Web Logo Bee
Penulis: Lutfatul Malihah

Sistem Ekonomi Campuran: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 3 March 2023

Sistem ekonomi campuran adalah suatu sistem yang menggabungkan aspek pemerintahan dan swasta dalam mengelola perekonomian suatu negara. Dalam sistem ini, pemerintah berperan sebagai regulator dan pengatur pasar.

Sementara sektor swasta sebagai pengusaha penyedia barang dan jasa yang diperlukan. Sistem ekonomi ini dipandang sebagai pendekatan yang menguntungkan karena mampu mencapai tujuan kesejahteraan masyarakat dan keuntungan sektor swasta secara seimbang.

Namun, sama halnya sistem ekonomi lain, ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Artikel berikut akan membahas lebih lanjut tentang sistem ekonomi jenis campuran, ciri-ciri, kelebihan, kekurangan, serta beberapa contoh yang diterapkan di Indonesia.

Apa Itu Sistem Ekonomi Campuran?

Sistem Ekonomi Campuran Adalah

Sistem ekonomi dimana kegiatan ekonomi diatur oleh campuran antara pasar dan pemerintah. Dalam sistem ini, pasar masih memainkan peran penting dalam menentukan alokasi sumber daya, tetapi pemerintah juga ikut mengontrol dan mengatur pasar.

Biasanya pemerintah berperan dalam mengatur pasar melalui kebijakan fiskal dan moneter, seperti pajak, subsidi, dan suku bunga. Selain itu, pemerintah juga bisa mengeluarkan regulasi dan aturan yang mengatur kegiatan bisnis dan perlindungan konsumen.

Pemerintah berupaya untuk mencapai tujuan sosial dan ekonomi yang berbeda, seperti pemerataan pendapatan, stabilitas harga, dan pengurangan pengangguran, sembari tetap mempertahankan keuntungan dan efisiensi dari pasar.

Sistem ekonomi ini biasanya diterapkan di negara-negara maju, seperti Amerika Serikat, Jepang, dan negara-negara Eropa Barat.

Ciri Ciri Sistem Ekonomi Campuran

Pasar Persaingan Senpurna Adalah

Hadirnya Pemerintah Menjadi Ciri Khas Ekonomi Campuran (Sumber: Freepik.com0

Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari sistem ekonomi jenis campuran yang perlu dipahami secara lebih detail, antara lain:

1. Kehadiran Pasar dan Pemerintah

Sistem ekonomi ini memiliki ciri-ciri yang memadukan kehadiran pasar dan pemerintah dalam mengatur kegiatan ekonomi.

Pasar di sini merujuk pada mekanisme pasar yang memungkinkan terjadinya interaksi antara penjual dan pembeli dalam menentukan harga, produksi, dan konsumsi barang dan jasa.

Sementara pemerintah memiliki peran dalam mengontrol dan mengatur pasar dengan memperkenalkan berbagai macam kebijakan yang bertujuan untuk mencapai tujuan ekonomi dan sosial tertentu.

2. Peran Pemerintah yang Signifikan

Dalam sistem ekonomi ini, peran pemerintah menjadi sangat penting karena pemerintah harus mengatur pasar untuk mencapai tujuan ekonomi dan sosial tertentu.

Pemerintah berupaya untuk memperkenalkan berbagai macam kebijakan fiskal dan moneter serta regulasi dan aturan yang mengatur kegiatan bisnis dan perlindungan konsumen.

Beberapa kebijakan fiskal yang bisa dilakukan oleh pemerintah adalah seperti pajak, subsidi, dan transfer pendapatan, sedangkan kebijakan moneter mencakup suku bunga, cadangan bank sentral, dan pengaturan jumlah uang beredar.

3. Adanya Keseimbangan antara Kepentingan Individu dan Masyarakat

Dalam sistem ekonomi campuran, pemerintah berupaya untuk mencapai tujuan sosial dan ekonomi yang berbeda, seperti pemerataan pendapatan, stabilitas harga, dan pengurangan pengangguran, tetapi tetap mempertahankan keuntungan dan efisiensi pasar.

Oleh sebab itu, dalam hal ini pemerintah harus memperhatikan kepentingan individu dan masyarakat secara bersamaan.

4. Adanya Intervensi Pemerintah untuk Mengatasi Ketimpangan Ekonomi

Pemerintah bisa melakukan berbagai macam kebijakan, seperti kebijakan redistribusi pendapatan, subsidi, dan perlindungan sosial lainnya untuk mengurangi ketimpangan ekonomi. Hal ini sangat penting dalam menjaga keadilan sosial di masyarakat.

5. Adanya Kebebasan Individu dalam Memilih

Meskipun pemerintah mengambil peran penting dalam mengatur pasar, individu masih memiliki kebebasan dalam memilih dan mengambil keputusan ekonomi.

Pasar memungkinkan individu untuk melakukan interaksi antara penjual dan pembeli dalam menentukan harga hingga produksi.

Kelebihan Sistem Ekonomi Campuran

Sistem Ekonomi

Praktek Sistem Pasar Campuran Ditinjau Bisa Meningkatkan Perekonomian (Sumber: Freepik.com)

Sistem ekonomi ini memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan populer di berbagai negara. Beberapa kelebihannya adalah sebagai berikut, antara lain:

1. Menjaga Keseimbangan Antara Kebebasan dan Pengaturan

Kelebihan utamanya adalah kemampuan untuk menjaga keseimbangan antara kebebasan individu dan pengaturan pemerintah. Sistem ini memungkinkan individu diberikan kebebasan untuk memilih dan mengambil keputusan dalam kegiatan ekonomi mereka.

Pemerintah juga memiliki peran dalam mengatur dan membatasi kegiatan ekonomi agar tidak menimbulkan dampak negatif terhadap masyarakat atau lingkungan.

2. Meningkatkan Kesejahteraan Sosial

Sistem ekonomi ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan sosial. Pemerintah memiliki peran dalam memberikan dukungan kepada kelompok yang kurang mampu, seperti pendanaan pendidikan, kesehatan, dan layanan publik.

Hal ini dapat meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan bagi masyarakat yang membutuhkan.

3. Mengurangi Ketimpangan Sosial

Selain itu, sistem ini juga bisa membantu mengurangi ketimpangan sosial. Pemerintah dapat memberikan bantuan kepada kelompok masyarakat yang kurang mampu dan menerapkan kebijakan yang adil untuk mendistribusikan sumber daya dan kesempatan ekonomi.

Hal ini akan membantu meningkatkan kesejahteraan dan meminimalkan kesenjangan antara kelompok sosial yang berbeda.

4. Meningkatkan Efisiensi dan Inovasi

Sistem memungkinkan sektor swasta memiliki kebebasan untuk melakukan inovasi dan berinvestasi dalam kegiatan ekonomi.

Sementara itu, pemerintah dapat memberikan dukungan dan insentif bagi perusahaan yang berinvestasi dalam sektor-sektor yang dianggap strategis untuk pertumbuhan ekonomi.

5. Meningkatkan Keberlanjutan Lingkungan

Pemerintah berperan untuk mengatur penggunaan sumber daya alam dan lingkungan agar tetap berkelanjutan dan tidak mengalami kerusakan yang parah. Hal ini bisa membantu menjaga keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan keberlanjutan lingkungan.

Kekurangan Sistem Ekonomi Campuran

Ide Jualan Bulan Puasa

Untuk Menunjang Kesuksesan Praktek Sistem Ekonomi Campuran Pemerintah Perlu Mengeluarkan Banyak Biaya (Sumber: Freepik.com)

Selain memiliki kelebihan, sistem ekonomi ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa kekurangannya, antara lain:

1. Kurangnya Keterbukaan dan Persaingan

Dalam sistem ekonomi ini, pemerintah memiliki peran dalam mengatur kegiatan ekonomi, termasuk dalam pengambilan keputusan investasi dan alokasi sumber daya.

Hal ini bisa menyebabkan kurangnya keterbukaan dan persaingan dalam pasar, sehingga menghambat inovasi dan pertumbuhan ekonomi.

2. Risiko Intervensi Pemerintah

Intervensi pemerintah dalam kegiatan ekonomi dapat menyebabkan risiko, seperti korupsi, birokrasi, dan ketergantungan pada kebijakan pemerintah.

Ketika pemerintah terlalu banyak campur tangan dalam ekonomi, hal ini bisa menyebabkan keputusan yang kurang tepat sehingga bisa menghambat pertumbuhan ekonomi.

3. Biaya Tinggi untuk Kesejahteraan Sosial

Pemerintah perlu memberikan dukungan dan layanan publik untuk kelompok yang kurang mampu, seperti program kesehatan dan pendidikan. Hal ini akan membebani anggaran pemerintah yang dapat mengurangi dana untuk kegiatan ekonomi lainnya.

4. Kurangnya Inisiatif Swasta

Ketika pemerintah banyak campur tangan dalam kegiatan ekonomi, maka bisa mengurangi inisiatif swasta untuk berinvestasi dan melakukan inovasi. Seiring dengan itu, hal ini juga bisa mengurangi produktivitas sektor swasta dan menghambat pertumbuhan ekonomi.

5. Tergantung pada Kondisi Ekonomi Global

Sistem ekonomi ini dapat sangat bergantung pada kondisi ekonomi global, termasuk pasar internasional dan kebijakan perdagangan internasional. Jika terjadi gangguan atau krisis ekonomi global, maka pertumbuhan ekonomi akan terpengaruh

Contoh Sistem Ekonomi Campuran

Rumah Subsidi

Potret Rumah Subsidi yang Disediakan Pemerintah (Sumber: gardaoto.com)

Sistem ekonomi ini menjadi suatu sistem yang melibatkan peran pemerintah dan swasta dalam mengelola perekonomian sebuah negara. Pemerintah dan sektor swasta bekerja sama untuk menyediakan barang dan jasa yang diperlukan oleh masyarakat.

Beberapa contoh dari sistem ekonomi jenis campuran yang diterapkan di Indonesia adalah program rumah subsidi, BPJS Kesehatan, dan bantuan UMKM.

1. Rumah Subsidi

Contoh sistem ekonomi jenis campuran karena melibatkan peran pemerintah dan swasta dalam penyediaan hunian terjangkau bagi masyarakat. Dalam hal ini, pemerintah bertindak sebagai regulator dan penyedia dana untuk program perumahan subsidi.

Sementara sektor swasta berperan sebagai pengembang dan kontraktor dalam membangun rumah-rumah subsidi.

2. BPJS Kesehatan

Program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Ini dianggap sebagai contoh sistem ekonomi jenis campuran karena ada campur tangan pemerintah dan swasta dalam penyediaan layanan kesehatan.

3. Bantuan UMKM

Pemerintah memberikan dukungan dalam hal pengembangan usaha terutama bagi usaha kecil, mikro, dan menengah atau UMKM. Contohnya adalah adanya kredit usaha murah bagi pemilik usaha yang membutuhkan dana dan ini biasanya tersedia di bank milik pemerintah.

Dari bantuan UMKM ini pebisnis bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam pengelolaan bisnisnya. software akuntansi online Beecloud menjadi solusi scale up bisnis, membantu dalam pengelolaan keuangan sampai stok barang. Dengan navigasi aplikasi yang mudah siapa saja bisa menggunakannya.

Beecloud Untuk Laporan Keuangan Usaha Umkm

Sistem ekonomi ini adalah suatu sistem yang menggabungkan unsur-unsur dari sistem ekonomi pasar dan sistem ekonomi komando.

KESIMPULAN

Dalam sistem ekonomi campuran, pemerintah memainkan peran dalam mengatur dan mengendalikan kegiatan ekonomi, sementara pasar masih memainkan peran penting dalam menentukan harga dan alokasi sumber daya.

Biaya Peluang Adalah, Jenis, Manfaat, dan Cara Menghitung
Biaya peluang adalah biaya yang hilang karena digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang lain. Fungsinya ialah sebagai tolak ukur dari biaya […]
Baca Juga
Mengenal E Wallet Serta Cara Kerja dan Jenisnya di Indonesia
Seiring berkembangnya teknologi manusia kian diberi kemudahan dalam berbagai hal, salah satunya saat melakukan pembayaran transaksi online digital. Transaksi digital […]
Baca Juga
Download 3+ Template Catatan Pengeluaran Bulanan
Membahas mengenai catatan pengeluaran bulanan tentu tidak lepas dari tujuan untuk mengatur pengeluaran bulanan agar finansial tetap dalam kondisi baik […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu