🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

3 Metode Analisis Laporan Keuangan Paling Umum di Indonesia

Tiga metode yang paling sering digunakan dalam analisis laporan keuangan bisnis adalah metode horizontal, vertical, dan industri.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 30 March 2023

Analisis laporan keuangan bisnis merupakan hal penting yang wajib dilakukan oleh setiap pengusaha di Indonesia. Alasannya adalah karena analisis keuangan bisa memberikan gambaran sehat tidaknya suatu perusahaan. Hasil analisis juga bisa digunakan untuk meningkatkan perkembangan bisnis.

Jika perusahaan bisa berkembang dengan baik, artinya tujuan perusahaan sudah semakin dekat. Keuangan sendiri memang merupakan komponen yang sangat penting, khususnya untuk menggambarkan sukses tidaknya suatu usaha.

Kesuksesan bisa diukur dengan melihat seberapa sehat keuangan perusahaan dan laju pencapaian laba. Laporan keuangan sangat diperlukan untuk mengelola kesehatan keuangan usaha. Cari tahu selengkapnya mengenai analisis keuangan perusahaan di bawah ini.

Metode Analisis Laporan Keuangan Bisnis

Laporan keuangan merupakan suatu catatan yang isinya adalah informasi keuangan yang merupakan bagian dari pelaporan keuangan. Kegiatan pelaporan tersebut biasanya dikerjakan oleh bagian audit pada lembaga akuntan, firma, pemerintah, maupun lembaga lainnya.

Metode Analisa Laporan Keuangan

Bagi para pengusaha, analisis laporan keuangan adalah hal penting untuk dilakukan (Credit: Freepik)

 

Menurut Dailysocial, Analisis laporan keuangan ini untuk mengetahui apakah keuangan bisnis yang Anda kelola sehat dan stabil dan tidak mengalami penurunan yang merugikan.

Untuk menganalisis laporan keuangan, diperlukan metode tertentu. Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk melakukan analisis.

1. Analisis Horizontal

Metode yang pertama ini dilakukan dengan membandingkan setiap pos yang sama di laporan keuangan yang periodenya berbeda. Analisis dilakukan untuk membandingkan data berdasarkan tiga atau dua periode lebih awal. Ada beberapa jenis metode analisis horizontal yang bisa digunakan.

a. Analisis indeks atau trend

Fungsinya adalah untuk mencari tahu kecenderungan dalam posisi keuangan. Nama lainnya adalah analisis time-series yang bisa membantu manajer memutuskan kinerja bisnis dari suatu periode ke periode lainnya.

b. Analisis sumber dan modal kerja

Merupakan jenis analisis yang sering digunakan jika ingin melihat sumber dan juga alokasi modal di perusahaan. Analisis ini juga bisa memberikan pengaruh ketika ada suatu perubahan.

2. Analisis Vertikal

Metode analisis lain yang digunakan dalam laporan keuangan adalah analisis vertikal. Jenis analisis yang satu ini sering digunakan saat melakukan perbandingan antar pos keuangan yang berbeda pada laporan keuangan yang sama serta pada periode yang sama. Nama lainnya adalah metode statis.

a. Analisis common size

Dilakukan dengan cara membandingkan beberapa pos di laporan yang didasarkan pada persentase selama periode tertentu. Laporan laba rugi dan laporan neraca adalah dua jenis laporan yang biasanya dianalisis dengan metode ini.

b. Analisis break even

Atau analisis titik impas, merupakan jenis analisis untuk menetapkan pendapatan yang seharusnya bisa diraih oleh perusahaan. Tujuannya adalah untuk membantu pemilik perusahaan mengambil keputusan strategi saat menjalankan bisnis.

3. Analisis Industri

analisa keuangan industri

dibutuhkan rasio rata-rata perusahaan lain dengan rasio bisnis perusahaan yang akan melakukan analisis.

Metode ketiga analisis laporan keuangan adalah analisis industri yang digunakan untuk membandingkan perusahaan satu dengan yang lain yang bergerak di bidang yang sama. Analisis yang satu ini bisa memudahkan manajer keuangan untuk melihat apakah perlu menyesuaikan keuangan.

a. Analisis SWOT

Merupakan analisis yang terdiri dari kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat). Jenis analisis industri yang satu ini akan berfokus untuk mempelajari dampak keempat faktor tersebut terhadap perusahaan dan perkembangannya.

b. Analisis PESTLE

Jenis lain dari analisis industri adalah analisis PESTLE yang terdiri dari enam faktor, yaitu politik (politic), ekonomi (economy), sosial (social), teknologi (technology), hukum (law), dan lingkungan (environment).

Analisis industri perlu dilakukan agar perusahaan bisa mendapatkan wawasan yang tinggi mengenai lingkungan usaha yang lebih kompetitif. Kelemahan pesaing bisa menjadi kekuatan sehingga informasi yang didapat bisa digunakan untuk membuat perencanaan pemasaran.

Contoh Hasil Analisis Laporan Keuangan

Bc Analisa Prosentase Keuntungan Bisnis Pakai Beecloud

Agar lebih mengerti seperti apa proses analisis terhadap laporan keuangan suatu perusahaan, cermati tiga contoh yang ada di bawah ini.

1. Contoh analisis horizontal

Analisis horizontal seringkali digunakan untuk menghitung aset lancar suatu perusahaan. Dalam laporan keuangan, analisis horizontal digunakan untuk menyediakan gambaran neraca komparatif singkat untuk membandingkan aset dengan periode dua tahun.

Untuk membuat laporan dengan analisis horizontal, masukkan dulu komponen kewajiban dan aset kemudian mulai lakukan penyusunan laporan laba rugi yang bersifat komparatif selama periode dua tahun. Terakhir, buat laporan laba ditahan yang juga bersifat komparatif.

2. Contoh analisis vertical

Untuk menyusun analisis laporan vertical, perusahaan perlu membandingkan dulu hubungan antara laporan keuangan serta total akun pada laporan keuangan tunggal. Langkah pertama adalah menyusun neraca komparatif dan kemudian diikuti dengan menyusun laporan laba rugi komparatif.

Proses perbandingan ini akan membantu perusahaan melihat potensi laba kotor yang meningkat atau menurun.

3. Contoh analisis industri

Analisis industri digunakan untuk membandingkan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Untuk melakukan pembandingan, diperlukan informasi berupa rasio rata-rata perusahaan lainnya yang ada di industri yang sama. Bandingkan dengan rasio bisnis dari perusahaan Anda.

Tiga contoh analisis laporan keuangan di atas sebenarnya belum merupakan seluruh contoh yang bisa dipelajari. Masih ada berbagai contoh dari berbagai jenis analisis keuangan yang bisa dipelajari. Tapi ketiga metode yang ada di halaman ini adalah yang paling sering diterapkan di Indonesia.

Sebelum laporan keuangan disajikan, pastikan bahwa data yang digunakan akurat dan tidak ada kesalahan. Evaluasi laporan juga penting dilakukan untuk mengetahui kinerja keuangan bisnis dan membuat keputusan atau strategi bisnis yang tepat.

Laporan keuangan merupakan dokumen yang berisi informasi tentang kinerja keuangan suatu perusahaan atau organisasi selama periode waktu tertentu.

Dokumen ini bisa digunakan untuk membantu pengambilan keputusan yang berkaitan dengan keuangan, seperti penentuan kelayakan investasi, evaluasi kinerja keuangan, dan penentuan harga saham.

Fitur Analisa Bisnis Komplit Dari Beecloud

Jika Anda mengalami kesulitan saat membuatnya, Anda bisa memakai software akuntansi online yang aman karena memiliki fitur untuk melindungi dari tangan-tangan yang yang melakukan kecurangan.

Coba gratius Beecloud, klik gambar di atas

5 Strategi Akuntansi Bisnis Minimarket Yang Efektif
Pembukuan akuntansi adalah prosedur bisnis penting yang harus dijalankan dengan tepat oleh pengusaha. Hal ini membantu Anda dalam mengatur ke
Baca Juga
Rumus Current Ratio, Contoh dan Cara Menghitungnya
Rumus current ratio atau rasio lancar adalah salah satu bagian dari rasio likuiditas yang bisa dijadikan sebagai alat pengukur kemampuan
Baca Juga
Pengertian Biaya Overhead Serta Jenis dan Fungsinya
Overhead adalah sejumlah biaya yang harus dipersiapkan pada saat menjalankan bisnis, yang tidak terkait secara langsung terhadap aktivitas produksi barang
Baca Juga
Prive Adalah: Pengertian, Contoh dan Cara Pelaporannya
Pencatatan keuangan adalah hal penting dalam setiap bisnis yang dikelola. Setiap transaksi, baik pengeluaran maupun pemasukan, harus tercatat dengan baik
Baca Juga
Contoh Surat Penagihan dan Pengertiannya Lengkap
Hutang piutang antara penjual dan pembeli adalah hal yang biasa. Tapi bagaimana jika pembeli sulit membayar utang sehingga harus dikirim
Baca Juga
Apa itu Dividen? Berikut Penjelasan Lengkapnya
Dividen adalah salah satu kata yang sering kita dengarkan. Kata dividen identik dengan sebuah perusahaan umum atau juga perusahaan yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu