⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Apa itu Profit? Profit Adalah Laba, Ini Penjelasan dan Rumusnya

Profit adalah Laba yang didapatkan sebuah perusahaan/ bisnis dalam periode akuntansi tertentu yang sudah ditentukan. Begini penjelasannya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 11 January 2023

Profit adalah Laba yang didapatkan sebuah perusahaan/ bisnis dalam periode akuntansi tertentu yang sudah ditentukan. Sederhananya profit merupakan sebuah rincian keuntungan yang didapatkan oleh sebuah perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Ada beberapa jenis profit yang dibedakan berdasarkan perhitungannya. Simak di bawah ini untuk penjelasan lebih lengkap tentang profit.

Apa itu Profit?

Profit Adalah

Setiap Pengusaha Pasti Ingin Profitnya Meningkat Tiap Tahunnya (Sumber: Freepik.com)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, apa itu profit? Profit adalah laba atau keuntungan yang didapatkan sebuah perusahaan dalam waktu tertentu. Biasanya bentuk dari laba ini akan dihitung kembali dan dikelompokkan menjadi beberapa jenis.

Jika diartikan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) profit adalah keuntungan, lebih spesifiknya keuntungan yang didapatkan seseorang/ kelompok dalam aktivitas bisnis yang mereka jalankan.

Berdasarkan pada buku Akuntansi Suatu Pengantar karya Soemarso SR menjelaskan jika profit artinya keuntungan yang didapatkan dari kegiatan utama sebuah perusahaan.

Pengelolaan profit atau laba ini juga bisa didapatkan dari hasil kegiatan bisnis yang bisa disalurkan dan diinvestasikan lagi sebagai pendorong pertumbuhan dan perkembangan bisnis.

Dari pendapatan laba/ profit ini bisa langsung dikelola oleh pemilik usaha atau diolah kembali untuk disalurkan kepada pemegang saham dengan bentuk dividen, jika perusahaan yang berkaitan merupakan jenis perusahaan publik yang sudah tercantum dalam Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca juga: Cara Menghitung Untung Jualan Dengan Tepat dan Cepat

Jenis-Jenis Profit

Sebagai seorang pebisnis sudah menjadi hal wajib untuk memiliki pemahaman tentang jenis-jenis profit. Karena apa? profit bisa dijadikan sebagai petunjuk arah tujuan utama dari bisnis yang dijalankan.

Bisa untuk mendapatkan keuntungan/ laba seoptimal mungkin atau bisa digunakan untuk kepentingan perkembangan bisnis semaksimal mungkin.

Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis profit lengkap dengan rumus perhitungannya:

Laba

Laba/ Profit Adalah Keuntungan Bisnis (Sumber: Pixels)

1. Laba Operasional (Operating Profit)

Jenis laba pertama dalam laba operasional atau operating profit yang juga sering dikatakan sebagai laba sebelum bunga dan pajak (Earnings Before Interest and Taxes (EBIT)).

Apa saja yang termasuk dalam jenis operasional pada sebuah bisnis/ perusahaan? Yakni yang berkaitan dengan pemasaran, iklan, depresiasi, sewa, tunjangan karyawan, komisi, penjualan dan beberapa hal terkait lainnya.

Pada perhitungannya bisnis ini bisa didapatkan dengan cara menghitung subtotal dari laporan laba rugi, dengan rumus sebagai berikut:

Rumus Operating Profit = Laba kotor - Biaya Operasi - Total Penyusutan - Amortisasi

atau

Rumus Laba Profit = Laba Bersih + Total Beban Bunga + Jumlah Pajak

2. Laba Kotor (Gross Profit)

Berikutnya ada laba kotor atau Gross Profit adalah keuntungan yang didapatkan sebuah perusahaan/ bisnis setelah dikurangi dengan HPP atau dengan biaya produksi.

HPP sendiri merupakan singkatan dari harga pokok penjualan yang digunakan oleh sebuah perusahaan dalam melangsungkan proses produksi, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dalam perhitungannya gross profit menggunakan subtotal pertama dari laporan laba rugi perusahaan/ bisnis. Dengan rumus sebagai berikut:

Rumus Gross Profit = Total Pendapatan Penjualan - HPP

3. Laba Bersih (Net Profit)

Selanjutnya ada net profit yang juga disebut dengan laba bersih. Net profit adalah total jumlah yang tersisa dari seluruh pendapatan setelah dikurangi dengan beban usaha, seperti bunga dan pajak.

Pada proses pembuatan laporan keuangan, net profit ini biasanya diletakkan pada akhir laporan, dengan rumus perhitungan sebagai berikut:

Jenis profit selanjutnya yaitu net profit atau laba bersih. Net profit adalah nilai yang tersisa dari pendapatan dikurangi semua beban usaha, termasuk bunga dan pajak Net profit ini terletak pada bagian akhir laporan laba rugi suatu perusahaan.

Rumus Laba Bersih = Gross Profit (Laba Kotor) - Beban

atau

Rumus Laba Bersih = Jumlah Total Pendapatan - Jumlah Total Pengeluaran

Cara Menghitung Profit/ Laba Mudah Anti Ribet

Cuma 5 Menit Bikin Laporan Laba Rugi Bisa Dilihat Dimanapun dan Kapanpun

Cuma 5 Menit Bikin Laporan Laba Rugi Bisa Dilihat Dimanapun dan Kapanpun

Menjadi seorang pebisnis memang tidak lepas dari urusan hitung menghitung. Ada pebisnis yang memang memiliki basic akuntansi mumpuni sehingga menghitung bukan masalah bagi mereka ada juga yang sebaliknya.

Atau memang ada yang merasa kerepotan karena harus multitasking urus saja - urus sini sehingga merasa bingung karena harus menghitung laporan. Jika tidak ada laporan mereka juga tidak tahu perkembangan bisnis yang dijalankan.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan teknologi salah satunya software akuntansi Beecloud, yang bisa membantu Anda menyelesaikan laporan perhitungan laba rugi dengan mudah dan dimana saja.

Anda bisa menjadi pebisnis jago tanpa harus mahir akuntansi, bisa audit gampang, revisi mudah dan bisa dikontrol dimana saja. Buat Anda yang pelanggan pertama ada bonus Gratis trial. Tunggu apa lagi?

Contoh Pengelolaan Profit pada Sebuah Bisnis

apa itu laba rugi

Ilustrasi laporan laba rugi pada software akuntansi Beecloud (Sumber: bee.id)

Gambar di atas merupakan contoh dari hasil perhitungan profit lengkap dengan laporan laba rugi dari software akuntansi Beecloud.

Apa Bedanya Profit dan Omset?

Profit dan omset seringkali berkaitan bahkan tidak jarang menganggap kedua istilah ini sama, namun ternyata berbeda. Begini penjelasan lengkapnya:

1. Definisi

Hal pertama yang membedakan omset dan profit adalah definisi keduanya. Definisi apa itu profit adalah keuntungan keuntungan yang didapatkan dari sebuah bisnis yang sedang dijalankan.

Sedangkan omset adalah jumlah keuntungan (uang) yang dihasilkan oleh pengusaha dari penjualan yang dilakukan tanpa adanya potongan HPP, karyawan, sewa dan sejenisnya.

Baca juga: Kenali Perbedaan Omzet dan Profit serta Strateginya Untuk Bisnis

2. Cara Optimasi

Hal kedua yang membedakan antara omset dan profit adalah bagaimana cara melakukan optimasi. Jika omset pebisnis perlu melakukan perputaran produk dengan cepat, karena biasanya produk yang dijual memiliki masa/ kadaluarsa dengan waktu yang cepat.

Sedangkan pada profit, untuk melakukan optimasi pebisnis tidak perlu melakukan perhitungan dengan cepat karena produk yang dijalankan tidak menggunakan produk yang memiliki masa kadaluarsa.

Profit ini biasanya dijalankan untuk jenis bisnis ritel, sebuah usaha yang memiliki resiko balik modal lama karena memiliki banyak pesaing. Sehingga, perlu adanya trik khusus yang dijalankan untuk mendapatkan profit yang cepat.

3. Cara Perhitungannya

Selanjutnya adalah perbedaan terkait cara menghitungnya. Perhitungan profit terbilang lebih rumit dibandingkan dengan omset, ada beberapa cara yang digunakan dengan rumusnya masing-masing.

Sedangkan pada omset Anda hanya perlu menghitung dengan cara mengalikan produk yang telah dijual dengan harga jual yang ditetapkan.

Sederhananya, arti profit adalah laba/ keuntungan yang dihasilkan sebuah perusahaan pada kegiatan bisnis dalam periode akuntansi tertentu. Sekian, semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Artikel Terkait

Procurement Adalah Pengadaan, Pelajari Metode dan Langkahnya
Procurement adalah istilah yang kerap kali kita dengar dalam dunia bisnis. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Procurement adalah Pengadaan.
Baca Juga
Historical Cost Adalah Nilai Historis Transaksi, Ini Penjelasannya
Dalam dunia akuntansi, biaya historis atau historical cost adalah salah satu landasan penting dalam penilaian aset dan kewajiban perusahaan. Konsep
Baca Juga
Penjelasan Inflasi: Definisi, Penyebab, Dampak
Di dalam dunia perekonomian terdapat kata-kata yang kurang dimengerti oleh orang yang awam. Salah satunya adalah inflasi. Singkatnya, inflasi adalah
Baca Juga
Kenali Pengertian, Jenis, dan Berbagai Unsur Ekuitas
Ekuitas adalah istilah populer dan tentunya sudah sangat populer dalam dunia bisnis khususnya untuk masalah pengelolaan keuangan atau akuntansi. Namun
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Perusahaan, Lengkap dan Jelas!
Anda membutuhkan contoh laporan keuangan perusahaan? Segala sesuatu yang berkaitan dengan finansial memang harus tersusun dengan baik. Kesalahan dalam membuatnya
Baca Juga
Pengertian Deflasi Adalah, Jenis, Penyebab, dan Tips Mengatasinya
Deflasi adalah kondisi penurunan harga saat jumlah uang yang ada di masyarakat jumlahnya kecil. Penurunan dapat terjadi secara terus menerus
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu