Logo Bee Web

Mengenal dan Memahami Saldo Normal Akun dalam Akuntansi

Saldo normal akun adalah sifat yang menentukan apakah penambahan nilai pada akun akan menghasilkan debit atau kredit, ini penjelasannya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 21 June 2023

Saldo normal akun merupakan salah satu konsep penting dalam akuntansi yang digunakan untuk memahami dan menganalisis keuangan suatu perusahaan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai saldo normal, termasuk pengertian, fungsi, dan jenis-jenisnya.

Selain itu, kita juga akan menjelaskan cara mudah membuat laporan akuntansi menggunakan Beecloud, sebuah platform terintegrasi yang memudahkan proses pembukuan perusahaan.

Pengertian Saldo Normal

Proses Akuntansi

Ilustrasi Proses Pembuatan Saldo Normal (Credit: Bee.id)

Saldo normal akuntansi merujuk pada sifat alamiah akun yang menentukan apakah akun tersebut memiliki saldo normal debit atau kredit. Pegertian lain dari saldo normal akuntansi adalah sifat yang menentukan apakah penambahan nilai pada akun akan menghasilkan debit atau kredit. Selain itu, saldo normal akuntansi adalah prinsip dasar yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan dengan benar dalam akuntansi.

Manfaat dan Fungsi Saldo Normal akuntansi

Saldo normal akuntansi memiliki beberapa fungsi penting dalam akuntansi. Berikut ini adalah lima fungsinya:

1. Menentukan Sifat Akun

Saldo normal akuntansi digunakan untuk menentukan apakah suatu akun termasuk dalam kategori saldo normal debit atau kredit. Hal ini memudahkan proses pencatatan transaksi keuangan dalam akuntansi.

2. Menentukan Tipe Laporan Keuangan

Dengan mengetahui saldo normal akuntansi, kita dapat menentukan tipe laporan keuangan yang akan disusun, seperti laporan laba rugi atau neraca saldo.

3. Mengidentifikasi Kesalahan Pencatatan

Saldo normal akuntansi juga digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi kesalahan pencatatan. Jika terdapat akun dengan saldo normal yang tidak sesuai, hal ini dapat mengindikasikan adanya kesalahan dalam pencatatan transaksi.

4. Membantu Analisis Keuangan

Saldo normal akuntansi memberikan informasi penting dalam menganalisis keuangan perusahaan. Dengan memahami sifat saldo normal akun, kita dapat menginterpretasikan data keuangan dengan lebih baik.

5. Membantu Proses Pelaporan Pajak

Dalam proses perpajakan, saldo normal akuntansi digunakan untuk menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.

Jenis-Jenis Saldo Normal Akun

Terdapat beberapa jenis saldo normal akuntansi yang perlu diketahui dalam akuntansi. Berikut rincian beserta penjelasannya:

1. Saldo Normal Aktiva

Akun-akun aktiva, seperti kas, piutang, dan persediaan, memiliki saldo normal debit. Hal ini berarti penambahan nilai pada akun-akun tersebut akan meningkatkan saldo debit.

2. Saldo Normal Akuntansi Kewajiban

Akun-akun kewajiban, seperti hutang dan pajak yang masih harus dibayar, memiliki saldo normal kredit. Penambahan nilai pada akun-akun ini akan meningkatkan saldo kredit.

3. Saldo Normal Ekuitas

Akun-akun ekuitas, seperti modal pemilik dan laba ditahan, memiliki saldo normal kredit. Hal ini berarti penambahan nilai pada akun-akun ini akan meningkatkan saldo kredit.

4. Saldo Normal Akuntansi Pendapatan dan Biaya

Akun-akun pendapatan memiliki saldo normal kredit, sementara akun-akun biaya memiliki saldo normal debit. Hal ini mencerminkan sifat dari akun-akun tersebut dalam mencatat transaksi keuangan.

Contoh Saldo Normal Akuntansi

Untuk memperjelas konsep saldo normal akuntansi, berikut ini adalah beberapa contoh saldo normal akuntansi beserta sifat debit atau kreditnya:

Tabel Contoh Saldo Normal Akuntansi

Contoh Saldo Normal akuntansi (Credit: Bee.id)

Contoh-contoh tersebut menggambarkan saldo normal akuntansi pada akun-akun umum yang sering digunakan dalam pembukuan perusahaan.

1. Akun-Akun yang Berada di Sisi Kiri (Debit)

Kelompok akun yang berada di sisi kiri atau debit dalam saldo normal meliputi aset, beban, dan dividen. Saldo normal akuntansi untuk kelompok akun ini terletak di sisi debit, sehingga jika terjadi penambahan nilai pada akun tersebut, saldo akan dicatat di sisi debit.

Contoh Tabel Saldo Normal Akun Sisi Debit

Contoh Tabel Saldo Normal Akuntansi Sisi Debit (Credit; Bee.id)

Namun, jika terjadi pengurangan nilai, saldo dari kelompok akun ini akan dicatat di sisi kredit. Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai kelompok akun ini:

  • Aset merupakan akun yang mencatat nilai ekonomi yang dimiliki oleh perusahaan, seperti kas, piutang, persediaan, dan properti. Jika terjadi penambahan nilai pada akun aset, misalnya penambahan kas atau piutang usaha, maka nilai tersebut akan dicatat di sisi debit. Namun, jika terjadi pengurangan nilai, seperti pengeluaran kas atau penurunan piutang, maka akan dicatat di sisi kredit.
  • Beban mencakup semua pengeluaran yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam operasionalnya, seperti biaya produksi, biaya administrasi, dan biaya penjualan. Saldo normal akuntansi untuk akun beban adalah debit.
  • Jika terjadi penambahan biaya, misalnya pembelian bahan baku atau biaya sewa, maka nilai tersebut akan dicatat di sisi debit. Namun, jika terjadi pengurangan biaya, seperti pengurangan stok bahan baku atau pengurangan biaya sewa, maka akan dicatat di sisi kredit.
  • Dividen merupakan bagian dari laba perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham. Jika terjadi pembagian dividen kepada pemegang saham, maka nilai tersebut akan dicatat di sisi debit. Namun, jika terjadi pembatalan dividen atau pengurangan pembagian dividen, maka akan dicatat di sisi kredit.

Penjelasan di atas memberikan gambaran tentang kelompok akun yang berada di sisi kiri atau debit dalam saldo normal.

2. Akun-Akun yang Berada di Sisi Kanan (Kredit)

Kelompok akun yang berada di sisi kanan atau kredit dalam saldo normal  meliputi liabilitas, ekuitas, dan saldo laba ditahan. Saldo normal akuntansi untuk kelompok akun ini terletak di sisi kredit, sehingga jika terjadi penambahan nilai pada akun tersebut, saldo akan dicatat di sisi kredit.

Contoh Tabel Saldo Normal Akun Sisi Kredit

Contoh Tabel Saldo Normal Akuntansi Sisi Kredit (Credit: Bee.id)

Namun, jika terjadi pengurangan nilai, saldo dari kelompok ini akan dicatat di sisi debit. Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai kelompok akun ini:

  • Liabilitas adalah kewajiban finansial yang dimiliki oleh perusahaan kepada pihak ketiga, seperti hutang usaha, pinjaman bank, atau pajak yang masih harus dibayar. Saldo normal untuk liabilitas adalah kredit.
  • Jika terjadi penambahan nilai pada akun liabilitas, misalnya penambahan hutang atau penambahan pajak yang masih harus dibayar, maka nilai tersebut akan dicatat di sisi kredit. Namun, jika terjadi pengurangan nilai, seperti pengurangan hutang atau pembayaran pajak, maka akan dicatat di sisi debit.
  • Ekuitas mencakup modal pemilik dan laba ditahan. Saldo normal untuk ekuitas adalah kredit. Jika terjadi penambahan modal pemilik, misalnya modal yang disetor oleh pemilik perusahaan, maka nilai tersebut akan dicatat di sisi kredit.
  • Begitu pula jika terjadi penambahan laba perusahaan, nilai tersebut akan dicatat di sisi kredit. Namun, jika terjadi pengurangan modal pemilik atau pengurangan laba ditahan, maka akan dicatat di sisi debit.
  • Saldo laba ditahan merupakan akumulasi laba yang belum dibagikan kepada pemegang saham atau belum dialokasikan untuk kepentingan perusahaan. Jika terjadi penambahan saldo laba ditahan, misalnya akumulasi laba dari periode sebelumnya, maka nilai tersebut akan dicatat di sisi kredit.

Namun, jika terjadi pengurangan saldo laba ditahan, misalnya pengurangan laba untuk ditahan dalam perusahaan, maka akan dicatat disisi debit. Penjelasan di atas memberikan gambaran tentang kelompok akun yang berada di sisi kanan atau kredit dalam saldo normal akuntansi.

Manfaatkan Software Akuntansi

Beecloud Bisnis Lebih Profesional, Pembukuan Rapi

Selain memahami saldo normal,  penting bagi perusahaan untuk memiliki alat yang memudahkan proses pembukuan dan pembuatan laporan akuntansi. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah software akuntansi online Beecloud.

Dengan Beecloud, proses pencatatan transaksi pembelian, penjualan, dan pembayaran biaya menjadi lebih mudah karena integrasinya yang langsung dengan transaksi tersebut.

Beecloud juga dapat memberikan laporan keuangan yang akurat dan terstruktur, sehingga memudahkan pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik.

Kesimpulannya, saldo normal merupakan konsep penting dalam akuntansi yang menentukan sifat alamiah akun dalam mencatat transaksi keuangan. Saldo normal  ini memiliki beberapa fungsi penting dan jenis-jenis yang perlu dipahami dalam pengelolaan keuangan perusahaan.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Komponen Dasar Laporan Keuangan Perusahaan
Laporan keuangan adalah sumber informasi yang paling penting untuk membantu Anda sebagai pemilik bisnis membuat keputusan dalam menjalankan bisnis. Artinya,
Baca Juga
Sejarah Akuntansi di Indonesia dan Asal Mulai Gelar Akuntan
Pada jaman Mesir Kuno, tepatnya pada sekitar 2920 SM, akuntansi muncul sebagai sebuah seni pencatatan berbagai transaski keuangan. Tidak disadari
Baca Juga
Software Akuntansi Online Bisnis, Berikut Penjelasan Manfaatnya
Sekarang, dunia bisnis tak lagi sama dengan zaman dahulu. Secara perlahan, bisnis konvensional mulai bergerak menuju era digital. Hal ini
Baca Juga
Software Akuntansi Koperasi; Telaah Manfaat Software
Perkembangan teknologi memiliki pengaruh ke seluruh sektor kehidupan, termasuk koperasi. Inovasi teknologi terbaru yang bermanfaat untuk kegiatan koperasi yaitu adanya
Baca Juga
Cara Buat Laporan Neraca 5 Menit & Tanpa Jago Akuntansi
Laporan Neraca - Akuntansi merupakan hal yang sangat perlu diperlajari bagi semua orang, khususnya untuk yang sedang menjalankan usaha. Tidak
Baca Juga
3 Contoh Buku Kas Bulanan Beberapa Bidang Usaha
Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai contoh buku kas bulanan khususnya untuk usaha mikro, kecil dan menengah atau yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu