Mengenal Apa itu Wirausaha? Ciri-ciri dan Tujuannya

Monday, 24 May 2021
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana
cara-menjadi-wirausaha-sukses

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Apa itu Wirausaha?

pengertian-wirausaha-adalah

Memahami Pengertian Wirausaha (Sumber: Freepik.com)

Wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala resiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru, Menurut Stein dan Jhon F.Burgess (1993). Sedangkan menurut J.B Say (1803), wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian wirausaha adalah sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. Wirausaha memiliki tujuan untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan sebelum diolah.

Tujuan Berwirausaha

manfaat-wirausaha-adalah

Tujuan Wirausaha untuk Diri dan Masyarakat (Sumber: Unsplash.com)

1. Mensosialisasikan tentang kewirausahaan kepada masyarakat

Kewirausahaan mampu mendidik masyarakat agar hidup efisien dan mandiri. Dengan berwirausaha, kita akan mengatur manajemen kerja dan keuangan kita dengan efektif dan efisien, sehingga masyarakat mampu hidup mandiri.

2. Membudayakan perilaku, sikap, dan semangat berkemampuan dalam berwirausaha

Tujuan wirausaha juga penting untuk menunjukkan bahwa kita mampu untuk memimpin dan mengatur aspek-aspek dalam usaha yang dijalani. Hal ini penting selain sebagai pembuktian kemampuan diri, juga sebagai inspirasi bagi orang lain

3. Memajukan dan menyejahterakan masyarakat

Wirausaha memiliki tujuan untuk menambah lapangan kerja. Adanya usaha-usaha baru akan menambah daya tampung tenaga kerja yang diserap. Wirausaha pun turut membantu negara dalam memberikan lapangan kerja sekaligus mengurangi tingkat pengangguran.

4. Mendidik Karyawan Agar Disiplin dan Tekun

Wirausaha juga bertujuan untuk mendidik karyawan jadi orang mandiri, disiplin, tekun, dan jujur dalam menghadapi pekerjaan. Sikap dan karakteristik wirausaha itu penting untuk ditanamkan pada para tenaga kerja yang dipekerjakan oleh wirausaha tersebut.

Baca Juga: Inilah Bisnis Menjanjikan yang Bisa Anda Jalankan di Era Digital

Jenis-Jenis Wirausaha

jenis-jenis-wirausaha

Jenis-jenis Bisnis Wirausaha (Sumber: Unsplash.com)

1. Bisnis Kecil

Orang-orang yang menjalankan atau memiliki bisnis sendiri dan mempekerjakan anggota keluarga atau karyawan lokal bisa disebut wirausaha di bisnis kecil.

Untuk mereka mendapat keuntungan yang didapatkan sudah cukup bagi menghidupi keluarga saja. Mereka mendanai bisnis mereka dengan mengambil pinjaman usaha kecil atau pinjaman dari teman dan keluarga.

Contoh bisnis kecil ini adalah agen perjalanan, bengkel sepeda, tukang kayu, penata rambut, pekerja serabutan, dll.

2. Startup

Pengusaha pemula dapat dimulai berbisnis dengan mengetahui bahwa visi mereka bisa mengubah berfikir yang luas kepada dunia.

Tujuan dari mereka adalah menarik investor untuk berinvestasi dan berfikir tentang bisnis yang baru yang belum ada sebelumnya. Hal ini berfokus pada model bisnis yang bisa dijadikan skala yang besar, jadi, mereka dapat mempekerjakan karyawan yang terbaik dan cerdas.

Lalu mereka akan membutuhkan banyak untuk modal dalam mendukung proyek bisnis tersebut.

3. Perusahaan Besar

Perusahaan besar menentukan siklus tujuan pada bisnisnya. Secara garis besar perusahaan tersebut tumbuh dan bertahan hanya dengan membuat inovasi yang inovatif yang mengacu pada produk utama dari mereka dan mempromosikan produk tersebut.

Persaingan baru, preferensi pelanggan, perubahan didalam teknologi, akan menimbulkan tekanan untuk perusahaan besar yang telah menciptakan produk inovatif lalu menjualnya kepada pelanggan yang baru.

Dalam mengatasi perubahan di teknologi, organisasi tersebut akan melakukan pembelian perusahaan inovasi dan bisa juga mencoba menciptakan produk baru.

4. Sosial

Jenis pada kewirausahaan sosial berfokus dengan menghasilkan layanan dan produk yang bisa menyelesaikan masalah dan kebutuhan di sosial.

Ciri-ciri dan Karakteristik Wirausaha

ciri-ciri-dan-karakteristik-pengusaha

Ciri-ciri dan Karakter pada Wirausaha (Sumber: Pexels.com)

1. Jujur dan Disiplin

Kejujuran merupakan karakteristik mutlak dalam berwirausaha. Kejujuran dalam berwirausaha merupakan fondasi awal kokohnya sebuah wirausaha. Selain menjunjung tinggi kejujuran, seorang wirausaha juga harus memiliki sikap disiplin. Sikap disiplin mampu menggerakkan semangat dan motivasi untuk menjalankan usaha sehingga dapat mencapai target.

2. Kreatif dan Inovatif

Kreatif merupakan suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang berbeda. Sedangkan inovatif merupakan gagasan baru yang meninggalkan cara lama dalam bekerja.

3. Mandiri dan Realistis

Sebagaii seorang yang mempelopori sebuah usaha, maka seorang wirausaha adalah orang yang mandiri dalam melakukan sesuatu. Selai itu sikap realistis dalam membaca realita di sekitarnya merupakan karakter seorang wirausaha.

4. Terampil dan Ulet

Seorang wirausaha harus mampu mencari dan menangkap peluang yang datang demi menguntungkan usahanya. Berkomunikasi dengan siapapun, menangani masalah apapun, dan mampu bekerja sama dengan pihak yang menguntungkan perusahaan.

5. Cerdas Finansial

Keuntungan finansial adalah hal yang tidak penting dibandingkan prestasi kerja seorang wirausaha. Uang merupakan lambang konkret dari tercapainya tujuan dan sebagai bukti kompetensi seorang wirausaha.

Cara Menjadi Wirausaha Sukses

cara-menjadi-wirausahawan-sukses

Kiat-kiat Menjadi Wirausahawan Sukses (Sumber: Freepik.com)

1. Wirausaha Memiliki Ketrampilan sebagai Pengusaha

Pentingnya memiliki ketrampilan sebagai seorang pengusaha bisa menjadi langkah awal yang tepat jika Anda ingin menjadi wirausahawan yang sukses. Mental pengusaha harus dibentuk sejak awal sebelum membangun suatu usaha. Ketrampialn tersebut misalnya seperti memahami target pasar, memahami kebutuhan pasar, mampu membaca kesempatan, kemampuan komunikasi yang baik, dll.

2. Memiliki Akses Permodalan

Untuk memulai usaha, Anda akan memerlukan modal. Memiliki akses modal yang bagus akan membantu usaha Anda lancar dan tentunya akan mempercepat proses produksi. Modal suatu usaha merupakan salah satu kunci agar bisnis bisa berjalan dan tetap lancar. Anda bisa mendapatkan modal dari manapun. Baik itu dari investor, uang Anda sendiri, atau bahkan dari Bank.

3. Mampu Menghasilkan Solusi

Seorang wirausahawan merupakan orang yang mampu memberikan solusi tepat untuk masalah yang sedang terjadi. Solusi yang diberikan juga benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan menciptakan solusi yang tepat, produk atau jasa yang Anda tawarkan akan lebih mudah diterima oleh pasar. Hal ini akan membantu kelancaran suatu bisnis karena meningkatkan penjualan yang terjadi.

4. Wirausaha Cepat Mengambil Kesempatan

Persaingan yang sangat ketat dalam wirausaha akan membuat bisnis menjadi lambat terhadap penjualan. Oleh karena itu, wirausahawan harus cepat mengambil kesempatan yang ada agar tidak tertinggal dengan kompetitor. Kesempatan yang harus cepat diambil bisa jadi kesempatan untuk mengeksekusi suatu ide, kecepatan mengambil momentum, bahkan kecepatan mengambil target pasar dengan strategi pemasaran yang tepat.

Baca Juga: 3+ Aplikasi untuk Cetak Faktur Penjualan di Windows

Kesimpulan

Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan bisnis baru.

Dalam bisnis ada banyak hal yang perlu diatur. Baik itu produksi maupun internal bisnis seperti laporan keuangan. Setiap proses bisnis adalah hal yang penting dan tidak bisa dilewatkan begitu saja. Untuk memudahkan pekerjaan dan tetap bisa berkonsentrasi dalam bisnis, Anda bisa berinvestasi kepada teknologi yang tepat. Misalnya menggunakan Software Akuntansi Online Beecloud untuk mengatur proses akuntansi yang terjadi dengan bisnis Anda. Usaha Anda akan lebih lancar tanpa harus memusingkan proses laporan keuangan.

Coba gratis selama 14 hari dengan klik di sini atau klik banner di bawah ini!

Mudah-Sususn-Laporan-Keungan-Untuk-Wirausaha

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :