Logo Bee Web

Nama Brand Unik: Fungsi dan Tips Memilihnya

Nama brand unik dalam suatu perusahaan merupakan salah satu elemen penting karena sebagai identitas, simak informasinya!
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 5 April 2023

Nama brand unik dalam suatu perusahaan merupakan salah satu elemen penting karena sebagai identitas. Brand perusahaan sebenarnya hampir sama pentingnya dengan nama seseorang.

Pada dasarnya, melampirkan nama perusahaan tidak hanya memudahkan konsumen untuk membedakan dengan produk perusahaan lain. Akan tetapi, juga dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap brand awareness.

Fungsi dari Nama Brand Unik Bagi Bisnis

Ada beberapa macam fungsi nama brand bagi bisnis yang harus dipahami. Berikut ini adalah penjelasan terkait nama brand bisnis.

1. Mampu Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Tidak jarang nama sebuah perusahaan mempengaruhi jumlah konsumen. Jadi semakin terkenal sebuah brand maka semakin besar peluang bisnis menguasai pasar.

nama brand mendatangkan pelanggan

Salah satu keistimewaan brand adalah brand tersebut terkenal dan diingat pelanggan

Apalagi saat ini pelanggan hanya ingin membeli produk yang berkualitas sebelum mencari pilihan lainnya Sekalipun memiliki banyak pelanggan, perusahaan dengan nama yang kurang terkenal pasti akan mengalami kesulitan berkembang.

2. Sebagai Alat Komunikasi

Pada dasarnya, mengelola suatu bisnis membutuhkan strategi pemasaran yang lebih kompleks. Kesadaran brand tidak hanya cukup menampilkan logo saja.

Namun nama unik juga sangatlah diperlukan karena sebagai bagian dari komunikasi antara perusahaan dengan konsumen. Ketika suatu perusahaan memiliki nama tertentu dan didukung oleh konsumen, maka pertanda bahwa perusahaan mulai diterima.

3. Menunjukkan Kreativitas

Nama merupakan informasi yang dapat diberikan kepada target pemasaran. Sebelum menggunakan nama brand, pikirkan baik-baik apakah nama tersebut bisa menggambarkan bisnis atau tidak.

Sebagian besar perusahaan bisa terkenal karena menggunakan brand yang memiliki arti unik. Namun, sebagian besar lagi perusahaan menggunakan nama brand yang memiliki makna tertentu seperti dari sejarah terbentuknya perusahaan tersebut.

4. Sebagai Bentuk Apresiasi

Umumnya tanpa adanya nama brand unik dan logo, bisnis yang diinginkan tidak akan berjalan lancar. Semuanya akan berakhir secara sia-sia, jadi setidaknya Anda bisa menawarkan produk kepada masyarakat luas dengan brand tersebut.

Tips Memilih Nama Brand Unik dan Mudah Diingat

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam membangun sebuah brand. Berikut ini adalah penjelasan terkait tips memilih nama brand.

1. Nama yang Belum Pernah Digunakan

Tips pertama ketika membuat brand yaitu mencari nama yang belum digunakan oleh siapapun atau tidak pernah dilegalkan. Anda bisa langsung menggunakan mesin pencari Google untuk dapat melakukan survei terlebih dahulu dan memilih brand yang benar.

2. Nama yang Pendek dan Unik

Tips lainnya yaitu memilih nama brand yang pendek. Nama brand yang pendek dan unik mempunyai banyak manfaat, misalnya akan membuat konsumen lebih mudah mengingatnya.

nama brand nike

Nike merupakan contoh brand unik dan mudah diingat

Akan tetapi, hindari membuat brand berkonotasi negatif karena hal ini akan mengurangi ciri khas perusahaan. Selain itu, nama yang panjang tidak disarankan, karena akan sulit diingat.

3. Mudah Didengar

Anda juga harus bisa memastikan bahwa nama brand yang dibuat lebih enak didengar. Hindarilah memilih brand yang terlalu sulit dan rumit, seperti bahasa asing.

4. Mengandung Arti Positif

Anda juga harus bisa memilih brand yang memiliki makna positif. Memilih nama dengan makna positif akan mempengaruhi bisnis yang dijalankan.

5. Hindarilah Jalan Pintas

Tips terakhir yang perlu dilakukan yaitu menghindari jalan pintas saat memilih brand. Apabila brand ini adalah bisnis yang baru maka sebaiknya hindari penggunaan inisial.

Khususnya, menggunakan huruf dan angka, karena akan membingungkan orang yang pertama kali membaca. Ingatlah bahwa branding merupakan salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan ketika memulai bisnis.

Nama brand akan membentuk branding perusahaan di masa mendatang. Oleh sebab itu, persiapkan brand perusahaan sebaik mungkin dengan mengikuti tips yang ada di atas.

Hal ini agar menciptakan brand yang simpel dan menarik. Setelah berhasil memilih brand, Anda juga harus mempunyai pemahaman yang baik tentang pengelolaan keuangan jika ingin bisnis berkembang.

Ide Nama Band Unik Beserta Artinya

Ada beberapa ide nama brand beserta artinya yang bisa Anda ketahui. Berikut ini adalah penjelasan terkait ide nama brand.

1. Ide Nama Bahasa Jawa

Hal pertama yang akan dibahas adalah nama brand dari bahasa jawa. Di bawah ini adalah contoh nama brand unik, antara lain:

a. Sae Raos

Nama ini sangat cocok untuk Anda yang ingin sekali memulai bisnis di industri makanan. "Sae" diartikan sebagai enak dan "Raos" berarti rasa. Secara umum, brand ini bisa digunakan di bidang industri makanan dan menawarkan cita rasa yang enak kepada konsumen.

b. Aswani Putra

Nama ini lebih cocok untuk bisnis retail. Apabila menggunakan nama ini, bisnis Anda akan disukai oleh konsumen. Nama "Aswani" sendiri ini diartikan roh dalam bahasa Jawa dan "Putra" artinya anak.

c. Tekstil Cahari

Selanjutnya, ada nama Cahari Textile yangbisa menjadi inspirasi nama perusahaan bagus dan bermakna. Nama “Cahari” asalnya dari bahasa Jawa dan artinya yaitu diinginkan.

Kemudian, ada "tekstil", yang mengacu pada industri tekstil. Jadi dua kata ini tentunya dapat digunakan untuk Anda yang sedang merintis usaha di industri tekstil.

d. Trengginas Jaya Abadi

Nama Trengginas Jaya Abadi juga dapat menjadi salah satu alternatif nama perusahaan yang baik dan memiliki arti unik. Kata "Trengginas" sendiri berarti pandai serta terampil.

Nama ini sangat cocok untuk Anda yang sedang merintis usaha baru. Harapan dibalik nama tersebut yaitu agar perusahaan lebih unggul, jaya serta bermanfaat bagi masyarakat.

2. Ide Nama Brand dalam Bahasa Sansekerta

Ada beberapa daftar nama perusahaan yang menggunakan bahasa Sanskerta. Berikut beberapa nama brand unik yang bisa Anda ketahui.

a. Grup Adhi Rajasa

Brand pertama adalah Grup Adhi Rajasa, yang berarti liar dalam bahasa Sansekerta. Nama brand ini sangat cocok untuk perusahaan yang baru dibentuk.

Harapan dari penggunaan nama tersebut tentunya agar perusahaan yang dijalankan bisa lebih kuat dan tangguh dalam dunia bisnis. Jadi usahakan nama brand ini Anda gunakan dengan sebaik-baiknya.

b. Danakirti

Ada pula nama Danakirti Corporation yang dapat menjadi salah satu inspirasi brand selanjutnya. Arti kata dari "danakirti" dalam bahasa Sansekerta yaitu kekayaan dan kemuliaan.

Namun brand yang satu ini sangat cocok untuk perusahaan keuangan. Selain itu, arti dari kata “Danakirti” ini yaitu harapan agar usaha ini bisa membawa kemakmuran.

c. Scholar Kawiwara

Contoh lainnya yaitu nama Kawiwara Scholar yang tidak kalah menarik. Arti dari nama ini yaitu seorang penyair yang terkenal dengan keahliannya.

Dari makna tersebut, Anda bisa melihat bahwa nama perusahaan ini cocok untuk industri pendidikan. Mulai dari penerbit maupun toko buku atau lainnya.

d. Niroga Farma

Niroga Farma ini bisa menjadi salah satu referensi selanjutnya sebagai nama perusahaan yang bagus. Arti nama ini adalah bebas dari penyakit. Niroga Farma sangatlah cocok untuk memulai bisnis kesehatan.

e. Food Adhikari

Nama Adhikari Food juga bisa menjadi salah satu pilihan brand, dimana "food" berarti makan dan "Adhikari" adalah khusus. Arti nama Adhikari Food merupakan suatu perusahaan yang menyajikan makanan untuk pelanggan.

f. Nawasena Parikesit

Nawasena Parikesit juga bisa langsung digunakan untuk segala jenis usaha. Nawasena Parikesit ini lebih merepresentasikan masa depan yang cerah dan kesabaran dalam menghadapi cobaan.

Arti nama ini yaitu kemampuan untuk berkembang di tengah persaingan bisnis yang begitu ketat. Jadi nama brand ini lebih cocok untuk perusahaan mebel.

Kesimpulan

Pada dasarnya, dalam membangun sebuah brand tidak boleh sembarangan. Hal ini karena akan mempengaruhi perusahaan itu sendiri. Jadi harus bisa membuat nama brand yang lebih mudah dikenal masyarakat. Nama brand unik yang ada diatas bisa menjadi salah satu referensi.

Jika Anda baru memiliki usaha atau brand, sangat wajib untuk membuat strategi promosi. Promosi yang berhasil dapat membuat usaha atau brand Anda terus terpatri di benak khalawak umum. Hal ini juga bisa menjadi faktor uniqness dibandingkan dengan kompetitor Anda lainnya. Dengan demikian brand atau usaha Anda akan lebih menonjol.

Strategi promosi dilakukan dengan tujuan meningkatkan permintaan, menjangkau konsumen baru, menstimulus pembelian kembali dengan kuantitas lebih banyak dan menciptakan goodwill, memberi pengaruh terhadap keputusan pembelian produk/jasa, menjaga loyalitas konsumen dan strategi bersaing dengan kompetitor.

Untuk mempermudah dalam menyusun promosi, gunakan Software Kasir Online. Jangan mau kalah dengan toko sebelah jaringan nasional yang punya banyak Promo. Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll. Dengan Software Kasir Online Beepos sekarang anda bisa!

Setting promosi semua cabang terpusat! Coba gratis dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Beepos Bikin Program Promo Mudah Untuk Semua Cabang Secara Terpusat

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Syarat dan Cara Mendapatkan Bantuan UMKM
Banyak pelaku UMKM mengharapkan bantuan UMKM dari pemerintah, khususnya setelah pandemi menghantam perekonomian Indonesia dan membuat banyak usaha mengalami kerugian.
Baca Juga
Tips Manajemen Konflik, Atasi Masalah di Tempat Kerja
Manajemen konflik - Anda tentu pernah mengalami situasi di mana perbedaan pendapat atau kepentingan muncul di antara individu atau kelompok
Baca Juga
Analisis Pasar: Tujuan, Metode, Faktor, Caranya dan Contoh
Analisis pasar menjadi kunci utama bagi pelaku bisnis yang ingin bertahan dan berkembang. Pasar yang berubah dengan cepat memerlukan pengamatan
Baca Juga
8 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Pemula
Bisnis rental mobil pemula adalah jеnіѕ bіѕnіѕ jаѕа уаng раlіng mudаh untuk Anda jаlаnkаn dan раѕtі menguntungkan. Cаrа kеrjаnуа juga
Baca Juga
Contoh Segmentasi Psikografis, Karakteristik dan Cara Penerapannya
Konsep segmentasi psikografis dalam bisnis digunakan sebagai alat yang sangat berharga bagi para pemasar dan pemangku kepentingan bisnis. Segmentasi prikografis
Baca Juga
Biaya Admin Tokopedia Seller dan Cara Perhitungannya
Biaya admin tokopedia hadir menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi pemilik online shop yang mulai bermigrasi menggunakan e-commerce atau marketplace.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu