🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Format Neraca Lajur, Contoh dan Cara Membuatnya

Neraca lajur adalah laporan keuangan berisi semua data akuntansi. Laporan ini nantinya menjadi landasan untuk memeriksa keuangan perusahaan
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 February 2023

Membahas tentang format neraca lajur tentu sangat menarik, terlebih bagi para pebisnis. Jenis neraca ini merupakan suatu lembaran kertas dengan lajur atau kolom di dalamnya. Penggunaannya erat kaitannya dengan kegiatan akuntansi dan manajemen keuangan.

Neraca jenis ini sangat diperlukan untuk tahu informasi keuangan perusahaan. Tentu saja pembuatannya tidak boleh asal-asalan mengingat perannya yang penting. Lebih lengkap tentang neraca jenis ini sampai cara membuatnya, ini pembahasannya.

Pengertian Neraca Lajur

Apa Itu Neraca Keuangan

ilustrasi neraca keuangan (sumber: Istockphoto)

Neraca lajur adalah laporan keuangan yang isinya semua data akuntansi. Laporan ini nantinya menjadi landasan untuk memeriksa rekening buku besar, agar memudahkan saat pembuatannya.

Untuk perusahaan dengan skala kecil dan tidak memiliki akun buku besar, neraca lajur tidak diperlukan. Biasanya untuk tipe perusahaan ini langsung menyesuaikan laporannya dengan neraca saldo.

Akan tetapi hal ini berbeda bagi perusahaan berskala besar. Hadirnya neraca jenis ini berguna untuk memberikan berbagai kemudahan. Misalnya rekap data keuangan sebelum membuat penyesuaian.

Isi dari neraca jenis ini ada berbagai komponen. Mulai dari informasi saldo perkiraan, perkiraan jurnal penyesuaian sebelum dan sesudahnya.

Format Neraca Lajur

Format neraca lajur terdiri atas lima buah kolom yang sudah berurutan. Lembar kerja ini menunjukkan seluruh siklus akuntansi di dalam satu lembar kerja. Oleh karena itu sebelum membuatnya, pahami format dasarnya dahulu.

1. Neraca Saldo yang Tidak Disesuaikan

Neraca saldo yang tidak disesuaikan berisikan kolom-kolom semua akun aset. Selain itu, ada juga kewajiban, pendapatan, sampai ekuitas. Semua hal tersebut tercatat dan digunakan di dalam satu periode, dengan jumlah debit dan kreditnya sama.

2. Penyesuaian

Format berikutnya adalah penyesuaian dimana isinya semua akun yang perlu penyesuaian. Semua akun yang memerlukan entri tersebut dicantumkan di format satu ini.

Contohnya entri penyusutan atau depresiasi aset jangka panjang. Depresiasi untuk tahun yang sedang berlangsung akan ditulis pada debit. Sedangkan kredit muncul d bawahnya akun depresiasi.

Sama halnya dengan neraca saldo yang tidak disesuaikan, debit dan kreditnya memiliki kondisi serupa. Yakni sama-sama nilainya.

3. Neraca Saldo Penyesuaian

Neraca lajur juga memiliki format neraa saldo penyesuaian. Untuk format ini adalah kolom berisikan hasil entri dua kolom sebelumnya. Total debitnya juga sama dengan kredit dalam bagian neraca saldo ini.

4. Laporan Laba dan Rugi

Kolom laporan laba rugi berarti yang berisi akun pendapatan serta beban. Kolom total pendapatan melebihi beban, berarti selisihnya adalah pendapatan bersih di periode yang berjalan.

Akan tetapi berbeda jika biaya melebihi pendapatan. Jika biaya melebihi pendapatan, berarti bisa disimpulkan bahwa hasil bersihnya kerugian. Entri penyeimbang harus ada untuk dua kemungkinan tersebut.

5. Neraca

Untuk kolom neraca dalam neraca lajur berarti berisi aset, kewajiban, serta modal. Total debit juga harus sama dengan total entri kreditnya.

Contoh Neraca Lajur

Neraca lajur memang memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan. Agar lebih memahami tentang jenis laporan ini, berikut adalah salah satu contoh neraca lajur milik sebuah perusahaan.

1. Contoh Neraca Lajur Perusahaan Jasa

Contoh Neraca Lajur Perusahaan Jasa

Contoh Neraca Lajur Usaha Jasa (Sumber: Gramedia.com)

2. Contoh Neraca Lajur Perusahaan Dagang

Contoh Neraca Lajur

Contoh Tampilan Neraca Lajur Perusahaan Dagang

3. Contoh Neraca Lajur Bisnis Ritel

Neraca Lajur Umum

Contoh Neraca Lajur Umum (Sumber: akuntansi-id.com)

Cara Mudah Membuat Neraca Lajur Perusahaan dengan Mudah

Berikutnya adalah bagaimana membuat neraca lajur yang diperlukan bagi bisnis. Cara membuat neraca lajur bisa dilakukan dengan lima buah tahapan yakni:

1. Siapkan Format dengan Jumlah Kolom yang Sesuai

Neraca jens ini memiliki jenis serta jumlah kolom yang beragam. Umumnya, format laporannya terdiri atas beberapa macam kolom. Untuk tiap kolomnya dibagi menjadi debit dan kredit, dengan keterangan:

  • Neraca Saldo yang Tidak Disesuaikan
  • Penyesuaian
  • Neraca Saldo Penyesuaian
  • Laporan Laba dan Rugi
  • Neraca Input Nomor dan Nama Akun

Setelah mempersiapkan formatnya, lanjut dengan input nomor serta nama akun di kolomnya. Ini beberapa step untuk melakukan input tersebut.

  • Masukkan saldo akun buku besar ke daftar saldo yang ada
  • Baru setelah itu tambahkan jumlah dari neraca saldo yang sudah ada di laporan sebelumnya

2. Memasukkan Ayat Jurnal

Membuat neraca lajur masuk ke step memasukkan ayat jurnal penyesuaian ke kolom penyesuaian. Untuk memasukkan ayat jurnal tersebut, ini cara mudahnya.

  • Isi kolom dengan nominal yang sudah ada di ayat jurnal penyesuaian sebelumnya
  • Pindahkan ke daftar yang sebelumnya sudah sesuai antara debit dan kreditnya
  • Data untuk memasukkan jurnal penyesuaian ini adalah aset perusahaan yang sudah mengalami penyusutan. Contohnya peralatan operasional (laptop, mesin produksi, dan sebagainya)

3. Tambahkan Nominal

Jumlahkan dan kurangkan saldo di neraca saldo dengan jurnal penyesuaian. Apabila ada persamaan debit dan kredit, maka lakukan penambahan atau pengurangan.

4. Isi Kolom Neraca dan Laba Ruginya

Pindahkan nominal di daftar saldo, disesuaikan lagi ke kolom laba rugi. Caranya dengan memasukkan angka laba atau rugi bersih ke dalam dua pasang kolomnya.

Mengenal Fungsi dari Neraca Lajur

Neraca Lajur Berfungsi untuk Evaluasi Keuangan Perusahaan (Sumber: Freepik.com)

Sebenarnya sudah sedikit disinggung sebelumnya tentang fungsi dari neraca satu ini. fungsinya adalah untuk landasan pemeriksaan rekening buku besar. Fungsi neraca lajur selengkapnya akan diulas di poin-poin berikut.

1. Evaluasi Transaksi Keuangan

Neraca jenis ini bisa dipakai untuk mengevaluasi transaksi keuangan. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan cara melihat perubahan saldo di tiap akunnya. Pemeriksaannya tentu akan jauh lebih mudah dan efisien.

Jika evaluasi keuangannya saja sudah mudah, maka akan mengetahui segala perkembangan bisnis dengan cepat. Anda juga bisa menggunakannya sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis.

2. Meringkas Data Keuangan Milik Perusahaan

Neraca lajur berguna untuk meringkas data keuangan secara mudah mulai dari jurnal sampai saldo buku besar. Perlu Anda ketahui bahwa data di buku besar memiliki banyak kolom serta banyak lembaran di dalamnya.

Kondisi tersebut tentu sulit untuk dijadikan sebagai acuan membuat laporan keuangan. Hadirnya neraca satu ini tentu menjadi solusi praktis. Data yang tersaji sudah mewakili kondisi keuangan per periodenya.

3. Meminimalisir Adanya Kesalahan

Neraca jenis ini memiliki format yang ringkas sehingga proses pembuatannya mudah. Selain itu, pengguna juga bisa memahami data di dalamnya secara optimal. Hal ini berguna agar kesalahan laporan bisa diminimalisir.

Susunan laporan yang sederhana dari neraca satu ini juga mudah dipakai. Perusahaan bisa menemukan data secara cepat berkat laporan yang susunannya sederhana ini.

4. Membantu Menyusun Laporan Keuangan

Neraca lajur berguna untuk mempermudah pembuatan laporan keuangan sehingga data yang dimasukkan terstruktur. Hadirnya neraca jenis ini berguna menggolongkan data yang ada di buku besar.

Alhasil, tampilan akhirnya akan lebih ringkas dengan metode yang praktis. Tanpa perlu mengumpulkan data dari awal, sehingga mempermudah proses auditnya.

KESIMPULAN:

Mengingat pentingnya neraca lajur bagi bisnis, tentu pembuatannya tidak boleh asal-asalan. Terlebih jika usaha Anda sudah masuk ke alam kategori yang memerlukan jenis neraca ini. penggunaan software akuntansi online Beecloud adalah ide cemerlang untuk pembuatan laporan keuangan.

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Software akuntansi daring ini bisa membantu pencatatan transaksi secara efisien dan tentunya mudah. Akun yang tercatat akan otomatis terlampir ke dalam pembukuan. Memudahkan Anda dalam proses pembuatan neraca lajur dan laporan lainnya.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Finance Adalah: Pengertian, Fungsi Bagi Bisnis
Finance adalah kata dari Bahasa Inggris yang memiliki arti keuangan, jika diartikan secara istilah finance adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari
Baca Juga
Pentingnya Software Akuntansi di Era Digitalisasi
Pentingnya software akuntansi berbarenganan dengan melejitnya tren start up di Tanah Air. Digitalisasi global menyentuh seluruh dunia. Dari negara adidaya,
Baca Juga
Neraca Saldo Perusahaan Dagang, Metode dan Contohnya
Neraca saldo perusahaan dagang adalah sebagai suatu gambaran menyeluruh tentang posisi keuangan pada suatu periode waktu tertentu, neraca saldo ini
Baca Juga
Cash Flow Adalah: Jenis dan Cara Mudah Membuatnya (Lengkap)
Cash flow adalah pengeluaran jumlah uang keluar dan masuk secara tunai yang dilaporkan pada periode waktu tertentu, yang juga disebut
Baca Juga
Pengertian Jurnal Penutup, Fungsi, dan Komponen yang Harus Ada
Sebagai pelaku bisnis, mungkin ada beberapa dari Anda yang masih belum memaksimalkan salah satu instrumen, seperti jurnal penutup. Beberapa pebisnis
Baca Juga
Cara Cepat Buat Laporan Keuangan Toko Sederhana
Laporan keuangan toko merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah usaha apalagi jika Anda baru memulainya. Bisnis tanpa laporan keuangan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu