🎉 Grand Launching SOM! Dapatkan Diskon 10%
Logo Bee Web

10 Ide Nama Brand dan Panduan Lengkap Tips Membuatnya

Nama brand unik dalam suatu perusahaan merupakan salah satu elemen penting karena sebagai identitas, simak informasinya!
Penulis: Rizal Arisona
Daftar Isi
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 5 April 2023

Nama brand unik dalam suatu perusahaan merupakan salah satu elemen penting karena sebagai identitas. Brand perusahaan sebenarnya hampir sama pentingnya dengan nama seseorang.

Dikutip dari Wikipedia, nama dagang atau nama bisnis atau nama brand adalah pseudonim yang sering digunakan oleh perusahaan untuk beroperasi dengan nama selain yang telah didaftarkan (nama resmi). Untuk dapat menggunakan nama dagang, banyak negara yang mewajibkan agar perusahaan mendaftarkannya terlebih dahulu pada lembaga pemerintah terkait.

Pada dasarnya, melampirkan nama perusahaan tidak hanya memudahkan konsumen untuk membedakan dengan produk perusahaan lain. Akan tetapi, juga dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap brand awareness.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai contoh nama brand hingga nama merek yang mudah diingat lengkap dengan cara membuatnya.

Fungsi dari Nama Brand Unik Bagi Bisnis

Ada beberapa macam fungsi nama brand bagi bisnis yang harus dipahami. Berikut ini adalah penjelasan terkait nama brand bisnis.

1. Mampu Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Tidak jarang nama sebuah perusahaan mempengaruhi jumlah konsumen. Jadi semakin terkenal sebuah brand maka semakin besar peluang bisnis menguasai pasar.

nama brand mendatangkan pelanggan

Salah satu keistimewaan brand adalah brand tersebut terkenal dan diingat pelanggan

Apalagi saat ini pelanggan hanya ingin membeli produk yang berkualitas sebelum mencari pilihan lainnya Sekalipun memiliki banyak pelanggan, perusahaan dengan nama yang kurang terkenal pasti akan mengalami kesulitan berkembang.

2. Sebagai Alat Komunikasi

Pada dasarnya, mengelola suatu bisnis membutuhkan strategi pemasaran yang lebih kompleks. Kesadaran brand tidak hanya cukup menampilkan logo saja.

Namun nama unik juga sangatlah diperlukan karena sebagai bagian dari komunikasi antara perusahaan dengan konsumen. Ketika suatu perusahaan memiliki nama tertentu dan didukung oleh konsumen, maka pertanda bahwa perusahaan mulai diterima.

3. Menunjukkan Kreativitas

Nama merupakan informasi yang dapat diberikan kepada target pemasaran. Sebelum menggunakan nama brand, pikirkan baik-baik apakah nama tersebut bisa menggambarkan bisnis atau tidak.

Sebagian besar perusahaan bisa terkenal karena menggunakan brand yang memiliki arti unik. Namun, sebagian besar lagi perusahaan menggunakan nama brand yang memiliki makna tertentu seperti dari sejarah terbentuknya perusahaan tersebut.

4. Sebagai Bentuk Apresiasi

Umumnya tanpa adanya nama brand unik dan logo, bisnis yang diinginkan tidak akan berjalan lancar. Semuanya akan berakhir secara sia-sia, jadi setidaknya Anda bisa menawarkan produk kepada masyarakat luas dengan brand tersebut.

Ide Nama Band Unik Beserta Artinya

Ada beberapa ide nama brand beserta artinya yang bisa Anda ketahui. Berikut ini adalah penjelasan terkait ide nama brand.

#Ide Nama Brand Makanan

1. Sae Raos

Contoh nama brand pertama adalah untuk usaha makanan, yakni Sae Raos, nama ini cocok untuk Anda yang ingin sekali memulai bisnis di industri makanan. "Sae" diartikan sebagai enak dan "Raos" berarti rasa.

Nama ini juga mencerminkan bagaimana cita rasa makanan yang disajikan untuk pelanggannya, yakni rasa yang enak. Secara umum, nama usaha ini bisa digunakan di bidang industri makanan dan menawarkan cita rasa yang enak kepada konsumen.

2. Dapur Harmoni

Nama brand yang unik selanjutnya untuk usaha makanan adalah Dapur Harmoni. Dimana, dapur merujuk pada tempat makanan disajikan dan Harmoni, menggambarkan keseimbangan antara rasa, nutrisi dan penyajian.

3. Selera Desa

Contoh nama usaha makanan yang ketiga ada selera desa, nama ini cocok digunakan untuk rumah makan/ warung makan yang memang menyajikan makanan tradisional yang memang khas dengan nuansa pedesaan.

Untuk lebih memaksimalkan tema dari nama selesa desa, kalau bisa suasana dalam rumah makan Anda juga di desain dengan nuansa desa juga, agar konsumen semakin terkesan dengan bisnis Anda.

#Ide Nama Brand Minuman

4. Es Embun

Contoh nama brand berikutnya adalah nama untuk usaha minuman. "Embun" ini menggambarkan tetesan air yang murni dan segar, memberikan kesan minuman yang menyejukkan dan menyegarkan, seolah-olah menikmati embun pagi yang jernih. Sehingga, cocok untuk nama es dan bisa menjadi daya tarik sendiri.

5. Sari Buah

Ide nama usaha minuman selanjutnya adalah ada Sari Buah, nama ini mencerminkan isi dari minuman yang ditawarkan oleh pelanggan. Nama Sari Buah juga termasuk nama yang mudah diingat.

Selain itu, nama tersebut juga menggambarkan bahwa minuman ini tidak hanya enak tetapi juga sehat dan alami. Sehingga, menambah daya tarik, Anda bisa menawarkan berbagai pilihan campuran buah yang segar dengan tambahan superfood seperti chia seed atau spirulina.

#Ide Nama Brand untuk Fashion

6. Elegance Envy

Kemudian ada ide nama brand unik untuk fashion, yakni elegance envy. Elegance sendiri mencerminkan keanggunan, kehalusan dan kelas dari fashion yang ditawarkan, sedangkan Envy menunjukkan sesuatu yang sangat diinginkan orang lain.

Nama ini cocok untuk brand fashion yang fokus pada pakaian dan aksesori mewah, dengan desain yang elegan dan berkelas. Seperti gaun malam, setelan jas, atau pakaian pesta yang dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi dan didesain dengan sangat teliti.

7. Vintage Vibe

Selanjutnya ada vintage vibe, nama brand unik fashion dalam bahasa Inggris, nama ini juga menujukkan kepada pelanggan jika produk yang dijual memiliki model yang mengingatkan pada era atau zaman dulu, namun tetap memiliki daya tarik di masa kini.

Nama ini cocok untuk brand yang menonjolkan fashion dengan sentuhan klasik, seperti pakaian retro, aksesoris antik, atau koleksi fashion yang terinspirasi dari dekade-dekade sebelumnya.

8. Anggun Berseri

Berikutnya ada Anggun Berseri, dari nama ini mencerminkan keanggunan dan kehalusan dan kecantikan yang bahagia.  Nama ini cocok untuk brand fashion yang menawarkan pakaian wanita yang elegan dan penuh pesona, seperti gaun pesta, kebaya modern, atau busana muslimah.

#Ide Nama Brand Bahasa Jawa

9. Aswani Putra

Berikutnya ada ide nama brand menggunakan bahasa Jawa. "Aswani" dalam bahasa Jawa berarti berani atau memiliki karakter yang kuat. "Putra" berarti anak laki-laki atau keturunan.

Nama ini cocok untuk brand fashion yang menargetkan pakaian pria. Nama ini menciptakan kesan dengan desain yang tangguh, berani, dan penuh karakter. Aswani Putra dapat mencakup pakaian seperti jas, batik pria, dan aksesori yang memberikan kesan maskulin dan percaya diri.

10. Tekstil Cahari

Berikutnya ada nama Tekstil Cahari, Nama ini cocok untuk brand tekstil, menciptakan kesan pada inovasi dan kualitas tinggi dalam produk kain dan bahan fashion. Tekstil Cahari mencerminkan komitmen untuk terus mencari dan menciptakan bahan berkualitas, serta desain yang unik. Brand ini dapat menawarkan berbagai jenis tekstil seperti batik, tenun, dan kain modern dengan teknologi canggih.

11.Trengginas Jaya Abadi

Berikutnya ada nama brand unik dari bahasa Jawa yang cocok untuk nama toko yang bagus. Selain nama toko, nama ini juga cocok digunakan untuk brand fashion yang menawarkan pakaian atau aksesoris yang mendukung gaya hidup aktif dan dinamis, seperti pakaian olahraga atau activewear.

#Ide Nama Brand Bahasa Sansekerta

12. Grup Adhi Rajasa

Kemudian ada nama brand yang menggunakan bahasa sansekerta, Grup Adhi Rajasa, nama ini unik dan menarik, cocok digunakan untuk produk yang bergerak yang bergerak dalam sektor yang mengutamakan keunggulan dan kualitas tinggi. "Adhi" berarti utama atau terbaik.

Sedangkan "Rajasa" merujuk pada sesuatu yang berkualitas dan mulia. Jadi, nama ini mencerminkan komitmen untuk menyediakan produk yang terbaik dan memiliki standar tinggi.

13. Danakirti

Kemudian ada Danakitri, berasal dari kata "Dana" yang berarti hadiah atau derma dan "Kirti" yang berarti reputasi atau kehormatan. Danakirti bisa cocok untuk brand yang ingin menunjukkan reputasi baik atau kontribusi positif, misalnya dalam bidang amal, pendidikan, atau layanan sosial.

14. Scholar Kawiwara

Selanjutnya ada Scholar Kawiwara, nama "Scholar" mengacu pada seseorang yang cerdas dan terpelajar, sementara "Kawiwara" berasal dari kata Sansekerta yang berarti penulis atau cendekiawan. Nama ini cocok untuk brand yang bergerak di bidang pendidikan, penelitian, atau publikasi, menekankan pengetahuan dan keahlian dalam penyampaian informasi.

15. Niroga Farma

Terakhir, ada nama Niroga Farma, yakni nama yang cocok untuk sektor farmasi. Nama ini untuk perusahaan yang berfokus pada produk kesehatan dan farmasi, menekankan tujuan mereka untuk menyediakan solusi yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Tips Memilih Nama Brand Unik dan Mudah Diingat

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam membangun sebuah brand yang unik dan menarik. Berikut ini adalah penjelasan terkait tips memilih nama brand.

1. Nama yang Belum Pernah Digunakan

Tips pertama ketika membuat nama brand yaitu mencari nama yang unik dan belum digunakan oleh siapapun atau tidak pernah dilegalkan. Anda bisa langsung menggunakan mesin pencari Google untuk dapat melakukan survei terlebih dahulu dan memilih brand yang benar.

Pastikan nama yang Anda pilih ini memberikan kesan yang baik kepada konsumen, jika sudah menemukan nama yang tepat, Anda hanya perlu konsisten untuk mempromosikan bisnis Anda, agar nama brand unik ini semakin dikenal banyak orang.

2. Nama yang Pendek dan Unik

Tips kedua yaitu memilih dan membuat nama brand yang pendek. Nama brand yang pendek dan unik mempunyai banyak manfaat, misalnya akan membuat konsumen lebih mudah mengingatnya. Selain itu, nama yang pendek ini juga dapat memudahkan pengucapannya.

Nama yang pendek, menarik juga bisa menjadi alat untuk membedakan produk dari perusahaan Anda dan kompetiror. Hal ini membuat bisnis Anda semakin berkesan dimata pelanggan dan juga mudh diingat.

3. Mudah Didengar

Anda juga harus bisa memastikan bahwa nama brand yang dibuat lebih enak didengar. Meskipun Anda memilih nama yang unik, tapi usahakan untuk menghindari pemilihan nama brand yang terlalu sulit dan rumit, seperti bahasa asing atau nama-nama yang sulit diucapkan sama target market Anda. Contoh namanya, pklak, erdsd, dan sebagainya.

4. Mengandung Arti Positif

Anda juga harus bisa memilih brand yang memiliki makna positif. Memilih nama dengan makna positif akan mempengaruhi bisnis yang dijalankan. Nama yang menarik dan mengandung makna positif bisa menjadi doa untuk kebaikan bisnis Anda di masa depan.

5. Hindarilah Jalan Pintas

Tips terakhir yang perlu dilakukan yaitu menghindari jalan pintas saat memilih nama usaha. Apabila brand ini adalah bisnis yang baru maka sebaiknya hindari penggunaan inisial.

Khususnya, menggunakan huruf dan angka, karena akan membingungkan orang yang pertama kali membaca. Ingatlah bahwa branding merupakan salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan ketika memulai bisnis.

Nama brand akan membentuk branding perusahaan di masa mendatang. Oleh sebab itu, persiapkan brand perusahaan sebaik mungkin dengan mengikuti tips yang ada di atas.

Hal ini agar menciptakan brand yang simpel dan menarik. Setelah berhasil memilih brand, Anda juga harus mempunyai pemahaman yang baik tentang pengelolaan keuangan jika ingin bisnis berkembang.

Kesimpulan

Pada dasarnya, dalam membangun sebuah brand tidak boleh sembarangan. Hal ini karena akan mempengaruhi perusahaan itu sendiri. Jadi harus bisa membuat nama brand yang lebih mudah dikenal masyarakat. Nama brand unik yang ada diatas bisa menjadi salah satu referensi.

Jika Anda baru memiliki usaha atau brand, sangat wajib untuk membuat strategi promosi. Promosi yang berhasil dapat membuat usaha atau brand Anda terus terpatri di benak khalawak umum. Hal ini juga bisa menjadi faktor uniqness dibandingkan dengan kompetitor Anda lainnya. Dengan demikian brand atau usaha Anda akan lebih menonjol.

Strategi promosi dilakukan dengan tujuan meningkatkan permintaan, menjangkau konsumen baru, menstimulus pembelian kembali dengan kuantitas lebih banyak dan menciptakan goodwill, memberi pengaruh terhadap keputusan pembelian produk/jasa, menjaga loyalitas konsumen dan strategi bersaing dengan kompetitor.

Untuk mempermudah dalam menyusun promosi, gunakan Software Kasir Online. Jangan mau kalah dengan toko sebelah jaringan nasional yang punya banyak Promo. Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll. Dengan Software Kasir Online Beepos sekarang anda bisa!

Setting promosi semua cabang terpusat! Coba gratis dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Beepos Bikin Program Promo Mudah Untuk Semua Cabang Secara Terpusat

Artikel Terkait

7 Strategi Pegelolaan Bengkel Sepeda Motor Efektif
Bengkel sepeda motor saat ini bukan lagi sekadar tempat untuk memperbaiki kendaraan. Di tangan yang tepat, bengkel dapat menjelma menjadi
Baca Juga
11 Komponen, Fungsi dan Contoh Perencanaan Bisnis
Perencanaan sebuah usaha merupakan langkah yang penting sebelum Anda menjalankan bisnis apapun dan mencari contoh perencanaan bisnis menjadi solusi jika
Baca Juga
7 Cara Efektif Meningkatkan Customer Experience
Untuk bisa mempertahankan customer, seorang pebisnis perlu memperhatikan bagaimana customer experience, baik dalam segi kualitas produk, pelayanan dan sejenisnya. Sebab,
Baca Juga
7 Cara Melestarikan Budaya Indonesia dengan Bisnis
Bagaimana cara melestarikan budaya Indonesia dengan bisnis? Apakah bisa? Bisa dong, Anda bisa mengkombinasikan nilai-nilai budaya lokal pada komponen bisnis
Baca Juga
Cara Memasarkan Produk untuk Pebisnis Pemula
Menyusun cara memasarkan produk adalah salah satu poin paling penting yang harus dilakukan. Pasalnya suatu produk tidak akan bisa terjual
Baca Juga
MOQ Adalah Minimum Order Quantity, Begini Cara Menghitungnya
MOQ adalah singkatan dari minimum order quantity, merujuk pada jumlah minimal pembelian barang yang ditetapkan oleh penjual, khususnya untuk produsen
Baca Juga

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
Apa Itu Brand Positioning? Begini Penjelasan Lengkapnya
Salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah melakukan brand positioning. Kegiatan ini berkaitan dengan upaya menempatkan brand, agar memiliki tempat
Baca Juga
Pengertian, Format dan Contoh Jurnal Penerimaan Kas
Dalam akuntansi, jurnal penerimaan kas adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan yang masuk secara tunai. Contoh jurnal penerimaan
Baca Juga
25 Ide Jualan Makanan yang laku Setiap Hari Minim Modal
Bisnis jualan makanan bisa menjadi pilihan menjanjikan untuk dijalankan. Terlebih, dengan permintaan masyarakat yang selalu meningkat terhadap makanan. Namun, untuk
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu