikan gambaran tentang seberapa efisien perusahaan dalam mengelola biaya operasionalnya.

Ada beberapa manfaat utama dari laba bersih bagi perusahaan, yaitu:

  1. Menentukan kinerja keuangan perusahaan
  2. Memberikan gambaran tentang efisiensi perusahaan
  3. Menentukan seberapa efektif perusahaan dalam mengoptimalkan pendapatannya
  4. Menentukan seberapa efisien perusahaan dalam menggunakan sarana dan prasarana
  5. Menentukan seberapa efektif perusahaan dalam melakukan pemasaran

Selain itu, laba bersih juga digunakan untuk menentukan dividen yang akan dibagikan kepada para pemegang saham. Semakin besar laba bersih perusahaan, semakin besar pula dividen yang akan dibagikan. Oleh karena itu, para pemegang saham dan investor sangat mencermati laba bersih perusahaan sebelum memutuskan untuk investasi.

Siapa Saja yang Butuh Tahu Laba Bersih?

Siapa pun yang tertarik dengan kesehatan keuangan perusahaan harus tahu tentang laba bersih. Seperti Owner, Founder bahkan Investor.

Karena ini adalah metrik keuangan utama yang mengukur keberhasilan perusahaan.

Cara Menghitung Laba Bersih

Ada beberapa rumus berbeda untuk menghitung laba bersih, tetapi metode yang paling umum adalah mengurangi total pengeluaran dari total pendapatan. Perhitungan ini akan memberi Anda gambaran yang jelas tentang berapa banyak keuntungan yang sebenarnya dihasilkan bisnis Anda.

Ilustrasi Sedang Menghitung Pendapatan Usaha

Ilustrasi Sedang Menghitung Pendapatan Usaha (Sumber: Pexels.com)

Rumus menghitung laba bersih, pertama-tama Anda harus mengumpulkan total pendapatan dan total pengeluaran Anda untuk jangka waktu tertentu. Ini bisa untuk sebulan, kuartal, atau tahun. Setelah Anda memiliki angka-angka itu, cukup kurangi pengeluaran Anda dari pendapatan Anda untuk mendapatkan laba bersih Anda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Laporan Laba Rugi Cepat & Mudah

Penting untuk diingat bahwa laba bersih tidak sama dengan laba kotor. Laba kotor adalah total pendapatan Anda dikurangi beban pokok penjualan. Angka ini dapat membantu dalam menentukan profitabilitas Anda, tetapi tidak memberikan gambaran lengkap karena tidak memperhitungkan semua pengeluaran lainnya.

Rumus Menghitung Pendapatan Usaha

Formula yang paling umum dan paling sederhana untuk rumus laba bersih adalah ..

Laba Bersih = Total Pendapatan - Total Pengeluaran

Namun, formula ini tidak memperhitungkan faktor-faktor penting tertentu, seperti pajak dan bunga. Akibatnya, itu tidak selalu akurat.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat tentang laba bersih Anda, Anda perlu memperhitungkan semua pendapatan dan pengeluaran Anda, termasuk pajak dan bunga. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan rumus pendapatan bersih, yaitu..

Laba Bersih = (Total Pendapatan - Total Pengeluaran) / Total Pendapatan

Formula ini akan memberi Anda gambaran yang lebih akurat tentang laba bersih Anda, dan membantu Anda membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan ketika menghitung laba bersih adalah kewajiban pajak Anda. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan rumus margin laba setelah pajak, yaitu..

Laba Bersih = (Total Pendapatan - Total Pengeluaran - Pajak) / Total Pendapatan

Formula ini memperhitungkan kewajiban pajak Anda, dan akan membantu Anda membuat keputusan bisnis yang lebih tepat.

Penting untuk diingat bahwa laba bersih Anda hanyalah perkiraan. Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi penghasilan Anda yang sebenarnya, seperti pengeluaran satu kali atau pendapatan tak terduga. Namun, formula ini dapat memberi Anda titik awal yang baik untuk memahami profitabilitas bisnis Anda.

Contoh Laporan Laba Bersih untuk Usaha Kecil

Contoh laporan laba bersih untuk usaha kecil seperti berikut :

Contoh Laporan Laba Untuk Usaha Kecil

Contoh Simple Laporan Laba Untuk Usaha Kecil (Sumber: Pandubizniz.com)

Contoh lain laporan pendapatan untuk perusahaan jasa sebagai berikut :

Contoh Laporan Laba Bersih Untuk Usaha Jasa

Contoh Laporan Laba Bersih Untuk Usaha Jasa (Sumber: Jubelio.com)

Bagaimana Cara Meningkatan Pendapatan Usaha?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan laba bersih mereka, seperti meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya operasional, atau meningkatkan efisiensi operasional.

Cara lain untuk meningkatkan pendapatan, perusahaan harus terus-menerus memonitor dan menganalisis laporan keuangan mereka. Hal ini penting untuk dilakukan agar perusahaan dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Selain itu, perusahaan juga harus selalu up-to-date dengan teknologi terbaru dan tren pasar untuk memastikan bahwa mereka dapat bersaing dengan perusahaan lain.

Salah satu teknologi yang bisa digunakan untuk monitor atau menganalisa keuntungan perusahaan secara realtime adalah dengan menggunakan software akuntansi, contohnya adalah Beecloud.

Dengan bantuan software, Anda tidak perlu lagi membuat laporan keuangan secara manual dan membutuhkan waktu berhari-hari. Cukup 1x klik, pakai Beecloud Anda sebagai Owner bisa pantau laporan secara langsung tanpa repot minta ke bagian Finance atau Admin.

Kesimpulan

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa laba bersih sangat penting bagi perusahaan, baik untuk mengukur kinerja keuangan maupun untuk menentukan dividen. Para pemegang saham dan investor sangat mencermati laba bersih perusahaan sebelum memutuskan untuk investasi.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Mengetahui Pengertian Kas, Jenis, dan Cara Mengelolanya
Definisi kas secara umum adalah harta kekayaan sebuah perusahaan. Pemahaman tentang hal ini tentu sangat penting, terutama bagi pebisnis yang
Baca Juga
15 Jenis Investasi yang Aman dan Menguntungkan
Ketika kita memasuki dunia keuangan, salah satu konsep yang tidak dapat dihindari adalah jenis investasi. Mengetahui berbagai opsi investasi menjadi
Baca Juga
Cara Menghitung Variabel Costing dan Penjelasan Lainnya
Dalam dunia industri dan produksi, pemilik usaha harus dapat menentukan biaya produksi yang tepat agar tidak terjadi kerugian. Ada setidaknya
Baca Juga
Pengertian, Fungsi & Cara Menyusun Neraca Keuangan Perusahaan
Neraca keuangan perusahaan adalah salah satu yang paling dalam menjalankan sebuah usaha. Di bidang akuntansi dan manajemen, laporan keuangan adalah
Baca Juga
7+ Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan
Sekilas, menyusun laporan keuangan usaha memang terdengar mudah. Akan tetapi, nyatanya masih banyak perusahaan yang belum benar-benar paham cara membuat
Baca Juga
Rumus BEP dan Cara Menghitungnya Lengkap serta Contoh
Dalam ilmu ekonomi, istilah BEP atau Break Even Point ini pasti sering dijumpai. Istilah ini sering ditemukan ketika membahas mengenai
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu