Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Persiapan Sebelum Belajar Pembukuan Keuangan Perusahaan

Dipublish Tgl: Monday, 4 July 2022

Bagaimana sih cara belajar pembukuan keuangan perusahaan? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya jika Anda mengenal pembukuan keuangan dari perusahaan terlebih dahulu. Dengan demikian, proses belajar pembukuan keuangan pun dapat dibuat dan dilakukan dengan mudah. 

Mengenal Pembukuan Keuangan Perusahaan

Pembukuan Keuangan Perusahaan

Ilustrasi Melakukan Pembukuan Keuangan Perusahaan (Sumber: Freepik.com)

Pembukuan secara sederhana dapat diartikan sebagai proses pencatatan yang dilakukan dengan teratur. Hal tersebut dimulai dengan proses pengumpulan data serta informasi yang berkaitan dengan harta, modal, penghasilan, pengeluaran, kewajiban dan lainnya. 

Melalui proses pencatatan tersebut, pada bagian akhirnya dibuatlah laporan keuangan. Seperti halnya pada tampilan neraca perusahaan, laporan rugi laba dan lainnya. Umumnya proses pencatatan tersebut dilakukan dalam satu periode tertentu. 

Manfaat Membuat Pembukuan Keuangan Perusahaan

Dengan membuat pembukuan keuangan perusahaan, tentunya ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan darinya, seperti : 

  • Meminimalisir resiko dari hilangnya aset, produk atau bahkan uang yang dimiliki perusahaan.¬†
  • Mengetahui besaran jumlah pajak yang harus dibayar.¬†
  • Mengetahui jumlah utang serta piutang.¬†
  • Dapat mempengaruhi kondisi aset serta laba rugi yang ada di masa mendatang¬†
  • Mengawasi jumlah biaya operasional yang digunakan perusahaan.¬†
  • Mengetahui sejauh mana tingkat kemajuan yang dialami oleh perusahaan.¬†¬†

Metode Pembuatan Pembukuan Keuangan Perusahaan

Metode Pembuatan Pembukuan Keuangan Perusahaan

Ilustrasi Pembukuan Keuangan Perusahaan (Sumber: Freepik.com)

Dalam proses belajar pembukuan keuangan perusahaan. Penting bagi Anda untuk mengetahui metode pembuatan pembukuan yang biasanya dilakukan oleh perusahaan. Karena dengan mengetahui metode tersebut, tentunya Anda pun dapat membuat pembukuan dengan tepat dan lebih mudah. 

Berikut ini adalah beberapa metode belajar pembukuan yang bisa Anda gunakan, di antaranya : 

  • System Entry Tunggal

Metode pembukuan yang satu ini umumnya hanya menggunakan satu entri pada setiap transaksi yang dilakukannya. Karena itulah metode ini sangat tepat untuk dilakukan oleh perusahaan yang masin berskala kecil. Hal ini juga tidak lepas dari bentuk transaksi yang masih terbilang sedikit. 

  • System Entry Ganda

Berbeda dengan metode pembukuan di bagian atas tadi. Metode yang satu ini sangat tepat untuk digunakan pada perusahaan berskala besar. Hal ini umumnya dilakukan dengan memisahkan entri data antara debit dan juga kredit. 

Proses pemisahan data tentunya akan lebih memudahkan Anda dalam mengelola dan mengawasi arus keuangan. Sehingga Anda pun dapat melihat seperti apa kondisi keuangan perusahaan dan juga perkembangan yang dialaminya. 

Proses Pembuatan Pembukuan Keuangan Perusahaan

manfaat aplikasi pembukuan untuk online shop

Ilustrasi Proses Pembukuan Keuangan Perusahaan

Untuk Anda yang tengah belajar pembukuan keuangan perusahaan dan mencoba untuk membuatnya. Penting untuk Anda ketahui, bahwa pembukuan tersebut tidak hanya dilakukan dalam satu jenis buku saja. Dalam hal ini ada beberapa jenis catatan atau pembukuan yang harus Anda buat, seperti halnya : 

  • Buku Catatan Pengeluaran

Dalam pembukuan yang satu ini, umumnya hal-hal yang dimasukkan dalam kategori pengeluaran itu berkaitan dengan beberapa biaya. Seperti halnya biaya yang dibutuhkan untuk pembelian bahan baku, biaya operasional perusahaan, hingga biaya gaji pegawai dan lainnya. 

  • Buku Catatan Pemasukan

Berbeda dengan catatan pengeluaran, untuk catatan pemasukan umumnya hal-hal yang ditulis di dalamnya berkaitan dengan hasil yang didapat. Seperti jumlah stok yang habis terjual, piutang yang ada dan lainnya. 

  • Buku Kas Utama

Selain kedua catatan di bagian atas tadi, cara belajar pembukuan keuangan juga dapat dilakukan dengan membuat buku kas utama. Jenis buku yang satu ini berisi dari catatan pemasukan dan juga pengeluaran secara sekaligus. Sehingga Anda sebagai pengusaha pun dapat melihat perbedaan yang dihadirkan olehnya. 

  • Catatan Stok Barang

aplikasi persediaan stok beecloud

Jika bisnis atau perusahaan Anda berkaitan dengan produk tertentu. Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah jumlah stok barang. Karena itulah dibuat buku catatan stok barang yang isinya menjelaskan mengenai alur keluar masuknya barang dari perusahaan Anda. 

Untuk mempermudah bisnis Anda, akan lebih baik untuk mempertimbangkan menggunakan software akuntansi online yang bisa diakses secara realtime. Fitur lengkap yang dimililki software akuntansi online, Beecloud membantu mengatasi manajemen keuangan, pengontrolan stok, dan pemantauan hutang dan piutang.

Coba gratis 14 hari klik di sini atau klik gambar di atas.

  • Laporan Rugi Laba

Untuk pembukuan paling akhir adalah laporan rugi laba. Catatan yang satu ini umumnya berisi catatan dari pendapatan dan juga beban yang dimiliki perusahaan dalam satu periode tertentu.

Demikianlah kiranya penjelasan yang dapat penulis uraikan dan tentunya bisa Anda ikuti dalam proses belajar pembukuan keuangan perusahaan. 

3 Rumus Mencari HPP di Perusahaan Manufaktur
Dalam menjalankan sebuah bisnis diperlukan HPP atau Harga Pokok Penjualan untuk mengetahui detail biaya yang dikeluarkan untuk beban maupun pengeluaran […]
Baca Juga
Mengenal Pembukuan Kas Sederhana dan Cara Membuatnya
Pembukuan kas sederhana sering kita dengar dalam istilah akuntansi. Pebisnis seperti Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah ini. Namun, […]
Baca Juga
Tips Mengelola Keuangan dengan Software Bengkel Mobil Bagus
Ketika Anda mencari software bengkel mobil bagus, maka akan bermunculan banyak sekali pilihan software. Tetapi dari semua software itu, sudahkah […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu