Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Buku Besar Pembantu: Kenapa Buku Ini Penting?

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 20 September 2022

Untuk mencatat laporan keuangan usaha, dibutuhkan sebuah dokumen yang disebut buku besar. Di dalam buku tersebut akan berisikan data catatan cashflow pada rentang waktu tertentu. Ada pula istilah buku besar pembantu yang sangat penting untuk menunjang sebuah laporan keuangan yang benar.

Buku besar kategori pembantu ini disebut juga dengan nama subsidiary ledger. Apa yang dimaksud dengan buku besar pembantu? Buku besar pembantu adalah sebuah buku yang di dalamnya terdapat rincian data keuangan buku besar umum. Biasanya akan dikelompokkan sesuai dengan jenis transaksi.

4 Fungsi Buku Besar Pembantu

Pentingnya Buku Besar Pembantu

Ilustrasi Akuntan Memeriksa Subsidiary Ledger (Sumber: Freepik.com)

Ada yang menilai kalau buku besar umum saja sudah cukup, untuk menjadi landasan membuat sebuah laporan keuangan.

Namun, ada pula yang menilai kalau buku besar jenis pembantu lebih penting dan perlu dimiliki. Sebenarnya apa alasan pentingnya dan fungsi buku besar pembantu?

  • Bisa Menjadi Bahan Pembanding Buku Besar Utama

Pada buku besar utama atau disebut general ledger, memang sudah tersedia semua catatan transaksi keuangan yang dilakukan. Namun ketika muncul ketidaksinkronan antara beberapa data, maka bisa dicek langsung dan dibandingkan dengan subsidiary ledger

Sama halnya ketika ada transaksi yang tidak tercatat di buku general tersebut, padahal Anda yakin ada transaksi tersebut. Maka tinggal cek di versi buku pembantu untuk mengeceknya.

  • Rincian Data Transaksi Lebih Mudah Dicari

Ketika kehilangan data di buku besar umum, bisa jadi karena bukunya tercecer atau data soft copy nya hilang maka Anda masih memiliki backup menggunakan buku pembantu ini.

Akan lebih mudah mencari transaksi, kemudian membuat lagi versi general ledger-nya berdasarkan data tersebut.

  • Membagi Tim Kerja Laporan Keuangan Jadi Efisien

Untuk membuat sebuah laporan keuangan skala besar, dibutuhkan tim untuk mempercepat proses pembuatannya.

Dengan adanya buku besar pembantu dengan berbagai jenis yang tersedia, tinggal menentukan berapa orang anggota tim dibutuhkan untuk mengerjakan semua subsidiary ledger tersebut.

Misalnya, ada lima subsidiary ledger yang dibuat maka dibutuhkan hanya lima orang untuk membuat detail laporan keuangan sebelum diakumulasikan ke dalam sebuah laporan utama. Lebih efisien karena bisa selesai dalam waktu bersamaan.

  • Kesalahan Laporan Keuangan Dapat Diantisipasi

Laporan keuangan yang benar adalah, ketika tidak ada kesalahan dalam memasukkan angka di dalam pos anggaran tersedia. Dengan perpaduan buku besar umum dan subsidiary ledger, kesalahan akan lebih bisa diantisipasi karena cross check data dapat dilakukan dengan mudah.

Baca Juga: 7+ Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan

Jenis-jenis Buku Besar Pembantu

Jenis Buku Besar Pembantu

Ilustrasi Menganalisa Subsidiary Ledger (Sumber: Freepik.com)

Berbagai jenis buku besar pembantu perlu digunakan dalam optimalisasi pembuatan sebuah laporan keuangan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Biaya Penjualan

Di dalam buku ini, berisikan semua biaya penjualan dikeluarkan dengan durasi waktu sesuai kebutuhan perusahaan. Bisa satu bulan, enam bulan, hingga satu tahun.

  • Biaya Alat dan Mesin

Merupakan buku besar yang isinya adalah, detail biaya yang keluar dari perusahaan untuk pembelian alat dan mesin. Termasuk juga pemeliharaan dan penggantiannya mulai dari tanggal biaya dikeluarkan, jenis pembiayaan, jumlahnya, dan informasi pendukung lain.

  • Biaya Persediaan

Adalah subsidiary ledger yang berisikan detail persediaan dimiliki oleh perusahaan. Biaya ini, akan sangat penting pada pembuatan laporan neraca dan laba rugi.

  • Piutang

Isinya adalah detail piutang yang dimiliki oleh perusahaan, lengkap dengan detail jumlah dan kapan target piutang bisa masuk menjadi pendapatan dan digunakan oleh perusahaan.

  • Utang

Jenis buku ini, berisi daftar utang perusahaan dalam rentang waktu tertentu. Lengkap pula dengan jumlah dan tenggat pembayarannya.

  • Biaya Administrasi dan Umum

Yaitu buku besar yang isinya data pembiayaan, untuk urusan administrasi dan kebutuhan umum perusahaan.

Perbedaan Buku Besar Umum dan Buku Besar Pembantu

Buku Besar Pembukuan

Ilustrasi Buku Besar Pembukuan (Sumber: Pexels.com)

Ada tiga hal yang membuat keduanya memang terlihat berbeda, diantaranya:

  • Tanggal Transaksi

Tanggal transaksi yang dicatat dalam buku besar umum, biasanya adalah pada setiap akhir bulan saja. Sedangkan pada subsidiary ledger yaitu setiap transaksi dilakukan, sehingga menjadi lebih detail.

  • Sumber Informasi

Sumber informasi yang dipakai, sebagai landasan membuat versi umum buku besar adalah dari data bulanan dari jurnal umum dan jurnal khusus. Beda dengan versi pembantu, yang informasinya langsung dari buku pencatatan transaksi harian hingga bulanan. 

  • Waktu Mencatat

Waktu mencatat buku besar utama adalah akhir bulan, sedangkan buku pembantu dicatat setiap transaksi terjadi.

Baca Juga: General Ledger: Pengertian, Fungsi, Cara Membuatnya

Manfaat Menggunakan Software Akuntansi untuk Membuat Buku Besar Pembantu

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

  • Mencatat Semua Transaksi
  • Memudahkan Akuntan
  • Merekam Data Seacara Otomatis
  • Bisa Digunakan Offline
  • Dapat Dicustom Sesuai Kebutuhan

Jika Anda masih merasa kesulitan dalam membuat buku besar pembantu perusahaan dagang atau buku besar umum. Software akuntansi Beeaccounting dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran. Selain itu dengan menggunakan software general leder kita juga dapat menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik. Coba gratis 30 hari sekarang! Klik di sini untuk mendapatkan penawaran.

Contoh Faktur Pembelian Beserta Penjelasannya
Contoh Faktur Pembelian - Menjalankan suatu usaha memang membutuhkan sebuah perjuangan yang maksimal. Terkadang bisnis yang dijalankan mengalami kenaikan dan […]
Baca Juga
Software Kasir Percetakan yang Detail dan Lengkap
Banyak orang yang berkeinginan memiliki usaha sendiri. Namun, tidak sedikit yang bingung menentukan jenis usaha apa yang akan mereka bangun. […]
Baca Juga
Alasan Pentingnya Laporan Keuangan Perusahaan
Laporan Keuangan Perusahaan - Hingga saat ini, beberapa orang atau bahkan pengusaha belum mengerti betapa pentingnya laporan keuangan dalam usaha. […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu