Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Bagaimana Cara Membuat Buku Kas Sederhana?

Dipublish Tgl: Monday, 4 July 2022

Ulasan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat buku kas secara sederhana. Seperti namanya cara membuat buku kas sederhana, yang artinya cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Seperti diketahui bersama, buku kas ini penting, dan termasuk salah satu sistem laporan keuangan dasar  yang paling umum digunakan.

Cara Membuat Buku Kas Sederhana

Aplikasi Pembukuan Sederhana yang Cocok untuk Bisnis Anda

Ilsutrasi Cara Membuat Buku Kas Sederhana (Sumber: Freepik.com)

Adapun cara membuatnya antara lain:

  • Catat dalam Buku Kas

Seperti namanya buku kas secara sederhana, maka yang ada di dalam buku kas tersebut, juga tidak terlalu banyak. Adapun yang ada di dalam format buku kas tersebut terdiri atas 6 kolom, yang terdiri atas No, Tanggal, Keterangan, Debet, Kredit, Saldo.  

Walaupun terbilang sederhana, namun terbilang cukup efektif, untuk mengetahui kemana saja uang yang masuk dan keluar dari bisnis yang sedang Anda jalankan. Dibandingkan membuat sendiri laporan di atas kertas, salah satu kelebihan membuat laporan tersebut di excel adalah pada kolom saldo. Dimana pada kolom saldo tersebut, akan terisi secara otomatis. Teruma ketika kolom debet atau kolom kredit Anda isi.

  • Membuat Format Buku Kas

Adapun cara membuat buku kas berikutnya adalah mulai membuatnya di excel. Dimana dalam hal ini Anda perlu :

  1. Membuka aplikasi Ms. Excel di komputer atau laptop Anda.
  2. Buat Workshop baru, kemudian buat tabel, seperti yang sudah dicontohkan. Khusus untuk kolom “Tanggal”, Anda dapat menggunakan “Format” kemudian “ pilih “Number Date”. Yang dapat Anda temukan dengan cara mengklik kanan kolom yang dipilih. Sedangkan untuk kolom “Debet”, “Kredit”, dan juga “Saldo”, gunakan “Format” lalu “Number Accounting”, kali ini pilih symbol Rp, sebagai simbol mata uang Rupiah.
  3. Untuk memudahkan pengisian pada kolom Tanggal, Debet, Kredit dan Saldo, Anda dapat melakukan Drag ke arah bawah, atau dengan cara mengcopy kolom yang sudah diformat di kolom atas ke arah bawah.
  • Memasukkan Rumus

Rumus Excel Untuk Akuntansi

Ilustrasi Memasukkan Rumus Excel (Sumber: Freepik.com)

Terutama pada kolom Saldo, maka Anda perlu memasukkan rumus. Agar nantinya dapat membuat kolom tersebut, akan mengisi secara otomatis, baik itu bertambah atau juga berkurang. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan kombinasi Rumus IF, OR atau juga SUM.

Pada kolom Saldo, karena kali ini posisinya ada pada kolom dengan huruf F, dan ada pada baris ke-4, maka akan disebut dengan F4, sedangkan pada bagian terakhir masih pada kolom F, dan pada baris 13, maka disebut dengan F13. Jadi untuk rumus yang digunakan kali ini adalah =IF(OR(D4<>0;E4<>0);SUM(D$4:D4)-SUM(E$4:E4);0).

Sedangkan untuk rumus pada kolom Jumlah, seperti Debit dan Kredit, maka rumus yang digunakan kali ini SUM. Tekniknya sama dengan sebemumnya, dimana kolom Debit, terletak pada huruf D, dengan baris ke 4 hingga 13, maka rumus yang digunakan adalah = SUM (D4:D13), demikian pula dengan sistem penjumlahan pada kolom Kredit, serta kolom penjumlahan dari kolom Kredit dan Debit.

Pada kolom “Jumlah Saldo”, rumus yang digunakan adalah =D14-E14. Sebenarnya untuk rumus IF dan SUM itu sendiri Anda tidak perlu harus menuliskan rumusnya. Lantaran di jajaran menu yang ada, dalam hal ini di bagian “Home”, rumus IF dan SUM dapat Anda gunakan dengan mudah , dengan menekan symbol IF dan SUM yang ada.

Akan lain halnya jika Anda menggunakan aplikasi keuangan, biasanya rumus yang akan digunakan, sudah termasuk di dalamnya. Anda hanya perlu memasukkan aneka macam angka atau data yang memang harus dimasukkan. Misalnya saja aplikasi toko, dimana para pengguna, dalam hal ini kasir, tidak perlu terus menerus memasukkan rumus. Hanya tinggal melakukan scan barang, dan harga, bahkan total jumlah barang yang akan dibeli, akan tertera secara otomatis.

  • Menggunakan Software

07 Laporan Arus Kas Usaha Cafe Usaha Cafe

Ilustrasi Laporan Arus Kas dengan Software Akuntansi Online Beecloud (Sumber: Bee.id)

Sedang mencari rekomendasi software akuntansi online? Excel memang cukup membantu Anda dalam melakukan pencatatan. Namun, Excel masih dirasa ketinggalan, karena sistemnya tidak terintegrasi secara otomatis dengan sistem akuntansi dan pembuatan laporan keuangan. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini Anda bisa menggunakan software akuntansi online, yaitu Beecloud yang membantu Anda dalam melakukan pencatatan transaksi terintegrasi hingga analisis keuangan bisnis.

Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud jika Anda ingin lebih mudah dalam membuat pembukuan. Software akuntansi online Beecloud akan mempermudah Anda dalam membuat dan menyusun pembukuan bahkan hanya sekali klik saja segala laporan pembukuan sudah tersaji secara lengkap. Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan Beecloud hanya dengan menggunakan smartphone saja.

Fitur lengkap yang dimiliki Beecloud bisa membantu mengatasi masalah seperti manajemen keuangan, pengontrolan stok, pemantauan hutang dan piutang, dan dapat dilihat di mana saja dan kapan saja secara realtime karena telah berbasis cloud. Berminat? Yuk coba gratis selama 14 hari klik di sini atau klik gambar di bawah ini!

Banner Beecloud Laporan Neraca

 

Apa itu Distributor? Tugas, Jenis dan Kunci Sukses Distributor
Sebelum kita membahas apa itu distributor, dalam praktiknya manusia dalam memenuhi kebutuhannya harus melakukan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah kegiatan […]
Baca Juga
General Ledger: Pengertian, Fungsi, Cara Membuatnya
Apa itu general ledger? General ledger bukan lain adalah buku besar dalam akuntansi. Berikut ini pengertian, fungsi, dan cara membuat […]
Baca Juga
[DOWNLOAD] Cara Meningkatkan Omset dengan Customer Magnet
Apakah ada cara meningkatkan omset? Bagaimana cara mudah meingkatkan omset serta menarik pelanggan baru dengan customer magnet? Setiap bisnis pasti […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu