3+ Aplikasi untuk Cetak Faktur Penjualan di Windows

Wednesday, 8 April 2020
Maghfirotul Amalia
Maghfirotul Amalia

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Aplikasi Faktur Penjualan – Apakah anda masih bingung bagaimana caranya cetak Faktur Penjualan ? Atau anda masih menggunakan cara manual untuk cetak Faktur Penjualan ? Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencetak Faktur Penjualan atau Cetak Nota, salah satunya dengan menggunakan aplikasi.

Terlebih dahulu silakan dipahami tentang apa itu Faktur Penjualan, apa saja komponennya dan juga cara – cara yang bisa digunakan untuk membuat faktur penjualan.

Apa itu Faktur Penjualan ?

apa itu faktur penjualan

Contoh Sales Invoice (Sumber : Freepik.com)

Faktur Penjualan atau Sales Invoice adalah lembar bukti tagihan atau bukti transaksi kepada pelanggan atas pembelian suatu barang/jasa. Faktur Penjualan biasanya dikirim oleh pemasok bersamaan dengan atau setelah pengiriman barang/jasa.

Dalam kehidupan sehari – hari, Faktur Penjualan merupakan hal yang sering kita temukan. Misalnya, saat membeli perlengkapan tulis – menulis, perlengkapan kantor, buku atau ketika seseorang menggunakan jasa binatu. Setelah membayar dan menerima barang, atau setelah pekerjaan jasa dilakukan, pihak penjual atau pemberi jasa akan memberikan faktur penjualan.

Baca Juga : Inilah 3 Tools dan Cara Membuat Invoice

Faktur Penjualan merupakan dokumen yang sangat penting. Bahkan bisa digunakan sebagai bukti jika konsumen memiliki keluhan terkait produk yang dibeli.

Apa Saja Komponen di Faktur Penjualan ?

komponen faktur penjualan

Contoh Komponen Faktur Faktur Penjualan (Sumber : Freepik.com)

1. Nomor Nota

Faktur Penjualan biasanya memiliki nomor nota atau kode transaksi yang disusun berdasarkan kebutuhan perusahaan atau pemasok yang menerbitkannya. Nomor nota ini bertujuan untuk membedakan transaksi satu dengan yang lainnya.

2. Nama Perusahaan Pembuat Faktur

Bagian ini mencakup nama, logo serta alamat perusahaan sehingga penerima nota bisa mengetahui asal dari nota tersebut jika suatu hari dibutuhkan. Juga sebagai identitas perusahaan pemberi nota. Terkadang juga dicantumkan jasa atau barang apa saja yang disediakan oleh perusahaan.

3. Nama Customer

Bagian ini berisi nama customer yang bertransaksi dengan perusahaan atau pemasok. Terdiri dari nama dan juga alamat jika customer ini membeli dalam jumlah banyak. Biasanya jika memberli ecer tidak begitu diperlukan data lengkap customer. Namun semua tergantung kebijakan masing – masing perusahaan atau pemasok barang.

4. List dan Qty Barang

Daftar barang dan jumlah barang yang dibeli oleh customer wajib dicantumkan pada Faktur Penjualan atau Sales Invoice karena ini juga menjadi kebutuhan untuk cek stok barang di perusahaan atau toko tempat Fatur Penjualan dikeluarkan. Juga untuk customer jika daftar dan jumlah barang dicantumkan akan sangat berguna karena bisa digunakan untuk pencatatan pribadi customer tersebut. Atau jika customer ini memiliki sebuah usaha juga bisa digunakan untuk pembukuan oleh customer ini.

5. Harga dan Diskon

Harga dan juga total harga dicantumkan ditiap Faktur Penjualan untuk mengetahui berapa total pembelian customer dan juga sebagai data toko atau perusahaan tentang berapa pemasukan yang didapat. Diskon juga perlu dicantumkan agar customer mengetahui jika ada potongan harga dan melakukan pembayaran sesuai dengan total yang tercantum.

6. Keterangan (Note Faktur dan Nomor Rekening Transfer)

Keterangan dicantumkan dan berisi catatan tambahan mengenai Faktur Penjualan dan Nomor Rekening jika melakukan pembayaran via Transfer Bank.

3 Cara Mudah Membuat Faktur Penjualan

beepos

Contoh Aplikasi Faktur Penjualan (Sumber : Bee.id)

Ada beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk membuat faktur penjualan, berikut beberapa metodenya :

1. Manual

Cara ini biasanya digunakan dengan menulis Faktur Penjualan atau Sales Invoice secara manual di kertas atau nota – nota biasa yang bisa didapatkan di toko alat tulis kantor. Namun cara ini cukup memakan waktu dan juga tidak hemat tempat, karena anda harus menyimpan arsip atau kertas – kertas Faktur Penjualan manual.

2. Excel – Cetak

Untuk metode ini lebih efektif dibandingkan cara manual karena anda bisa mencetak Faktur Penjualan melalui pinter sehingga kelihatan lebih professional dan juga anda bisa menyimpan datanya di PC atau laptop anda. Namun, apakah sudah cukup efisien jika dibandingkan dengan menggunakan software atau Aplikasi Faktur Penjualan?

3. Software

Nah, untuk yang ini sangat disarankan karena data mengenai transaksi penjualan anda bisa sangat aman dan tertata dan hasil cetaknya pun bisa kelihatan sangat professional karena menggunakan software khusus untuk membuatnya. Aplikasi Faktur Penjualan ini juga biasanya langsung terintegrasi dengan sistem akuntansi sehingga jika anda tidak paham akuntansi bisa juga belajar dari sini.

Jadi, memang menggunakan Aplikasi Faktur Penjualan ini lebih efektif dan efisien daripada menggunakan cara manual atau excel.

Baca Juga : Aplikasi Kasir Android Terbaik dan Tepat untuk UKM Indonesia

3+ Aplikasi Cetak Faktur Penjualan

Beeaccounting

Software Akuntansi Beeaccounting (Sumber : Bee.id)

Ada beberapa Aplikasi Faktur Penjualan yang bisa digunakan untuk membuat Sales Invoice atau digunakan untuk cetak nota sehingga pekerjaan anda bisa lebih mudah dan juga bisa mendapatkan banyak benefit dari Aplikasi Faktur Penjualan.

1. Free Invoice Generator

Free Invoice Generator adalah aplikasi yang mudah digunakan untuk membantu Anda membuat faktur dengan cepat, dan membaginya dengan pelanggan secara gratis. Yang perlu anda lakukan adalah cukup mengunduh aplikasi, mengisi faktur dengan rincian yang diperlukan dan faktur anda akan siap. Anda kemudian dapat memilh untuk mengunduh salinan faktur dalam bentuk PDF atau mengirimkannya ke email atau mengunggahnya ke OneDrive.

2. Invoice – BizXpert

Aplikasi ini berbasis cloud yang memenangkan penghargaan kategori UMKN bisnis kecil, kontraktor, wirausaha dan professional wiraswasta. Aplikasi ini bisa anda gunakan dari smartphone, tablet, dan computer anda. Invoice BizXpert dirancang untuk membantu bisnis anda tetap teratur dan terlihat professional.

3. Beeaccounting

Beeaccounting merupakan satu – satunya software akuntansi dengan 47 plugin sesuai bidang usaha anda. Software yang fleksibel dan mudah digunakan, sehingga bagi anda yang masih awam tentang keuangan dan akuntansi bisa dengan mudah belajar menggunakan software ini.

Beberapa benefit yang bisa anda dapatkan jika menggunakan software Beeaccounting adalah :

  • Stok Klop
  • Piutang Aman Terkontrol
  • Cashflow Lancar
  • Menekan Biaya
  • Keluar Masuk Uang Terkontrol
  • Analisa Penjualan Lengkap
  • Laporan Keuangan Standard
  • Kontrol Karyawan
  • Tertib Pajak

4. Invoice 360

Invoice 360 adalah aplikasi e-faktur yang dirancang untuk orang – orang yang memiliki usaha yang fleksibel dan suka bepergian. Aplikasi ini elegan dan sederhana serta mudah digunakan serta tampilan faktur menarik.  Fitur – fitur invoice 360 :

  • Memungkinkan anda membuat faktur untuk perusahaan, pelanggan, inventaris
  • Faktur bisa diedit
  • Bisa mencetak langsung ke printer atau menyimpan faktur menjadi PDF
  • Fitur share untuk mengirim email softcopy faktur kepada pelanggan anda
  • Penambahan logo

Jadi apakah anda memutuskan untuk tetap menggunakan cara manual atau beralih menggunakan Aplikasi Faktur Penjualan ?

Banner Beeaccounting Software untuk Mempermudah Laporan Akuntansi

Mungkin bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan cara manual saat mau beralih ke Aplikasi Faktur Penjualan akan sangat kesulitan karena tidak terbiasa namun ada aplikasi yang akan memudahkan anda dalam menggunakannya. Bahkan anda bisa mendapatkan laporan lengkap sampai ke akuntansinya.

Pakai Beeaccounting karena juga bisa catat barang, stok, piutang dan keuangan. Beralih ke Software Faktur Penjualan sehingga anda tidak perlu repot – repot lagi membuat Faktur Penjualan secara manual. Mari control bisnis dengan mudah menggunakan Beeaccounting.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :