🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Cara Menghitung Untung Jualan Dengan Tepat dan Cepat

Cara menghitung untung jualan penting dikuasai pebisnis. Dengan menghitung keuntungan yang benar, maka bisnis terhindar dari kerugian.
Penulis: Dhea Forekha
Dipublish Tgl: Thursday, 23 June 2022

Cara menghitung untung jualan penting dikuasai para pebisnis. Dengan menghitung keuntungan yang benar, maka bisnis terhindar dari kerugian. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghitung untung jualan dengan tepat. Pastikan untuk memilih cara yang terbaik dan tepat agar terhindar dari kerugian.

Unsur Pokok Keuntungan Dalam Penjualan

Terdapat dua jenis unsur dalam penjualan yaitu pendapatan dan beban. Unsur pokok inilah yang nantinya menentukan keuntungan suatu penjualan. Lalu, apa saja hal yang perlu diketahui dari kedua jenis unsur pokok keuntungan dalam penjualan tersebut?

Berikut ini adalah unsur pokok keuntungan dalam penjualan:

  • Pendapatan

Ilustrasi Uang Koin Dan Uang Kertas

Cara Menghitung Untung Jualan (Sumber: Freepik.com)

Pendapatan merupakan pertambahan nilai aktiva yang akan membuat nilai modal menjadi bertambah. Terdapat dua jenis pendapatan, yaitu pendapatan usaha dan pendapatan di luar usaha. Pendapatan usaha didapatkan perusahaan dari aktivitas bisnis itu sendiri. Seperti misalnya pendapatan penjualan barang atau jasa.

Sedangkan, pendapatan di luar usaha merupakan pendapatan yang didapatkan oleh perusahaan dari luar aktivitas perusahaan. Seperti pendapatan dari penyewaan atau bunga. Kedua jenis pendapatan tersebut berkontribusi dalam keuntungan perusahaan.

  • Beban

Beban adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih ekonomis. Pengeluaran beban ini membuat modal menjadi berkurang. Di dalam usaha, terdapat dua jenis beban, yaitu beban usaha dan beban di luar usaha.

Beban usaha merupakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk membiayai berbagai aktivitas utama perusahaan. Seperti misalnya beban gaji, beban listrik, beban telepon, beban administrasi, beban transportasi, dan lain sebagainya. Sedangkan, beban di luar usaha merupakan beban yang dikeluarkan perusahaan untuk membiayai kegiatan di luar kegiatan utama, misalnya bunga.

Cara Menentukan Keuntungan Pada Penjualan

Perempuan Membawa Uang Hasil Dari Penjualan

Menentukan Keuntungan dari Penjualan (Sumber: Freepik.com)

Dalam berjualan, harus bisa menentukan keuntungan pada penjualan. Jika berbicara mengenai keuntungan, dalam dunia bisnis lebih akrab disebut dengan profit. Profit merupakan keuntungan yang didapatkan dari hasil penjualan yang bersih.

Penjualan bersih merupakan dana yang didapatkan oleh perusahaan ketika sudah dikurangi dengan biaya lain seperti beban, pajak, dan pengeluaran lainnya. Untuk menentukan keuntungan penjualan dari bisnis dengan skala kecil, mudah sekali untuk dilakukan. Apabila sudah menerima omset, maka tinggal mengurangi biaya beban produksi dan tenaga.

Baca Juga: Cara Mudah Menghitung Biaya Produksi Beserta Contohnya

Jika bisnis yang dimiliki mempunyai skala besar, maka perhitungannya akan berbeda. Untuk memudahkan laporan, maka Anda harus membagi-bagi keuntungan atau profit tersebut dalam berbagai kategori untuk memudahkan pembukuan.

Pembagian profit tersebut digolongkan dalam laba kotor, laba operasi, dan laba bersih. Laba kotor merupakan pendapatan yang didapatkan setelah mengurangi dengan harga pokok penjualan atau HPP. HPP ini mencakup semua beban yang dikeluarkan perusahaan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa.

Cara Menentukan Hpp

Buah-buahan dengan Harga (Sumber: Pexels.com)

Sedangkan laba bersih merupakan laba kotor yang sudah dikurangi dengan biaya beban dan biaya lainnya selain HPP. Omset merupakan jumlah pendapatan dari keseluruhan hasil penjualan dan merupakan pendapatan kotor karena belum mendetailkan beberapa biaya seperti balik modal, untung, rugi, dan lain-lain.

Cara Menghitung Untung Jualan

  1. Identifikasi Setiap Item Biaya Produksi
  2. Menyusun Laporan Laba Rugi
  3. Menghitung Biaya Pembentuk Harga Pokok Penjualan atau HPP
  4. Mengidentifikasi Saldo Persediaan Awal dan Akhir
  5. Menghitung Penjualan Bersih

Cara Lain Menghitung Untung Jualan Dengan Lebih Tepat dan Cepat

Keuntungan penjualan harus dihitung dengan tepat agar bisa mengetahui nilai yang didapatkan oleh perusahaan. Dalam menghitungnya, harus dilakukan dengan teliti agar tidak terjadi kekeliruan dan kerugian. Tahukah Anda jika menghitung keuntungan penjualan ternyata bisa dilakukan dengan cara yang lebih tepat dan cepat? Misalnya seperti pada software kasir minimarket.

Mau Punya Mesin Kasir ala Alfamart untuk Membantu Kasir Anda Jualan Lebih Cepat dan Aman

Ternyata, kini sudah ada cara yang bisa membuat Anda bisa menghitung keuntungan penjualan dengan lebih tepat dan cepat. Cara tersebut adalah dengan menggunakan bantuan software. Dengan menggunakan software ini, Anda akan terbantu dalam melakukan proses penghitungan menjadi lebih tepat, cepat, dan mudah. Saat ini, sudah terdapat developer yang menyediakan software untuk perhitungan keuntungan. Cara menghitung untung jualan menjadi lebih mudah dan teliti.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Aplikasi Nota Pembelian, Manfaat dan Langkah Pembuatannya
Aplikasi nota pembelian menjadi bagian penting dalam proses akuntansi usaha. Baik itu, bisnis kecil, menengah, hingga perusahaan berkembang, sudah umum
Baca Juga
Bisnis Travel Agent: Cara Ampuh Survive dari Gempuran Startup
Kali ini saya akan membahas artikel mengenai Cara Ampuh Survive Travel Agent dari Gempuran Startup. Baca artikel ini sampai selesai
Baca Juga
Instagram Ads: Cara Efektif Beriklan di Platform Populer 2023
Apakah Anda ingin menjangkau audiens yang lebih luas untuk bisnis Anda? Instagram Ads dapat menjadi solusi yang tepat untuk Anda.
Baca Juga
Cara Buat Akuntansi Sederhana untuk UKM!
Permasalahan paling krusial yang kerap kali terjadi pada bisnis UKM (Usaha, Kecil, dan Menengah) adalah keuangan. Sebab, masih banyak pelaku
Baca Juga
Cara Membuat Jurnal Penutup Perusahaan Dagang, Lengkap!
Dalam siklus akuntansi jurnal penutup perusahaan dagang adalah tahapan akhir dari laporan keuangan bisnis dalam satu periode akuntansi yang dijalani.
Baca Juga
Apa itu Kwitansi Kosong? Cek Selengkapnya Disini!
Apabila pernah menjadi bendahara dari suatu acara, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah kwitansi kosong. Lantas, apa perbedaan kwitansi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu