Logo Bee Web

7 Langkah Cara Budidaya Lobster Air Tawar untuk Pemula

Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 8 September 2023

Bisnis budidaya lobster air tawar digadang-gadang menjadi salah satu bisnis peternakan yang cukup menjanjikan, mengingat jumlah permintaannya yang stabil dan terbilang tinggi dari waktu ke waktu.

Khususnya untuk jenis Cherax sp yang juga sering disebut dengan lobster Australia yang sudah menjadi jenis lobster yang populer di kalangan peternak ikan. Bagaimana cara budidaya dan potensi bisnisnya? Simak selengkapnya pada artikel berikut ini:

7 Langkah-Langkah Cara Budidaya Lobster Air Tawar

ternak lobster air tawar

Ilustrasi pengelolaan cara budidaya lobster air tawar secara tradisional

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan dalam melakukan budidaya lobster air tawar:

1. Persiapan Akuarium dan Pemilihan Lobster

Langkah pertama yang perlu dilakukan peternak yang akan melakukan budidaya lobster air tawar adalah dengan menyiapkan media untuk proses pembenihan hingga untuk proses lanjutan.

Untuk proses pembenihan Anda bisa menggunakan akuarium, kolam semen, atau bak plastik. Akuarium dapat dibuat dengan dimensi panjang 1 meter, lebar 0,5 meter, dan tinggi 0,4 meter. Memiliki ketinggian air maksimum 30 cm dan dapat menampung 100 benih lobster berukuran 1 inci.

Kemudian pilih lobster yang sehat dan ukurannya sesuai dengan ukuran akuarium. Pastikan akuarium memiliki ukuran yang memadai, penyaringan air yang baik, dan perlengkapan seperti tempat persembunyian dan area berlindung untuk lobster.

2. Pemeliharaan Kualitas Air

Berikutnya lakukan pemeliharaan terhadap kualitas air, sebab kualitas air yang baik sangat penting dalam budidaya lobster air tawar. Monitor suhu, pH, amonia, nitrit, dan nitrat secara berkala. Pastikan parameter-parameter ini berada dalam rentang yang sesuai dengan kebutuhan lobster.

Adapun jenis air yang bisa digunakan adalah air tanah, air PDAM dan air sungai. Untuk penggunaan air tanah sebaiknya diendapkan dulu selama seharian agar oksigen didalam air meningkat, mengingat tingkat keasaman yang cukup tinggi.

Begitu pula untuk air PDAM, perlu didiamkan 24 jam untuk menghilangkan kandungan kaporit dan klorinnya, sedangkan untuk air sungai perlu diperhatikan kualita dan kebersihannya apakah tercemar dengan limbah atau tidak.

Semua ini dilakukan untuk mengurangi bahaya bagi lobster air tawar itu sendiri, sehingga budidaya yang Anda lakukan bisa berjalan lancar, efektif dan efisien.

3. Pemberian Makanan

Lobster air tawar adalah pemakan serba, jadi berikan makanan beragam seperti pellet ikan, sayuran, cacing, udang kecil, dan sisa makanan organik. Pastikan makanan mencukupi dan seimbang.

4. Perkembangbiakan

Jika Anda tertarik dalam pembiakan, perhatikan perbedaan jenis kelamin dan kematangan seksual lobster. Pada saat yang tepat, lobster betina akan membawa telur di bawah ekor. Telur-telur ini kemudian akan dilekatkan di bawah ekor selama beberapa minggu sampai menetas menjadi larva.

Selain itu ada catatan yang perlu diperhatikan dalam proses cara budidaya lobster air tawar, yakni:

  • Lakukan seleksi induk lobster yang unggul, baik dari kondisi kesehatan hingga ukuran tubuh.
  • Untuk induk yang dikembangbiakan sebaiknya berusia 10-12 bulan dengan ukuran 15-17 cm, dengan perbandingan jumlah dalam satu kolam adalah 3 jantan dan 5 betina.
  • Gunakan akuarium dengan ukuran 40 cm3 dengan ketinggian air mencapai 20 cm. Pemijahan indukan lobster dilakukan selama 14 hari.
  • Setelah lobster memijah atau kawin, telur-telur tersebut diinkubasi di wadah terpisah berukuran 1 x 1 x 1 meter dengan ketinggian air 0,5 meter. Ukuran ini dapat menampung setidaknya 400 ekor benih atau 2 ekor induk betina.
  • Selama masa inkubasi, stabilitas suhu dan wadah sangat penting karena telur sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Penetasan biasanya terjadi setelah 40-47 hari.

5. Pemisahan dan Penyediaan Kolam Khusus Larva

Setelah larva menetas, pisahkan mereka dari lobster dewasa dan pindahkan ke kolam khusus yang sesuai dengan ukuran dan fase perkembangan mereka. Pastikan kondisi air dan makanan di kolam larva memenuhi kebutuhan mereka.

6. Pemeliharaan, dan Pengendalian Kesehatan Ternak

Lanjutkan memberikan perhatian khusus pada parameter kualitas air dan nutrisi saat lobster tumbuh. Pindahkan lobster ke akuarium yang lebih besar ketika mereka tumbuh lebih besar.

Perhatikan tanda-tanda penyakit atau masalah kesehatan pada lobster. Jika Anda melihat lobster sakit atau berperilaku aneh, segera lakukan langkah-langkah pemulihan atau konsultasikan dengan ahli akuakultur.

7. Pemasaran dan Penjualan

Jika tujuan budidaya Anda adalah untuk pemasaran dan penjualan, pastikan Anda memiliki saluran yang tepat untuk menjual lobster. Pelajari pasar lokal atau pasar online yang sesuai dengan jenis lobster yang Anda budidayakan.

Budidaya lobster air tawar memerlukan pengetahuan dan keterampilan khusus dalam manajemen akuakultur. Selalu jaga kualitas air dan kesehatan lobster Anda untuk mencapai hasil yang sukses. Konsultasikan dengan ahli akuakultur atau sumber daya lain yang dapat membantu Anda dalam perjalanan budidaya ini.

Baca Juga: Budidaya Ikan Lele untuk Pemula, Lengkap!

Potensi Bisnis Lobster Air Tawar

Keuntungan Budidaya Lobster Air Tawar

Contoh potensi bisnis kuliner lobster air tawar (Credit: Freepik.com)

Berikut  beberapa aspek potensi dan keuntungan budidaya lobster air tawar:

1. Nilai Jual yang Tinggi

Lobster air tawar memiliki nilai jual yang tinggi, terutama jenis-jenis seperti lobster Australia (Cherax sp.). Harga jual lobster cenderung lebih tinggi daripada ikan air tawar lainnya karena permintaan yang terus meningkat.

2. Permintaan Pasar yang Tinggi

Permintaan akan lobster air tawar terus meningkat baik dari pasar lokal maupun internasional. Lobster air tawar sering dicari oleh penggemar akuarium, restoran, dan pedagang ikan hias.

3. Potensi Ekspor

Beberapa negara memiliki permintaan yang tinggi untuk lobster air tawar, dan ini bisa menjadi peluang ekspor yang menguntungkan jika Anda mampu memenuhi standar kualitas dan persyaratan pengiriman.

Baca Juga: 8 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing, Pasti Untung Besar!

4. Pemasaran Khusus

Lobster air tawar memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemar akuarium dan pecinta hewan hias. Anda dapat memasarkan produk Anda kepada mereka yang ingin memiliki lobster sebagai hewan peliharaan unik.

5. Produk Sampingan

Selain menjual lobster dewasa, Anda juga dapat menjual larva lobster kepada penghobi yang tertarik untuk memelihara dan mengembangbiakkan lobster sendiri.

6. Inovasi Produk

Kemudian, Anda dapat menciptakan nilai tambah dengan mengembangkan produk-produk terkait lobster air tawar, seperti makanan khusus, perlengkapan akuarium, atau layanan konsultasi bagi mereka yang ingin memulai budidaya lobster.

7. Skalabilitas

Bisnis budidaya lobster air tawar dapat dijalankan dalam skala kecil hingga besar, tergantung pada sumber daya yang Anda miliki dan tujuan bisnis Anda.

Lakukan penelitian mendalam, membangun pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan, serta mengembangkan rencana bisnis yang matang terlebih dahulu sebelum. Selain itu, Coba lakukan konsultasi dengan ahli akuakultur atau konsultan bisnis untuk mendapatkan panduan yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi dan tujuan bisnis Anda.

Jangan lupa manajemen dan kelola bisnis budidaya lobster Anda dengan efektif salah satunya dengan menggunakan software akuntansi Beeaccounting, dengan fiturnya yang kompleks dan komplit dapat membantu Anda dalam mengelola peternakan, Mudah digunakan jadikan bisnis lebih menguntungkan. Dapatkan gratis uji coba dengan klik banner di bawah ini!

Membuat Catatan Pengeluaran Biaya Produksi + Laporan Keuangan Pakai Beeaccounting

Aplikasi Kasir Toko Pakaian dan Fitur Pentingnya
Aplikasi kasir toko pakaian merupakan sebuah sistem yang dibutuhkan setiap pemilik usaha. Perkembangan teknologi memberikan dampak terhadap beberapa bisnis, salah
Baca Juga
10 Contoh Iklan Produk dan Tips Membuatnya
Iklan produk menjadi salah satu aspek penting dalam pemasaran yang tidak dapat diabaikan. Ada banyak sekali contoh iklan produk yang
Baca Juga
Cara Mendaftar Shopee Food dan Penjelasannya
Cara mendaftar shopee food saat ini sebenarnya sangat mudah. Aplikasi layanan pesan antar ini tentunya memungkinkan Anda untuk bisa menjual
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Gak Tau Cara Ekspor Barang? Simak 5 Tips Berikut!
Istilah eskpor dan impor pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Kegiatan perdagangan ini jadi salah satu bagian
Baca Juga
Apa itu Modal Ventura? Ini Contoh dan Penjelasannya
Modal ventura adalah salah satu jenis pendanaan dalam bentuk pemberian bantuan modal kepada bisnis atau perusahaan swasta dalam rangka investasi.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu