Web Logo Bee
Penulis: Lutfatul Malihah

Balance Adalah Keseimbangan, Apa Kaitannya dengan Akuntansi?

Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 14 January 2023

Balance adalah konsep penting yang terkait dengan keuangan dan akuntansi. Balance menunjukkan keseimbangan yang diperlukan antara pendapatan dan pengeluaran, antara aktiva dan pasiva, dan antara jumlah debit dan kredit akun.

Selain itu Balance artinya juga menjadi dasar untuk setiap laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan. Penasaran, Apa itu balance? bagaimana membuat laporan yang balance, dan mengapa balance penting dalam dunia finansial.

Apa Itu Balance?

Seimbang

Adanya Balance Pada Laporan Menunjukan Kebenaran pada Alur Keuangan Sebuah Bisnis (Sumber: Freepik.com)

Balance adalah jumlah uang yang tersedia pada akun Anda setelah mempertimbangkan semua transaksi yang telah dilakukan. Balance artinya juga merujuk pada keseimbangan yang diperlukan dalam kehidupan untuk mencapai kesejahteraan dan kesehatan mental.

Dari penjelasan di atas, balance artinya cukup penting dalam dunia finansial. Dengan mencapai dan menjaga keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran, seseorang dapat mencapai tujuan keuangannya dan menghindari masalah keuangan.

Memastikan bahwa seseorang dapat menghasilkan cukup pendapatan untuk membayar tagihan, biaya hidup, dan menabung untuk masa depan sebagai langkah penting untuk menciptakan keseimbangan keuangan.

Apa yang Dimaksud dengan Balance Dalam Akuntansi?

Dalam akuntansi, balance adalah sebuah hal merujuk pada jumlah saldo akun yang ditampilkan pada jendela saldo. Balance mencerminkan semua transaksi yang telah dilakukan dalam akun dan merupakan dasar untuk setiap laporan keuangan.

Untuk itu Balance artinya juga dapat digunakan untuk mengikuti aliran kas dan untuk mengidentifikasi perubahan dalam akun yang dapat mempengaruhi keseimbangan keuangan. Balance juga digunakan untuk menentukan apakah transaksi yang dicatat telah diklasifikasikan dan dibuat dengan benar pada laporan keuangan. Salah satunya laporan neraca.

Tidak hanya itu saja, laporan dari saldo keuangan setiap laporan akuntansi juga dapat digunakan untuk melacak aktivitas bisnis dan menganalisis data keuangan untuk membuat keputusan strategis.

Dengan memantau balance, perusahaan dapat memastikan bahwa laporan keuangan mereka akurat dan dapat membuat keputusan yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis mereka.

Apa itu Laporan Neraca Saldo (Trial Balance)?

balance

Perhitungan Tepat Menjadi Faktor Laporan Neraca Balance (Sumber: Freepik.com)

Laporan Neraca Saldo (Trial Balance) adalah laporan keuangan yang menyajikan akun-akun pada titik waktu tertentu untuk mengecek apakah jumlah debit dan kredit balance. Laporan ini berisi semua akun yang ada di buku besar, termasuk akun-akun persediaan, pendapatan, biaya, beban, aktiva, pasiva, dan modal.

Baca Juga: Contoh Neraca Saldo dan Cara Praktis Membuatnya

Laporan ini biasanya digunakan oleh akuntan untuk mengecek apakah jumlah debit sama dengan jumlah kredit, sehingga memastikan bahwa transaksi-transaksi yang dicatat telah diklasifikasikan dan dibuat dengan benar.

Setiap akun memiliki saldo debet atau saldo kredit, tergantung pengaruh transaksi keuangan terhadap akun tersebut. Laporan ini dipergunakan untuk memeriksa apakah jumlah debet dan kredit saldo akun-akun yang terdapat dalam sistem akuntansi perusahaan sama atau tidak.

Jika jumlah debet dan kredit saldo akun-akun sama, maka laporan neraca saldo dikatakan balance atau seimbang. Namun jika jumlah debet dan kredit saldo akun-akun tidak sama, maka laporan neraca saldo tidak balance atau tidak seimbang.

Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kesalahan pencatatan transaksi keuangan yang perlu diperbaiki agar laporan neraca saldo kembali seimbang.

Fungsi lain dari neraca saldo adalah dapat mengidentifikasi salah saji yang mungkin terjadi dalam buku besar dan untuk mengidentifikasi akun-akun yang tidak balance. Jika laporan ini tidak balance, akuntan harus mencari penyebabnya dan mengoreksinya agar laporan keuangan akurat.

Laporan ini juga berguna untuk mengecek apakah laporan keuangan telah disusun dengan benar dan untuk mengidentifikasi transaksi yang mungkin belum dicatat.

Apakah Laporan Neraca Harus Balance?

Jawabannya ya, laporan neraca adalah laporan keuangan yang menggambarkan aktiva, kewajiban, dan ekuitas suatu perusahaan pada suatu titik waktu tertentu.

Aktiva sendiri merupakan sumber-sumber kekayaan perusahaan yang diperoleh melalui usaha atau transaksi yang dilakukan oleh perusahaan. Sedangkan pasiva adalah kewajiban perusahaan kepada pihak-pihak lain.

Dalam laporan neraca, aktiva harus sama dengan pasiva. Artinya, jumlah aktiva harus sama dengan jumlah pasiva. Jika aktiva dan pasiva tidak sama, maka laporan neraca tidak balance atau tidak seimbang.

Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kekurangan atau kelebihan yang perlu dicari penyebabnya dan diatasi agar laporan neraca kembali seimbang. Salah satu hal paling krusial yang wajib balance adalah laporan debit dan kredit.

Balance Debit dan Kredit

Laporan Neraca Lajur

Balance Artinya dalam Laporan Keuangan Salah Satunya Adalah Debit dan Kredit (Sumber: Freepik.com)

Debit dan kredit adalah istilah yang digunakan dalam akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan transaksi keuangan. Debit dan kredit digunakan untuk menunjukkan apakah transaksi tersebut menambah atau mengurangi saldo akun yang bersangkutan.

Debit adalah jumlah uang yang didebit (dikurangi) dari saldo akun, sedangkan kredit adalah jumlah uang yang dikredit (ditambahkan) ke saldo akun. Kedua istilah ini digunakan dalam akuntansi untuk merujuk pada proses mencatat transaksi ke dalam buku besar.

Debit dan kredit digunakan untuk mencatat transaksi secara akurat. Setiap transaksi yang telah dicatat harus memenuhi aturan dasar akuntansi yang disebut Prinsip Debit dan Kredit.

Prinsip ini menyatakan bahwa untuk setiap transaksi, satu akun akan didebit dan satu akun lainnya akan dikredit. Dengan menggunakan debit dan kredit, saldo akun akan selalu balance dan laporan keuangan akan dapat dipertanggungjawabkan.

Debit dan kredit tidak hanya digunakan dalam pencatatan transaksi keuangan, tetapi juga dapat digunakan dalam penyusunan laporan keuangan seperti laporan neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Namun, debit dan kredit yang digunakan dalam laporan keuangan tidak sama dengan debit dan kredit yang digunakan dalam pencatatan transaksi keuangan.

Dalam laporan keuangan, debit dan kredit digunakan untuk menunjukkan posisi aktiva dan pasiva, bukan untuk menunjukkan pengaruh transaksi keuangan terhadap saldo akun.

Adapun rumus sederhana dari debit dan kredit balance adalah sebagai berikut:

A = L + E
A = Aset L = Liabilitas E = Ekuitas

Contoh Neraca Saldo

Berikut Contoh Laporan Neraca Saldo Balance

Contoh Neraca Saldo Setelah Penyesuaian

Contoh Neraca Saldo Seimbang, Setelah Penyesuaian (Sumber: Bee.id)

Pada gambar di atas bisa terlihat bahwa saldo Debit dan Kredit nilainya sama, yang berarti neraca saldo ini sudah balance atau seimbang.

Contoh Laporan Neraca Saldo Tidak Balance

Contoh Laporan Neraca Saldo Tidak Balance

Contoh Neraca Saldo Tidak Seimbang (Sumber: Bee.id)

Dari contoh di atas, terlihat bahwa jumlah debet saldo akun-akun adalah Rp. 650.000 dan jumlah kredit saldo akun-akun adalah Rp 475.000. Sehingga laporan neraca saldo di atas tidak balance atau tidak seimbang.

Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kesalahan pencatatan transaksi keuangan yang perlu diperbaiki agar laporan neraca saldo kembali seimbang.

Cara Mudah Buat Laporan Neraca Balance

Beecloud Laporan Akuntansi Jurnal Neraca Buku Besar

Beecloud Laporan Akuntansi Jurnal Neraca Buku Besar

Cara mudah membuat laporan neraca tanpa pusing lagi menemukan laporan yang salah karena tidak balance-balance, bisa Anda dapatkan dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud yang bisa secara otomatis membuat laporan tanpa perlu ribet.

Pembuatan laporan neraca sendiri menjadi sebuah tantangan bagi sebagian besar orang, apalagi mereka yang tidak terlalu paham dengan laporan akuntansi. Anda cukup gunakan Beecloud dengan beragam fitur yang menguntungkan dan memudahkan.

Mulai dari laporan akurat, bisa diakses dimana saja, cek stok barang di gudang tanpa perlu langsung kesana, mengetahui volume penjualan, limit hutang hingga laba rugi yang didapatkan pada bisnis Anda. Untuk pengguna pertama ada bonus Gratis Trial, segera daftarkan diri tunggu apa lagi?

Baca Juga: Cara Buat Laporan Neraca 5 Menit & Tanpa Jago Akuntansi

Kesimpulan Balance Adalah ...

Itu dia pembahasan tentang balance dan dapat disimpulkan bahwa

  1. Balance atau seimbang merupakan kondisi di mana jumlah debet saldo akun-akun sama dengan jumlah kredit saldo akun-akun.
  2. Balance atau seimbang merupakan kondisi yang diharapkan dalam laporan keuangan seperti laporan neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.
  3. Balance atau seimbang merupakan indikator bahwa pencatatan transaksi keuangan telah dilakukan secara benar dan tepat.
  4. Jika laporan keuangan tidak balance atau tidak seimbang, maka perlu dilakukan investigasi untuk mencari penyebabnya dan diperbaiki agar laporan keuangan kembali seimbang.

Semoga artikel tentang penjelasan balance adalah keseimbangan nilai pada akuntansi, dan beberapa penjelasan lainnya bisa bermanfaat untuk menambah wawasan Anda tentang pentingnya balance pada laporan keuangan dan laporan akuntansi.

Kurva Penawaran: Perbedaannya dengan Kurva Permintaan
Istilah kurva penawaran dan kurva permintaan memang sangat identik dengan kegiatan bisnis. Kedua jenis kurva ini adalah bagian dari ilmu […]
Baca Juga
Rumus Elastisitas serta Hubungannya dengan Permintaan dan Penawaran
Rumus elastisitas akan sangat berkaitan dengan ilmu ekonomi yang sering digunakan dalam dunia bisnis. Konsep elastisitas ini diciptakan untuk mengukur […]
Baca Juga
Program Kasir Toko Ini Punya 4 Manfaat Yang Jarang Diketahui Pebisnis
Mengetahui 4 manfaat menggunakan program kasir toko adalah hal penting yang dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk berlangganan. Informasi tersebut bisa […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu