Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Contoh Cash Flow Sederhana Excel dan Cara Membuatnya

Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 17 May 2022

Contoh cash flow sederhana excel merupakan suatu hal yang paling dicari para pengusaha pemula saat ingin memulai membuat laporan keuangan untuk bisnis menggunakan excel. Cash flow adalah salah satu laporan keuangan yang memiliki peran penting dalam perusahaan. Karena sangat penting, maka para pengusaha tidak boleh menghiraukannya terutama yang baru memulai usaha.

Dalam membuat cash flow, salah satu cara mudah dan dapat langsung dipraktekkan adalah dengan menggunakan aplikasi excel. Aplikasi ini memudahkan dalam membuat cash flow karena memiliki sistem tabel hingga rumus otomatis sehingga penghitungan akan sangat mudah.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai contoh cash flow sederhana excel, mari kita bahas lebih lengkap lagi mengenai laporan keuangan ini.

Pengertian Laporan Arus Kas (Statement of Cash Flow)

Pengertian Laporan Arus Kas

Ilustrasi Akuntan Menghitung Uang Kas Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels

Arus kas atau cash flow atau juga dikenal sebagai istilah Statement of Cash Flows adalah laporan keuangan yang berisi informasi proses masuk dan keluarnya uang tunai baik berbentuk uang, obligasi, reksa dana dan lainnya dari perusahaan dalam periode tertentu.

Atau pengertian mudahnya, cash flow adalah laporan yang memberikan informasi mengenai kemana saja aliran suatu dana atau uang perusahaan pada periode tertentu contohnya dalam 1 bulan ataupun 1 tahun.

Adapun tujuan dari cash flow adalah:

  • Memprediksi arus kas di masa mendatang
  • Bahan untuk evaluasi pengambilan keputusan manajemen
  • Menentukan kemampuan perusahaan dalam membayar dividen kepada pemegang saham, pembayaran bunga hingga pokok pinjaman investor
  • Menunjukkan hubungan untung bersuh terhadap perubahaan kas

Komponen Cash Flow

contoh cash flow sederhana excel

Ilustrasi Laporan Keuangan Foto oleh Olya Kobruseva dari Pexels

Sebelum mengulik lebih jauh tentang komponen contoh cash flow sederhana excel, ada baiknya jika Anda mengetahui arti kas. Cash/kas sendiri itu terdiri dari saldo kas (cash on hand) dan rekening giro (demand deposits). Selain itu ada pula istilah setara kas.

Setara kas (cash equivalent) adalah investasi yang sifatnya likuid, jangka pendek dan dengan cepat bisa dijadikan kas. Dan, punya resiko perubahan nilai yang kecil seperti deposito dan reksadana.

Selanjutnya, untuk komponen dari cash flow itu sendiri adalah:

1. Cash Flow Operasional

Cash flow operasional ini diperoleh dari kegiatan produksi utama pendapatan entitas dan kegiatan lain dari perusahaan itu sendiri. Sederhananya adalah arus kas yang berasal dari semua transaksi perusahaan, baik dalam bentuk pendapatan atau pengeluaran.

Lebih mudahnya, sebagai contoh ada transaksi penjualan maka itu termasuk dalam pemasukan, sedangkan pembayaran piutang, pembayaran gaji, pembayaran listrik air dan lainnya adalah termasuk dalam kategori pengeluaran.

2. Cash Flow Investasi

Cash flow investasi ini diperoleh dari keberadaan kegiatan transaksi penjualan atau pembelian aset perusahaan. Contohnya adalah ketika perusahaan Anda membeli atau menjual aset tetap, seperti bangunan, mesin atau kendaraan, hingga lainnya yang memiliki nilai-nilai penjualan.

3. Cash Flow Pendanaan

Sesuai dengan namanya, cash flow pendanaan ini artinya kas yang berasal dari aktivitas penambahan modal. Baik itu diperoleh dari penjualan obligasi, emisi saham, piutang bank dan karena pembayaran dividen kepada pemegang saham.

Metode Pelaporan Cash Flow

Metode Pelaporan Cash Flow

Ilustrasi Mengerjakan Laporan Cashflow Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Setelah mengetahui komponen cash flow, selanjutnya Anda juga perlu tahu mengenai metode pelaporan cash flow yang memiliki dua metode, yaitu metode langsung dan tidak langsung.

1. Metode Cash Flow Langsung (Direct)

Dalam metode cash flow direct ini melaporkan laporan arus kas yang disusun berdasarkan buku kas / bank. Caranya adalah dengan mengelompokkan pendapatan dan biaya selama periode operasional suatu perusahaan yang beroperasi, lalu selanjutnya diikuti oleh kegiatan investasi dan pembiayaan jika ada.

2. Metode Cash Flow Tidak Langsung (In-direct)

Berbeda dengan metode langsung, metode arus kas tidak langsung fokus pada perbedaan antara laba bersih dan arus kas dari aktivitas operasi. Metode ini tidak secara langsung menunjukkan hubungan antara laporan keuangan, neraca dan arus kas (cash flow).

Nah karena data tersedia langsung di perusahaan, metode ini lebih murah daripada metode langsung. Dalam metode ini cash flow operasional, cash flow investasi dan cash flow pendanaan disusun berdasarkan laporan laba rugi dan neraca.

Siapa yang Butuh Laporan Cash Flow?

membuat contoh laporan cash flow dengan metode tidak langsung

Ilustrasi Seseorang Mencari Data Manual

Salah satu manfaat dari laporan cash flow adalah untuk memberi tahu Anda di mana pun uang mengalir dan dari mana saja sumber uang dalam perusahaan. Dengan begitu Anda akan tahu apakah uang Anda mengalir dengan benar atau tidak.

Mengingat pentingnya pernyataan arus kas, semua bisnis memerlukan laporan arus kas. Baik bisnis yang masih skala kecil dan skala besar.

Cara Membuat Cash Flow

Secara umum dalam membuat cash flow atau laporan arus kas terdiri dari 5 langkah. Anda bisa menggunakan aplikasi excel secara manual untuk membuat cash flow. Atau Anda juga bisa menggunakan software accounting supaya otomatis.

1. Menghitung Kenaikan dan Penurunan Kas

Langkah pertama untuk membuat cash flow adalah untuk menghitung kenaikan atau penurunan uang kas perusahaan. Untuk caranya, Anda dapat menghitung kenaikan dan penurunan uang kas dengan melihat buku tunai bank dan buku kas kecil.

2. Menghitung & Mencatat Kas Bersih yang Digunakan pada Aktivitas Operasional

Utamanya uang kas digunakan untuk berbagai kegiatan. Pada langkah kedua ini Anda harus memisahkan uang kas spesifik untuk kegiatan operasi. Kemudian, hitung nomornya dan buat laporan kas bersih yang digunakan untuk kegiatan operasional.

3. Menghitung & Mencatat Kas Bersih yang Digunakan pada Aktivitas Investasi

Langkah ketiga ini sama dengan langkah kedua, hanya saja yang membedakan jenis aktivitas, yaitu kegiatan investasi. Contoh kegiatan investasi seperti pembelian / penjualan aset tetap atau investasi jangka panjang lainnya.

Perhatikan kegiatan investasi yang dilakukan dalam periode berjalan dan hitung berapa banyak uang tunai yang digunakan.

4. Menghitung & Mencatat Kas Bersih yang Digunakan pada Aktivitas Pendanaan

Konsep langkah keempat berhubungan dengan rumus cash flow yang sama dengan sebelumnya.

Untuk menghitungnya Anda dapat memasukkan nilai penambahan atau pengurangan uang kas yang berasal dari kewajiban jangka panjang dan ekuitas pemilik.

5. Hitung dan Jumlahkan Kas Bersih dari Semua Aktivitas Cash Flow

Cara terakhir adalah menghitung penggunaan dan penerimaan kas bersih dari kegiatan operasi, investasi dan pendanaan.

Jika Anda telah melakukan 2, 3, dan 4, maka langkah terakhir akan lebih mudah dilakukan. Anda hanya perlu membuat laporan saja. Jangan lupa untuk memasukkan saldo kas awal periode pada perhitungan.

Baca Juga: Cara Mudah Buat Pembukuan Keuangan Online Shop dengan Excel

Contoh Cash Flow Sederhana Excel

Setelah mengetahui segala tentang cash flow mulai dari pengertian, komponen, metode, hingga cara membuatnya selanjutnya Anda perlu tahu contoh cash flow sederhana dengan aplikasi excel.

Contoh berikut ini dapat Anda gunakan sebagai refrensi dalam membuat laporan cash flow untuk usaha yang Anda jalankan.

Contoh Cash Flow Sederhana Excel

Contoh Cash Flow Sederhana Excel

Kesimpulan

Membuat sendiri laporan keuangan untuk bisnis adalah langkah yang tepat untuk menghemat pengeluaran, terutama laporan cash flow. Dengan memanfaatkan aplikasi microsoft excel, Anda bisa membuat cash flow secara sederhana. Dengan Contoh cash flow sederhana excel, Anda akan lebih mudah membuatnya.

Atau apabila Anda ingin lebih mudah lagi, Anda bisa menggunakan aplikasi laporan keuangan Beecloud. Dengan sistem laporan praktis dan penghitungan otomatis, ini bisa membuat Anda tidak kehilangan banyak waktu dan tenaga.

Laporan arus kas atau cash flow sangat penting untuk membantu analisa maupun mengaudit kemana saja aliran keuangan perusahaan Anda. Membuat laporan keuangan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh pengetahuan serta memakan waktu yang tidak sebentar untuk menyusun laporan cash flow.

Tapi tenang dengan adanya Becloud software akuntansi online apa yang tidak mungkin akan menjadi mungkin. Cukup hanya 5 menit saja laporan keuangan Anda akan tersaji secara realtime dan akurat.

Jadi apalagi yang Anda tunggu ! Cus langsung coba dan buktikan sendiri deh bagaimana begitu mudahnya membuat laporan keuangan menggunakan Software Akuntansi Beecloud dan rasakan manfaatnya.

Bikin Laporan Cash Flow Cukup 5 Menit Saja

Bikin Laporan Cash Flow Cukup 5 Menit Saja dengan Software Akuntansi Online Beecloud

 

Macam-macam Software Akuntansi Produksi Bee.id
Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat canggih. Ada banyak produk teknologi yang sengaja diciptakan demi mempermudah kehidupan manusia, khususnya dalam […]
Baca Juga
Apa itu Dividen? Berikut Penjelasan Lengkanya
Dividen adalah salah satu kata yang sering kita dengarkan. Kata dividen identik dengan sebuah perusahaan umum atau juga perusahaan yang […]
Baca Juga
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar
Contoh pembukuan kas masuk dan keluar - Buku kаѕ mеruраkаn elemen penting dаlаm реnсаtаtаn kеuаngаn. Tіdаk hanya penting bаgі mereka […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu